Jumat, Juni 24, 2011

Sayang sesepuh NU dusta

Posted on 28 November 2010 by santri mbelink 

Pembajakan kitab tidak hanya
dilkukan oleh penerbit Darul Kutub Al-Ilmiyah di Lebanon terhadap kitab Sirajut Thalibin karya Syekh Ihsan Jampes. Belakangan diungkap beberapa manipulasi dalam kitab terbitan Timur Tengah yang beredar di Indonesia.
Pengasuh Pondok Pesantren Denanyar Jombang KH Aziz Masyhuri mengungkapkan, dalam kitab Al-Adzkar terbitan Saudi Arabia, salah satu bagian penting yang menjelaskan tentang ajaran tentang berdoa dengan perantara atau tawashul sengaja dihapus, karena dianggap bertentangan dengan ajaran Wahabi. Padahal kitab yang dikaji di berbagai pesantren itu ditulis oleh ulama Sunni yang menganjurkan tawashul.
Saat berkunjung ke redaksi NU Online pertengahan bulan lalu, mantan ketua Rabithah Ma’ahid Islamiyah (RMI) ini menuturkan, dirinya telah lama menemukan manipulasi itu, bahkan sejak awal awal tahun 2000.
Selain kitab Al-Adzkar, dalam kitab Tafsir Shawi, misalnya, ditengarai terjadi penmghapusan beberapa baris, sehingga memenggal isi pokok kitab tersebut.
Menurut Kiai Aziz, pihaknya sempat mengirumkan surat protes kepada pihak penerbit Saudi Arabia atas sepengatahuan Dr KH Agil Al Munawwar, menteri Agama saat itu, tetapi surat protes itu tidak pernah ditanggapi oleh mereka.
Ia menduga masih banyak kitab yang sisinya sudah diacak-acak seperti itu. Karenanya ia meminta PBNU dan kalangan pesantren untuk kritis terhadap keaslian kitab yang dikaji.
”Kita perlu terus mentashih kembali kitab-kitab yang akan dikaji di pesantren, agar tidak menyebabkan kepincangan dan kesesatan,” katanya
Sesepuh NU yang rajin menghimpun arsip NU ini juga berharap agar penyelidikan terhadap kasus pembajakan kitab Sirajut Thalibin sekaligus dijadikan momentum untuk mengkaji kitab yang ada, baik dari segi hak cipta maupun dari segi matan atau isinya agar bila terjadi penyimpangan bisa segera di luruskan.
“Ini salah satu bentuk menjaga nilai-nilai Aswaja yang saat ini memang sedang banyak menghadapi tantangan baik dari kelompok liberal yang marak di kalangan muslim Timur Tengah, maupun rongrangan dari kelompok fundamentalis Islam sebagaimana dilakukan terhadap kitab Al-Adzkar tersebut,” katanya.

Komentarku ( Mahrus ali )
Anda menyatakan  dalam artikel itu :
Pengasuh Pondok Pesantren Denanyar Jombang KH Aziz Masyhuri mengungkapkan, dalam kitab Al-Adzkar terbitan Saudi Arabia, salah satu bagian penting yang menjelaskan tentang ajaran tentang berdoa dengan perantara atau tawashul sengaja dihapus, karena dianggap bertentangan dengan ajaran Wahabi. Padahal kitab yang dikaji di berbagai pesantren itu ditulis oleh ulama Sunni yang menganjurkan tawashul.
Komentarku ( Mahrus ali )
Apakah tidak salah pernyataan anda , coba di cek lagi , bila benar baik. Tapi bila keliru ,maka anda menyampaikan sesuatu yang sifatnya merugikan anda sendiri sebagai sesepuh NU . Di samping menyesatkan umat . Betapa besar dampak perbuatan anda ini. Tiada  jeleknya bila  di koreksi lagi , apakah anda tidak salah menyampaikan hal itu kepada masarakat .
Setahu  saya , di kitab adzkar yang asli tidak menyebutkan masalah tawassul dengan mayat apalagi menganjurkannya . Apalagi anda katakan di hapus karena  bertentangan dengan ajaran wahabi. Konyol sekali bila benar . Tapi bila keliru maka celaka orang yang berdusta untuk umat . Saya sudah cek di kitab saya  atau di internet , ternyata pembahasan Imam Nawawi tentang tawassul di kitab Imam Nawawi adzkar itu tidak ada . Dan yang di hapus bukan masalah itu , tapi ini :

حَذْفُ الْوَهَّابِيَّةِ قَوْلَ الْامَامِ الْنَّوَوِيِّ رَحِمَهُ الْلَّهُ فِي كِتَابِ الْأَذْكَارِ
فَصْلٌ فِي زِيَارَةِ قَبْرِ رَسُوْلِ الْلَّه صَلَّي الْلَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ
وَجَعَلُوْهُ
(
فَصْلٌ فِي زِيَارَةِ مَسْجِدِ رَسُوْلِ الْلَّهُ صَلَّي الْلَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ)
Penghapusan kaum  Wahhabi terhadap perkataan Imam Nawawi rahimahullah  dalam kitab  Adzkar

Fasal  dalam mengunjungi makam Rasulullah saw

dan mereka ( wahabi )  membuat

(Fasal  dalam berziarah  ke masjid  Rasulullah saw)

Komentarku ( Mahrus ali )

  Jadi itu  penggantian dari penerbit , lalu mengapa  wahhabi di salahkan.
Bukan masalah tawassul  sebagaimana anda katakan .Bila ingin tidak berdampak di akhirat anda harus merevisi perkataan anda di NU online   sebagaimana anda menyebarkan pernyataan itu  di NU online tsb. .
Jadi kitab aslinya  tertulis : Fasal tentang ziarah ke kuburan Rasulullah SAW, lalu di ganti dengan  Fasal tentang ziarah ke masjid Rasulullah SAW. Ini menurut penerbit lebih baik  . Karena ada hadis :

882‏- حَدِيْثُ  ‏أَبِي هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ  ‏، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  ، قَالَ: لاَ تُشَدُّ الرِّحَالُ إِلاَّ إِلَى ثَلاَثَةِ مَسَاجِدَ: الْمَسْجِدِ الْحَرَامِ، وَمَسْجِدِ الرَّسُولِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  ، وَمَسْجِدِ الأَقْصى
أَخْرَجَهُ اْلبُخَارِيّ فِي : 20 كِتَابُ فَضْلِ الصَّلاَةِ فِي مَسْجِدِ مَكَّةَ وَاْلمَدِيْنَةِ : 1 بَابُ فَضْلِ الصَّلاَةِ فِي مَسْجِدِ مَكَّةَ وَالْمَدِيْنَةِ


882.Abu Hurairah ra menuturkan: “Nabi saw bersabda: “Janganlah berpergian dengan kendaraan menuju suatu tempat, kecuali menuju ketiga masjid: Masjidil Haram, Masjid Rasul saw, dan Masjidil Aqsa.” (Bukhari, 20, Kitab Fadhlush Shalat fii Masjidi Mekah wal Madinah, 1, bab keutamaan tempat di antara kubur dan mimbar Rasulullah saw).

Allu`lu` wal marjan 418/1 Al albani berkata : Muttafaq alaih
Lihat di kitab karyanya : Misykatul  mashobih ,nomer hadis:  693.
Ibnu Taimiyah berkata :
وَهَذَا مَالِكٌ كَرِهَ أَنْ يَقُولَ الرَّجُلُ : زُرْت قَبْرَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَاسْتَعْظَمَهُ
Ini Imam Malik tidak suka seorang lelaki berkata : Aku berziarah ke kuburan Rasulullah SAW dan beliau menganggapnya besar . Majmu`  fatawa  17/1
Pada  hal Imam Malik adalah tokoh penghuni Medinah , saat itu , penduduk Medinah tidak berani mengatakan :  Saya berziarah ke kuburan nabi , tapi aku pergi ke masjid Nabi.
Dan masalah ini  pembahasannya panjang dan saya  cukupi sekian saja karena hilafnya tajam sekali .
Anda menyatakan lagi :

Selain kitab Al-Adzkar, dalam kitab Tafsir Shawi, misalnya, ditengarai terjadi penmghapusan beberapa baris, sehingga memenggal isi pokok kitab tersebut
Komentarku ( Mahrus ali )
Coba saya  tunjukkan data aslinya sbb : 

Itulah halaman dlm kitab Shawi . Kalimat yang di warnai merah itu yang di ganti oleh penerbit . Bunyinya  sbb :
وَقِيْلَ هَذِهِ الْايَةُ نَزَلَتْ فِي الْخَوَارِجِ الَّذِيْنَ يُحَرِّفُوْنَ تَأْوِيْلَ الْكِتَابِ وَالْسُّنَّةِ وَيَسْتَحِلُّوْنَ بِذَ لِكَ دِمَاءَ الْمُسْلِمِيْنَ وَامْوَالَهُم كَمَا هُوَ مُشَاهَدٌ اْلآنَ فِي نَظَائِرِهِمْ وَهُمْ فِرْقَةٌ بِارْضِ الْحِجَازِيُقَالُ لَهُمْ الْوَهَّابِيَّةُ يَحْسَبُوْنَ انَّهُمْ عَلَى شَيْئٍ اَلاَ اِنَّهُمْ هُمُ الْكَاذِبُوْنَ اسْتَحْوَذَ عَلَيْهِمُ الْشَّيْطَانُ فَاَنْسَاهُمْ ذِكْرَ اللهِ  اوْلَئِكَ حِزْبُ الْشَّيْطَانِ أَلاَ اِنَّ حِزْبَ الْشَّيْطَانِ هُمُ الْخَاسِرُوْنَ. نَسْأَلُ اللهَ  الْكَرِيْمَ اَنْ يَقْطَعَ دَابِرَهُمْ.
Artinya: Dalam satu keterangan dikatakan bahwa ayat ini turun berkenaan dengan kaum Khawarij yang menyimpangkan ta’wil  Al Qur’an dan Sunnah dan dengan itu mereka menghalalkan darah dan harta orang-orang muslimin sebagaimana yang dapat disaksikan sekarang . Orang-orang seperti mereka pada masa ini yaitu sekte bernama Wahhabiyah di tanah Hijaz (Saudi Arabia). Mereka mengira bahwa mereka berada dalam kebaikan. Ketahuilah sungguh mereka itu adalah para pendusta yang telah digoda Syetan lalu menjadikan mereka lupa mengingat Allah; mereka Itulah golongan syaitan. ketahuilah, bahwa Sesungguhnya golongan syaitan Itulah golongan yang merugi. (Al Mujadalah:19). Kita memohon kepada Allah yang mulia semoga Dia menghancurkan kekuatan mereka .  (Lihat Tafsir Ash Shawi terbitan Isa Al Baby Al Halaby Mesir pada Juz 3 halaman 307-308)
Komentar seperti itu di gunakan oleh Syekh Ahmad Ash Shawi Al Maliki dalam kitab tafsirnya  Asshawi  untuk  mentafsiri ayat sbb :
أَفَمَنْ زُيِّنَ لَهُ سُوءُ عَمَلِهِ فَرَآَهُ حَسَنًا فَإِنَّ اللَّهَ يُضِلُّ مَنْ يَشَاءُ وَيَهْدِي مَنْ يَشَاءُ فَلَا تَذْهَبْ نَفْسُكَ عَلَيْهِمْ حَسَرَاتٍ إِنَّ اللَّهَ عَلِيمٌ بِمَا يَصْنَعُونَ (فاطر:8)
Artinya: “Maka Apakah orang yang dijadikan (syaitan) menganggap baik pekerjaannya yang buruk lalu Dia meyakini pekerjaan itu baik, (sama dengan orang yang tidak ditipu oleh syaitan) ? Maka Sesungguhnya Allah menyesatkan siapa yang dikehendaki-Nya dan menunjuki siapa yang dikehendaki-Nya; Maka janganlah dirimu binasa karena Kesedihan terhadap mereka. Sesungguhnya Allah Maha mengetahui apa yang mereka perbuat” (Fathir:8)
Mana yang di ganti , lihat gambar sbb :


Gambar di atas adalah halaman yang katanya  sudah di robah , ternyata masih ada , hanya kalimat ini yang di hapus :
كَمَا هُوَ مُشَاهَدٌ اْلآنَ فِي نَظَائِرِهِمْ وَهُمْ فِرْقَةٌ بِارْضِ الْحِجَازِيُقَالُ لَهُمْ الْوَهَّابِيَّةُ يَحْسَبُوْنَ انَّهُمْ عَلَى شَيْئٍ اَلاَ اِنَّهُمْ هُمُ الْكَاذِبُوْنَ
Orang-orang seperti mereka pada masa ini yaitu sekte bernama Wahhabiyah di tanah Hijaz (Saudi Arabia).. Mereka mengira bahwa mereka berada dalam kebaikan. Ketahuilah sungguh mereka itu adalah para pendusta.
Saya melihat banyak  kitab – kitab tafsir seperti tafsir Ibnu Katsir , Nasafi , Fathul qadir , Jalalain , al Muyassar , namun saya tidak menjumpai para ahli tafsir yang mentafsiri ayat ke 8 Fathir itu untuk kaum wahabi  sebagaimana yang di lakukan  oleh Ahmad  Asshawi . Apalagi dia mengatakan bahwa  ayat itu  di turunkan  untuk orang – orang Khawarij . Sekarang kalau mau ngawur dalam mentafsiri ayat  memang begitulah  liku – liku jalannya . Tapi bila kita mau jujur dalam mentafsiri ayat maka kita akan meminta padanya mana dalilnya bahwa ayat tsb di turunkan untuk orang Khawarij . Harus ada  dalil , karena Rasulullah SAW  sebagai figur yang menjelaskan ayat – ayat al quran sebagaimana ayat :
ِ وَأَنْزَلْنَا إِلَيْكَ الذِّكْرَ لِتُبَيِّنَ لِلنَّاسِ مَا نُزِّلَ إِلَيْهِمْ وَلَعَلَّهُمْ يَتَفَكَّرُونَ
. Dan Kami turunkan kepadamu Al Qur'an, agar kamu menerangkan kepada umat manusia apa yang telah diturunkan kepada mereka dan supaya mereka memikirkan,[1]

Bagaimana akal kita bisa menerima , Khowarij itu baru tumbuh ketika  khilafah Ali bin Abu Thalib , lalu  ayat ini di turunkan ketika Rasulullah SAW masih hidup , dan Ali bin Abu Thalib masih belum menjadi Khalifah , lalu di katakan  ayat Fathir 8 itu di turunkan untuk kaum Khowarij . Inilah kekeliruan yang harus di buang tapi malah di dukung . Sungguh keblinger orang yang mendukungnya dan beruntunglah orang yang  menggunakan akalnya.
Lalu pengarang itu menyamakan khowarij dengan wahabi yang mendirikan negara Islam Saudi arabia . Apakah kita yang mendukung negara Jahiliyah ini di katakan ahlis sunnah yang masuk surga  , sedang wahabi Saudi yang mendirikan negara Islam , memeraktekkan hukum Kisas di negaranya di katakan Khowarij yang akan masuk Neraka . Sungguh kita ini merasa di bodohi , tapi kita malah mendukung kekeliruan itu .
Anda sesepuh NU menyatakan lagi :
Selain kitab Al-Adzkar, dalam kitab Tafsir Shawi, misalnya, ditengarai terjadi penmghapusan beberapa baris, sehingga memenggal isi pokok kitab tersebut
Komentarku ( Mahrus ali )
Apakah membuang penyebutan Wahabi sebagai Khawarij yang keliru  itu  di katakan memenggal  isi pokok kitab tsb , sungguh pembaca ini keblinger bila  tidak menyalahkan pendapat  tsb . Jadi isi pokok  tafsir Asshawi itu menyebut wahabi sebagai khowarij , lalu saya katakan lagi thariqat Khalwati yang di anut oleh pengarang tafsir ini tidak di golongkan thariqat ahli bid`ah .? Yang jelas , thareqat Kholwatiyah itu juga banyak kesesatannya  

Dalam http://www.sd-sunnah.com/vb/showthread.php  terdapat keterangan sbb :

Ada keterangan lagi sbb :

السَمَانِيّةُ طَرِيْقَةٌ اشْتَهَرَتْ فِي الْسُّوْدَانِ بِالْدَّعْوَةِ الَى عِبَادَةِ الْقُبُوْرِ وَ الْغُلُوِّ فِي الْصَّالِحِيْنَ وَ اشْتَهَرَتْ بِكِتَابَةِ اْلاَحْجِبَةِ( رُقْيَةٌ  عِبَارَةٌ عَنْ طَلَاسِمَ مَخْلُوْطَةٍ بِالْقُرْآَن تُكْتَبُ فِي رُقْعَةٍ و تُعَلَّقُ عَلَى الْرَّقَبَةِ  اَوِ الْعَضُدِ) الشَّيْطَانِيْة  و الَّذِي لَا يَعْرِفُهُ الْكَثِيرِونَ مِنَّا اَنَّ هَذِهِ الاَحْجِبَةَ  عِبَارَةٌ عَنْ نَوْعٍ مِنْ انْوَاعِ الْسِّحْرِ وَ الِاسْتِعَانَةِ بِالْجِنِّ وَ هَذِهِ الْطَّرِيْقَةُ وَرَثَتْ هَذَا الْسِّحْرَ كَابِرْ عَنْ كَابِر فَهَذَا هُوَ شَيْخُ الْطَّرِيْقَةِ الْخَلْوتِيَّةِ  يُبَيِّنُ و يَتَكَلَّمُ عَنْ سَنَدِه فِي عُلُوْم الْسِّحْرِ وَ الْكَهَانَة ِ
Thariqat  Asamanah dikenal di Sudan sebagai  thariqat yang  menyerukan untuk menyembah kuburan dan hiperbola ( berlebihan ) dlm mengagungkan orang – orang saleh , populer juga tentang menulis jimat ( Bacaan  jimat  campuran dengan  Quran ditulis dalam kertas dan digantungkan  pada leher atau lengan atas) ia jahat sekali , dan banyak dari kita tidak tahu bahwa jimat ini adalah jenis sihir dan minta bantuan pada  jin dan Tarekat ini  ini mewarisi sihir  ini dari leluhurnya . Ini   Syekh  tarekat kholwatiyah  menunjukkan dan berbicara tentang rantai sanad dalam ilmu sihir dan meramal


يَقُوْل أَحْمَدُ بْنُ مُحَمَّدٍ الْمَالِكِي الصَّاوِى فِى حَاشِيَتِهِ شَرْحِ الْخَرِيْدَةِ الْبَهِيَّة ص 149 (( ..... سَيِّدِي مُحَمَّدٍ الْخَلْوَتِي .... أَخَذَ عَنِ الْشَّيْخِ دِمِرْدَاش فَأَحَبَّهُ و قَرَّبَهُ و شَغَّلَهُ بِالْطَّرِيْقِ وَ أَخْلَاهُ ( اى اَدْخَلَهُ الْخَلْوَةَ )) مِرَارًا ، وَ ظَهَرَتْ نَجَابَتُهُ وَجَدَّ وَ اجْتَهَدَ وَ اشْتَهَرَ وَ تَلَقَّى عَنْهُ عِلْمَ الاَوْفَاقِ وَ الْحَرْفَ و َالزيّرَجَّة و الْرَّمَل فَأَتْقَن ذَلِكَ .....))
Kata Ahmad bin Mohammed Al-sawi al-Maliki di Hasyiyah Syarah al Khoridah al bahiyah  h. 149 ((..... .... Sidi Mohamed  Al kholwati  mengambil tarikat ( berguru ) dariSyaikh  Dmrdash lalu beliau cinta padanya dan dekat dengannya  lalu di beri tugas untuk mengikuti tariqat , lalu  di masukkan ke dalam kholwah ( kamar kosong )  (yaitu, dia memasukkan sendiri)) berulang-ulang, dan tampaklah kecerdasannya , kesungguhannya  dan bekerja keras dan telah mashur , lalu di ajari al aufaq ( ilmu rajah – rajah / jimat ) , ilmu huruf  dan  Zergh,  romal , lalu pandai dan mampu....))
Komentarku ( Mahrus ali )
اَمَّا الزيرَجَةُ - طُرُقٌ مُعَقَّدَةٌ مُعَيَّنَةٌ تُسْتَخْدَمُ لِمَعْرِفَةِ اَجْوِبَةِ الْمَسْائِلِ - وَ الْرَّمَلُ- الْخَطُّ فِى الْرَّمَلِ خُطُوْطاً مُعَيَّنَةً لِمَعْرِفَةِ بَعْض الْمَغِيبَاتِ - فَهِىَ مِنَ الْطُرُقِ الْمَعْرُوْفَةِ عِنْدَ الْكَهَنَةِ لِمَعْرِفَةِ الْغَيْبِ وَ هِىَ مِنَ الْطُّرُقِ الْمُحَرَّمَةِ الَّتِى لَمْ يَجْعَلْهَا الْلَّهُ سُبْحَانَهُ وَ تَعَالَى طَرِيْقَةً مِنْ طُرُقِ مَعْرِفَةِ الْغَيْب .


Zerojah adalah metode kompleks tertentu yang digunakan untuk mengetahui jawaban atas pertanyaan -  Sedang Romal adalah garis - garis di  pasir tertentu untuk melihat beberapa gaib  yang tak terlihat Ia adalah salah satu metode yang populer dikalangan  para dukun untuk mengetahui gaib . Ia  termasuk  jalan terlarang yang Allah tidak membuatnya  sebagai  jalan pengetahuan tentang yang gaib.

Komentarku ( Mahrus ali )
Seorang mukmin bagaimanakah bisa menebak masa depan orang , apakah tidak mungkin dia yang di tebak menjadi orang yang terhina disisi manusia  tapi derajatnya  hebat di mata Allah . Atau mungkin  juga dia yang di tebak nanti menjadi pejabat yang menjadi idola rakyat , ternyata preman di mata Allah karena korupsinya  masih tersembunyi dan belum terungkap di media massa. Menebak masa depan siapapun baik mukmin maupun kafir  tidak di benarkan  sebagaimana ayat :
قُلْ لاَ أَقُولُ لَكُمْ عِنْدِي خَزَائِنُ اللهِ وَلاَ أَعْلَمُ الْغَيْبَ وَلاَ أَقُولُ لَكُمْ إِنِّي مَلَكٌ إِنْ أَتَّبِعُ إِلاَّ مَا يُوحَى إِلَيَّ قُلْ هَلْ يَسْتَوِي اْلأَعْمَى وَالْبَصِيرُ أَفَلاَ تَتَفَكَّرُونَ(50)

 Artinya "Katakanlah : Aku tidak mengatakan kepadamu, bahwa perbendaharaan Allah ada padaku, dan tidak (pula) Aku mengetahui yang ghaib dan tidak (pula) Aku mengatakan kepadamu bahwa Aku seorang malaikat. Aku tidak mengikuti kecuali apa yang diwahyukan kepadaku. Katakanlah: "Apakah sama orang yang buta dengan yang melihat?" Maka apakah kamu tidak memikirkan(nya)?" (QS. Al-An'am:50]
فَلَمَّا قَضَيْنَا عَلَيْهِ الْمَوْتَ مَا دَلَّهُمْ عَلَى مَوْتِهِ إِلاَّ دَابَّةُ اْلأَرْضِ تَأْكُلُ مِنْسَأَتَهُ فَلَمَّا خَرَّ تَبَيَّنَتِ الْجِنُّ أَنْ لَوْ كَانُوا يَعْلَمُونَ الْغَيْبَ مَا لَبِثُوا فِي الْعَذَابِ الْمُهِينِ
Maka tatkala Kami telah menetapkan kematian Sulaiman, tidak ada yang menunjukkan kepada mereka kematiannya itu kecuali rayap yang memakan tongkatnya. Maka tatkala ia telah tersungkur, tahulah jin itu bahwa kalau sekiranya mereka mengetahui yang ghaib tentulah mereka tidak tetap dalam siksa yang menghinakan.




و لِمَن لَا يَعْلَمُ فَإِنَّ أَحْمَدَ الصَّاوِى كَانَ شَيْخاً لِلْطَّرِيقَةِ الْخَلْوَتِيَّةِ وَ لَا يَخْفَى عَلَيْنَا ايْضاً انَّنَا اثَبَتْناَ اَنَّ اْلاَوْفَاقَ وَ عِلْمَ الْحَرْفَ مِنَ الْسِّحْرِ فَهَذَا جَمَع بَيْنَهُمْ الِاثْنَيْن سِحْرٌ و َكَهَانَة
Dan untuk orang-orang yang tidak tahu , sesungguhnya Ahmed El sawi adalah syaikh Thareqat al kholwatiyah , kita tidak ragu lagi , kita  juga membuktikan bahwa kita sadar Al aufaq, Ilmu huruf  termasuk  sihir dan  dan  dia mampu mengumpulkan  dua perkara antara sihir dan perdukunan .

وَ عِنْدَنَا اْلاَنَ مِنْ فُرُوْعِ الْطَّرِيْقَةِ الْخَلْوَتِيَّةِ فِى الْسُّوْدَانِ الْطَّرِيْقَةُ السَمَانِيّةُ الَّتِى يَنْتَمِى إِلَيْهَا الْبُرْعِي و هَذَا ايْضاً يُفَسِّرُ لَنَا ايْضًا مُمَارَسَةَ الْبُرْعِي لِلْسِّحْر وَ ادِّعَاءَهُ عِلْمَ الْغَيْبِ لَهُ وَ لِمَشَايِخِهِ
Dan sekarang disisi kami terdapat cabang - cabang thariqat al kholwatiyah di Sudan yaitu thariqat  Asamaniyah yang  di ikuti  oleh Borai. Bukti  ini juga menjelaskan Borai juga punya praktek sihir, dan klaimnya memiliki pengetahuan tentang yang gaib untuk dia  dan Syaikh- syaikhnya .

Komentarku ( Mahrus ali )
Jadi Syaikh Ahmad Asshowi yang menuduh ayat Fathir 8  untuk  khowarij tanpa  dalil , lalu di libatkan pula wahabi di dalamnya ternyata  dia sekalipun punya karya banyak kitab arab adalah menjadi mursyid tarekat kholwati yang di kenal  selain mengajarkan dzikir , juga jimat , rajah  dan perdukunan .
Saya sendiri tidak heran bila tokoh ahli bid`ah yang punya banyak karangan ternyata terjerumus dalam kesyirikan yang besar  walaupun demikian masih merasa benar dan membelanya  lalu menyatakan di muka pengikut – pengikutnya bahwa dia di pihak benar dan  orang – orang yang bertentangan dengannya adalah sesat. :Lihat saja DR Muhammad bin Alwi al Maliki , siapa yang tidak kagum dengannya , dunia di mukanya , uang tinggal bawa saja , segala apa yang dia maukan bisa di capai . Banyak orang yang mengagungkannya . Tapi ternyata dia juga terjerumus dalam kesirikan lihat saja syair nya sbb :

وَلَمَّا رَأَيْتُ الدَّهْرَ قَدْ حَارَبَ اْلوَرَى
جَعَلْـتُ لِنَفْسِي نَعْـلَ سَيِّدِهِ حِصْنًا
تَحَصَّنْتُ مِنْهُ فِـي بَدِيْعِ مِـثَـالِهَا
بِسُـوْرٍ مَنِيْعٍ نِلْتُ فِـي ظِلِّهِ اْلأَمْنَا


Ketika saya melihat masa ( penderitaan )  telah menyerang manusia

maka aku menjadikan diriku berlindung  di bawah sandal Nabi SAW
 Aku berlindung  dalam contoh yang terbaik

dengan dinding yang tahan , aku mendapat keamanan dlm naungannya ( sandal tadi )
Komentarku ( Mahrus ali )
 Berlindung di bawah sandal Nabi SAW  seolah berlindung di balik pagar yang kokoh yang menjamin keamanan .
Lihat kitab karangan DR Muhammad bin Al wi Dzakhoir Muhammadiyah 265 .Dan lihat di blog ini dengan judul:” Terkenal wali tapi syirik “.
Simak
Baca secara fonetik

Lihat pula  kisah Gus Miek yang di agungkan oleh ahli bid`ah , kuburannya di ziarahi ,di ambil berkah minumannya  ternyata malamnya sering melakukan kemaksiatan .
Semoga Allah memberikan bimbingan kepada kita agar bisa mengetahui kesalahan agar bisa menghindarinya  , mengetahui kesyirikan supaya kita tahu bahwa  diri kita ini harus berjuang untuk menghindari sirik  , baik untuk keluarga , teman dan orang – orang yang memusuhi kita . Sebab  tugas tabligh itu tugas suci dan menyimpan ilmu sekalipun aman – aman saja  , tapi kelak  di akhirat akan kacau belau dan resiko menghadapi  tuntutan di hari manusia dengan gagahnya tidak memiliki daya untuk bela diri , apalagi membela orang lain .

Dalam http://www.azahera.net/showthread.php?t=6071 terdapat keterangan :
Syaikh Ahmad bin Yusuf  menyatakan


اِلَهِي تَوَسَّلْنَا إِلَيْكَ بِنَاظِــــــمٍ **لأََسْمَائِكَ الْدَّرْدِيرِ شَيْخِـــي وَذُخْرِنَا
وَيَارَبِّ بِالحَفْنِي ثُمَّ بِشَيْخــِـهِ **وَأَشْيَاخِــهِمْ طَهِّرْ مِــنَ الْرَّيْن قَلْبَنَا
Wahai Tuhanku ! kami bertawassul dengan pembikin Nadhoman nama – namaMu Addardiri – guruku  dan simpananku ( modalku ) untuk  kontak  denganMU
Wahai Tuhanku  dengan pangkat  alhaffni lalu  dengan  gurunya  dan  guru – guru mereka bersihkan hati kami dari kotoran ( Teyeng )
.

كَذَلِكَ بِالصَّاوِي أَحْمَدَ شَيْخُنَا **إِمَامِ الْوَرَي مَنْ لِلْطَّرِيقـــــــةِ أَعْلَنَّا
فَيَارَبِّ نَوِّرْنَا بِأَنْوَارِ سِـــــرِّهِ ** وَفِي سِلْكِهِ انْظِمْنَا وَبِاللُّطْفِ حَفَّنَا
وَبَلِّغْهُ فِي الْدَّارَيْنِ كُلَّ مُرَادَهُ **وَأَتْبَاعَــــهُ يَا سَامِعًا لِدُعـَــــــــائِنَا
Serta dengan pangkat Syaikh Ahmad  asshowi **  Imam manusia – yaitu orang yang menunjukkan kami terhadap tarekat
Wahai Tuhan ku , terangilah kami  dengan cahaya – cahaya  rahasia ( hatinya )
Dan tertibkan  kami dalam golongannya
Dan dengan kelembutanMu , liputilah kami
Dan berilah dia  bisa mencapai semua kehendaknya  di dunia dan ahirat
Begitu juga  para pengikutnya , wahai Tuhan  pendengar doa kita. 
Komite tetap riset ilmiyah dan fatwa Saudi menerangkan sbb:
إِنَّ اْلاِسْتِغَاثَةَ بِاْلأَمْوَاتِ وَدُعَاءَهُمْ مِنْ دُوْنِ اللهِ أَوْ مَعَ اللهِ شِرْكٌ أَكْبَرُ يَخْرُجْ مِنْ مِلَّةِ اْلإِسْلاَمِ، سَوَاءٌ كَانَ الْمُسْتَغَاثُ بِهِ نَبِيًَّا أَمْ غَيْرَ نَبِيٍّ، وَكَذٰلِكَ اْلاِسْتِغَاثَةُ بِالْغَائِبِيْنَ شِرْكٌ أَكْبَرُ يَخْرُجُ مِنْ مِلَّةِ اْلإِسْلاَمِ وَاْلعِيَاذُ بِاللهِ، وَهٰؤُلاَءِ لاَ تَصِحُّ الصَّلاَةُ خَلْفَهُمْ لِشِرْكِهِمْ. أَمَّا مَنِ اسْتَغَاثِ بِاللهِ وَسَأَلَهُ سُبْحَانَهُ وَحْدَهُ مُتَوَسِّلًا بِجَاهِهِمْ أَوْ طَافَ حَوْلَ قُبُوْرِهِمْ دُوْنَ أَنْ يَعْتَقِدَ فِيْهِمْ تَأْثِيْرًا وَإِنَّمَا رَجَا أَنْ تَكُوْنَ مَنْزِلَتُهُمْ عِنْدَ اللهِ سَبَبًا فِي اسْتِجَابَةِ اللهِ لَهُ فَهُوَ مُبْتَدِعٌ آثِمٌ مُرْتَكِبٌ لِوَسِيْلَةٍ مِنْ وَسَائِلِ الشِّرْكِ، وَيُخْشَى عَلَيْهِ أَوْ أَنْ يَكُوْنَ ذٰلِكَ مِنْهُ ذَرِيْعَةً إِلَى وُقُوْعِهِ فِي الشِّرْكِ اْلأَكْبَرِ. وَنَسْأَلُ اللهَ أَنْ يُعِيْنَكُمْ عَلَى نَشْرِ التَّوْحِيْدِ وَنُصْرَةِ الْحَقِّ وَجِهَادِ الْمُبْتَدِعِيْنَ.
وَبِاللهِ التَّوْفِيْقُ. وَصَلَّى اللهُ عَلَى نَبِيّنَامُحَمَّدٌ  ، وَآلِهِ وَصَحْبِهِ وَسَلَّمَ.
Fatwa Komite Tetap untuk Riset Ilmiah dan Fatwa   (c 1 / p. 73)
 Minta – minta  pada orang - orang mati dan berdoa kepada selain Allah, atau bersamaNya  syirik besar  keluar  dari agama Islam. Sama saja  minta bantuan pada  nabi atau lainnya,  Begitu juga minta – minta kepada orang gaib – juga syirik  terbesar  dan keluar dari agama Islam, semoga  Allah melindungi kita dari padanya . , tidak sah melakukan salat di belakang mereka karena mereka  syirik. Mereka yang berteriak atau istighosah  kepada Allah dan meminta Dia saja Maha  suci dan Maha Esa

Mereka   bertawassul dengan pangkat mereka atau berkeliling  di sekitar kuburan mereka tanpa berpikir  mereka  bisa berpengaruh , tetapi diminta agar  status mereka  menyebabkan Allah merespon  doanya maka ia adalah pelaku bid`ah yang  berdosa yang melakukan  sarana dari sarana  syirik.  Ditakutkan bahwa ini adalah dalih untuk jatuh di dalam syirik. Kami meminta Allah untuk membantu Anda untuk mempublikasikan Tauhid ,menegakkan hak dan jihad terhadap pelaku kebid`ahan  . Semoga Allah memberi taufik dan memberi rahmat kepada Nabi kita  Muhammad, keluarganya dan sahabat – sahabatnya [1]
Komentarku ( Mahrus ali )
Untuk apakah merendahkan diri , meminta – minta  kepada  mayat  sekalipun  para nabi . Hal itu adalah kekeliruan yang nyata  sebagaimana ayat :
وَمَنْ أَضَلُّ مِمَّنْ يَدْعُو مِنْ دُونِ اللهِ مَنْ لاَ يَسْتَجِيبُ لَهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَهُمْ عَنْ دُعَائِهِمْ غَافِلُونَ

Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang berdoa kepada  selain Allah yang tiada dapat memperkenankan (do`a) nya sampai hari kiamat dan mereka lalai dari (memperhatikan) do`a mereka?[2]
 Apakah mereka itu tidak ingat dengan firmanNya  :
أَمَّنْ يُجِيبُ الْمُضْطَرَّ إِذَا دَعَاهُ وَيَكْشِفُ السُّوءَ وَيَجْعَلُكُمْ خُلَفَاءَ اْلأَرْضِ أَئِلَهٌ مَعَ اللهِ قَلِيلاً  مَا تَذَكَّرُونَ

Atau siapakah yang memperkenankan (do`a) orang yang dalam kesulitan apabila ia berdo`a kepada-Nya, dan yang menghilangkan kesusahan dan yang menjadikan kamu (manusia) sebagai khalifah di bumi? Apakah di samping Allah ada tuhan (yang lain)? Amat sedikitlah kamu mengingati (Nya).[3]
Sesepuh NU itu berkata lagi
Ia menduga masih banyak kitab yang sisinya sudah diacak-acak seperti itu. Karenanya ia meminta PBNU dan kalangan pesantren untuk kritis terhadap keaslian kitab yang dikaji.
Komentarku ( Mahrus ali )
Tunjukkan mana kitab – kitab yang anda anggap di acak – acak , tunjukkan , saya akan menjawabnya dengan mudah dan rasional , juga realistis .


[1] Fatwa Komite Tetap untuk Riset Ilmiah dan Fatwa   (c 1 / p. 73)
[2]  Ahqaf  5
[3] Annamel 62



[1] Annakhel 44




 


Artikel Terkait

20 komentar:

  1. mas...........klo ngomong jangan di dunia maya gini...gak onok juntrunge.....ayo podo dopo duduk satu meja...lalu tunjukkan apa menurut anda itu benar..........lek gomong thok yo...iku jenenge MANTAN KYAI NU duduk KYAI NU.....

    BalasHapus
  2. Omonganmu sudah di jawab di blog dengan judul Ayo diskusi satu persatu dengan saya , lihat dan bacalah .

    BalasHapus
  3. kalo diundang diskusi datang dong...! masa beraninya lewat tulisan aja. dulu waktu diundang ke IAIN Sby juga gak berani datang gimana sih... tandanya apa yang anda tulis itu benar-benar tdk bisa dipertanggungjawabkan. alias kadzib murokkab. bohong, dan dusta serta menyesatkan. hal ini kenapa umat mudah dipecah belah pasti karena orang kayak sampeyan ini. fahimta...?

    BalasHapus
  4. Untuk perkataanmu ( Nidom Hamami's ) sudah di jawab :
    Sabtu, Agustus 13, 2011
    Mengapa saya tidak datang di debat terbuka di IAIN ?

    BalasHapus
  5. Barakallahu fikum ya Ustadz.
    Semoga Allah mengharumkan nama anda Pak Kyai H Mahrus Ali.
    Ana senang dan lapang menerima penjelasan dari Anda, Apa yang Anda katakan lebih benar.
    Tetap berjuang wahai pak Kyai walau syaithon-syaithon itu benci.

    BalasHapus
  6. Assallamualaikum wr wb.
    sejauh yang baca dr artikel2 bapak cukup ilmiah karena dilengkapi dngn dalil2 dan penjelasan yang logis & tidak mengada-ngada.
    saya ingin menanyakan 1 hal. apa benar bapak ini mantan kyai NU karena di beberapa website mengatakan bahwa julukan "mantan Kyai NU" itu adalah tidak benar bahkan ada salah satu website yang menampilkan hasil scan dari surat pernyataan dari bapak. Wassallamu'alaikum wr wb

    BalasHapus
  7. Kalau saya ini bukan mantan kiyai NU , lalu buku saya beredar banyak di seluruh Indonesia dengan judul mantan kiyai NU , lalu orang kampung saya diam saja dan membenarkan , tidak marah kepada saya , maka siapa saja yang menyatakan saya bukan mantan kiyai NU jelas meng ada - ada , keliru , kebakaran jenggot , ngibulin masarakat bawah karena belangnya di tampakkan. Baca lagi di :
    MANTAN KYAI NU: Mantan kiyai NU Gadungan ?
    30 Jul 2011
    Masing – masing punya dalil
    30 Apr 2011

    BalasHapus
  8. Magaimana juga mengganti redaksi suatu kitab, tanpa ijin dari pengarang tidak bisa dibenarkan. Kalau tidak setuju dengan isi suatu kitab, bisa memberi keterangan, tetapi jangan menghapus redaksi aslinya...

    BalasHapus
  9. Karena tulisannya itu fitnah, maka di hilangkan saja bukan di tetapkan , kasihan pengarangnya akan mendapat dosa terus, Dan ini termasuk nahi mungkar.

    BalasHapus
  10. TERUS MAJU PANTANG MUNDUR WAHAI KYAI MAHRUS ALI, ALLOH BERSAMAMU,

    BalasHapus
  11. ane kurang setuju klo arab saudi dibilang negara islam walaupun mereka menegakkan hukum qisas... mana ada pemerintahan yang mengaku muslim ber wala pd negara kafir, tidak baro'... memenjarakan banyak ulama dan memerangi saudara muslimx sendiri

    BalasHapus
  12. saya juga heran dengan mereka-mereka yang masih berdo'a kpd selain Allah, melakukan perbuatan syirik baik dengan perkataan dan perbuatan padahal Ayat-ayat AL QUran dan hadits-hadits yang shahih jelas-jelas melarangnya....? kemana akal dan fikiran mereka?
    semoga mereka bukan termasuk ke dalam firman ALlah : Mereka tuli, bisu dan buta oleh sebab itu mereka tidak mengerti(Al Baqorah :171).....Terus berdakwah Pak Kyai menyampaikan kebenaran .... Allah bersamamu...

    BalasHapus
  13. Untuk rahmat syaifuddin
    Nah sekarang mana yang kamu katakan negara Islam. Saudi berhubungan dengan Amirika itu taktik belaka. Bila Saudi kuat, tidak akan berbuat seperti itu.

    BalasHapus
  14. Cukup realistis. Semoga yang hak & yang bathil semakin jelas.Semoga Allah selalu melindungi Pak Kyai.

    BalasHapus
  15. ustad, saya mau tanya:
    1. apakah boleh bertawasul dengan orang yang sudah meninggal...
    2. apakah kelompok wahaby itu sesat, kq ada kelompok menganggap sesat kelompok wahaby, hingga mengatakan dengan sebutan yang hina..

    sebelumnya terima kasih...

    BalasHapus
  16. Untuk Brian Al-Huda
    Untuk tawassul dengan mayat itu tiada dalilnya, alias larangan dalam al quran lihat ayat 18 S. Jin sbb:
    وَأَنَّ الْمَسَاجِدَ ِللهِ فَلاَ تَدْعُوا مَعَ اللهِ أَحَدًا
    Dan sesungguhnya mesjid-mesjid itu adalah kepunyaan Allah. Maka janganlah kamu berdoa kepada seseorangpun di dalamnya di samping berdoa kepada Allah.
    Kelompok wahabi menurut saya lebih baik dari pada segala ormas di Indonesia atau segala aliran di Indonesia. Hanya saja, juga ada kelemahannya dan kelemahan aliran di Indonesia lebih banyak. Wahabi adalah aliran yang bagus sekali.

    BalasHapus
  17. lalu bagaimana kedudukan hadits ini

    dalil tawassul adalah sunnah Rasul saw, sebagaimana hadits yang dikeluarkan oleh Abu Nu'aim, Thabrani dan Ibn Hibban dalam shahihnya, bahwa ketika wafatnya Fathimah binti Asad (Bunda dari Sayyidina Ali bin Abi Thalib ra, dalam hadits itu disebutkan Rasul saw rebah/bersandar dikuburnya dan berdoa : Allah Yang Menghidupkan dan mematikan, dan Dia Maha Hidup tak akan mati, ampunilah dosa Ibuku Fathimah binti Asad, dan bimbinglah hujjah nya (pertanyaan di kubur), dan luaskanlah atasnya kuburnya, Demi Nabi Mu dan Demi para Nabi sebelum Mu, Sungguh Engkau Maha Pengasih dari semua pemilik sifat kasih sayang."

    jelas sudah dengan hadits ini pula bahwa Rasul saw bertawassul di kubur, kepada para Nabi yang telah wafat, untuk mendoakan Bibi beliau saw (Istri Abu Thalib).
    (ucapan dari kelompok aswaja yang membolehkan bertawasul denang orang yang telah meninggal)

    lalu apakah benar seluruh imam Madzhab membenarkan hadits di atas (membolehkan bertawasul dengan orang yang telah mati)

    pemahaman saya, bertawasul dengan orang yang telah mati adalah dosa, tapi setelah dapat hadis ini saya jadi bingung ustad....

    tolong pencerahan nya...

    kalau wahaby lebih baik dari ormas" di indonesia, kenapa cerita yang saya dengar (dari kelompok yang saya sebut di atas) mengatakan, beridi nya wahaby itu kejam, karena terjadi pertumpahan darah...
    tolong juga di jelaskan ustad..

    BalasHapus
  18. Untuk Brian Al-Huda
    Jawabannya akan saya taruh di blog saja lebih enak.Dan ingat meneliti hadis itu kadang butuh waktu lama.

    BalasHapus
  19. ehh... ternyata dia sendiri yang mengakui bahwa kaum wahhabi memang mentahrif kitab para ulama... aduh.., kunyuk...

    BalasHapus
  20. ehh.. tenyata ngaku juga ente ya kalau wahhabi memang mentahrif kitab para ulama... kalau ente nggak setuju, jangan kitab mereka diutak atik. itu kebohongan ilmiyah namanya.. ente karang kitab tantangan supaya fair.. dan masyarakat bisa menilai...

    BalasHapus

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan