Jumat, April 13, 2012

Wanita Uzbekistan Dimandulkan Paksa

Hidayatullah.com—Program pengendalian jumlah penduduk yang bisa dibilang paling tidak manusiawi dilakukan oleh pemerintah Uzbekistan, yaitu dengan memandulkan para wanitanya secara diam-diam.
BBC melaporkan (11/04/2012), beberapa dokter mengatakan bahwa Kementerian Kesehatan memerintahkan mereka untuk memenuhi target sterilisasi. Di wilayah perkotaan setiap bulan harus ada 4 wanita yang dimandulkan dan di wilayah pedesaan 32 wanita.
Strerilisasi dilakukan tanpa persetujuan atau sepengetahuan wanita yang bersangkutan.
Salah seorang korban pemandulan paksa secara diam-diam adalah Adolat. Wanita yang mengharapkan bayi ketiga itu baru mengetahui tidak lagi bisa hamil setelah diberitahu oleh seorang dokter ahli.
“Saya mencoba hamil setelah anak kedua saya lahir. Namun upaya saya selalu gagal. Belakangan saya tahu, saya diam-diam disterilisasi,” kata Adolat.
Pemandulan dilakukan dengan menyumbat tuba fallopi. Sebagian lain bahkan dilakukan dengan cara lebih tidak manusiawi, yaitu dengan mengangkat rahim wanita yang telah memiliki dua atau tiga anak.
Kebijakan tidak bermoral pemerintah ini menyebabkan penduduk wanita takut melairkan di negara tersebut.
Para wanita yang diwawancarai BBC bahkan mengatakan bahwa mereka diceraikan suaminya setelah diketahui tidak dapat memiliki anak lagi. Sebab, di Uzbekistan memiliki banyak anak adalah sebuah kebanggan.
Menurut sebuah LSM, pada tahun 2010 saja ada 80.000 wanita Uzbekistan yang mengaku disterilisasi.
Pemerintah menyangkal telah melakukan sterilisasi paksa secara diam-diam.*

Rep: Ama Farah
Red: Dija

 Ada artikel lain sbb:

Uzbekistan Jalankan Program Rahasia Untuk Sterilkan Perempuan Muslim

Pemerintah Uzbekistan dilaporkan menjalankan program rahasia untuk mensterilkan perempuan tanpa sepengetahuan mereka dalam upaya untuk mengontrol pertumbuhan populasi di negara berpenduduk mayoritas Muslim ini.
"Setiap tahun kami disajikan dengan sebuah rencana," kata seorang ginekolog dari ibukota Uzbekistan, Tashkent, kepada BBC News Online, Kamis kemarin (12/4).
"Setiap dokter diberitahu berapa banyak perempuan yang harus kami berikan alat kontrasepsi atau berapa banyak wanita yang harus disterilkan."

Dokter menyatakan bahwa mereka diperintah oleh pemerintahan Presiden Islam Karimov untuk mensterilkan para wanita tanpa persetujuan mereka.
"Ada kuota. Kuota saya adalah empat wanita dalam sebulan," tambah dokter kandungan yang tidak bersedia disebutkan namanya.
Dokter di daerah pedesaan itu diminta untuk mensterilkan lebih banyak perempuan.
Dua sumber medis mengatakan kepada BBC bahwa beberapa ginekolog diharapkan bisa mensterilkan hingga delapan wanita per minggu.
"Sekali atau dua kali sebulan, kadang-kadang lebih sering, seorang perawat dari klinik setempat datang ke rumah saya mencoba untuk membawa saya ke rumah sakit untuk operasi," kata seorang ibu dari tiga anak di wilayah Jizzakh Uzbekistan.
"Sekarang ini gratis, tetapi kemudian Anda harus membayar untuk itu," kata perawat kepada ibu tersebut.
Sebuah sumber Departemen Kesehatan mengkonfirmasikan bahwa program sterilisasi rahasia bertujuan untuk mengontrol pertumbuhan penduduk Uzbekistan.
"Kita berbicara tentang puluhan ribu perempuan yang disterilkan di seluruh negeri," kata Sukhrob Ismailov, yang menjalankan kelompok kerja Expert Group, salah satu dari sangat sedikit LSM yang beroperasi di Uzbekistan.
Pada tahun 2010, kelompok ini mengumpulkan bukti bahwa sekitar 80.000 perempuan telah disterilkan, suatu klaim yang tidak dapat diverifikasi.
"Di atas kertas, sterilisasi harus bersifat sukarela, tetapi wanita di sini tidak benar-benar mendapatkan pilihan lain," kata seorang dokter senior dari sebuah rumah sakit provinsi, yang ingin tetap tidak disebutkan namanya.
"Ini sangat mudah untuk memanipulasi seorang wanita, terutama jika dia kurang cerdas, Anda dapat mengatakan bahwa kesehatannya akan menderita jika dia memiliki anak lagi. Anda dapat mengatakan padanya bahwa sterilisasi adalah yang terbaik baginya. Atau Anda harus melakukan operasi."
Adolat adalah salah satu wanita Uzbek yang disterilkan tanpa mendapat persetujuannya.
"Apa yang  yang terjadi pada saya?" tanya perempuan itu kepada BBC.
"Saya selalu bermimpi memiliki 4 anak, dua perempuan dan dua anak laki-laki - tapi setelah putri kedua saya, saya tidak bisa hamil lagi."
Ia ingat bahwa pernah ke dokter setelah melahirkan putrinya dalam operasi caesar.
Dokter mengatakan bahwa dia harus disterilkan.
"Saya terkejut saya menangis dan bertanya:" Tapi mengapa? Bagaimana mereka bisa melakukan ini? tanyanya.
"Ini hukum di Uzbekistan," dokter itu menjawab.
Perempuan Uzbekistan yang lain mengalami pengalaman serupa.
Seorang ibu Uzbekistan mengatakan kepada BBC bahwa dia mengalami sakit misterius selama berbulan-bulan dan mengalami perdarahan berat setelah kelahiran anaknya.
Setelah pemeriksaan USG, ia menemukan bahwa rahimnya telah dicopot.
"Mereka hanya mengatakan kepada saya, "Apa gunanya anda memiliki lebih banyak anak? Anda sudah memiliki dua," katanya.
Pemerintah Uzbekistan menyangkal tuduhan itu, menggambarkan klaim tersebut sebagai fitnah dan melahirkan tidak ada hubungannya dengan realitas.
Uzbekistan, negara Asia Tengah yang paling padat penduduknya, memiliki populasi 28-juta jiwa.
Negara, di mana Muslim membentuk 88 persen dari populasi 28 juta, merupakan salah satu produsen terbesar di dunia kapas dan memiliki gas alam yang besar dan cadangan mineral.
Namun, ekonomi melaju dengan sangat lamban dan tingginya tingkat pengangguran.
Kelompok HAM telah lama menuduh Uzbekistan menekan kebebasan agama dengan dalih kampanye melawan ekstremisme. (fq/bbc)
Sumber: eramuslim
Komentarku ( Mahrus ali ):
Sejak  dulu  wanita muslim bukan wanita kafir selalu menjadi sasaran penganiayaan bukan selalu mendapat santunan, sekalipun dalam negri yang mayoritas penghuninya muslimin. Hal itu karena rezim pemerintahnya yang tergantung kepada hutang kepada IMF dan sesamanya dari pada dana Yahudi internasional.  Kaum Yahudi itu bisa memberikan hutang dengan berbagai sarat yang pada intinya mendiskriditkan kaum muslimin, melemahkan kekuatan kaum muslimin di masa depan dan mengecilkan jumlahnya. Karena itu, jangan jalankan hutang riba itu, dan berusahalah mandiri. Ingat firmanNya:
يَمْحَقُ اللَّهُ الرِّبَا وَيُرْبِي الصَّدَقَاتِ وَاللَّهُ لَا يُحِبُّ كُلَّ كَفَّارٍ أَثِيمٍ
Allah memusnahkan riba dan menyuburkan sedekah. Dan Allah tidak menyukai setiap orang yang tetap dalam kekafiran, dan selalu berbuat dosa.[1]
وَكَذَلِكَ أَخْذُ رَبِّكَ إِذَا أَخَذَ الْقُرَى وَهِيَ ظَالِمَةٌ إِنَّ أَخْذَهُ أَلِيمٌ شَدِيدٌ
Dan begitulah azab Tuhanmu, apabila Dia mengazab penduduk negeri-negeri yang berbuat zalim. Sesungguhnya azab-Nya itu adalah sangat pedih lagi keras.[2]
Dalam suatu hadis di jelaskan

اجْتَنِبُوا السَّبْعَ الْمُوبِقَاتِ قَالُوا يَا رَسُولَ اللَّهِ وَمَا هُنَّ قَالَ الشِّرْكُ بِاللَّه وَالسِّحْرُ وَقَتْلُ النَّفْسِ الَّتِي حَرَّمَ اللَّهُ إِلَّا بِالْحَقِّ وَأَكْلُ الرِّبَا وَأَكْلُ مَالِ الْيَتِيمِ وَالتَّوَلِّي يَوْمَ الزَّحْفِ وَقَذْفُ الْمُحْصَنَاتِ الْمُؤْمِنَاتِ الْغَافِلَاتِ

Jauhilah tujuh perbuatan yang membinasakan,
sahabat bertanya : Apakah itu wahai Rasulullah ? Beliau bersabda:
1.   Menyekutukan Allah.
2.   Sihir.
3.   Membunuh orong yang dilarang oleh Allah tanpa alasan yang tepat menurut ajaran Islam.
4.   Makan harta yatim.
5.   Makan riba.
6.   Berpaling di waktu peperangan.
7.   Menuduh wanita mu`min yang punya suami, dan jarang menjalankan kejelekan.  [3]
 .

 



[1] Al Baqarah 276
[2] Hud 103
[3] HR. Bukhari dan Muslim
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan