Selasa, November 22, 2011

Pengikut Syi`ah demo di Saudi ingin jabatan tinggi

Demonstran anti-pemerintah di kota Qatif di Provinsi Timur Arab Saudi telah menyita sebuah kendaraan lapis baja milik pasukan keamanan, lapor Press TV.
Pada hari Senin kemarin (21/11), para demonstran di kota Qatif dan timur kota dekat Awamiyah terus melakukan aksi demonstrasi menentang kerajaan Saudi meskipun operasi keamanan pasukan dilakukan untuk menejan para pengunjuk rasa.
Sebelumnya pada hari itu, pasukan keamanan menembaki demonstran di Qatif, menyebabkan beberapa orang tewas dan terluka, menurut aktivis.
Ribuan demonstran Saudi juga berkabung atas kematian Nasser al-Mahishi (19 tahun), yang terbunuh oleh pasukan rezim, ketika mereka diserang. Pelayat juga meneriakkan slogan-slogan menentang keluarga kerajaan Saudi.
Mahishi ditembak oleh pasukan rezim pada Minggu malam saat berjalan menyusuri jalan di Qatif dengan teman-temannya. Dia akhirnya tewas karena luka-lukanya pada hari Senin kemarin.
Demonstrasi serupa juga berlangsung di Awamiyah, di mana demonstran membakar ban dan memblokir jalan-jalan utama.
Arab Saudi timur yang banyak penganut Syiahnya telah menjadi tempat aksi protes anti-pemerintah selama beberapa bulan terakhir di mana para demonstran menuntut reformasi hak asasi manusia, kebebasan berekspresi dan pembebasan tahanan politik. (fq/prtv)
Sumber: eramuslim.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Saya ambilkan data aslinya dari bahasa arab dan terjemahannya sbb:

احتجاجات بالسعودية تطالب بإطلاق سجناء شيعة

دبي، الإمارات العربية المتحدة (CNN)-- شهدت محافظة "الإحساء"، شرقي المملكة العربية السعودية، مظاهرة شارك فيها المئات بعد ظهر الجمعة، ضمن ما يُعرف بـ"يوم الغضب"، للمطالبة بإطلاق سراح عدد من السجناء الشيعة،
Protes di Arab Saudi menuntut  untuk tahanan Syiah agar di bebaskan.
Dubai, Uni Emirat Arab (CNN) -  "Al-Ahsa ', timur Arab Saudi, menyaksikan  demonstrasi oleh ratusan orang  pada hari Jumat sore, dalam apa yang dikenal sebagai" hari kemarahan ", menuntut pembebasan sejumlah tahanan Syi`ah,
يقول المحتجون إنهم تعرضوا للسجن "دون محاكمة عادلة."
وقال إبراهيم المقيطيب، رئيس جمعية "حقوق الإنسان أولاً"، إن إطلاق سراح الشيخ توفيق العامر، الذي يقول المحتجون إنه تعرض للاعتقال قبل أسبوع، على خلفية دعوته لإقامة ما أسماها "ملكية دستورية" في السعودية، كان في مقدمة مطالب احتجاجات "جمعة الغضب."
Pengunjuk rasa mengatakan: Mereka dipenjara "tanpa pengadilan yang adil."
Kata Ibrahim al,Muqaithib - presiden Asosiasi "Human Rights First,"   Syekh Taufik Al-Amer hendaknya di bebaskan. Para pengunjuk rasa mengatakan bahwa ia ditangkap seminggu lalu, karena seruannya untuk pembentukan apa yang disebut "monarki konstitusional" di Arab Saudi,  ia permulaan tuntutan protes kemarahan pada hari Jumat."

وأضاف المقيطيب أن احتجاجات الإحساء جاءت بعد يوم من المظاهرات التي شهدتها مناطق أخرى بالمملكة السعودية، مشيراً إلى أن نحو 200 شخص شاركوا في مظاهرة بمدينة "القطيف" الخميس، فيما تظاهر قرابة مائة آخرين في مدينة "العوامية"، للمطالبة بإطلاق سراح السجناء الشيعة.
 Mugaiteeb menambahkan  bahwa protes Ahsa datang setelah sehari  dari demonstrasi di bagian lain Kerajaan Arab Saudi, Dia menunjukkan  bahwa sekitar 200 orang mengambil bagian dalam sebuah demonstrasi  di kota "Qatif" pada hari Kamis, sebagaimana  hampir seratus orang lain di kota "Awamiya," untuk menuntut pembebasan tahanan orang Syiah.


وفيما ذكر المقيطيب أن أجهزة الأمن السعودية اعتقلت 22 شخصاً ممن شاركوا في احتجاجات "القطيف" الخميس، لم يمكن لـCNN الحصول على تعليق فوري من جانب السلطات الرسمية، بشأن الاحتجاجات التي تشهدها المملكة، والتي تُعد أكبر دولة عربية منتجة للنفط.

 Mugaiteeb mengatakan bahwa pasukan keamanan Saudi menangkap 22 orang yang berpartisipasi dalam demontrasi "Qatif"  pada hari Kamis, CNN  tidak mendapat  komentar oleh otoritas negara, selama protes berlangsung  dikerajaan  Saudi , yang merupakan produsen terbesar minyak negara Arab.

كما شهدت العاصمة الرياض مظاهرة أخرى بعد صلاة الجمعة، وفق ما أكد ناشطين سياسيين سعوديين، طلبا عدم الكشف عن هويتهما لاعتبارات أمنية حرصاً على سلامتهما.
Kota Riyadh  juga ada  demonstrasi lain setelah salat Jumat, menurut  dua aktivis politik Saudi, yang meminta untuk tidak diidentifikasi karena alasan keamanan untuk menjamin keselamatan mereka.
وأشار الناشطان السعوديان إلى أن نحو 40 شخصاً من المعارضين للحكومة السعودية، تجمعوا خارج مسجد "الراجحي"، في احتجاج استمر لفترة قصيرة، وقالا إن عناصر أمنية قامت باعتقال شخص واحد على الأقل ممن شاركوا في تنظيم الاحتجاج.

Dua militan Saudi menyatakan bahwa sekitar 40 orang dari oposisi terhadap pemerintah Saudi, berkumpul di luar masjid  "Al Rajhi", untuk  protes  dalam waktu  yang singkat, dan keduanya mengatakan bahwa agen keamanan telah menangkap satu orang setidaknya yang mengambil bagian dalam mengorganisir protes.


وبحسب المصادر فقد قام منظمو الاحتجاج بجذب عشرات المصلين فور الانتهاء من أداء صلاة الجمعة، وعرض بعض المحتجين صوراً تتضمن خريطة للسعودية لا تتضمن عبارة "المملكة العربية السعودية"، والتي يعود اسمها إلى أسرة آل سعود الحاكمة.

Menurut beberapa  sumber,  Para penyelenggara demontrasi  itu, menarik puluhan jamaah setelah shalat Jumat, dan  beberapa pengunjuk rasa memperlihatkan  gambar dari  peta Arab Saudi tanpa kalimat "Kerajaan Arab Saudi,"  yang  menjadi nama keluarga penguasa Al Saud.

ويمثل الشيعة أقلية بين سكان المملكة، ذات الغالبية السُنية، ويقطن معظم الشيعة في المناطق الشرقية التي تعمل بها العديد من شركات النفط الكبرى.
Syiah  adalah  minoritas penduduk Kerajaan, dengan mayoritas Sunni, dan sebagian besar kaum Syiah hidup di daerah timur, yang mengoperasikan banyak perusahaan minyak terbesar.

ويشكو شيعة السعودية من معاملتهم بوصفهم مواطنين من الدرجة الثانية، ويقولون إن هناك تمييز طائفي ومذهبي تمارسه السلطات السعودية ضدهم، بالإضافة إلى عدم مساواتهم ببقية المواطنين الآخرين، وعدم تمثيلهم في المناصب العليا بالمملكة.
Syiah Saudi mengeluh karena diperlakukan sebagai warga negara kelas dua, dan mengatakan bahwa ada diskriminasi sektarian dan madzhab dipraktekkan oleh pemerintah Saudi terhadap mereka, di samping kurangnya kesetaraan dengan  warga lainnya, dan kurangnya representasi dalam posisi tinggi  di Kerajaan.

يُذكر أن العاهل السعودي، الملك عبد الله بن عبد العزيز، استبق عودته إلى المملكة أواخر فبراير/ شباط الماضي، من رحلة علاجية بالخارج امتدت قرابة ثلاثة شهور، بإصدار مجموعة من الأوامر الملكية، تتضمن إصلاحات اقتصادية واجتماعية، تزيد قيمتها عن 100 مليار ريال سعودي، أي ما يزيد على 37 مليار دولار.

Top of Form
Raja Saudi, Raja Abdullah bin Abdul Aziz, mengantisipasi dan cepat kembali ke Arab Saudi pada akhir Februari lalu, dari perjalanan pengobatan ke luar negeri yang berlangsung hampir tiga bulan, untuk mengeluarkan serangkaian perintah kerajaan, termasuk reformasi ekonomi dan sosial, lebih dari $ 100 miliar riyal Saudi, lebih dari $ 37 miliar.
Komentarku ( Mahrus ali ):
  Anda wahai Syi`ah hidup di kalangan mayoritas sunni dan anda minoritas, lalu anda minta jabatan tinggi, bukan jabatan rendah atau mau menjadi rakyat biasa. Tengoklah kepada negara Iran yang syi`ah dan anti sunni,  bukan  negara lain, tapi negara yang anda banggakan sendiri.  Apakah ada di sana orang sunni yang di beri jabatan tinggi.  Apakah tidak ingat, orang sunni mau mendirikan masjid di Teheran saja tidak boleh.  Berapa ratus orang sunni di Libanon yang di bantai kalangan syi`ah.

  Bila anda mau demo, maka demolah di negara Iran sana yang banyak kesyirikannya dan kuburan yang di kubah dan di puja. Kembalilah kepada  al quran dan hadis dan ingatlah ayat:
فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِى شَىْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللهِ والرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللهِ والْيَوْمِ اْلآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَاَحْسَنُ تَاْوِيْلاً.

"Jika kamu saling berbantah-bantahan dalam sesuatu perkara, maka kembalikanlah ia kepada Allah (al-Quran) dan Rasul (as-Sunah) jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan Hari Kemudian, yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya".  An-Nisa, 4:59.
Artikel Terkait

2 komentar:

  1. setidak2nya iran bukan antek amerika seperti saudi, dan lebih berani menentang israel dan amerika,

    BalasHapus
  2. Iran anti Amirika, akrab juga dengan sofyet dan hanya omong saja anti Israil, buktikan kapan membantu orang Palistina. Iran anti Amirika juga anti negara Islam tetangganya yaitu negara teluk. Permusuhannya dengan Amirika hanya ngomong, kapan pernah menyerang Amirika atau mengganggu kepentingan AS di timur tengah.

    BalasHapus

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan