Minggu, April 08, 2012

Abon halal atau haram?

GRESIK | SURYA Online - Kuliner dari Gresik Jawa Timur, memang beragam. Mulai pudak, legen, otak-otak bandeng, ayas hingga nasi krawu. Namun ternyata, inovasi kuliner dari Gresik ternyata tidak pernah berhenti di situ saja.

Adalah Abdul Hakim, seorang pengusaha ikan bandeng yang tinggal di Desa Leran Kecamatan Manyar yang berinovasi dengan memproduksi abon berbahan baku utama dari duri tulang ikan bandeng.

Selain sebagai camilan, kuliner yang satu ini juga mengandung kalsium yang sangat tinggi sehingga bagus untuk pertumbuhan tulang. "Pemasarannya sudah ada di seluruh kota di Jawa Timur," ujar Abdul Hakim bangga.

Menurut Abdul Hakim, yang menjadi mitra binaan PT Semen Gresik (Persero) Tbk, ide pembuatan abon ini setelah ia melihat duri tulang ikan bandeng sering dibuang begitu saja. Akhirnya, ia melalukan inovasi dengan cara tulang yang sudah lepas dari tubuh bandeng dikukus selama setengah jam. Tujuannya agar tulang menjadi lunak, setelah itu tulang dihaluskan dengan cara diblender.

Saat diblender, tumbukkan tulang itu dicampur dengan bumbu perasa yang terbuat dari rempah rempah, seperti cabe merah, bawang putih, merica, daun jeruk dan bumbu lainnya. "Setelah disangrai, jadilah abon duri ikan bandeng yang siap dinikmati," katanya.

Sementara itu, dr Meta Ayu, ahli gizi dari Rumah Sakit Semen Gresik mengatakan abon tulang bandeng memang mengandung sejumlah gizi. Diantaranya mengandung 753 miligram kalsium, 345 miligram fosfor, 9 miligram protein dan hanya mengandung lemak sekitar 0,1 miligram.

Penulis : Adi Agus Santoso
Editor : Adi Agus Santoso

Judul asli : Sehatnya Abon Duri Bandeng

Komentarku ( Mahrus ali ):
Saya masih sulit menilai Abon tsb, karena tidak dijelaskan apa macam bumbu lainnya itu.


Ada artikel lagi sbb:

MEMBUAT ABON IKAN







37 Votes
A. Prinsip Pembuatan Abon Ikan

Pada prinsipnya abon ikan merupakan suatu metode pengawetan dengan kombinasi antara perebusan / pengukusan dan penggorengan serta penambahan bumbu-bumbu tertentu. Produk yang dihasilkan mempunyai tekstur yang lembut, rasa dan aroma yang khas. Abon ikan bisa digunakan untuk makan nasi, teman makan roti, dll
B. Bahan Baku
Biasanya abon dibuat dari daging sapi atau daging kerbau,akan tetapi di beberapa daerah Sulawesi, banyak dijumpai abon ikan. Pada umumnya abon ikan dapat dibuat dari daging ikan cakalang/ikan tongkol, ikan tuna dan ikan cucut. Bila menggunakan ikan cucut,setelah ikan disiangi kemudian dipotong-potong, sebaiknya direndam dalam air bersih (kalau bisa air yang mengalir) untuk menghilangkan bau amoniak (NH3)
C. Membuat Abon Ikan
1.Bahan dan Bumbu
- daging ikan yang sudah disuwiri 500 gram
- garam 3% 15 gram
- gula merah 150 gram
- ketumbar 10 gram
- bawang merah 75 gram
- laos 5 gram
- jahe 10 gram
- sereh 3 tangkai
- bawang putih 10 gram
2. Cara membuat abon ikan
a. Penyiangan
Ikan disiangi yaitu isi perut dan kepala,kalau perlu dipotong-potong untuk memudahkan pengukusan kemudian dicuci sampai bersih.
b.Pengukusan
Ikan dikukus sampai matang untuk memudahkan pengambilan daging dan memisahkan dari tulang dan duri,kemudian ditumbuk / dimemarkan hingga menjadi suwiran-suwiran / serpihan daging ikan.
c. Pemberian Bumbu
Bumbu-bumbu yang dihaluskan, kemudian dicampurkan dengan yang telah disuwir-suwir hingga merata.
d. Penggorengan
Daging ikan yang telah dicampur dengan bumbu kemudian digoreng dengan minyak, boleh juga menggunakan santan kelapa yang kental.Aduk-aduklah sampai kering (terasa ringan bila daging diaduk-aduk) dan berwarna kuning kecokelatan.
e. Pengepresan
Abon yang sudah matang dimasukkan kealat pengepres abon sampai minyaknya tuntas, kemudian diambil dengan menggunakan garpu
Sumber : http://bisnisukm.com


Ada lagi artikel sbb:
Kategori:
   
Lainnya
Gaya
   
Lainnya

Deskripsi:
Masakan satu ini terinspirasi dr kiriman Henny, Nottingham yang dah berbaik hari ngirimin aku sebungkus Abon teri buatan dia, ini mah versiku, and jangan ditanya, versi asli Henny jauh lebih mantaf, tapi dah keburu pengen yah bikin sendiri ala Ani. Kiriman Henny hanya last 1 hari doang langsung amblas, maruk.com. Abon teri ini yummy untuk snack ato teman pendamping masakan yg lain

Bahan-bahan:
1 bungkus Teri Nasi
1 pack desicated coconut
2 bwg merah
3 bwg putih
cabe hijau (tergantung selera mau sepedes apa)
pinch gula
merica
kalo mau gurih bisa ditambah micin, kalo ngga suka pake micin bisa diganti pake chicken stock cube

Petunjuk
Goreng teri nasi sampe gurih dgn api kecil
Blender bwg merah, bwg putih, chicken stock cube, gula sampe halus, lalu tumis bumbu dengan desicated coconut, tambahkan merica n cabe, tumis sampe asat baru tambahkan teri nasi, campur semua bahan sampe merata
Pindahkan semua bahan dr pan ke oven tray, bake dengan suhu rendah 100 C sambil di aduk2 biar rata oven sampe kering

Kata kunci: adventure's food


Komentarku ( Mahrus ali ):
Terdapat keterangan sbb:
3. Daging dan Produk Olahannya
Daging haram (khususnya : babi) dapat masuk dalam berbagai bahan dan produk rerotian. Produk daging dan olahannya dapat masuk dalam bentuk : daging, sosis, abon, dll.

Baca lagi disini:
17 Agt 2011

16 Okt 2011

10 Jun 2011

14 Mei 2011
Ingatlah ayat sbb:
إِنَّ اللهَ يُدْخِلُ الَّذِينَ ءَامَنُوا وَعَمِلُوا الصَّالِحَاتِ جَنَّاتٍ تَجْرِي مِنْ تَحْتِهَا اْلأَنْهَارُ وَالَّذِينَ كَفَرُوا يَتَمَتَّعُونَ وَيَأْكُلُونَ كَمَا تَأْكُلُ اْلأَنْعَامُ وَالنَّارُ مَثْوًى لَهُمْ
Sesungguhnya Allah memasukkan orang-orang yang beriman dan mengerjakan amal saleh ke dalam surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai. Dan orang-orang yang kafir itu bersenang-senang (di dunia) dan mereka makan seperti makannya binatang-binatang. Dan neraka adalah tempat tinggal mereka.[1]



[1] Muhammad 12


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan