Senin, September 12, 2011

Menguak Misteri Panji Gumilang Al Zaytun

Kisah Al Zaytun kembali mewarnai ranah politik di negeri ini, setelah Panji Gumilang ditetapkan sebagai tersangka, Sabtu (2/7/2011) kemarin. Pimpinan pondok pesantren (ponpes) di wilayah Indramayu itu dibidik dengan pasal pemalsuan dokumen atas laporan mantan bawahannya, Imam Supriyanto. Imam mengaku sebagai eks Menteri Peningkatan Produksi NII (Negara Islam Indonesia) KW9, sebuah gerakan ‘makar’ yang menghebohkan Indonesia selama bertahun-tahun.
Ketika diperiksa Mabes Polri selasa pekan pekan lalu, Panji menegaskan bahwa tidak ada pemalsuan surat seperti yang dituduhkan Imam. Panji juga membantah tudingan dirinya menjadi Imam NII KW9. Ia datang ke Mabes Polri selasa lalu didampingi Pengacaranya, Ali Tanjung, setelah mangkir dari panggilan pertamanya pada 23 Juni 2011.
Panji menolak dikait-kaitkan dengan NII. Dia mengungkapkan bahwa NII sudah tamat sejak 1962. Nasibnya sama seperti PKI: tidak ada tempat di negeri ini. Ia heran, mengapa dirinya selalu dikait-kaitkan dengan NII.
Namun, cerita Panji itu bertolak belakang dengan kisah yang dipaparkan Imam. Ia meyakini Panji Gumilang terlibat dalam jaringan Negara Islam Indonesia, bukan hanya terkait dugaan pemalsuan dokumen kepengurusan Yayasan Pesantren Indonesia. “Penyidik mestinya mengembangkan pemeriksaan ke makar,” ujar mantan Menteri Peningkatan Produksi NII itu.
Imam melaporkan Panji ke polisi setelah namanya dicoret dalam struktur pengurus Yayasan Pesantren Indonesia (YPI) yang menaungi Pondok Pesantren Al Zaytun di Indramayu, Jawa Barat. Imam dan Panji adalah pendiri YPI. Imam menegaskan, dirinya sudah menjelaskan berbagai hal mengenai posisi Panji sebagai pemimpin Negara Islam Indonesia (NII) saat diperiksa penyidik. Selain itu, ia juga sudah memberikan berbagai barang bukti keterlibatan Panji dalam NII.
Imam mengaku sudah bekerja dengan Panji di NII sejak 1988. Perjalanannya dengan pimpinan ponpes Al Zaytun itu sudah diceritakannya ke penyidik itu. Termasuk dokumen-dokumen, pidato pertanggungjawaban Panji di hadapan majelis syuro, catatan hasil sidang dewan syuro tentang pengangkatan imam, kabinet, anggota legislatif, dan lain-lain. 
Selain itu, terungkapnya jaringan NII wilayah Jawa Tengah memperlihatkan NII masih aktif serta memperkuat keterlibatan Panji. Sebab, kata Imam, ada bukti tanda terima dari Gubernur NII Jateng ke Menteri Keuangan NII sebelum diterima Panji. Imam berharap Panji Gumilang mendapat sanksi setimpal. Setelah itu, Imam berniat membenahi dan meluruskan pesantren Al Zaytun.
Ketua Umum PP Muhammadiyah Din Syamsuddin pun meyakini bahwa pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun, Indramayu, Jabar, adalah pemimpin NII KW 9. Din juga menyebut wali ideologis di NII KW 9 sangat dipatuhi daripada wali biologis. Din menegaskan bahwa dari pengakuan mantan NII KW 9, pemimpinnya adalah pemimpin Al-Zaytun.
Berdasarkan fakta-fakta yang ada tersebut, Din Syamsuddin menilai seharusnya Panji Gumilang ditahan karena tuduhan melakukan kegiatan makar, menyangkut NII KW 9. Bukan sekedar pemalsuan dokumen. (HP. Diolah dari berbagai sumber)
Opini Seputar NII KW9 dan Al Zaytun:
- Dalam beberapa waktu terakhir ini masyarakat resah dengan merebaknya kembali isu Negara Islam Indonesia Komandemen Wilayah 9 (NII KW 9) yang disertai maraknya penipuan, pemerasan, pencucian otak berkedok doktrin agama terhadap ratusan mahasiswa sebuah universitas ternama di Pulau Jawa.
- NII Crisis Center, lembaga yang didirikan untuk membantu masyarakat yang menjadi korban penipuan NII KW 9, mengaku telah menerima 400 laporan mengenai orang hilang.
- Menurut Sekretaris Gerakan Tokoh Lintas Agama Salahuddin Wahid (Gus Solah), para korban cuci otak NII KW 9 mengaku bahwa NII KW 9 adalah Al Zaytun.
- Menurut Imam Supriyanto, mantan Menteri Peningkatan Produksi NII KW9, banyak yang direkrut menjadi anggota dan ditargetkan mencari uang. Uang yang dikumpulkan mencapai miliaran rupiah per bulan dan pernah disimpan di Bank Century atas nama Abu Maarif, yang tidak lain adalah Panji Gumilang.
- Menurut pengamat intelijen Andi Widjojanto, ada yang meyakini NII hanya merupakan bentukan intelijen era Ali Moertopo, guna menyusupkan BAIS ke tubuh NII. Tapi ada juga yang meyakini NII ini adalah penerus NII yang didirikan Kartosoewirjo.
- Menurut Ketua Majelis Umat Islam (MUI) Amidhan, pihak MUI telah melakukan penelitian di Al Zaytun pada 2002 dan menengarai ada kaitan dengan NII KW 9. Yang diteliti MUI terkait Al Zaytun adalah soal pemahaman, dan hasilnya ditemukan adanya pemahaman yang menyimpang dari pemahaman Islam yang dianut MUI. Penyimpangannya misalnya soal zakat dan soal nabi.

Cikal Bakal NII
NII dahulu dikenal dengan nama Darul Islam atau DI. Organisasi ini bermula dari gerakan politik yang diproklamasikan Sekarmadji Maridjan Kartosoewirjo di Desa Cisampah, Kecamatan Ciawiligar, Tasikmalaya, Jawa Barat, pada 7 Agustus 1949. Tujuan dari gerakan ini adalah menjadikan Indonesia sebagai negara teokrasi dengan agama Islam sebagai dasar negara.
Dalam perkembangannya, NII menyebar di beberapa wilayah. Setelah Kartosoewirjo ditangkap TNI dan dieksekusi pada 1962, gerakan tersebut dianggap sudah berakhir. Meski muncul gerakan-gerakan yang memakai nama sejenis atau menggunakan nama Islam pasca tahun tersebut, tapi itu bukan dari orang-orang NII Kartosoewirjo.
Sisa-sisa pejabat NII Kartosoewirjo yang masih hidup hingga kini hanya empat orang. Di antaranya adalah Adah Jaelani, Masduki, dan Abdul Fathah. Mereka sudah sepenuhnya tidak berniat lagi untuk beraktivitas melanjutkan perjuangan DI/TII. Karena itu, dengan merebaknya kembali NII KW 9, mereka berharap agar hal ini tidak dikait-kaitkan dengan NII Kartosoewirjo.
Memang konsep negara juga telah berbeda. Jika NII Kartosoewirjo ingin menegakkan Syari'at Islam dan menjalankan kenegeraan sesuai Al-Qur`an, NII-KW 9 dianggap hanya produk kepentingan politik tertentu.
Al Zaytun dan Panji Gumilang
Pondok Pesantren Al-Zaytun atau lebih dikenal dengan nama Ma’had Al-Zaytun (MAZ) didirikan oleh Abu Toto alias Syekh Abdus Salam Panji Gumilang pada 1996 dan diresmikan oleh mantan Presiden Habibie pada 27 Agustus 1999. Kini, pesantren termegah di Asia Tenggara seluas 1.200 hektare yang berlokasi di Indramayu, Jawa Barat, itu memiliki 7.400 siswa yang datang dari seluruh provinsi di Indonesia dan dari mancanegara seperti Malaysia, Singapura, Timor Leste, Somalia, dan Afrika Selatan.
Nah, siapakah Panji Gumilang? Tidak banyak orang yang tahu tentang riwayat hidupnya. Ia jarang tampil di depan publik dan amat susah menemuinya. Ia tercatat pernah belajar di Pondok Pesantren Modern Gontor. Di buku induk santri sekitar tahun 1960-1961, terdapat file nama santri Abdul Salam bin Rasyidi, lengkap dengan tanggal lahir dan biodata penting.
Data tersebut diduga kuat sebagai nama asli Syekh AS Panji Gumilang. Inisial AS adalah Abdul Salam yang lahir di desa Sembung Anyar, kecamatan Dukun, Gresik, Jawa Timur. Di Gresik ia tinggal di jalan Imam Rasyidi, nama ayahnya sendiri. Adik kandungnya, Abdul Waahib Rasyidi, menjadi Kepala Desa Sembung Anyar.



Komentarku ( Mahrus ali )
    NII Syekh Abdus Salam Panji Gumilang penuh dengan nuansa politik Thaghut bukan Islami lagi – bertentangan dengan ayat :
وَلَقَدْ بَعَثْنَا فِي كُلِّ أُمَّةٍ رَسُولًا أَنِ اُعْبُدُوا اللَّهَ وَاجْتَنِبُوا الطَّاغُوتَ فَمِنْهُمْ مَنْ هَدَى اللَّهُ وَمِنْهُمْ مَنْ حَقَّتْ عَلَيْهِ الضَّلَالَةُ فَسِيرُوا فِي الْأَرْضِ فَانْظُرُوا كَيْفَ كَانَ عَاقِبَةُ الْمُكَذِّبِينَ
Dan sesungguhnya Kami telah mengutus  Rasul  pada tiap-tiap umat (untuk menyerukan): "Sembahlah Allah (saja), dan jauhilah Thaghut itu", maka di antara umat itu ada orang-orang yang diberi petunjuk oleh Allah dan ada pula di antaranya orang-orang yang telah pasti kesesatan baginya. Maka berjalanlah kamu di muka bumi dan perhatikanlah bagaimana kesudahan orang-orang yang mendustakan ( Rasul - Rasul ) Nahel 36
Baca lagi  artikel di bawah ini :
30 Apr 2011
Pengamat Sejarah Darul Islam/NII Solahudin mengatakan, mengapa keberadaan NII KW9 tetap eksis saat ini salah satunya karena memang dipelihara oleh penguasa. Eksistensi NII KW9 yang mempunyai banyak pengikut membuat politikus tertarik ...

28 Apr 2011
Jakarta - Beragam cara yang dilakukan Negara Islam Indonesia (NII) KW 9 untuk mengumpulkan pundi-pundi rupiah. Salah satu yang dilakukan adalah dengan mengirim wanita berjilbab ke aneka tempat umum seperti SPBU dan ATM untuk meminta ...
03 Mei 2011
Pemimpin tertinggi atau presiden dalam Negara Islam Indonesia (NII) disebut sebagai khalifah atau Imam. Saat ini khalifah NII dipegang oleh Panji Gumilang, pemimpin Pondok Pesantren Al Zaytun, Indramayu, Jawa Barat. ...
14 Mei 2011
VIVAnews - Pengikut komunitas Negara Islam Indonesia (NII) memiliki cara sendiri untuk menunaikan ibadah haji. Dalam Islam, mereka yang menunaikan ibadah haji akan berangkat ke Tanah Suci Mekah di Arab Saudi. ...


Artikel Terkait

1 komentar:

  1. Panji Gumilang mendidik para santrinya untuk menjadi Islam yang Haq benar,akan tetapi jika ada unsur kepentingan dengan cara dipolitisir, untuk menjadikan negara Islam Indonesia sudah menyimpang jauh dari Haq Allah, lebih-lebih dengan berbagai cara yang tidak Allah ridhai, pasti akan terbongkar makarnya untuk melawan NKRI, mengapa hampir semua yang dianggap militansi Islamnya bagus jadi menyimpang dari tujuan Islam diturunkan Allah sebagai Rahmatan lil`alamiin, mengapa menyampaikan Islam tidak dengan akhlaqul karimah seperti Raulullah SAW lakukan,mengapa harus menirikan negara Islam bukan negara Baldatun Thayyibatun warabbun ghafuur, yang dipenuhi dengan kedamaian, sedangkan Allah Maha mengetahui orang-orang yang berjuang karena ketidak ikhlasan pada akhirnya akan terbongkar kedoknya, Diinul Islam yang dikehendaki Allah dusebarluaskan dengan penuh kedamaian, bulan memaksakan kehendak untuk berlaku makar pada pemerintah yang ada, itu hanyalah nafsu belaka yang pasti akan selalu terjegal pengembangannya, karena Allah tidak meridhainya, kholafah Islam tegak bukan didorong oleh hawa nafsu ingin menguasai dan ingin rasa memiliki,contoh Rasulullah melaksanakan Quran dengan akhlaq khuluqun `adziim, dan tidak ada niat mendirikan negara Islam (khilafah Islamiyah) KHIS berdiri dengan sendirinya karena Allah yang mencuatkannya, Wallaahu mutimmu nuurihi walau karihal Kaafiruuna.bukan kehendak manusia, dengan persyaratan semua orang-orang muslim bersama keluarganya dengan ikhlas melaksanakan Diinul Islam dengan Haq,pasti tidak ada yang mampu menghalanginya apapun kendatipun setan terlaknat, jikameniru gaya syetan pasti akzn hancur,maka akan sia-sialah usaha mereka buktikan...................

    BalasHapus

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan