Rabu, Januari 11, 2012

Puluhan ribu Warga Hongkong Tinggal di Kandang Kelinci


Kamis, 12 Januari 2012 08:09 WIB
REPUBLIKA.CO.ID,HONGKONG - Hongkong yang merupakan wilayah bagian dari Republik Rakyat Cina termasuk salah satu kota termakmur di dunia. Perekonomian negeri itu berkembang pesat, terutama setelah diserahkan Inggris kepada Cina tahun 1997. 
Hongkong juga dikenal sebagai kota dengan peringkat korupsi terendah dan administrasi pemerintahan terbaik di dunia. Sehingga tidak heran jika banyak rakyat Indonesia yang mengadu nasib di Hongkong untuk mencari kesejahteraan. 
Puluhan toko butik bermerk seperti Loius Vuitton dari Paris banyak terdapat di Hongkong. Hongkong menjadi salah satu kota terkaya di dunia, tujuan pariwisata dunia, sampai tempat syuting berbagai film kelas dunia. 
Hongkong juga merupakan satu tempat dengan penduduk terpadat di dunia. Rata-rata 16 ribu penduduk per satu mil persegi. 
Tapi siapa sangka, dibalik berbagai kemewahan tadi, terdapat fakta puluhan ribu warganya masih hidup di bawah garis kemiskinan, bahkan mereka tinggal di kandang-kandang Kelinci berukuran 2x1 meter. Sangat menyedihkan!
Sebagaimana dikutip Dailymail, Kamis (12/1), puluhan ribu bahkan mencapai seratus ribu warga Hongkong tinggal dalam kondisi kehidupan yang palng rendah. 
Foto-foto yang diambil fotografer Inggris, Brian Cassey menangkap gambaran penderitaan orang-orang yang tinggal di kandang-kandang yang lebih sesuai untuk binatang. 
Lebih menyedihkan lagi, kaum papa ini diharuskan membayar sewa kandang-kandang tersebut sebesar USD 200 atau sekitar Rp 1,8 juta tiap bulan kepada si pemilik.
Sebanyak 20 kandang ditempatkan ke dalam ruangan-ruangan di sebuah apartemen padat penghuni. Para penghuni kandang-kandang itu harus berbagi toilet dan fasilitas mencuci yang tidak sempurna. Dapur tersedia pun apa adanya. Beban-beban ini memaksa mereka tidak dapat menyisakan pendapatan atau makanan untuk dibawa pulang setelah bekerja. 
Keadaan ini telah berlangsung selama beberapa dekade. Ironisnya, semakin berkembangnya perekonomian Hongkong, jumlah warga penghuni kandang justru semakin bertambah. 
Salah seorang penghuni kandang, Cheung yang tinggal di Sham Shui Po, menceritakan dirinya bertahan hidup dalam situasi menyedihkan di dalam kandang yang sempit dan bau busuk. 
"Suhu dalam kandang bisa 2-3 derajat lebih tinggi dari suhu di luar," kata Cheung. 
"Ini benar-benar tidak nyaman, dan kadang saya tidak bisa tidur sampai pukul 5 pagi. Saya sering khawatir jika kadal, atau kecoa merangkak masuk ke telingaku di malam hari," kisahnya. 
Redaktur: Ramdhan Muhaimin
Sumber: Dailymail

Judul asli: Warga Hongkong Tinggal di Kandang Kelinci


Komentarku ( Mahrus ali ):

     Di saat orang china yang kebanyakan non muslim itu hidup mewah bukan menderita di Indonesia melebihi penduduk pribuminya, bahkan penduduk pribumi menjadi babu atau budaknya bukan menjadi majikan di negri sendiri tapi penduduk peribumi menjadi babu di dalam negri maupun di luar negri. Di sisi lain, orang china di negaranya hidup serba susah, bukan serba menyenangkan, tapi mengerikan, menyedihkan dan tidak menggembirakan.  Bersukurlah kepada Allah, wahai orang – orang tionghoa di Indonesia, jangan bangkang terus,sebar kedurhakaan terus, bukan budayakan kebaikan.
     Begitulah adzab Allah, kadang menimpa kepada non muslim di luar negri atau di dalam negri. Allah berfirman:
لَّهُمْ عَذَابٌ فِي الْحَيَاةِ الدُّنْيَا وَلَعَذَابُ الآخِرَةِ أَشَقُّ وَمَا لَهُم مِّنَ اللّهِ مِن وَاقٍ ﴿٣٤﴾
034. Bagi mereka azab dalam kehidupan dunia dan sesungguhnya azab akhirat adalah lebih keras dan tak ada bagi mereka seorang pelindungpun dari (azab) Allah. Ra`d  

Artikel Terkait

1 komentar:

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan