Rabu, September 07, 2011

Polri Selidiki Kasus Bom Pesantren

Republik Indonesia (Polri) terus menyelidik kasus meledaknya bom di Pondok Pesantren Umar bin Khattab di Kabupaten Bima, Nusa Tenggara Barat (NTB) pada Senin (11/7).
“Kami masih menunggu hasil penyelidikan awal yang sudah dilakukan. Sementara satu orang sudah ditetapkan sebagai tersangka, kita ikuti saja perkembangannya,” kata Kapolri Jenderal Pol Timur Pradopo usai mengikuti upacara penutupan latihan Tentara Nasional Indonesia dan Angkatan Bersenjata Singapura (Singapore Armed Forces/SAF) dalam penanggulangan bencana alam dan pemberian bantuan kemanusiaan “ASEAN Humanitarian Assistance Disaster Relief Exercise” 2011 di Markas Komando Divisi Infanteri-1/Kostrad, Cilodong, Depok, Jawa Barat, Kamis.
Mengenai jenis bom yang digunakan, ia pun belum bisa berbicara banyak karena dirinya masih menunggu hasil olah TKP, dan penyelidikan oleh Polda Nusa Tenggara Barat.
Timur Pradopo mengatakan kasus meledaknya bom itu diduga terkait dengan penyerangan terhadap petugas kepolisian, yang terjadi tak lama sebelum meledaknya bom di pesantren tersebut.
“Hal itu terkait dengan kasus polisi yang jadi korban itu di salah satu polsek, saya kira bagian dari pada itu,” katanya.
Polri juga mengejar pimpinan Pondok Pesantren (Ponpes) Umar bin Khattab yang diduga melarikan diri pasca ledakan bom menewaskan satu orang pengajarnya, Firdaus.
“Sekarang tim melanjutkan pencarian ke arah yang kemungkinan dia lari,” kata Kepala Biro Penerangan Masyarakat Divisi Humas Mabes Polri, Brigadir Jenderal Polisi Ketut Untung Yoga di Jakarta, Kamis.
Brigjen Ketut Untung Yoga mengatakan awalnya polisi mencari pimpinan Ponpes Umar bin Khattab guna berkoordinasi terkait kronologis peristiwa ledakan bom.
Namun petugas tidak menemukan pimpinan Ponpes Umar bin Khattab di lokasi yang berhubungan dengan kegiatan pesantren tersebut.
Untung tidak menyebutkan identitas pimpinan Ponpes Umar bin Khattab maupun lokasi yang diduga tempat pelariannya.
Untung menuturkan rumah pimpinan Ponpes Umar bin Khattab sempat terbakar, Kamis (14/7) sekitar pukul 05.00 Wita, namun warga sekitar berhasil memadamkan sumber pada pukul 10.00 Wita.
Berdasarkan penyisiran dan olah tempat kejadian perkara, polisi menemukan barang bukti berupa sembilan bom molotov, beberapa senjata tajam, puluhan ketapel dan anak panah, buku tentang jihad dan cakram padat atau “video compact disc” (VCD) tentang deklarasi Jamaah Ansharut Tauhid (JAT) di Bekasi, Jawa Barat.
Kemudian polisi menemukan bekas ledakan pada lantai keramik pecah (creater), serta peralatan/bahan membuat bom, seperti solder, avometer, belerang dan pipa.
Saat ini, penyidik masih menginterogasi tujuh orang yang diduga mengetahui peristiwa peledakan bom.
Sebelumnya, ledakan bom terjadi di Ponpes Umar bin Khatab di Desa Sila, Kecamatan Bolo, Kabupaten Bima, NTB, Senin (11/7) sekitar pukul 15.30 Wita, menewaskan pengajar santri maupun bendahara ponpes tersebut, Firdaus.
Sejumlah warga masyarakat setempat dan penghuni Ponpes Umar bin Khattab melarang polisi memasuki lokasi kejadian.
Komentarku ( Mahrus ali )
Kancah  politik itu adalah kancah kedustaan bukan kejujuran, maling teriak maling itu sudah biasa- tidak aneh lagi dan  jarang terjadi orang baik teriak maling. . Orang jujur malah di buat tidak jujur atau di tuduh penghianat  itu politik Belanda sejak dulu yang anti Islam . Anehnya kristen ,dan agama lainnya di anggap baik terus .
Sudahlah , ingat firman Allah :
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا لاَ تَتَّخِذُوا بِطَانَةً مِنْ دُونِكُمْ لاَ يَأْلُونَكُمْ خَبَالاً وَدُّوا مَا عَنِتُّمْ قَدْ بَدَتِ الْبَغْضَاءُ مِنْ أَفْوَاهِهِمْ وَمَا تُخْفِي صُدُورُهُمْ أَكْبَرُ قَدْ بَيَّنَّا لَكُمُ ا‏ ْلآ‏يَاتِ إِنْ كُنْتُمْ تَعْقِلُونَ
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu ambil menjadi teman kepercayaanmu orang-orang yang di luar kalanganmu (karena) mereka tidak henti-hentinya (menimbulkan) kemudharatan bagimu. Mereka menyukai apa yang menyusahkan kamu. Telah nyata kebencian dari mulut mereka, dan apa yang disembunyikan oleh hati mereka lebih besar lagi. Sungguh telah Kami terangkan kepadamu ayat-ayat (Kami), jika kamu memahaminya. 

Bacalah artikel ini : 
30 Apr 2011
30 Apr 2011
Boleh jadi NII itu di rawat oleh Inteljen sendiri , gunanya untuk menangkapi aktivis muslim sebagaimana kasus teroris di mana – mana sejatinya bukan untuk bela Islam , tapi bela agama – agama yang batil. Dengan adanya kasus terorisme ...
11 Mei 2011
11 Mei 2011
Jadi inteljen itu sudah tahu aktivitas NII , dan memang di buat untuk mencoreng NII sendiri sehingga rakyat masih tetap mempertahankan NKRI yang berlandaskan hukum warisan Belanda dari pada mendirikan negara yang ...
14 Mei 2011
Ahirnya thoghut yang berkoar – koar dan actor intelektualnya menurut Gus Sholah adalah jangan – jangan inteljen sendiri . Banyak teori untuk mempertahankan NKRI berlandaskan warisan hukum Belanda yang di jadikan ...


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan