Selasa, Januari 10, 2012

Baru di temukan El Gordo Galaksi raksasa terbesar












LONDON l SURYA Online- Para astronom yang menggunakan Teleskop Kosmologi Atamaca di Cile berhasil menemukan sebuah kluster galaksi terbesar di alam semesta sejauh ini.
Galaksi itu berjarak tujuh miliar tahun cahaya dan berukuran dua miliar kali lebih besar dari matahari.
Dengan ukuran yang maha besar ini maka para astronom memberi nama El Gordo atau dalam bahasa Spanyol berarti Si Gemuk untuk galaksi ini.
Para astronom yang melaporkan temuan ini pada pertemuan Komunitas Astronomi Amerika ke-219 menambahkan galaksi tersebut masih terus bertambah besar.
“El Gordo berada dalam jarak sekitar tujuh miliar tahun cahaya. Dengan meneliti dan memahami El Gordo maka kita bisa memahami waktu struktur evolusi alam semesta,” kata Profesor Jack hughes dari Universitas Rutger kepada BBC.
Dua kali lebih besar dibandingkan galaksi sejenis dalam jarak yang sama, El Gordo mewakili sebuah kluster galaksi yang baru separuh terbentuk.
Dua kluster galaksi yang lebih kecil di dekatnya juga ditemukan dan akan membantu pengungkapan usia galaksi raksasa ini.
Sebuah tim kemudian menggunakan Teleskop Hubble untuk menunjukkan sejumlah proses pembentukan galaksi jarak jauh yang dikenal dengan nama protokluster.
Cahaya yang terlihat dari El Gordo diyakini sudah terbentuk sejak 13 miliar tahun lalu, di saat alam semesta baru berusia 650 juta tahun.
“Temuan ini sangat luar biasa karena kami menyaksikan kelahiran sebuah kluster galaksi masa depan,” kata Michele Trenti dari Universitas Colorado.
Sementara itu di penghujung evolusi spektrum kluster ini, William Dawson dan tim Universitas California Davis menggunakan teleskop Hubble dan Chandra untuk menyaksikan tahap tabrakan terakhir kluster galaksi yang belum pernah disaksikan sebelumnya.
Dua galaksi terpisah dari dua kluster berbeda saling bertumbukan dan tetap melintas. Namun, gas tipis sebagai hasil tumbukan itu tetap berada di tempat tumbukan.
Dawson mengatakan penemuan struktur terbesar di alam semesta merupakan awal untuk dapat mempelajari alam semesta lebih jauh.
“Setiap kemajuan dalam pemahaman kita tentang alam semesta adalah hasil langsung pemahaman bagaimana semua ini berubah bersama waktu,” kata Dawson.
Pada akhirnya, lanjut Dawson, pengetahuan ini akan mengungkap proporsi relatif energi dan materi gelap untuk membantu memperkirakan ukuran El Gordo di kemudian hari.
“El Gordo masih akan terus berkembang,” kata Profesor Huges.
Sumber : bbc
Editor : Heru Pramono


Komentarku ( Mahrus ali :
Ada keterangan lagi sbb:


TEXAS, KOMPAS.com — Para astronom menemukan kluster galaksi terbesar yang pernah ada dengan Chandra X-Ray Observatory milik NASA. Kluster galaksi itu sungguh besar hingga disebut El Gordo atau Si Gemuk.

Massa kluster galaksi tersebut mencapai 2 kuadriliun kali matahari. Jumlah itu dinyatakan dengan angka 2 yang diikuti oleh 15 angka nol di belakangnya (2.000.000.000.000.000) alias kali 1.000 triliun.

Kluster galaksi itu sejatinya bernama ACT-CL J0102-4915. Jarak kluster galaksi itu 7 miliar tahun cahaya dari Bumi. Sementara umur kluster galaksi itu kira-kira 13,7 miliar tahun.

Gas di El Gordo bisa mencapai temperatur 200 juta derajat celsius, berdasarkan observasi Chandra di Very Large Telescope di European Southern Observatory, Cile.

"Kluster ini adalah yang paling masif, panas, dan menghasilkan paling banyak sinar-X dibanding kluster lain yang jaraknya sama atau lebih jauh," kata Felipe Menanteau, pemimpin penelitian.

Panas dan galaksi di El Gordo terkonsentrasi pada dua daerah, yang memberi petunjuk bahwa El Gordo merupakan gabungan antara dua kluster galaksi yang berbeda.

"Galaksi bergerak di dalam kluster dengan kecepatan 3 mil per jam," imbuh John Patrick Hughes, rekan Menanteau. Hughes dan Menanteau berasal dari Rutgers University.

Proses penggabungan kluster galaksi yang membentuk El Gordo tergantung pada materi gelap dan energi gelap. Karenanya, El Gordo bisa menjadi pintu untuk mempelajari materi gelap.

Ukuran dan jarak El Gordo memang luar biasa. Namun, baik ukuran maupun jarak masih sesuai dengan model Big Bang. Peristiwa Big Bang sendiri juga terjadi 13,7 miliar tahun lalu.

Hughes mengatakan, "Kluster galaksi raksasa seperti ini adalah target penemuan kita. Kita ingin melihat apakah kita memahami bagaimana obyek ekstrem ini terbentuk dengan model kosmologi yang ada saat ini."

Hasil penelitian Menanteau dan Hughes dipresentasikan dalam pertemuan American Astronomical Society di Austin, Texas, Selasa (10/1/2012). Penelitian juga dipublikasikan di Astrophysical Journal.

Sumber : http://sains.kompas.com/read/2012/01/11/15051858/Kluster.Galaksi.Gemuk.Bermassa.2.Kuadriliun


Komentarku ( Mahrus ali ): 















   Begitu hebat ciptaan Allah bukan ciptaan manusia , alam atau dewa- dewa yang dianggap Tuhan alam semesta. Sungguh hina dina ciptaan seluruh manusia dan jin bila di bandingkan dengan ciptaan Allah yang Maha Kuasa, bukan Maha Lemah. Kita ingat firmanNya:
يَوْمَ نَطْوِي السَّمَاء كَطَيِّ السِّجِلِّ لِلْكُتُبِ كَمَا بَدَأْنَا أَوَّلَ خَلْقٍ نُّعِيدُهُ وَعْداً عَلَيْنَا إِنَّا كُنَّا فَاعِلِينَ ﴿١٠٤﴾
104. (Yaitu) pada hari Kami gulung langit sebagai menggulung lembaran-lembaran kertas. Sebagaimana Kami telah memulai penciptaan pertama begitulah Kami akan mengulanginya. Itulah suatu janji yang pasti Kami tepati; sesungguhnya Kamilah yang akan melaksanakannya. 104/ al anbiya` surat ke 21
  Langit segitu besarnya bukan buku atau rati akan di lipat atau di gulung oleh Allah tanpa dibantu oleh  seluruh manusia atau jin. Tapi Allah sendirian yang akan melakukannya. Ini membikin manusia dan jin harus tunduk, bukan bangkang , bersujud bukan enggan menjalankan salat, taat bukan melanggar terus  Ingat firmanNya:
يَسْمَعُ آيَاتِ اللَّهِ تُتْلَى عَلَيْهِ ثُمَّ يُصِرُّ مُسْتَكْبِراً كَأَن لَّمْ يَسْمَعْهَا فَبَشِّرْهُ بِعَذَابٍ أَلِيمٍ ﴿٨﴾
008. dia mendengar ayat-ayat Allah dibacakan kepadanya kemudian dia tetap menyombongkan diri seakan-akan dia tidak mendengarnya. Maka beri kabar gembiralah dia dengan azab yang pedih. Al Jatsiyah .

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan