Kamis, Juni 16, 2011

GUS MIEK KYAI NYELENEH

KH.HAMIM DJAZULI (GUS MIEK KYAI NYELENEH)

Maret 16, 2009 oleh Majelis Fathul Hidayah 

KH Hamim Tohari Djazuli atau akrab dengan panggilan Gus Miek lahir pada 17 Agustus 1940,beliau adalah putra KH. Jazuli Utsman (seorang ulama sufi dan ahli tarikat pendiri pon-pes Al Falah mojo Kediri),Gus Miek salah-satu tokoh Nahdlatul Ulama (NU) dan pejuang Islam yang masyhur di tanah Jawa dan memiliki ikatan darah kuat dengan berbagai tokoh Islam ternama, khususnya di Jawa Timur. Maka wajar, jika Gus Miek dikatakan pejuang agama yang tangguh dan memiliki kemampuan yang terkadang sulit dijangkau akal. Selain menjadi pejuang Islam yang gigih, dan pengikut hukum agama yang setia dan patuh, Gus Miek memiliki spritualitas atau derajat kerohanian yang memperkaya sikap, taat, dan patuh terhadap Tuhan. Namun, Gus Miek tidak melupakan kepentingan manusia atau intraksi sosial (hablum minallah wa hablum minannas). Hal itu dilakukan karena Gus Miek mempunyai hubungan dan pergaulan yang erat dengan (alm) KH. Hamid Pasuruan, dan KH. Achmad Siddiq, serta melalui keterikatannya pada ritual dzikrul ghafilin (pengingat mereka yang lupa). Gerakan-gerakan spritual Gus Miek inilah, telah menjadi budaya di kalangan Nahdliyin (sebutan untuk warga NU), seperti melakukan ziarah ke makam-makam para wali yang ada di Jawa maupun di luar Jawa.Hal terpenting lain untuk diketahui juga bahwa amalan Gus Miek sangatlah sederhana dalam praktiknya. Juga sangat sederhana dalam menjanjikan apa yang hendak didapat oleh para pengamalnya, yakni berkumpul dengan para wali dan orang-orang saleh, baik di dunia maupun akhirat.
ayah gus mik KH.Achmad djazuli Usman

Gus Miek seorang hafizh (penghapal) Al-Quran. Karena, bagi Gus Miek, Al-Quran adalah tempat mengadukan segala permasalahan hidupnya yang tidak bisa dimengerti orang lain. Dengan mendengarkan dan membaca Al-Quran, Gus Miek merasakan ketenangan dan tampak dirinya berdialog dengan Tuhan ,beliaupun membentuk semaan alquran dan jamaah Dzikrul Ghofilin.
gus miek selain dikenal sebagai seorang ulama besar juga dikenal sebagai orang yang nyeleneh beliau lebih menyukai dawah di kerumunan orang yang melakukan maksiat seperti discotiq ,club malam dibandingkan dengan menjadi seorang kyai yang tinggal di pesantren yang mengajarkan santrinya kitab kuning. hampir tiap malam beliau menyusuri jalan-jalan di jawa timur keluar masuk club malam, bahkan nimbrung dengan tukang becak, penjual kopi di pinggiran jalan hanya untuk memberikan sedikit pencerahan kepada mereka yang sedang dalam kegelapan. Ajaran-ajaran beliau yang terkenal adalah suluk jalan terabas atau dalam bahasa indonesianya pemikiran jalan pintas.
Pernah di ceritakan Suatu ketika Gus Miek pergi ke discotiq dan disana bertemu dengan Pengunjung yang sedang asyik menenggak minuman keras, Gus Miek menghampiri mereka dan mengambil sebotol minuman keras lalu memasukkannya ke mulut Gus Miek salah satu dari mereka mengenali Gus Miek dan bertanya kepada Gus Miek. Gus kenapa sampeyan ikut Minum bersama kami ? sampeyankan tahu ini minuman keras yang diharamkan oleh Agama ? lalu Gus Miek Menjawab aku tidak meminumnya ..!! aku hanya membuang minuman itu kelaut!hal ini membuat mereka bertanya-tanya, padahal sudah jelas tadi Gus Miek meminum minuman keras tersebut. Diliputi rasa keanehan ,Gus miek angkat bicara sampeyan semua ga percaya kalo aku tidak meminumnya tapi membuangnya kelaut..? lalu Gus Miek Membuka lebar Mulutnya dan mereka semua terperanjat kaget didalam Mulut Gus miek terlihat Laut yang bergelombang dan ternyata benar minuman keras tersebut dibuang kelaut. Dan Saat itu juga mereka diberi Hidayah Oleh Alloh SWt untuk bertaubat dan meninggalkan minum-minuman keras yang dilarang oleh agama. Itulah salah salah satu Karomah kewaliyan yang diberikan Alloh kepada Gus Miek.
jika sedang jalan-jalan atau keluar, Gus Miek sering kali mengenakan celana jeans dan kaos oblong. Tidak lupa, beliau selalu mengenakan kaca mata hitam lantaran lantaran beliau sering menangis jika melihat seseorang yang masa depannya suram dan tak beruntung di akherat kelak.
Ketika beliau berdawak di semarang tepatnya di NIAC di pelabuhan tanjung mas.Niac adalah surga perjudian bagi para cukong-cukong besar baik dari pribumi maupun keturunan ,Gus Miek yang masuk dengan segala kelebihannya mampu memenangi setiap permainan, sehingga para cukong-cukong itu mengalami kekalahan yang sangat besar. Niac pun yang semula menjadi surga perjudian menjadi neraka yang sangat menakutkan
Satu contoh lagi ketika Gus miek berjalan-jalan ke Surabaya, ketika tiba di sebuah club malam Gus miek masuk kedalam club yang di penuhi dengan perempuan-perempuan nakal, lalu gus miek langsung menuju watries (pelayan minuman) beliau menepuk pundak perempuan tersebut sambil meniupkan asap rokok tepat di wajahnya, perempuan itupun mundur tapi terus di kejar oleh Gus miek sambil tetap meniupkan asap rokok diwajah perempuan tersebut. Perempuan tersebut mundur hingga terbaring di kamar dengan penuh ketakutan, setelah kejadian tersebut perempuan itu tidak tampak lagi di club malam itu.
Pernah suatu ketika Gus Farid (anak KH.Ahamad Siddiq yang sering menemani Gus Miek) mengajukan pertanyaan yang sering mengganjal di hatinya, pertama bagaimana perasaan Gus Miek tentang Wanita ? Aku setiap kali bertemu wanita walaupun secantik apapun dia dalam pandangan mataku yang terlihat hanya darah dan tulang saja jadi jalan untuk syahwat tidak adajawab Gus miek.
Pertanyaan kedua Gus Farid menayakan tentang kebiasaan Gus Miek memakai kaca mata hitam baik itu dijalan maupun saat bertemu dengan tamu…”Apabila aku bertemu orang dijalan atau tamu aku diberi pengetahuaan tentang perjalanan hidupnya sampai mati. Apabila aku bertemu dengan seseorang yang nasibnya buruk maka aku menangis, maka aku memakai kaca mata hitam agar orang tidak tahu bahwa aku sedang menagis jawab Gus miek
Adanya sistem Dawak yang dilakukan Gus miek tidak bisa di contoh begitu saja karena resikonya sangat berat bagi mereka yang Alim pun Sekaliber KH.Abdul Hamid (pasuruan) mengaku tidak sanggup melakukan dawak seperti yang dilakukan oleh Gus Miek padahal Kh.Abdul Hamid juga seorang waliyalloh.
Tepat tanggal 5 juni 1993 Gus Miek menghembuskan napasnya yang terakhir di rumah sakit Budi mulya Surabaya (sekarang siloam). Kyai yang nyeleneh dan unik akhirnya meninggalkan dunia dan menuju kehidupan yang lebih abadi dan bertemu dengan Tuhannya yang selama ini beliau rindukan.

Komentarku ( Mahrus ali )
jika Gus Miek dikatakan pejuang agama yang tangguh dan memiliki kemampuan yang terkadang sulit dijangkau akal. Selain menjadi pejuang Islam yang gigih, dan pengikut hukum agama yang setia dan patuh, Gus Miek memiliki spritualitas atau derajat kerohanian yang memperkaya sikap, taat, dan patuh terhadap Tuhan. Namun, Gus Miek tidak melupakan kepentingan manusia atau intraksi sosial (hablum minallah wa hablum minannas).

Komentarku ( Mahrus ali )
 Pernyataanmu itu dusta belaka , bertentangan dengan realita sbb :
KH. Mubasyr Mundzir datang menemui Gus Miek lalu berkata :
Ini anak ploso ya? Masya Allah, Gus Miek itu jadzab seumur hidup. Gus MIek, kalau menyuruh tidak shalat, kamu tetap shalat. Itu nanti yang akan dihisab. Gus Miek itu kalau menjalankan shalat, justru tidak sah sebab Gus Miek gila kepada Allah. Kamu kalau diajak ke tempat orang nakal, jangan ikut menjadi nakal. Sebab Gus Miek di tempat orang nakal itu yang terlihat hanya Allah, kata KH. Mubasyir Mundzir.
Amar dan Katsir Siroj hanya terdiam. KH. Mubsyir Mundzir pun kemudian berlalu. Tidak lama kemudian, amar hanya tersenyum-senyum karena ia yang paling sering diajak ke tempat orang nakal. Berbeda dengan Katsir Siroj yang belum pernah diajak ke tempat seperti itu.
Komentarku ( Mahrus ali )
Apakah orang yang sering pergi ke tempat anak nakal bisa di katakan orang yang teguh dalam memegang agama . lucu dan sesat sekali . Orang awam tidak bisa menerima apalagi orang alim . Allah telah menyatakan :
قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ذَلِكَ أَزْكَى لَهُمْ إِنَّ اللهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ
Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: "Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat".[1]

Anda menyatakan :
Gus Miek seorang hafizh (penghapal) Al-Quran. Karena, bagi Gus Miek, Al-Quran adalah tempat mengadukan segala permasalahan hidupnya yang tidak bisa dimengerti orang lain. Dengan mendengarkan dan membaca Al-Quran, Gus Miek merasakan ketenangan dan tampak dirinya berdialog dengan Tuhan ,beliaupun membentuk semaan alquran dan jamaah Dzikrul Ghofilin
Komentarku ( Mahrus ali )
Untuk apakah hati tenang ketika baca al quran kalau dalam hal sepele saja  tidak bisa menjalankannya seperti menghindari minuman keras , bukankah Allah menyatakan :
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ
Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.[2]
Rasulullah SAW  bersabda:
    كُلُّ مُسْكِرٍ حَرَامٌ
Setiap  minuman atau makanan yang memabukkan adalah haram. [3]
كُلُّ مُسْكِرٍ خَمْرٌ وَكُلُّ خَمْرٍ حَرَامٌ
Ingat, setiap sesuatu yang memabukkan adalah khomer dan setiap khomer adalah haram. [4]
Abu Dawud meriwayatkan sebagai benkut :
نَهَى رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ كُلِّ مُسْكِرٍ وَمُفَتِّرٍ
Rasulullah  Saw. Melarang setiap minuman yang memabukkan dan yang melemaskan tubuh. [5]

  Ada hadis lagi :
1303حَدِيْثُ  عَبْدِ اللهِ بْنِ عُمَرَ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ، قَالَ: مَنْ شَرِبَ الْخَمْرَ فِي الدُّنْيَا، ثُمَّ لَمْ يَتُبْ مِنْهَا، حُرِمَهَا فِي الآخِرَةِ
أَخْرَجَهُ اْلبُخَارِي فِي: 74 كِتَابُ اْلأَشْرِبَةِ: 1 بَابُ قَوْلِ اللهِ تَعَالَى  (إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَالْأَنْصَابُ وَالْأَزْلَامُ رِجْسٌ)


1303. Abdullah ibnu Umar ra menuturkan : “Nabi saw bersabda : “Siapapun nyang minum khamer di dunia dan ia tidak pernah taubat daripadanya, maka di akhirat kelak ia diharamkan minum khamer.” (Bukhari, 74, Kibatul Asyribah, 1, Bab Firman Allah Innamal Khamru wal maysirru………).
Al albani menyatakan : Hadis tsb  sahih , lihat buku karyanya :  sahihut targhib wattarhib 2361. saya katakan  hadis tsb muttafaq alaih , imam Muslim juga meriwayatkannya di nomer  2003.
Anda menyatakan lagi :
gus miek selain dikenal sebagai seorang ulama besar juga dikenal sebagai orang yang nyeleneh beliau lebih menyukai dawah di kerumunan orang yang melakukan maksiat seperti discotiq ,club malam dibandingkan dengan menjadi seorang kyai yang tinggal di pesantren yang mengajarkan santrinya kitab kuning. hampir tiap malam beliau menyusuri jalan-jalan di jawa timur keluar masuk club malam, bahkan nimbrung dengan tukang becak, penjual kopi di pinggiran jalan hanya untuk memberikan sedikit pencerahan kepada mereka yang sedang dalam kegelapan. Ajaran-ajaran beliau yang terkenal adalah suluk jalan terabas atau dalam bahasa indonesianya pemikiran jalan pintas.
Komentarku ( Mahrus ali )
Jalan dakwah seperti itu tiada tuntunannya . Para rasul  dan sahabat tidak menjalankannya . Untuk apakah berdakwah kalau dirinya sendiri beromocorah, penuh dengan  dosa dan noda .

Dalam www nu or id terdapat keterangan sbb:

Agus Z menulis:
Penulis pernah sekilas membaca buku Gus Dur ttg Gus Miek. Se-ingat saya, ketika itu, Gus Dur mencari Gus Miek dan berhasil ketemu dan mengikuti kemana Gus Miek pergi. Akhirnya Gus Miek kelelahan di penghujung malam, yang baru di isi dengan rutinitas (Khamer) Bir Hitam dan Rokok Wismilak-nya, kemudian tidur di rumah orang di kediri, diatas kursi lipat sederhana, intinya, kehidupan Gus Miek yang kontroversial apakah patut diteladani kaum muda NU ?.
Atau , apakah dalam Islam ada diskriminasi halal haram bagi kasta sosial darah biru dan kasta sosial tak berdarah kyai, pejuang, dll ?.
saya ingin membaca BUKU INI, adakah ulasan ttg pengikut Gus Miek yang meng-kultus-kanya ?. Dan bagaimana NU memebendung sikap nahdiyiin yang senang klenik dan meng-kultus-kan seseorang ?. Atau justru memupuk CULT thdp Gus Miek bagi pengikutnya ?.

berhubung saya di Sakhalin, Rusia Timur, Mohon hubungi saya di e mail zunaigusdi@yahoo.com agar saya bisa membeli buku tsb.

Mohon maaf dan Terima kasih.

Anda menyatakan lagi :
Pernah di ceritakan Suatu ketika Gus Miek pergi ke discotiq dan disana bertemu dengan Pengunjung yang sedang asyik menenggak minuman keras, Gus Miek menghampiri mereka dan mengambil sebotol minuman keras lalu memasukkannya ke mulut Gus Miek salah satu dari mereka mengenali Gus Miek dan bertanya kepada Gus Miek. Gus kenapa sampeyan ikut Minum bersama kami ? sampeyankan tahu ini minuman keras yang diharamkan oleh Agama ? lalu Gus Miek Menjawab aku tidak meminumnya ..!! aku hanya membuang minuman itu kelaut!hal ini membuat mereka bertanya-tanya, padahal sudah jelas tadi Gus Miek meminum minuman keras tersebut. Diliputi rasa keanehan ,Gus miek angkat bicara sampeyan semua ga percaya kalo aku tidak meminumnya tapi membuangnya kelaut..? lalu Gus Miek Membuka lebar Mulutnya dan mereka semua terperanjat kaget didalam Mulut Gus miek terlihat Laut yang bergelombang dan ternyata benar minuman keras tersebut dibuang kelaut. Dan Saat itu juga mereka diberi Hidayah Oleh Alloh SWt untuk bertaubat dan meninggalkan minum-minuman keras yang dilarang oleh agama. Itulah salah salah satu Karomah kewaliyan yang diberikan Alloh kepada Gus Miek.
Komentarku ( Mahrus ali )
  Orang yang bisa sedemikian ini mungkin waliyullah , mungkin waliyus syaithan yang menggunakan khadam jin. Tapi bila walyullah tidak akan datang ke discotik tiap malam , melihat   beberapa kedurhakaan , bahkan ikut dan nimbrung di dalamnya . Bukanlah orang mukmin tidak suka kepada kemaksiatan . Allah berfirman :
وَكَرَّهَ إِلَيْكُمُ الْكُفْرَ وَالْفُسُوقَ وَالْعِصْيَانَ أُولَئِكَ هُمُ الرَّاشِدُونَ
Dan Allah menjadikan kamu benci kepada kekafiran, kefasikan dan kedurhakaan. Mereka itulah orang-orang yang mengikuti jalan yang lurus, [6]
 Era sekarang termasuk priode manusia yang buta agama apalagi puritannya sebagaimana  hadis :
فَيَبْقَى شِرَارُ النَّاسِ فِي خِفَّةِ الطَّيْرِ وَأَحْلاَمِ السِّبَاعِ لاَ يَعْرِفُونَ مَعْرُوفًا وَلاَ يُنْكِرُونَ مُنْكَرًا فَيَتَمَثَّلُ لَهُمُ الشَّيْطَانُ فَيَقُولُ أَلاَ تَسْتَجِيبُونَ فَيَقُولُونَ فَمَا تَأْمُرُنَا فَيَأْمُرُهُمْ بِعِبَادَةِ اْلأَوْثَانِ وَهُمْ فِي ذَلِكَ دَارٌّ رِزْقُهُمْ حَسَنٌ عَيْشُهُمْ
  Lantas manusia terjelek  yang masih hidup,mereka cekatan seperti  burung terbang , angan – angan mereka laksana binatang buas , tidak menganggap baik perkara yang  ma`ruf, tidak ingkar kepada kemungkaran ,lalu setan  menjelma seraya berkata :”Mengapa kamu tidak mau mengabulkan ? “. Mereka  berkata  : “ Apakah yang engkau perintahkan untuk kami  ? “.  Setan memerintah mereka agar menyembah berhala .  Saat itu   rizeki mereka lancar , kehidupannya juga mewah , [7]
Seorang waliyullah akan memberantas kemungkaran sebagaimana hadis :
مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِلِسَانِهِ فَإِنْ لَمْ يَسْتَطِعْ فَبِقَلْبِهِ وَذَلِكَ أَضْعَفُ اْلإِيمَانِ

Barang siapa diantaramu melihat kemungkaran , robahlah dengan tangannya . Bila tidak mampu ,cukup  dengan lidahnya . Bila  tidak mampu cukup dengan hatinya  dan itulah iman yang paling lemah . [8]

Anda menyatakan lagi :
jika sedang jalan-jalan atau keluar, Gus Miek sering kali mengenakan celana jeans dan kaos oblong. Tidak lupa, beliau selalu mengenakan kaca mata hitam lantaran lantaran beliau sering menangis jika melihat seseorang yang masa depannya suram dan tak beruntung di akherat kelak.
Komentarku ( Mahrus ali )
 Menebak masa depan itu biasanya di lakukan oleh dukun yang punya khadam jin  sebagaiimana  hadis :
مَنْ أَتَى عَرَّافاً فَسَأَلَهُ عَنْ شَيْءٍ فَصَدَّقَهُ لَمْ تُقْبَلْ لَهُ صَلاةٌ أَرْبَعِينَ يَوْماً  
Barang siapa yang datang kepada tukang ramal, lantas bertanya kepada sesuatu, lalu membenarkannya maka salatnya tidak diterima selama empat pulah hari.
(HR. Muslim) 
Dan menebak masa depan itu tidak di perkenankan dan hanya dusta belaka, bagaimana  mungkin perkara gaib orang lain di ketahui, pada hal masalah gaib diri sendiri saja hanya Allah yang tahu .
قُلْ لاَ يَعْلَمُ مَنْ فِي السَّمَوَاتِ وَاْلأَرْضِ الْغَيْبَ إِلاَّ اللهُ وَمَا يَشْعُرُونَ أَيَّانَ يُبْعَثُونَ
Katakanlah: "Tidak ada seorangpun di langit dan di bumi yang mengetahui perkara yang ghaib, kecuali Allah", dan mereka tidak mengetahui bila mereka akan dibangkitkan.
 Anda menyatakan lagi :
Ketika beliau berdawak di semarang tepatnya di NIAC di pelabuhan tanjung mas.Niac adalah surga perjudian bagi para cukong-cukong besar baik dari pribumi maupun keturunan ,Gus Miek yang masuk dengan segala kelebihannya mampu memenangi setiap permainan, sehingga para cukong-cukong itu mengalami kekalahan yang sangat besar. Niac pun yang semula menjadi surga perjudian menjadi neraka yang sangat menakutkan
Komentarku ( Mahrus ali )
Judi itu haram sebagaimana ayat :
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا إِنَّمَا الْخَمْرُ وَالْمَيْسِرُ وَاْلأَنْصَابُ وَاْلأَزْلاَمُ رِجْسٌ مِنْ عَمَلِ الشَّيْطَانِ فَاجْتَنِبُوهُ لَعَلَّكُمْ تُفْلِحُونَ(90)

Hai orang-orang yang beriman, sesungguhnya (meminum) khamar, berjudi, (berkorban untuk) berhala, mengundi nasib dengan panah, adalah perbuatan keji termasuk perbuatan syaitan. Maka jauhilah perbuatan-perbuatan itu agar kamu mendapat keberuntungan.[9]
Lalu bagaimana hukum uang yang di peroleh dari Judi tsb , apakah di katakan halal yang bisa di buat beli makanan?  Sudah tentu jelas haramnya  dan tidak boleh membeli makanan dengannya. 
      Dakwah para  rasul dan sahabat tidak pernah menggunakan perjudian sebagai sarana dakwah .Bila  Rasulullah SAW berjudi akan di buat pedoman umatnya dan mereka akan melakukan judi dengan alasan dakwah . Hanya nabi setan yang menjalankan sedemikian.
Anda menyatakan :
Satu contoh lagi ketika Gus miek berjalan-jalan ke Surabaya, ketika tiba di sebuah club malam Gus miek masuk kedalam club yang di penuhi dengan perempuan-perempuan nakal, lalu gus miek langsung menuju watries (pelayan minuman) beliau menepuk pundak perempuan tersebut sambil meniupkan asap rokok tepat di wajahnya, perempuan itupun mundur tapi terus di kejar oleh Gus miek sambil tetap meniupkan asap rokok diwajah perempuan tersebut. Perempuan tersebut mundur hingga terbaring di kamar dengan penuh ketakutan, setelah kejadian tersebut perempuan itu tidak tampak lagi di club malam itu.
Komentarku ( Mahrus ali )
Apa perempuan itu lalu tobat , tidak mengenakan rok , dan mengenakan busana muslim begitu ? Belum tentu , dan disini belum bisa di reka – reka karena penulis sendiri  tidak menerangkan kelanjutannya . Dia hanya menulis bahwa perempuan itu tidak kembali . Wallahu a`lam , karena sakit atau karena trauma  atau karena hal lain . Keterangan lanjutannya  tidak ada , maka kita tidak boleh berkomentar lebih panjang lagi .
Anda menyatakan :
Pernah suatu ketika Gus Farid (anak KH.Ahamad Siddiq yang sering menemani Gus Miek) mengajukan pertanyaan yang sering mengganjal di hatinya, pertama bagaimana perasaan Gus Miek tentang Wanita ? Aku setiap kali bertemu wanita walaupun secantik apapun dia dalam pandangan mataku yang terlihat hanya darah dan tulang saja jadi jalan untuk syahwat tidak adajawab Gus miek.
Komentarku ( Mahrus ali )
Saya  tidak mengerti , apakah perkataan tsb sekedar alasan belaka atau hakikatnya begitu . Bila benar hakikatnya begitu , maka mulai  dulu sampai sekarang  saya belum menjumpai orang yang berkata seperti itu ,  baik dalam buku , kitab arab , ceramah atau dari kawan . Ini ada kelainan dan tidak manusiawi . Nabi dan sahabat saja masih di perintahkan menundukkan mata ketika memandang cewek , apalagi orang sebawah mereka . Allah berfirman :
قُلْ لِلْمُؤْمِنِينَ يَغُضُّوا مِنْ أَبْصَارِهِمْ وَيَحْفَظُوا فُرُوجَهُمْ ذَلِكَ أَزْكَى لَهُمْ إِنَّ اللهَ خَبِيرٌ بِمَا يَصْنَعُونَ

Katakanlah kepada orang laki-laki yang beriman: “Hendaklah mereka menahan pandangannya, dan memelihara kemaluannya; yang demikian itu adalah lebih suci bagi mereka, sesungguhnya Allah Maha Mengetahui apa yang mereka perbuat”.[10]

Anda menyatakan “
Pertanyaan kedua Gus Farid menayakan tentang kebiasaan Gus Miek memakai kaca mata hitam baik itu dijalan maupun saat bertemu dengan tamu…”Apabila aku bertemu orang dijalan atau tamu aku diberi pengetahuaan tentang perjalanan hidupnya sampai mati. Apabila aku bertemu dengan seseorang yang nasibnya buruk maka aku menangis, maka aku memakai kaca mata hitam agar orang tidak tahu bahwa aku sedang menagis jawab Gus miek
Komentarku ( Mahrus ali )
   Sudah saya jawab di atas , dan ini dari setan bukan dari malaikat . Sebab orang yang suka kediskotik  tidak akan akrab dengan malaikat . Mereka tidak pernah durhaka kepada Allah  sebagaimana dalam al quran  sbb :
عَلَيْهَا مَلَائِكَةٌ غِلَاظٌ شِدَادٌ لَا يَعْصُونَ اللَّهَ مَا أَمَرَهُمْ وَيَفْعَلُونَ مَا يُؤْمَرُونَ
       penjaganya malaikat-malaikat yang kasar, yang keras, yang tidak mendurhakai Allah terhadap apa yang diperintahkan-Nya kepada mereka dan selalu mengerjakan apa yang diperintahkan. [11]



[1] Annur 30
[2] Al maidah
[3] HR Bukhori / Maghozi / 4343. Muslim ./Asyribah /1733. Nasa`I / Tahrimud dam / 4066, 5595,5596. Abu Dawud / Asyribah /3684. Hudud /4354. 4355.  Ibnu Majah /Asyribah /3391. Ahmad / Musnad kufiyin / 19174
[4] HR Bukhori / Asyribah / 5575 . Muslim / Asyribah   /  2003 . Tirmidzi /Asyribah/ 1861 . Nasai /Asyribah/ 5582,5671. Abu Dawud / Asyribah / 3679.
Ibnu majah /Asyribah/ 3373 . 3390/ Muwattho` imam Malik / Asyribah/ 1597. Darimi  /Asyribah/ 2090.
[5] HR Abu dawud / 3686/Alasyribah . Ahmad / Baqi musnad Ansor /26094.
Syekh nashiruddin  Al albani menyatakan hadis tersebut lemah , lihat Dhoif  sunan Abu Dawud /793. Ad dhoifah 4732 , dhoif Jami` shoghir /6077. Miskatul mashobih /3650.

[6]  Al Hujurat  7
[7] HR Muslim 2940
[8] Muttafaq alaih
[9] Al maidah 90
[10] Annur 30
[11] Attahrim 6
Artikel Terkait

49 komentar:

  1. sorry bro ikut nimbrung... ane rasa kok lambat laun orang2 dlm pandangan antum g ada yg bener to...??? Antum suka mengkritik mudah2an antum juga termasuk org2 yg bs menerima kritikan....

    BalasHapus
  2. Sudah di jawab di blog dengan judul
    Tolong seriuslah dalam mengeritisi artikel saya
    Kamis, Juli 28, 2011

    BalasHapus
  3. Asalamualaikum..
    Terima kasih,karna anda telah menggunakan Al-qur'an dan hadits shahih sebagai rujukan dg tepat pd tempatnya.
    Jika ada pembaca yg tdk menerimanya,maka harus di pertanyakan ke islaman nya.Karna, apa yg mau di perdebatkan lgi? Sudah jelas yg membantah cerita di atas adalah Al-qur'an dan hadits. telah menggunakan Al-qur'an dan hadits shahih sebagai rujukan dg tepat pd tempatnya.
    Jika ada pembaca yg tdk menerimanya,maka harus di pertanyakan ke islaman nya.Karna, apa yg mau di perdebatkan lgi? Sudah jelas yg membantah cerita di atas adalah Al-qur'an dan hadits.

    BalasHapus
  4. hehehe melek blog juga ya broo... gus miek tuh ya mana sick aku belum pernah melihat langsung...

    BalasHapus
  5. Banyak yang tahu, tanyalah kepada teman- temanmu

    BalasHapus
  6. Hallo.. :) asli mana mas nya? kapan plg Indonesia? cobalah dialog dgn KH. Muhammad Quraish Shihab, beliau juga Diparingi paham Qur'an ^_^

    Ahmad Chaviedz Ponpes Langitan Tuban

    BalasHapus
  7. Untuk Ksatria Cahaya, tolong orang - orang yang anda sebutkan suruh menjawab, jangan diam saja atas artikel saya ini, atau hanya koar - koar saja. Kalau memang mereka benar- benar komitmen , bukan main - main kepada Islam, jangan biarkan kesalahan, tapi luruskan.
    Untuk dialog di pasca sarjana IAIN dulu, hasilnya sangat mengecewakan, bukan menyenangkan atau membimbing kepada kebenaran, bahkan kesalahan LBMNU Jember dibela dan dibenarkan, lalu kebenaran Ust Muammal Hamidi di lecehkan. Bacalah lagi disini:
    MANTAN KYAI NU: Mengapa saya tidak datang di debat terbuka di ...
    14 Agt 2011

    MANTAN KYAI NU: Kesesatan LBMNU Jember ke delapan belas
    20 Jun 2011

    MANTAN KYAI NU: Muammal vs LBM Jember
    29 Apr 2011

    31 Mar 2011
    MANTAN KYAI NU: Saya di tuduh penakut
    01 Jun 201

    BalasHapus
  8. ass.wr.wb.boleh komentar macam-macam yg jelas anda belum tahu dan jelas sosok gus miek.menurut sy gus miek sesosok pahlawan pembaharu islam yang tidak duduk kursi gading yg hanya mengajarkan pd orang yg alim atau sok alim.gus miek bersedia belepotan difitnah orang .dimana para kyai untuk 0rang tersesat.hanya gus miek.hanya gus miek.wass

    BalasHapus
  9. Maafkan saya yang bodoh, apakah soal-soal hakikat harus dipertanyakan lewat syariat, setahu saya Gus Miek termasuk ulama sufi. Dan Insya Allah saya tetap ber-khusnudzon kepada beliau.

    BalasHapus
  10. Untuk Lianxing
    Ilmu hakikat dalam Islam itu tidak ada. Ia prodok kaum Sufy, klenik dan orang semedi. Mana dalilnya hakikat itu ada dalam Islam.
    Bila kamu berpegangan kepada akalmu bukan al Quran, kamu tidak akan tahu kesalahan dan kebenaran

    BalasHapus
  11. Salam.. Maaf utk pak mahrus.. jika ingin trkenal maka jgn bawa2 nama kyai dan NU. Coba buktikan beranikah anda mengenalkan diri sebagai mahrus ali saja?? Sebab bagaimanapun juga anda tetap butuh kata2 kyai dan NU.utk membangun pencitraan diri meskipun dimulai dg kata mantan.. soal.dalil alquran dan hadis itu smua ada ilmunya.. sdhkh anda kuasai ulumul quran, asbab nuzul, ulumul hadis, jarh tadil, perawi2nya setiap waktu? Dari mu'jam mufahras dan ktb lain? Sudahkah anda kenali makna Pancasila di Indonesia ini? Sudahkah anda fahami ushul fiqh dan fiqh?? Jika anda sdh mnguasai smuanya lalu sdhkah anda fahami kitab mantiq dabalaghah? Saya arek suroboyo bernama romi. Pecinta ilmu tanpa pandang bulu.

    BalasHapus
  12. Salam.. Maaf utk pak mahrus.. jika ingin trkenal maka jgn bawa2 nama kyai dan NU. Coba buktikan beranikah anda mengenalkan diri sebagai mahrus ali saja?? Sebab bagaimanapun juga anda tetap butuh kata2 kyai dan NU.utk membangun pencitraan diri meskipun dimulai dg kata mantan.. soal.dalil alquran dan hadis itu smua ada ilmunya.. sdhkh anda kuasai ulumul quran, asbab nuzul, ulumul hadis, jarh tadil, perawi2nya setiap waktu? Dari mu'jam mufahras dan ktb lain? Sudahkah anda kenali makna Pancasila di Indonesia ini? Sudahkah anda fahami ushul fiqh dan fiqh?? Jika anda sdh mnguasai smuanya lalu sdhkah anda fahami kitab mantiq dabalaghah? Saya arek suroboyo bernama romi. Pecinta ilmu tanpa pandang bulu.

    BalasHapus
  13. Untuk karomy

    Emangnya saya jadi mantan kiyai NU bukan mantan kiyai Muhammadiyah, lalu saya pakai itu untuk dakwah ternyata lebih efektif dan banyak kalangan nahdhiyin yang tidak mau baca buku salafy atau Muhammadiyah, tapi kalau baca buku mantan kiyai Nu, ternyata mereka mau membacanya karena keritikan dari orang dalam bukan orang luar.

    BalasHapus
  14. salam.......
    jika anda tdak tau yg sbenrnya jgn skli mnjelek"n ssorang . . . . . . . .

    ingatlh bahwasanx orng yg mmusuhi wali Allah,Allah mnyatakan perng kpadanya apa lgi smpai mnganggap beliau seorng dukun dan walinya syetan . . . . . .

    BalasHapus
  15. KH Mahrus ali Kediri sendiri tidak cocok dengan GUs miek. Ini sinyal ada beberapa pelanggaran yang di lakukan oleh Gus miek.

    BalasHapus
  16. salam bwt manta kyai nu...
    kalau anda g' cocok dg seorang gus miek it terserah anda
    bukan berarti orang yang anda anggap jelek d mata Allah SWT jga jelak
    begitupun sebaliknya

    toh yang pantas jdi hakim d sini bukan qta manusia tpi Allah semata

    wes d lihat d akhirat ae lah

    BalasHapus
  17. assalamualaikum...
    Tetap semangat dan istiqomah ya uztadz.. walau dianggap asing dimata mereka, insyaalah lebih mulia di mata Allah SWT. Tidak bisa dipungkuri bahwa Islam yang sebenarnya telah menjadi asing di mata mayoritas manusia, kembali seperti zaman dahulu, seperti sabda Rasulullah shallahu ‘alaihi wasallam, “Sesungguhnya Islam datang dalam keadaan asing dan akan kembali pula dalam keadaan asing, maka berbahagialah orang-orang dikatakan asing.” (HR. Muslim dari hadits Abu Hurairah dan Ibnu Umar radhiallahu ‘anhuma).

    BalasHapus
  18. Ngawiti ingsun nglaras syi’iran … aku memulai menembangkan syi’ir
    Kelawan muji maring Pengeran … dengan memuji kepada Tuhan
    Kang paring rohmat lan kenikmatan … yang memberi rohmat dan kenikmatan
    Rino wengine tanpo pitungan 2X … siang dan malamnya tanpa terhitung
    Duh bolo konco priyo wanito … wahai para teman pria dan wanita
    Ojo mung ngaji syareat bloko … jangan hanya belajar syari’at saja
    Gur pinter ndongeng nulis lan moco … hanya pandai bicara, menulis dan membaca
    Tembe mburine bakal sengsoro 2X … esok hari bakal sengsara
    Akeh kang apal Qur’an Haditse … banyak yang hapal Qur’an dan Haditsnya
    Seneng ngafirke marang liyane … senang mengkafirkan kepada orang lain
    Kafire dewe dak digatekke … kafirnya sendiri tak dihiraukan
    Yen isih kotor ati akale 2X … jika masih kotor hati dan akalnya
    Gampang kabujuk nafsu angkoro … gampang terbujuk nafsu angkara
    Ing pepaese gebyare ndunyo … dalam hiasan gemerlapnya dunia
    Iri lan meri sugihe tonggo … iri dan dengki kekayaan tetangga
    Mulo atine peteng lan nisto 2X … maka hatinya gelap dan nista
    Ayo sedulur jo nglaleake … ayo saudara jangan melupakan
    Wajibe ngaji sak pranatane … wajibnya mengkaji lengkap dengan aturannya
    Nggo ngandelake iman tauhide … untuk mempertebal iman tauhidnya
    Baguse sangu mulyo matine 2X … bagusnya bekal mulia matinya
    Kang aran sholeh bagus atine … Yang disebut sholeh adalah bagus hatinya
    Kerono mapan seri ngelmune … karena mapan lengkap ilmunya
    Laku thoriqot lan ma’rifate … menjalankan tarekat dan ma’rifatnya
    Ugo haqiqot manjing rasane 2 X … juga hakikat meresap rasanya
    Al Qur’an qodim wahyu minulyo … Al Qur’an qodim wahyu mulia
    Tanpo tinulis biso diwoco … tanpa ditulis bisa dibaca
    Iku wejangan guru waskito … itulah petuah guru mumpuni
    Den tancepake ing jero dodo 2X … ditancapkan di dalam dada
    Kumantil ati lan pikiran … menempel di hati dan pikiran
    Mrasuk ing badan kabeh jeroan … merasuk dalam badan dan seluruh hati
    Mu’jizat Rosul dadi pedoman … mukjizat Rosul(Al-Qur’an) jadi pedoman
    Minongko dalan manjinge iman 2 X … sebagai sarana jalan masuknya iman
    Kelawan Alloh Kang Moho Suci … Kepada Alloh Yang Maha Suci
    Kudu rangkulan rino lan wengi …. harus mendekatkan diri siang dan malam
    Ditirakati diriyadohi … diusahakan dengan sungguh-sungguh secara ihlas
    Dzikir lan suluk jo nganti lali 2X … dzikir dan suluk jangan sampai lupa
    Uripe ayem rumongso aman … hidupnya tentram merasa aman
    Dununge roso tondo yen iman … mantabnya rasa tandanya beriman
    Sabar narimo najan pas-pasan … sabar menerima meski hidupnya pas-pasan
    Kabeh tinakdir saking Pengeran 2X … semua itu adalah takdir dari Tuhan
    Kelawan konco dulur lan tonggo … terhadap teman, saudara dan tetangga
    Kang podho rukun ojo dursilo … yang rukunlah jangan bertengkar
    Iku sunahe Rosul kang mulyo … itu sunnahnya Rosul yang mulia
    Nabi Muhammad panutan kito 2x … Nabi Muhammad tauladan kita
    Ayo nglakoni sakabehane … ayo jalani semuanya
    Alloh kang bakal ngangkat drajate … Allah yang akan mengangkat derajatnya
    Senajan asor toto dhohire … Walaupun rendah tampilan dhohirnya
    Ananging mulyo maqom drajate 2X … namun mulia maqam derajatnya di sisi Allah
    Lamun palastro ing pungkasane … ketika ajal telah datang di akhir hayatnya
    Ora kesasar roh lan sukmane … tidak tersesat roh dan sukmanya
    Den gadang Alloh swargo manggone … dirindukan Allah surga tempatnya
    Utuh mayite ugo ulese 2X … utuh jasadnya juga kain kafannya

    BalasHapus
  19. Asalamualaikum

    Di atas anda memberi acuan bahwa gus miek adl orang yg berkaromah , Jika orang ini berkaromah lalu kenapa anda membantah apa yang anda berikan kepada tulisan anda

    BalasHapus
  20. Asalamualaikum

    Di atas anda memberi acuan bahwa gus miek adl orang yg berkaromah , Jika orang ini berkaromah lalu kenapa anda membantah apa yang anda berikan kepada tulisan anda

    BalasHapus
  21. Dear Pak Mahrus Ali,

    Klo Bapak mau, bs saya hubungan dg Gus Farid putra KH. AHmad Sidiq. Beliauny skr di Kediri. Msh sbg pengamal dzikrul Ghofilin. Dg harapan bapak bs mendapatkn informasi yg jelas dan benar berkenaan dg Gus Miek. Ni no sy 085649731401. Trims

    BalasHapus
  22. Tolong bila ada kekeliruan keterangan saya tentang gusmiek agar mereka koneksi kepada saya di nomer telpon saya di awal blog.

    BalasHapus
  23. Untuk Nevel Corp.
    Bedakan antara Karomah dan keanehan dari jin. Karomah itu akan di berikan kepada orang yang perbuatannya lurus dengan sariat. Kalau orang sering ke diskotik, minum - minuman keras, maka keanehan yang diberikan hanyalah dari jin bukan karomah.

    BalasHapus
  24. Untuk Deddy Candra, syair itu menyesatkan dan perbah saya bahas, lihat dan bacalah disini:
    MANTAN KYAI NU: Syi`ir menyesatkan
    17 Jun 2011. buka cd pengajian saya tentang syair itu di mantankyainu2.blogspot.com

    BalasHapus
  25. Untuk Deddy Candra, syair itu telah saya bahas, lihat disini:
    http://mantankyainu.blogspot.com/2011/06/syiir-menyesatkan.html

    BalasHapus
  26. Nabi khidir membunuh anak kecil gmn tu?? Sesat juga???

    BalasHapus
  27. UNtuk forum belajar bersama
    Gus Meik bukan Nabi HIdhir. GUs Meik sering ke diskotik, Nabi KHidhir tidak. Gus Meik merokok , Nabi Hidhir tidak. Gus Meik sering ke tempat lokalisasi , Nabi Hidhir tidak. Gus Meik sering minum minuman keras, Nabi Hidhir tidak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang ngk baca ya ceritanya . .. Gus Miek kan buang bir ke laut... gmn sh,, sy yakin dia meminumya klo subjek yg harus didakwahinya peminum ... klo bukan dia ng tuh contoh kasir diskotik hanya dng rokok . . .

      Hapus
  28. ass..

    ya iyalah wong jamannya nabi khidir belum ada diskotik...
    n pada hakikatnya sesuatu itu kan tergantung niatnya, kalau niatnya mau dakwah ya bagus
    intinya mantan kyai nu
    TERKADANG SUATU KEBENARAN TAK DAPAT DIJANGKAU NALAR.

    BalasHapus
  29. Sejak zamannya Nabi Adam sampai Nabi MUhammad Khidir itu hanya satu, tiada duanya dan tiada orang seperti nya. Karena itu, jangan katakan kelakukan Gus miek seperti kelakuan Nabi Khidir. Nanti orang fasik di katakan wali, suka berbuat dosa di katakan wali, suharto wali, gusdur wali, Sukarno kelakuannya seperti Nabi Hidir dll. Rusaklah dunia dan agama saat itu.

    BalasHapus
  30. UNtuk 29 Juli 2012 11:11
    Ahmad Shofiuddin

    salam bwt manta kyai nu...
    kalau anda g' cocok dg seorang gus miek it terserah anda
    bukan berarti orang yang anda anggap jelek d mata Allah SWT jga jelak
    begitupun sebaliknya

    toh yang pantas jdi hakim d sini bukan qta manusia tpi Allah semata

    wes d lihat d akhirat ae lah
    KOmentarku ( Mahrus ali ) :
    Tidak usah jauh - jauh dihukumi di akhirat, tapi cukup di dunia, cocok atau tidak perbuatan GUs Miek dengan al quran. Kh Mahrus ali Kediri saja tidak cocok dengan GUs Miek.

    BalasHapus
  31. cerita tentang gus miek kok hampir sama dengan cerita cerita para wali songo, yaitu ada mitos nya.nabi muhammad saja yang langsung penerima alquran, malah tidak seperti itu dalam pendakwahan nya. tidak ada hal hal yang mitos pada rasullullah. kalau ke kukjizatan memang ada tapi itupun tidak permanen, hanya sekali kali aja jika dalam keadaan mendesak pada jaman rasullullah. yang terjadi pada gus miek kayaknya seperti sudah permanen jadinya, jangan terlalu berlebihan kalau mengkisahkan perilaku orang, jangan ngalah ngalahin rasullullah dalam syariat islam.

    BalasHapus
  32. :) subhanallah yah :)
    berarti skrg gini aja,, sampean bikin acara pengajian... disitu sampean mengundang preman, pelacur, germo, dll. lebih ampuh mana sama cara Gus Miek tersebut :)
    ...مَنْ رَأَى مِنْكُمْ مُنْكَرًا فَلْيُغَيِّرْهُ بِيَدِهِ
    merubah dg kekuasaan, mungkin sprti itu beliau merubah kemungkaran dg kekuasaan beliau...
    atau, ad'aful iman? memilih mendoakan sampai Allah menyadarkan?
    wah2...
    lebih baik ada kajian ulang ke lapangan, atau temui sosok2 yang lebih memahami sosok yg Anda kritisi :)
    trims :)

    BalasHapus
  33. Untuk Anis Fatayati
    Jangan ngelantur, berhayal dalam menilai Gus Meik. Kita nilai realita perbuatan GUs Miek yang banyak kemungkaran menurut sariat, bukan apa yang di hatinya. Kita tidak tahu itu.

    BalasHapus
  34. MasyaAllah,,,Nabi tidak pernah mengajarkan untuk bermain internet.sadarlah antum ya ust mahrus.celakalah!

    BalasHapus
  35. ya kita lihat aja besok pak kyai mantan NU (mahrus ali) kalo udah meninggal. apakah makamnya akan di ziarohi berjuta juta orang ?? seperti halnya makamya GUS MIEK & GUS DUR...
    dulu ketita gus dur masih sugeng( hidup) banyak orang orang bahkan para kyai yg mencaci makinya. tetapi setelah gus dur wafat. ALLOH SWT menunjukkan bahwa gus dur adalah KekasihNYA. Yg skarang makamnya di ziarohi berjuta2 orang. seperti halnya makamnya GUS MIEK...

    BalasHapus
  36. UNtuk wong jowo
    Yang berziarah ke Gus miek dan Gus dur itu kebanyakan ahli bid`ah yang syirik dan non muslim, bukan muslim yang komitmen kepada al quran dan hadis. Bukan kuburan yang sedikit penziarahnya sebagaimana kuburan para sahabat di Medinah, Tabuk, dan Badar itu lebih hina dari pada kuburan GUs dur dan Gus Miek. Penilaian bukan disitu, tapi di waktu hidupnya bagaimana kelakukan keduanya , cocok atau menyalahi dengan Quran.

    BalasHapus
  37. UNtuk Kang Bayan
    Internet itu masalah keduniaan, bukan sariat, jadi bukan bid`ah lagi.

    BalasHapus
  38. kalau menurut saya, artikel seperti ini ditujukan untuk memperkuat iman / keyakinan para pengikut non NU. sebab dengan adanya gugatan seperti ini tidak mungkin orang NU akan ikut faham si penulis...kebanyakan dari komentar aja udah kelihatan kalau yang pro NU balas mengkritik penulis.

    menurut saya namanya sangat menjual sekali. dengan nama mantan kyai NU ini lebih menarik perhatian...orang non NU akan tertarik membaca, apalagi isinya mengkritisi budaya (yang dianggap budaya) NU. gaya penyampaiannya pun mirip dengan gaya-gaya penyampaian / dakwah sebagian organisasi keagamaan non NU...(setelah saya blogwalking ke blog-blog NU dan blog-blog non NU)

    orang NU pun juga pasti tertarik membaca kritikan terhadap (digeneralisasikan sebagai) budaya mereka.

    saya juga sering mendengar/membaca artikel2 NU (atau yang sefaham dengan NU)yang juga mengkritisi budaya organisasi lain, ternyata artikel2 tersebut juga tidak membuat orang2 yang membaca (non NU) menjadi ikut atau beralih faham ke NU. orang NU yang membaca pun juga kelihatan bangga karena mendapat referensi untuk mengkritisi budaya organisasi lain...

    menurut sepengetahuan saya (dari baca buku sana sini, maaf tapi saya lupa apa saja judul bukunya), antara 1 organisasi islam (yang saya tahu di Indonesia) dengan organisasi islam lainnya sudah banyak yang perbedaannya itu sampai pada taraf aqidah (waw).makanya kritikan dari satu faham ke faham lainnya justru dianggap hinaan/penyesatan. sebenarnya bukan NU saja yang dianggap beda. tetapi banyak juga organisasi2 islam yang lain yang juga saling mencemooh/mengkritiki budaya/faham satu sama lain..banyak yang menghujat mereka lebih hina dari anjing. ada yg menghujat mereka ahli neraka. ad yang menghujat mereka ahli bid'ah. ada yang menghujat mereka ahli fitnah. ada yang menghujat mereka ahli menghujat..ada yang menghujat mereka ahli wahabi...ada yang menghujat dapat kucuran dana dari amerika...ada yang menghujat mereka antek saudi arabia...ada yang menghujat mereka kaum garis keras..dmbl...

    Oh Tuhan...sertakan aku dengan orang - orang yang Engkau kasihi...Amin

    BalasHapus
  39. Yo Ngono....komen ki yo koyo duwurku ini.....saya rasa pemuda sekrang sudah melek....matanya melihat dunia ini ....dan tidak mengikuti cerita....dan menanggapi cerita yang aneh-aneh....salah benar nanti...kita tanya kepada lewat al-quran dan Sunahnya...Orang islam Tahu tapi..gimana ya menjelaskannya........bingung au hahaha...yo wes ngunua kui.....

    BalasHapus
  40. alQur'an turun ada sebab,hadist sebagai arti, mari kita belajar lagi arti dari ALQUR'AN&HADIST, seagai pedoman hidup

    BalasHapus
  41. aku suka cerita tentang karomah dan waliyullah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya baca kisah, dan saya tahu mana kesa;lahan dan kebenarannya, lalu saya biarkan yang benar dan saya kritisi kekeliruannya agar dimanfaatkan pembaca

      Hapus
  42. Tolong bagi kaum nahdliyin jangan mudah terpengaruh orang - orang yg ilmunya tidak sebanding dengan beliau - beliau yang alim, karena dia hanya mencari sensasi dan populeritas, karena penulis tidak bisa terkenal, termasyhur, di segani oleh banyak orang seperti para waliyulloh, maka dari itu dia menghujat dengan berbagai dalih, hahahahaha.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. renungi ayat ini untukmu:
      إِنْ كَادَ لَيُضِلُّنَا عَنْ ءَالِهَتِنَا لَوْلَا أَنْ صَبَرْنَا عَلَيْهَا وَسَوْفَ يَعْلَمُونَ حِينَ يَرَوْنَ الْعَذَابَ مَنْ أَضَلُّ سَبِيلًا(42)
      Sesungguhnya hampirlah ia menyesatkan kita dari sembahan-sembahan kita, seandainya kita tidak sabar (menyembah) nya" Dan mereka kelak akan mengetahui di saat mereka melihat azab, siapa yang paling sesat jalannya. Furqan

      Hapus
    2. Klo Gus Miek Jelek sprti yg anda nilai, knp Mbah Hamid akrab dgn Gus Miek & mengikuti semaan nya...apakah Mbah Hamid trmsuk jelek jg sprti penilaian anda kpd Gus Miek ???

      Trnyata anda lbh Hebat dr Mbah hamid wkwkwkkwk

      Hapus
    3. Mbah Hamid skrsb dg gus miek atau tidak, kalau gusmik sering minum miras, kediskotik, sering bawa wanita tetap jelek menurut ahli syariat, dan baik menurut sufy yang nganggap sariat seperti kulit belaka

      Hapus
  43. Blog Mantan Kyai NU ini adalah Blog orang-orang wahabi (Syi'ah),, dan sudah jelas dinyatakan oleh MUI bahwa Syi'ah sesat dan menyesatkan akidah ajaran islam di Indonesia...

    BalasHapus
  44. ketika tak kenali diri, dan Tuhan dalam tiap wajah manusia maka saat itulah kau lupa. Kebenaran yang dikira dari pikiran dan kemampuan intelektual hanya sebagian kecil dari keajaiban di dunia. ilmu Allah sungguh luas untuk mencapai kebenaran hakiki..kenali Tuhan melalui syariat, hakekat.

    BalasHapus

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan