Jumat, Mei 11, 2012

Menghajikan orang lain, dalilnya cacat




حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِسْمَعِيلَ الطَّالَقَانِيُّ وَهَنَّادُ بْنُ السَّرِيِّ الْمَعْنَى وَاحِدٌ قَالَ إِسْحَقُ حَدَّثَنَا عَبْدَةُ بْنُ سُلَيْمَانَ عَنْ ابْنِ أَبِي عَرُوبَةَ عَنْ قَتَادَةَ عَنْ عَزْرَةَ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ سَمِعَ رَجُلًا يَقُولُ لَبَّيْكَ عَنْ شُبْرُمَةَ قَالَ مَنْ شُبْرُمَةُ قَالَ أَخٌ لِي أَوْ قَرِيبٌ لِي قَالَ حَجَجْتَ عَنْ نَفْسِكَ قَالَ لَا قَالَ حُجَّ عَنْ نَفْسِكَ ثُمَّ حُجَّ عَنْ شُبْرُمَةَ
Bercerita kepada kami  Ishak bin Ismail at tholaqani dan Hannad bin Assirri – ma`nanya  satu. Ishak berkata: Bercerita kepada kami  Abdhan bin  Sulaiman dari Ibnu Abi Arubah dari Qatadah dari Azrah dari Sa`id bin Jubair  dari Ibnu Abbas ra  berkata: Sesungguhnya Nabi SAW mendengar seorang lelaki berkata:
لَبَّيْكَ عَنْ شُبْرُمَةَ
Ya Allah,aku memenuhi panggilan haji kepadamu atas nama  Syubrumah.
Rasulullah SAW bertanya: Siapakah Syubrumah ?
Dia menjawab: “ Saudaraku atau  kerabatku  ( keraguan dari perawi hadis ).
Rasulullah SAW bertanya: “ Apakah kamu sudah menjalankan haji ?”.
Dia menjawab:” Belum”.
Rasulullah SAW  bersabda:"Berhajilah untuk dirimu,lalu berhajilah untuk Syubrumah".[1]

HR Abu dawud 1811 Imam  Bukhari dan Muslim tidak meriwayatkannya.
Al albani  menyatakan sahih, sahih Abu dawud 341/1

Komentarku ( Mahrus ali ):
Ibnu Hajar berkata:

وَأَمَّا الطَّحَاوِيُّ فَقَالَ: الصَّحِيحُ أَنَّهُ مَوْقُوفٌ ، وَقَالَ أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ: رَفْعُهُ خَطَأٌ ، وَقَالَ ابْنُ الْمُنْذِرِ: لَا يَثْبُتُ رَفْعُهُ
Adapun Imam Thahawi berkata: Yang tepat adalah mauquf ( bukan nabi yang bersabda  tapi Ibnu Abbas sendiri ).
Imam Ahmad bin Hambal menyatakan: keliru sekali bila di katakan hadis marfu`. Ibnul Mundzir berkata: Tidak benar ia hadis marfu`. ( Jadi lemah dan tidak boleh di buat hujjah ). [2]

Ibnu Hajar berkata lagi:

وَتَوَقَّفَ بَعْضُهُمْ عَلَى تَصْحِيحِهِ بِأَنَّ قَتَادَةَ لَمْ يُصَرِّحْ بِسَمَاعِهِ مِنْ عُزْرَةَ فَيُنْظَرُ فِي ذَلِكَ.

Sebagian ulama enggan menyatakan sahih pada hadis tsb  karena Qatadah sebagai  perawinya tidak menyatakan pernah mendengar  dari Azrah, jadi masih perlu di kaji ulang.[3]

Komentarku ( Mahrus ali ):
Memang qatadah terkenal sebagai mudallis – suka menyelinapkan perawi lemah.
فَقَوْلُ النَّسَائِى فِى " التَّمْيِيْزِ ": عَزْرَةُ الَّذِى رَوَى عَنْهُ قَتَادَةُ. لَيْسَ بِذَاكَ الْقَوِىِّ ;
Perkataan Imam Nasai dalam kitab Tamyiz, Azrah yang menjadi guru Qatadah tidak kuat. [4]
Jadi sanad hadis tsb jelas cacat  dan tidak bisa di katakan sahih.
Ibnu Hajar berkata:

صَحَّحَهُ ابْنُ حِبَّانَ. وَالرَّاجِحُ عِنْدَ أَحْمَدَ وَ قْفُهُ.
Ibnu Hibban menyatakan hadis tsb sahih, namun yang tepat adalah maukuf. [5]

Komentarku ( Mahrus ali ):
Ibnu Hibban  dan  Al Hakim  terkenal dengan ahli hadis yang mudah sekali mensahihkan hadis  dan tidak boleh percaya seratus persen kepadanya, kata  Al Bani.

Al baihaqi berkata:
 إِسْنَادُهُ صَحِيْحٌ وَلَيْسَ فِى هَذَا اْلبَابِ أَصَحُّ مِنْهُ.
Sanad hadis tentang mewakilkan haji tadi adalah sahih, tiada  hadis lain yang lebih sahih  dari padanya.

Komentarku ( Mahrus ali ):

Bila sanad tersebut  sahih pada hal masih cacat karena  Qatadah yang mudallis dan Azrah yang lemah. Jadi setelah ini, tidak boleh di katakan sahih lagi sanadnya. [6] Juga tidak ada jalur periwayatannya  yang sahih, seluruhnya sepengetahuan saya cacat.

 وَقَالَ ابْنُ تَيْمِيَّةَ: إِنَّ أَحْمَدَ حَكَمَ فِى رِوَايَةِ ابْنِهِ صَالِحٍ عَنْهُ أَنَّهُ مَرْفُوْعٌ ، فَيَكُوْنُ قَدْ اطَّلَعَ عَلَى ثِقَةٍ رَفَعَهُ ، قَالَ: وَ قَدْ رَفَعَهُ جَمَاعَةٌ.
Ibnu taimiyah berkata: Sesungguhnya Imam Ahmad yang menyatakan  riwayat anaknya  saleh bahwa  hadis tsb marfu`, seolah beliau telah menjumpai perawi terpercaya yang memarfukkannya. Beliau berkata: Jamaah ahli hadis telah menyatakan marfu`.

Komentarku ( Mahrus ali ):
Imam Ahmad sendiri pernah menyatakan keliru hadis tsb di marfukkan, dan yang  tepat adalah maukuf [7] Andaikan hadis tsb marfu` sanadnya masih lemah sebagaimana keterangan yang lampau.

وَقَدْ قَالَ بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ: إِنَّ هَذَا (الْخَبَرَ) لَيْسَ بِثَابِتٍ ؛ لِأََنَّ سَعِيْدَ بْنَ أَبِي عَرُوبَة كَانَ يُحَدِّثُ هَذَا الحَدِيْثَ بِالْبَصْرَةِ فَيَجْعَلَ هَذَا الْكَلَامَ مِنْ قَوْلِ ابْن عَبَّاسٍ وَلَا يُسْنِدُهُ ، وَبِالْكُوْفَةِ يَجْعَلُهُ مُسْندًا.
Sesungguhnya  sebagian ahlul ilmi berkata: Sesungguhnya hadis tsb ( Syubrumah ) tidak sahih, sebab  said bin Abu Arubah menceritakan hadis tsb di Basrah, lalu di nyatakan bahkwa hadis tsb dari perkataan Ibnu Ibbas, bukan Nabi .Ketika  di Kufah berganti lagi  lalu di katakan bahwa hadis tsb adalah perkataan Nabi bukan Ibnu Abbas.

Komentarku ( Mahrus ali ):

 Jadi pernyataan tsb jelas menunjukkan bahwa  hadis ( Syubrumah ) itu bukan hadis tapi maukuf kepada Ibnu Abbas  dan tidak boleh di buat pegangan lagi apalagi landasan hukum.
مَرْتَبَتُهُ عِنْدَ ابْنِ حَجَرَ: ثِقَةٌ حَافِظٌ ، لَهُ تَصَانِيْفُ ، كَثِيْرُ التَّدْلِيْسِ ، وَ اخْتَلَطَ ، وَ كَانَ مِنْ أَثْبَتِ النَّاسِ فِى قَتَادَةَ
Martabat Said bin Abu Arubah  sebagai perawinya menurut Ibnu Hajar: Dia  terpercaya, hafidh, banyak karangannya, sering tadlis – menyelinapkan perawi lemah agar di katakan  sahih,  kabur hapalannya, termasuk orang yang paling tepat dalam meriwayatkan hadis Qatadah. [8]

Dalam kitab Bulughul maram terdapat keterangan sbb:

ضَعِيْفٌ. رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ ( 1811 )، وَابْنُ مَاجَه ( 2903 )، وَابْنُ حِبَّانَ ( 962 )، وَهَذَا الْحَدِيْثُ اخْتُلِفَ فِيْهِ كَثِيْرًا، لَكِنْ أَعَلَّهُ أَئِمَّةٌ كِبَارٌ كَأَحْمَدَ، وَالطَّحَاوِي، وَالدَّارَقُطْنِي، وَابْنِ دَقِيْقِ الْعِيْدِ، وَغَيْرِهِمْ، فَالْقَوْلُ إِنْ شَاءَ اللهُ قَوْلُهُمْ.
Hadis lemah, HR Abu Dawud 1811, Ibnu Majah 2903, Ibnu Hibban 962. Hadis tsb masih sangat di perselisihkan. Kebanyakan imam yang besar  sebagaimana  Imam Ahmad, Thahawi < Daroquthni  dan Ibnu Daqiqil id menyatakan  hadis tsb cacat. dan perkataan yang benar adalah perkataan mereka. [9]

Ibnu Abu arubah yang mudallis.
قَالَ أَبُوْ دَاوُدَ: سَمِعْتُ صَالِحًا الْخَنْدَقِى ، قاَلَ: سَمِعْتُ وَكِيْعًا قَالَ: كُنَّا نَدْخُلُ عَلَى سَعِيْدٍ ابْنِ أَبِى عَرُوْبَةَ فَنَسْمَعَ ، فَمَا كَانَ مِنْ صَحِيْحٍ حَدِيْثِهِ أَخَذْنَاهُ ، وَ مَالَمْ يَكُنْ صَحِيْحًا طَرَحْنَاهُ.
Abu  Dawud berkata: Aku mendengar Saleh Al Khondaqi  berkata: Aku masuk ke rumah Waki` yang berkata: Kami pernah masuk ke rumah Said bin Abu Arubah – salah satu perawi hadis Syubrumah tadi, lalu kita mendengar riwayatnya. Bila sahih kita ambil dan bila tidak sahih kita buang. [10]
وَقَالَ الذُّهْلِى ، عَنْ عَبْدِ اْلوَهَّابِ الْخَفَّافِ: خُوْلِطَ سَعِيْدٌ سَنَةَ ثَمَانٍ وَ أَرْبَعِيْنَ ، وَعَاشَ بَعْدَمَا خُوْلِطَ تِسْعَ سِنِيْنَ.
Adz dzuhli berkata: Dari Abd Wahhab al khoffaf berkata: Said kabur hapalannya  pada tahun 48 H  dan hidup setelahnya 9 tahun. [11]
Dalam rasoulallah.net terdapat keterangan sbb:
وَصَحَّحَهُ الدَّارُقُطْنِي وَابْنُ حِبَّانَ وَاْلبَيْهَقِي فِي الْحَجِّ ( 5/179 ـ 180 ) وَصَحَّحَهُ الْحَافِظُ فِي تَلْخِيْصِ الْحَبِيْرِ ( 2/223 ـ 224 ) وَقَالَ مُحَمَّدُ فُؤَادٍ فِي الزَّوَائِدِ إِسْنَادُهُ صَحِيْحٌ. وَابْنُ الْجَارُوْدِ فِي الْمُنْتَقَى ( 469 ) وَقَدْ أََطَالَ اْلمُبَارْكَفُوْرِي فِي مِرْعَاةِ الْمَفَاتِيْحِ شَرْحِ مِشْكَاةِ الْمَصَابِيْحِ ( 6/301ـ 302 ) فِي تَخْرِيْجِ الْحَدِيْثِ فَلْيُرَاجِعْ فَإِنَّهُ مُهِمٌّ ـ وَصَحَّحَهُ الْحَافِظُ كَذَلِكَ فِي اْلإِصَابَةِ ( 5/4 ).
Hadis tentang  Syubrumah itu di nyatakan sahih oleh Daroquthni, Ibnu  Hibban, al baihaqi dalam kitab al haj  179- 180 / 5, juga di nyatakan sahih oleh Al Hafidh Ibnu Hajar  dalam kitab Talkhisul habir 223-224/2. Muhammad  Fuad  dalam kitab Zawaid menyatakan sanadnya sahih. Ibnul jarud  dalam kitab al muntaqa juga begitu  469.  Al Mubarkafuri  dalam kitab mir`aatul mafatih   dalam syarah al mashobih 3012- 303 / 6  dalam men tahrij hadis tsb, lihatlah di sana  karena  ia penting. Al Hafidh Ibnu Hajar juga mensahihkan dalam kitab al ishobah 46/5


Komentarku ( Mahrus ali ):

 Tentang al Hafidh Ibnu Hajar menyatakan sahih dalam kitab talkhis, saya telah menelusurinya dan pernyataan itu tidak ada. Ibnul Jarud juga menyebutkan hadis itu dalam kitab al muntaqa 469 tapi keterangan  ibnul jarud yang mensahihkan, saya tidak mendapatkan. Begitu  juga Al Mubarkafuri hanya menyebutkan berbagai  ulama yang memberikan penilaian lemah, maukuf atau  sahih  dan beliau sendiri  setahu saya  tidak memberikan komentar yang menyatakan  sahih.
Untuk penilaian  al hafidh Ibnu Hajar bahwa  hadis tsb sahih  dalam kitab al ishobah,maka  penulis tidak menjumpainya. 
Dalam majalah al manar  101/30 terdapat keterangan sbb:
وَالرَّاجِحُ عِنْدَ أَحْمَدَ وَابْنِ الْمُنْذِرِ وَالطَّحَاوِي وَقْفُهُ
Yang rajih menurut Imam Ahmad, Ibnul Mundzir dan At thohawi adalah maukuf

Komentarku ( Mahrus ali ):

Jadi  tidak bisa di buat landasan hukum.

Dalam http://www.qaradawi.net terdapat keterangan  sbb:

يُشْتَرَطُ فِيْمَنْ يَحُجُّ عَنْ غَيْرِهِ أَنْ يَحُجَّ عَنْ نَفْسِهِ أَوَّلاً، هَكَذَا قَالَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لِمَنْ سَمِعَهُ يَقُوْلُ "لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ عَنْ شِبْرِمَةَ" قَالَ لَهُ: مَنْ شِبْرِمَةُ، قَالَ: أَخٌ لِي أَوْ قَرِيْبٌ لِي، قَالَ: هَلْ حَجَجْتَ عَنْ نَفْسِكَ، قَالَ: لاَ، قَالَ: حُجَّ عَنْ نَفْسِكَ ثُمَّ حُجَّ عَنْ شِبْرِمَةَ"، وَهَذَا هُوَ الْمَنْطِقُ، اِبْدَأْ بِنَفْسِكَ ثُمَّ بِمَنْ تَعُوْلُ، أَبْرِئْ ذِمَّتَكَ أَوَّلاً وَأَدِّي اْلفَرْضَ عَنْ نَفْسِكَ ثُمَّ أَدِّهِ عَنْ غَيْرِكَ، وَلِذَلِكَ ذَهَبَ جُمْهُوْرُ الْفُقَهَاءِ إِلَى أَنَّ مَنْ يَحُجُّ عَنْ غَيْرِهِ يُشْتَرَطُ أَنْ يَكُوْنَ قَدْ حَجَّ عَنْ نَفْسِهِ.
Di saratkan bagi orang yang melakukan haji untuk orang lain agar melakukan haji untuk dirinya sendiri terlebih dulu, demikianlah Nabi   bersabda  kepada orang yang berkata:
Ya Allah,aku memenuhi panggilan haji kepadamu atas nama  Syubrumah.
Rasulullah SAW bertanya: Siapakah Syubrumah ?
Dia menjawab: “  Saudaraku atau  kerabatku  ( keraguan dari perawi hadis ).
Rasulullah SAW bertanya: “ Apakah kamu sudah menjalankan haji ?”.
Dia menjawab:"Belum”.
Rasulullah SAW  bersabda:"Berhajilah untuk dirimu,lalu berhajilah untuk Syubrumah".
Ini logis sekali, dahulukan dirimu lalu orang yang menjadi tanggung jawabmu. lepaskan tanggunganmu dulu lalu lakukan kewajiban untuk dirimu lalu  untuk  orang lain
Karena itu, mayoritas ulama ahli fikih berpendapat bahwa orang yang melakukan haji  untuk orang lain  agar berhaji untuk dirinya sendiri terlebih dulu.

Komentarku ( Mahrus ali ):
Memang begitulah ajaran saya dulu dan saya tidak mengkaji hadis tentang syubrumah itu, saya hanya ikut kepada ulama yang menyatakan seperti itu. Kini lain, dan penulis ingin mengkaji ulang, ternyata tidak terduga bahwa banyak ulama yang mengeritik hadis itu  dan ia tidak bisa di buatlandasan  hukum. Kita hanya  berlandaskan kepada hadis sahih. Ia bertentangan dengan ayat:
أَلاَّ تَزِرُ وَازِرَةٌ وِزْرَ أُخْرَى وَأَنْ لَيْسَ لِْلإِنْسَانِ إِلاَّ مَا سَعَى
“Artinya: Bahwa seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain. Dan bahwasanya manusia tidak akan memperoleh (kebaikan) kecuali apa yang telah ia usahakan” [An-Najm: 38-39]
Berkata Al-Hafidz Ibnu Katsir di dalam menafsirkan ayat di atas. “Yaitu, sebagaimana seseorang tidak akan memikul dosa orang lain demikian juga seorang tidak akan memperoleh ganjaran (pahala) kecuali apa-apa yang telah ia usahakan untuk dirinya sendiri.

Dalam www.almeshkat.net terdapat keterangan sbb:
Abd Rahman Assuhaim juga menyatakan sbb:

عَبْدُ الرَّحْمَنِ السُّحَيْم
 أَنْ يَكُوْنَ مَنْ أَرَادَ الْحَجَّ عَنْ غَيْرِهِ قَدْ حَجَّ عَنْ نَفْسِهِ ، فَقَدْ سَمِعَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ رَجُلاً يَقُوْلُ: "لَبَّيْكَ اللَّهُمَّ عَنْ شِبْرِمَةَ" قَالَ لَهُ: مَنْ شِبْرِمَةُ، قَالَ: أَخٌ لِي أَوْ قَرِيْبٌ لِي، قَالَ: هَلْ حَجَجْتَ عَنْ نَفْسِكَ، قَالَ: لاَ، قَالَ: حُجَّ عَنْ نَفْسِكَ ثُمَّ حُجَّ عَنْ شِبْرِمَةَ". رَوَاهُ أَبُوْ دَاوُدَ وَابْنُ مَاجَه وَغَيْرُهُمَا.
Hendaklah orang yang berkehendak untuk melakukan haji untuk orang lain  telah melakukan haji untuk dirinya sendiri.  Sungguh Nabi   telah mendengar seorang lelaki yang berkata:……………………………………….  Sebagaimana  hadis di atas.

Komentarku ( Mahrus ali ):

Sayang sekali hadis yang di buat sandaran adalah cacat hingga tampak keliru dalam mengambil keputusan hukum dan jangan lakukan hal itu  dengan landasan hadis tsb.

Ada hadis lagi:
844‏- حَدِيْثُ  ‏ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: كَانَ الْفَضْلُ رَدِيفَ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ   فَجَاءَتِ امْرَأَةٌ مِنْ خَثْعَمَ، فَجَعَلَ الْفَضْلُ يَنْظُرُ إِلَيْهَا وَتَنْظُرُ إِلَيْهِ، وَجَعَلَ النَّبِيُّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ   يَصْرِفُ وَجْهَ الْفَضْلِ إِلَى الشِّقِّ الآخَرِ؛ فَقَالَتْ: يَا رَسُولَ اللهِ إِنَّ فَرِيضَةَ اللهِ عَلَى عِبَادِهِ فِي الْحَجِّ أَدْرَكَتْ أَبِي شَيْخًا كَبِيرًا، لاَ يَثْبُتُ عَلَى الرَّاحِلَةِ، أَفَأَحُجُّ عَنْهُ قَالَ: نَعَمْ وَذَلِكَ  فِي حَجَّةِ الْوَدَاعِ
أَخْرَجَهُ اْلبُخَارِيّ فِي: 25 كِتَابُ اْلحَجِّ: 1 بَابُ وُجُوْبِ الْحَجِّ وَفَضْلِهِ
844.Abdullah ibnu Abbas ra menuturkan: “Ketika Fadhl ibnu Abbas ra membonceng di belakang kendaraan Rasulullah saw, tiba-tiba ada seorang wanita dari suku Khats’am. Fadhl melihatnya dan iapun melihat Fadhl, sehingga Nabi saw memalingkan wajah Fadhl ke arah yang lain. Kata wanita itu: “Ya Rasulullah, sesungguhnya Allah mewajibkan haji bagi hamba-hamba-Nya ketika ayahku sudah lanjut usia dan ia tidak dapat naik di atas kendaraan. Apakah aku boleh mewakilinya untuk berhaji?”
Sabda beliau saw: “Boleh.”
Kesempatan itu terjadi pada haji wada’. (Bukhari, 25, Kitabul Haji, 1, bab kewajiban haji dan keutamaannya).
Allu`lu` wal marjan 402/1 saya tidak menjumpai komentar syekh Muhammad Nasiruddin al albani  tentang hadis tsb di kitab – kitab karyanya tapi di kitab Tuhfatul asyraf bima`rifatil athrof, karya  al hafizh al mizzi ada keterangan hadis tsb Muttafaq alaih, bahkan  diriwayatkan pula oleh  Abu dawud dan Nasa`I  5670 – 276/6


Dlam www.islamweb.net terdapat keterangan sbb

الْحُكْمُ الْمَبْدَئِي: إِسْنَادُهُ حَسَنٌ رِجَالُهُ ثِقَاتٌ عَدَا أَحْمَدَ بْنِ الْحُسَيْنِ النَّيْسَابوُرِي وَهُوَ صَدُوْقٌ حَسَنُ الْحَدِيْثِ
Hukum sementara, sanadnya   baik, perawi perawinya  terpercaya  selain Ahmad bin Al Husain annaisaburi. Dia perawi yang suka berkata benar  dan baik hadisnya.

Dalam www.p7or.com terdapat keterangan sbb:.
تَحْقِيْقُ اْلأَلْبَانِي
صَحِيْحٌ ، اْلإِرْوَاء ( 992 ) ، صَحِيْحُ أَبِي دَاوُدَ ( 1587 )
Menurut kajian Al Bani, hadis tsb sahih, lihat al irwa` 992  dan Sahih Abu  Dawud 1587
Sayyid Abul Mua`thi Annuri berkata:
HR Malik dalam kitab al Muwattho` 236, Al Humaidi 507. Ahmad 219/1 ( 1890 ) Addarimi  1833, 1834.  Al Bukhari 163/2 ( 1513 ). Muslim  101/4 3230. Abu Dawud 1809 Nasai 117/5, Al kubra 3601, Ibnu Khuzaimah 3031. Seluruh jalur itu, dari Ibnu Syihab Azzuhri dari Sulaiman bin Yasar [12]
Komentarku ( Mahrus ali ):
Seluruh jalur hanya di riwayatkan oleh Ibnu Syihab azzuhri  dan dia adalah mudallis terkenal. Saya  cari jalur yang sahih  selain melalui  dia  saya tidak menjumpainya. Inilah yang membikin keraguan hati saya  sekalipun saya tidak menjumpai ulama yang melemahkannya. Namun termasuk kelemahan menurut mustholah hadis adalah seorang perawi terpercaya yang meriwayatkan hadis secara sendirian.
1- قَالَ اْلعَلاَئِي:
بْنُ شِهَابِ الزُّهْرِي اْلإمَامُ العَالِمُ مَشْهُوْرٌ بِهِ ( أَيْ بِالتَّدْلِيْسِ ) وَقَدْ قَبِلَ اْلأَئِمَّةُ قَوْلَهُ (( عَنْ )) ) اهـ.
Al ala`I berkata: Bin Syihab azzuhri  adalah orang alim yang populer dengan tadlis ( menyelinapkan perawi yang lemah ). para imam juga menerima perkataannya  ……… dari …………..( ketika meriwayatkan hadis menggunakan kalimat  dari bukan  Bercerita kepada kami …………. )

2- ثُمَّ بَعْدَهُ ابْنُ حَجَرَ وَضَعَ اْلإِمَامُ الزُّهْرِي فِي ( الْمَرْتَبَةِ الثَّالِثَةِ ) مِنْ مَرَاتِبِ الْمُدَلِّسِيْنَ فَقَالَ:
Setelah itu, Ibnu Hajar meletakkan Imam Zuhri dalam tingkatan mudallis ke tiga  lalu berkata:
( مُحَمَّدٌ بْنُ مُسْلِمٍ بْنِ عُبَيْدِ اللهِ بْنِ شِهَابٍ الزُّهْرِي اْلفَقِيْهُ الْمَدَنِي نَزِيْلُ الشَّامِ مَشْهُوْرٌ بِالإِمَامَةِ وَالْجَلاَلَةِ وَصَفَهُ الشَّافِعِي وَالدَّارُ قُطْنِي وَغَيْرُ وَاحِدٍ بِالتَّدْلِيْسِ ) اهـ.
Muhammad bin Muslim bin Ubaidillah bin Syihab az zuhri  orang alim  dari Madinah  penduduk Syam  terkenal tokoh, agung. Imam  Syafii dan Daroquthni menyatakan dia adalah mudallis ( suka menyelinapkan perawi lemah )

فَنَجِدُ أَنَّهُمَا اتَّفَقَا عَلَى أَنَّهُ مَشْهُوْرٌ بِهِ ، وَلَمْ يَذْكُرْهُ أَحَدٌ مِنَ الْمُتَقَدِّمِيْنَ بِذَلِكَ ، ثُمَّ وَضَعَهُ ابْنُ حَجَرَ فِي الْمَرْتَبَةِ الثَّالِثَةِ وَهِيَ:
Kita jumpai keduanya  telah sepakat menyatakan bahwa Az zuhri terkenal  sebagai mudallis  dan  seorangpun dari kalangan ulama  dulu tidak menyatakan  seperti itu, lalu Ibnu Hajar meletakkan  dalam posisi ke tiga  yaitu:
( مَنْ أَكْثَرَ مِنَ التَّدْلِيْسِ فَلَمْ يَحْتَجّ اْلأَئِمَّةُ مِنْ أَحَادِيْثِهِمْ إِلاَّ بِمَا صَرَّحُوا فِيْهِ بِالسَّمَاعِ وَمِنْهُمْ مَنْ رَدَّ حَدِيْثَهُمْ مُطْلَقاً وَمِنْهُمْ مَنْ قَبِلَهُمَا ) اهـ.
Orang yang banyak menyelinapkan perawi lemah. Jadi hadis – hadis mereka tidak bisa di buat pegangan  kecuali menyatakan  haddatsana.
Di antara ulama  ada orang yang menolak hadis mereka secara total  dan ada pula yang menerimanya. 

Komentarku ( Mahrus ali ):


Abu Ubaid Al Ajuri  dari Abu Dawud berkata:

وَحَدِيْثُ الزُّهْرِى كُلُّهُ أَلْفَا حَدِيْثٍ وَ مِئَتَا حَدِيْثٍ ، النِّصْفُ مِنْهَا مُسْنَدٌ وَ قَدْرُ مِئَتَيْنِ عَنِ  الثِّقَاتِ ، وَ أَمَّا مَا اخْتَلَفُوا عَلَيْهِ فَلاَ يَكُوْنُ خَمْسِيْنَ حَدِيْثًا ، وَ اْلاِخْتِلاَفُ عِنْدَنَا مَا تَفَرَّدَ قَوْمٌ عَلىَ شَىْءٍ ، وَ قَوْمٌ عَلَى شَىْءٍ
Hadis Zuhri seluruhnya adalah dua ribu dua ratus hadis. Separuhnya telah di sandarkan  kepada Nabi   dan dua ratus hadis  juga di sandarkan kepada perawi – perawi terpercaya. Untuk hadisnya yang masih hilaf menurut para ulama  tidak kurang dari lima puluh hadis.  Hilaf di sini adalah hadis yang  di riwayatkan oleh suatu kaum dengan materi tersendiri  dan  kaum lainnya juga begitu. 

Di samping itu, redaksi hadis dari satu jalur periwayatan dengan yang lain selalu bertentangan, terkadang  terdapat penambahan.

Imam Nawawi berkata:
شرح النووي على مسلم - (ج 4 / ص 495)
وَقَالَ مَالِك وَاللَّيْث وَالْحَسَن بْن صَالِح: لَا يَحُجّ أَحَد عَنْ أَحَد إِلَّا عَنْ مَيِّت لَمْ يَحُجّ حَجَّة الْإِسْلَام ، قَالَ الْقَاضِي: وَحُكِيَ عَنْ النَّخَعِيِّ وَبَعْض السَّلَف لَا يَصِحّ الْحَجّ عَنْ مَيِّت وَلَا غَيْره ، وَهِيَ رِوَايَة عَنْ مَالِك ، وَإِنْ أَوْصَى بِهِ. وَقَالَ الشَّافِعِيّ وَالْجُمْهُور: يَجُوز الْحَجّ عَنْ الْمَيِّت عَنْ فَرْضه وَنَذْره سَوَاء أَوْصَى بِهِ أَمْ لَا ، وَيُجْزِي عَنْهُ
Imam Malik, Allaits  dan Hasan bin  Saleh berkata: Seseorang tidak boleh menghajikan  untuk orang lain  kecuali untuk mayat  yang belum melakukan haji Islam.
Annakhoi  dan sebagian ulama  salaf menyatakan: Tidak  di perkenankan haji  untuk mayat atau lainnya. Dan inilah pendapat Imam Malik  sekalipun mayat berwasiat untuk di hajikan.
Imam Syafii dan mayoritas ulama m enyatakan; Boleh menghajikan mayat  untuk haji wajib atau nadzar baik mayat berwasiat atau  tidak.  Dan di anggap cukup. [13]

Komentarku ( Mahrus ali ):
Imam  Syafii dan mayoritas ulama memperkenankan haji untuk mayat tiada dalil lain kecuali dalil yang telah kita uji kebenarannya ternyata lemah sekali dan bertentangan dengan ayat
أَلاَّ تَزِرُ وَازِرَةٌ وِزْرَ أُخْرَى وَأَنْ لَيْسَ لِْلإِنْسَانِ إِلاَّ مَا سَعَى
“Artinya: Bahwa seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain. Dan bahwasanya manusia tidak akan memperoleh (kebaikan) kecuali apa yang telah ia usahakan” [An-Najm: 38-39]
Paling hadis yang di gunakan hadis tentang Syubrumah dan anak perempuan yang tanya kepada Rasulullah   tentang ayahnya untuk melaksanakan haji kepadanya. Tiada  hadis lain  yang mereka gunakan. Lihat guru Syafii yaitu Imam Nakhoi yang menyatakan mutlak tidak boleh menghajikan untuk mayat, baik di wasiatkan atau tidak. Hal itu menunjukkan dalilnya masih lemah. Bila dalilnya sahih, pasti tidak ada pendapat ulama yang bertentangan dalam hal ini.Lalu kapan para  sahabat menghajikan  untuk orang lain.
Ibnu Hajar berkata: 
فتح الباري لابن حجر - (ج 6 / ص 79)
 وَقَالَ الْقُرْطُبِيّ: رَأَى مَالِك أَنَّ ظَاهِر حَدِيث الْخثْعَمِيّة مُخَالِف لِظَاهِرِ الْقُرْآن فَرَجَّحَ ظَاهِر الْقُرْآن ، وَلَا شَكَّ فِي تَرْجِيحه مِنْ جِهَة تَوَاتُره وَمِنْ جِهَة أَنَّ الْقَوْل الْمَذْكُور قَوْل اِمْرَأَة ظَنَّتْ ظَنًّا ، قَالَ: وَلَا يُقَال قَدْ أَجَابَهَا النَّبِيّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَلَى سُؤَالهَا ، وَلَوْ كَانَ ظَنّهَا غَلَطًا لَبَيَّنَهُ لَهَا ، لِأَنَّا نَقُول إِنَّمَا أَجَابَهَا عَنْ قَوْلهَا " أَفَأَحُجُّ عَنْهُ ؟ قَالَ حُجِّي عَنْهُ " لِمَا رَأَى مِنْ حِرْصهَا عَلَى إِيصَال الْخَيْر وَالثَّوَاب لِأَبِيهَا ،
Imam Qurthubi berkata: Imam Malik melihat pengertian hadis wanita Khos`am jelas bertentangan dengan  ayat, lalu  ayat nya yang di menangkan. Dan tidak di ragukan lagi ayat di menangkan karena mutawatir  dan  karena hadis tsb sekedar perempuan yang punya anggapan seperti itu. dan tidak boleh di katakan, Rasulullah   telah memberikan jawaban padanya. Kita berkata: Rasulullah   menjawab karena wanita itu bertanya: Bolehkah aku berhaji untuk  dia ?
Rasulullah   menjawab: Berhajilah untuk nya, karena  Rasulullah   melihat wanita itu suka menyampaikan pahala  kepada ayahnya. [14]

Komentarku ( Mahrus ali ):

Pendapat imam  Qurthubi itu bisa di katakan benar,sekalipun menyangkal pendapat Imam Malik  bila hadis tentang wanita yang bertanya  tentang haji untuk ayahnya itu benar dan sahih. Berhubung, pokok persoalannya adalah pada Azzuhri – sebagai perawi tunggal dan  tiada  sahabat tabiin selain dia yang meriwayatkannya untuk pendukung, maka  salah sekali kita kalahkan al quran untuk  riwayat satu orang. Andaikan kita menangkan  ayat al quran untuk riwayat dua orang atau tiga orang, kita masih di benarkan, apalagi  untuk riwayat satu orang.
Janggalnya adalah  wanita tanpa mahram di perkenankan melakukan haji dalam  jawaban  Rasulullah   Hujji  anhu  - berhajilah untuk dia. Ini hal yang  tidak boleh terjadi. Dan  bertentangan dengan hadis sbb:
حَدِيْثُ  ‏ابْنِ عَبَّاسٍ، أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ   يَقُولُ: لاَ يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ، وَلاَ تُسَافِرَنَّ امْرَأَةٌ إِلاَّ وَمَعَهَا مَحْرَمٌ فَقَامَ رَجُلٌ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ اكْتُتِبْتُ فِي غَزْوَةِ كَذَا وَكَذَا، وَخَرَجَتِ امْرَأَتِي حَاجَّةً قَالَ: اذْهَبْ فَحُجَّ مَعَ امْرَأَتِكَ


.Ibnu Abbas ra menuturkan bahwa ia pernah mendengar Nabi saw bersabda: “Tidak boleh seorang lelaki bersendiri dengan seorang wanita asing dan tidak boleh pula seorang wanita bepergian, kecuali harus ada muhrim yang menyertainya.”
Pada saat itu seorang  lelaki berdiri dan berkata: “Ya Rasulullah, aku tercatat untuk mengikuti suatu peperangan dan isteriku sedang pergi haji sendiri.”
Sabda beliau saw: “Pergilah engkau dan berhajilah bersama isterimu.” (Bukhari, 56, Kitab Al Jihad, 140, bab seorang yang diwajibkan bertugas sebagai pasukan dan isterinya berhaji).

Allu`lu` wal marjan 404/1 Al albani berkata: Muttafaq alaih
Lihat di kitab karyanya: Misyaktul  mashobih  2513


Hadis tentang wanita  Khots`am sbb:

845‏- حَدِيْثُ  ‏الْفَضْلِ بْنِ عَبَّاسٍ، قَالَ: جَاءَتِ امْرَأَةٌ مِنْ خَثْعَم عَامَ حَجَّةِ الْوَدَاعِ، قَالَتْ: يَا رَسُولَ اللهِ إِنَّ فَرِيضَةَ اللهِ عَلَى عِبَادِهِ فِي الْحَجِّ أَدْرَكَتْ أَبِي شَيْخًا كَبِيرًا لاَ يَسْتَطِيعُ أَنْ يَسْتَوِيَ عَلَى الرَّاحِلَةِ، فَهَلْ يَقْضِي عَنْهُ أَنْ أَحُجَّ عَنْهُ قَالَ: نَعَمْ
أَخْرَجَهُ اْلبُخَارِيّ فِي: 28 كِتَابُ جَزَاءِ الصَّيْدِ: 23 بَابُ الْحَجِّ عَمَّنْ لاَ يَسْتَطِيْعُ الثُّبوُتَ عَلَى الرَّاحِلَةِ


845.Al Fadhl ibnu Abbas ra menuturkan: “Ada seorang wanita dari suku Khats’am datang pada tahun haji wada’. Ia berkata: “Ya Rasulullah, sesungguhnya Allah mewajibkan haji bagi hamba-hamba-Nya ketika ayahku sudah lanjut usia dan ia tidak dapat naik di atas kendaraan. Apakah aku boleh mewakilinya untuk berhaji?”
Sabda beliau saw: “Ya.” (Bukhari, 28, Kitab Jaza-uz Shaidi, 23, bab mewakili haji seorang yang tidak dapat naik kendaraan).

Allu`lu` wal marjan 402/1  saya tidak menjumpai komentar syekh Muhammad Nasiruddin al albani  tentang hadis tsb di kitab – kitab karyanya, begitu juga komentar ulama dalam kitab – kitab takhrij lainnya. Dan saya tidak menjumpainya dengan redaksi tsb kecuali di kitab sahih Bukhori  dan Allu`lu` wal marjan

Athiyah bin Muhammad Salim berkata:
Hadis tentang wanita dari Khots`am terdapat beberapa  riwayat yang telah di terangkan oleh Ibnu  Hajar dalam Fathul bari juz 4 sbb:
جَاءَ رَجُلٌ فَسَأَلَ عَنْ أُمِّهِ
Seorang lelaki  datang lalu bertanya tentang ibunya.

Kadang menggunakan redaksi sbb: '
جَاءَ رَجُلٌ فَسَأَلَ عَنْ أَبِيْهِ
Seorang lelaki  datang lalu bertanya tentang  ayahnya

Kadang menggunaka redaksi sbb:
جَاءَتْ امْرَأَةٌ فَسَأَلَتْ عَنْ أُمِّهَا
Seorang perempuan datang  lalu bertanya tentang ibunya.
Seluruhnya sanadnya sahih.

Komentarku ( Mahrus ali ):

Sekalipun sanadnya  sahih, tapi redaksinya kacau yang melemahkan hadis itu

فَقِيْلَ: بِتَعَدُّدِ السُّؤَالِ، وَتَعَدُّدِ الْجَوَابِ
Di katakan, karena banyak pertanyaan dan di jawabnya.

Komentarku ( Mahrus ali ):

Kemungkinan itu juga sangat jauh dan kemungkinan ada perawi yang pendusta atau keliru.sengaja atau tidak. Ini yang paling mungkin. Sebab  kejadiannya waktu haji wada`  sekali itu yang ketepatan Rasulullah   bersama dengan Fadlel  dan hanya Ibnu Abbas  yang meriwayatkannya dari  riwayat yang sahih. 

وَفِي بَعْضِ الرِّوَايَاتِ لِهَذِهِ اْلقِصَّةِ: أَنَّ هَذِهِ الْخَثْعَمِيَّةَ مَعَهَا أَبُوْهَا، وَجَاءَ فِي بَعْضِ رِوَايَاتِ الْفَضْلِ: أَنَّ أَبَاهَا أَتَى بِهَا يَعْرِضُهَا عَلَى رَسُوْلِ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَعَلَّهُ يَتَزَوَّجُهَا، أَوْ أَمَرَهَا بِالسُّؤَالِ لِيَسْمَعَ رَسُوْلُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ حَدِيْثَهَا، وَقَدْ جَاءَ فِي وَصْفِهَا أَنَّهَا حَسْنَاءُ
Dalam sebagian riwayat kisah tsb, bahwa perempuan Khots`am itu bersama dengan  ayahnya. Dalam sebagian riwayat Al Fadhel, sesungguhnya ayahnya yang membawa wanita itu kepada Rasulullah   barang kali  Rasulullah   mau kawin dengannya   atau dia memerintah wanita  itu agar bertanya  agar Rasulullah   juga mendengar suaranya. Sungguh  dia  adalah wanita cantik menurut sebagian riwayatnya. [15]

Komentarku ( Mahrus ali ):
Dari sini timbul kacau redaksi dan pemahamannya , bagaimanakah bisa di paham, menurut riwayat Bukhari di muka di nyatakan bahwa  wanita itu bertanya  tentang ayahnya yang tidak mampu duduk di kendaraan untuk melaksanakan haji.lalu dalam riwayat terahir ini di katakan ayahnya ikut dengannya. Jadi sangat bertentangan dan bisa di pahami oleh orang yang  tidak sehat akalnya. Apalagi sang ayah ingin agar Rasulullah   mengawininya. Bila ikut riwayat Bukhari, maka wanita yang melakukan haji itu sendirian tanpa ayah atau muhrimnya dan ini jelas melanggar aturan. Ada hadis sbb:

حَدِيْثُ  ‏ابْنِ عَبَّاسٍ، أَنَّهُ سَمِعَ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ   يَقُولُ: لاَ يَخْلُوَنَّ رَجُلٌ بِامْرَأَةٍ، وَلاَ تُسَافِرَنَّ امْرَأَةٌ إِلاَّ وَمَعَهَا مَحْرَمٌ فَقَامَ رَجُلٌ، فَقَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ اكْتُتِبْتُ فِي غَزْوَةِ كَذَا وَكَذَا، وَخَرَجَتِ امْرَأَتِي حَاجَّةً قَالَ: اذْهَبْ فَحُجَّ مَعَ امْرَأَتِكَ


.Ibnu Abbas ra menuturkan bahwa ia pernah mendengar Nabi saw bersabda: “Tidak boleh seorang lelaki bersendiri dengan seorang wanita asing dan tidak boleh pula seorang wanita bepergian, kecuali harus ada muhrim yang menyertainya.”
Pada saat itu seorang  lelaki berdiri dan berkata: “Ya Rasulullah, aku tercatat untuk mengikuti suatu peperangan dan isteriku sedang pergi haji sendiri.”
Sabda beliau saw: “Pergilah engkau dan berhajilah bersama isterimu.” (Bukhari, 56, Kitab Al Jihad, 140, bab seorang yang diwajibkan bertugas sebagai pasukan dan isterinya berhaji).

Allu`lu` wal marjan 404/1 Al albani berkata: Muttafaq alaih
Lihat di kitab karyanya: Misyaktul  mashobih  2513

Dalam hadis tsb di katakan wanita itu cantik  berarti wajahnya terbuka dan ini terjadi  setelah ayat hijab turun. Sudah tentu  tidak bisa  di benarkan. Allah  berfirman:
يَاأَيُّهَا النَّبِيُّ قُلْ لِأَزْوَاجِكَ وَبَنَاتِكَ وَنِسَاءِ الْمُؤْمِنِينَ يُدْنِينَ عَلَيْهِنَّ مِنْ جَلاَبِيبِهِنَّ ذَلِكَ أَدْنَى أَنْ يُعْرَفْنَ فَلاَ يُؤْذَيْنَ وَكَانَ اللهُ غَفُورًا رَحِيمًا

Hai Nabi katakanlah kepada isteri-isterimu, anak-anak perempuanmu dan isteri-isteri orang mu’min: “Hendaklah mereka mengulurkan jilbabnya ke seluruh tubuh mereka”. Yang demikian itu supaya mereka lebih mudah untuk dikenal orang baik, karena itu mereka tidak diganggu. Dan Allah adalah Maha pengampun lagi Maha penyayang.  
Ibnu Abbas memerintah agar jilbab tersebut juga untuk menutup wajah  dan hanya  mata satu yang tampak   
وَإِذَا سَأَلْتُمُوهُنَّ مَتَاعًا فَاسْأَلُوهُنَّ مِنْ وَرَاءِ حِجَابٍ ذَلِكُمْ أَطْهَرُ لِقُلُوبِكُمْ وَقُلُوبِهِنَّ
Apabila kamu meminta sesuatu (keperluan) kepada mereka (isteri-isteri Nabi), maka mintalah dari belakang tabir. Cara yang demikian itu lebih suci bagi hatimu dan hati mereka


Bagaimana dengan hadis sbb

وَقَالَتْ لَا تَلَثَّمْ وَلَا تَتَبَرْقَعْ
Beliau berkata: “ Jan gan  pakai kain cadar atau selubung muka[16]
Komentarku ( Mahrus ali ):

Bukhari menyampaikan perkataan Aisyah itu tanpa  sanad. Tapi Aisyah sendiri waktu ihram tidak melaksanakannya. Dan ia tetap bertentangan dengan perintah menutup seluruh tubuh bagi wanita, baik ihram atau tidak. lihat ayat 59 Al ahzab

Dan ternyata Aisyah sendiri yang paling menentang terhadap pernyaataannya  itu. Dia berada di dalam sekedup waktu  berihram dan tiada orang yang melihat wajahnya.
Dalam kitab Taghliqut ta`liq di terangkan sbb:

وَقَالَ ابْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا ابْنُ فُضَيْلٍ عَنِ الْأَعْمَشِ عَن إِبْرَاهِيْمَ عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ تَلْبَسُ الْمُحْرِمَةُ مَا شَاءَتْ مِنَ الثِّيَابِ إِلَّا اْلبُرْقُعَ وَلَا تَنْتَقِبُ
Ibnu Abi Syaibah berkata: Bercerita kepada kami  Ibnu Fudhail dari  Al a`masy dari Ibrahim dari Aisyah berkata: Wanita yang berihram mengenakan pakaian yang di kehendakinya kecuali cadar atau tutup muka.[17]

Komentarku ( Mahrus ali ):
 Perkataan Aisyah itu lemah sekali karena perawi bernama  Ibrahim tadi.

وَ قَالَ الدَّارُقُطْنِى: لَمْ يَسْمَعْ مِنْ حَفْصَةَ وَ لاَ عَائِشَةَ وَ لاَ أَدْرَكَ زَمَانَهُمَا.
Daroquthni berkata: Ibrahim tidak mendengar hadis dari Hafshah, atau Aisyah dan tidak menjumpai masa keduanya.

Jadi hadis tsb, sanadnya terputus, otomatis lemah dan tidak bisa di buat landasan.
مَرْتَبَتُهُ عِنْدَ ابْنِ حَجَرَ: ثِقَةٌ إِلاَّ أَنَّهُ يُرْسِلُ وَ يُدَلِّسُ
مَرْتَبَتُهُ عِنْدَ الذَّهَبِـي: كَانَ رَأْسًا فِى اْلعِلْمِ
Martabatnya menurut Ibnu Hajar: Ibrahim  adalah perawi terpercaya  yang suka memursalkan hadis dan suka menyelinapkan perawi lemah.
Menurut Dzahabi: Ibrahim adalah alim sekali

Juga ada perawi Ibnu Fudhail yang tertuduh syi`ah.

.
Dalam kitab Taghliqut ta`liq terdapat keterangan sbb:

قَالَ الْبَيْهَقِيّ فِي السُّنَنِ الْكَبِيْرِ أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللهِ الْحَافِظُ أََنَا أَبُو عَمْروبْنِ مَطَرٍ ثَنَا يَحْيَى بنُ مُحَمَّدٍ ثَنَا عُبَيْدُاللهِ بنُ معَاذ ثَنَا أَبِي ثَنَا شُعْبَةٌ عَنْ يَزِِيْدَ الرَّشْكِ عَنْ مَعَاذَةَ عَنْ عَائِشَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهَا قَالَتْ الْمُحْرِمَةُ تَلْبَسُ مِنَ الثِّيَابِ مَا شَاءَتْ إِلَّا ثَوْباً مَسَّهُ وَرَسٌ أََوْ زَعْفَرَانُ وَلَا تَتَبَرْقَعُ وَلَا تلثمُ وَتُسْدِلُ الثَّوْبَ عَلَى وَجْهِهَا إِنْ شَاءَتْ
Al Baihaqi dalam kitab Sunan Kubra  berkata: Abu Abdillah al hafidh Bercerita kepada kami, lelau berkata: Bercerita kepada kami  Abu Amar bin  Mathar, Bercerita kepada kami  Yahya bin Muhammad, Bercerita kepada kami  Ubaidillah bin Ma`adz, Bercerita kepada kami  ayahku, Bercerita kepada kami  Syu`bah dari Yazid Arrask  dari Ma`adzah dari Aisyah  ra   berkata:
Wanita yang berihram mengenakan pakaian sekehendaknya kecuali yang di beri waras atau pewarna yang berbau harum  atau za`faran. dan jangan mengenakan  cadar, atau  tutup muka  dan boleh juga menutup mukanya dengan kain bila mau. [18]

Komentarku ( Mahrus ali ):

Setahu saya, penyusun kutubut tis`ah  tidak meriwayatkannya. Dan Imam Bukhari  juga mencantumkan  perkataan Aisyah itu tanpa sanad. Jadi masih belum bisa di buat landasan hukum. Tinggalkan saja lebih baik. Dari sekian banyak  buku  permulaan  pengarang yang mencantumkan hadis tsb adalah Al Baihaqi. lalu  di kutip oleh Ibnu  Hajar.
Sanadnya  terdapat  Yazid bin  Abu Yazid yang terpercaya, ahli ibadah, tapi juga kadang keliru  dan lemah.
Juga ada perawi  Yahya b in Muhammad  yang tidak di kenal dan ini tanda lemah juga.  Dan ia sekedar perkataan Aisyah bukan hadis Rasulullah . Jadi  tidak bisa di buat pegangan. Kita kembali  saja kepada  59 Al ahzab

Dalam kitab al jauharun naqi  terdapat keterangan sbb:

اِنَّ ابْنَ عُمَرَ كَانَ يَقُوْلُ لاَ تَنْتَقِبُ الْمَرْأَةُ الْمُحْرِمَةُ وَلاَ تَلْبَسُ الْقَفَّازَيْنِ –
Sesungguhnya  Ibnu Umar berkata: Perempuan yang ihram tidak di perkenankan mengenakan cadar atau dua kaus tangan. [19]

Komentarku ( Mahrus ali ):

Ia hadis mauquf, bukan Rasulullah   yang bersabda  tapi Ibnu Umar dan jangan di buat pegangan.
                                                                                                                  
حَدَّثَنَا مُوسَى بْنُ إِسْمَاعِيلَ حَدَّثَنَا أَبُو عَوَانَةَ عَنْ أَبِي بِشْرٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا أَنَّ امْرَأَةً مِنْ جُهَيْنَةَ جَاءَتْ إِلَى النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فَقَالَتْ إِنَّ أُمِّي نَذَرَتْ أَنْ تَحُجَّ فَلَمْ تَحُجَّ حَتَّى مَاتَتْ أَفَأَحُجُّ عَنْهَا قَالَ نَعَمْ حُجِّي عَنْهَا أَرَأَيْتِ لَوْ كَانَ عَلَى أُمِّكِ دَيْنٌ أَكُنْتِ قَاضِيَةً اقْضُوا اللَّهَ فَاللَّهُ أَحَقُّ بِالْوَفَاءِ
HR Bukhari 1852

1. Bercerita kepada kami  Musa bin Ismail, lalu  berkata: Bercerita kepada kami Abu Awanah  dari Abu Bisyir  dari Said bin  Jubair dari Ibnu Abbas ra: Sesungguhnya seorang perempuan dari Juhainah datang kepada Nabi , lalu berkata: Sesungguhnya  seorang perempuan dari Juhainah  datang kepada Nabi 
Lalu berkata: Sesungguhnya ibuku  bernadzar  untuk menjalankan haji, tapi  belum haji lalu meninggal dunia, apakah aku boleh menghajikannya.
Rasulullah   menjawab: Ya, lakukanlah haji untuknya, bagaimanakah pendapatmu  bila ibumu punya hutan g, apakah kamu membayarnya. Tunaikan hak Allah, Allah lebih berhak untuk di penuhi haknya.  
HR Bukhari 1852

Hadis tsb memang sahih, dan diriwayatkan oleh Imam Bukhari dalam kitab sahihnya. Saya dulu juga menyatakan begitu, namun seiring dengan waktu dan seringnya saya membaca kitab – kitab hadis ternyata  redaksinya antara  satu jalur dengan jalur lainn ya berbeda. Boleh dilihat dalam keterangan sbb:

جامع الأصول - (ج 3 / ص 1748)
1748- (خ م س) عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبَّاسٍ -رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمَا- قَالَ: « َأتَى رَجُلٌ النبَّيَّ - صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ -، فَقَالَ: إنَّ أُخْتِي نَذَرَتْ أَنْ تَحُجَّ ، وَإِنَّهَا مَاتَتْ ؟ فَقَالَ النَّبِيُّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ-: لَوْ كَانَ عَلَيْهَا دَينٌ أَكُنْتَ قَاضِيَهُ؟ قَالَ: نَعَمْ ، قَالَ: فَاقْضِ اللَّهَ فَهُوَ أَحَقُّ بِالْقَضَاءِ ».
2. Dari Abdullah bin Abbas  ra berkata: Seorang lelaki datang kepada Nabi , lalu berkata: Sesungguhnya  saudara perempuanku bernadzar untuk menjalankan haji dan dia telah meninggal dunia.
Nabi   bersabda: Bila dia punya hutang, apakah kamu juga membayar hutangnya  ?
Dia berkata: Ya.
Rasulullah   bersabda: Tunaikan hak Allah, Allah lebih berhak untuk di penuhi haknya.   HR Bukhari, Muslim, Nasai.

Komentarku ( Mahrus ali ):

Lihat dalam hadis pertama  berbunyi:
Sesungguhnya  seorang perempuan dari Juhainah  datang kepada Nabi 
Lalu berkata: Sesungguhnya ibuku  bernadzar  untuk menjalankan haji 

Dalam hadis kedua, keterangannya  sbb:
Seorang lelaki datang kepada Nabi , lalu berkata: Sesungguhnya  saudara perempuanku bernadzar untuk menjalankan haji dan dia telah meninggal dunia.

Menurut riwahyat Nasai yang lain sbb:
« أَمَرْتُ امْرَأَةَ سِنَانَ بنِ سَلَمَةَ الْجُهَنِي: أَنْ تَسْأَلَ رَسُوْلَ اللَّهِ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- »... الحديث.
Saya perintahkan kepada  istri Sinan bin Salamah al Juhani untuk bertanya kepada
Rasulullah 
وَلَهُ فِي أُخْرَى: « أنَّ امْرَأَةً سَألَتِ النبَِّيَّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- عَنْ أََبِيْهَا مَاتَ وَلَمْ يَحُجَّ ؟ قَالَ: حُجِّي عَنْ أَبِيْكَ ».
Menurut riwayat Nasai  yang lain sbb: Sesungguhnya  seorang wanita bertanya kepada Nabi   tentang  ayahnya  yang meninggal  dunia  dan tidak menunaikan haji ?   Rasulullah   bersabda: Hajilah  untuk ayahmu. [20]

Komentarku ( Mahrus ali ):

Hadis terahir ini juga lebih ganjil lagi, redaksinya malah beda jauh dengan hadis yang di atas. Sesungguhnya  seorang wanita bertanya kepada Nabi   tentang  ayahnya  yang meninggal  dunia tanpa menyebut nadzar, atau jawaban Nabi   tidak pakai menyebut  hutang kepada Allah lebih berhak untuk di bayar.
Perbedaan redaksi  hadis dan pemahamannya ini  tidak bisa dibuat hujjah atau landasan dan menunjukkan kelemahannya.
Malah  dalam sunan Darimi  terdapat redaksi hadis yang berbeda  juga  sbb:
أَنَّ امْرَأَةً نَذَرَتْ أَنْ تَصُومَ, فَمَاتَتْ, فَجَاءَ أَخُوهَا إِلَى رَسُولِ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم, فَسَأَلَهُ عَنْ ذَلِكَ, فَقَالَ لَهُ رَسُولُ اللَّهِ صلى الله عليه وسلم لَوْ كَانَ عَلَيْهَا دَيْنٌ كُنْتَ قَاضِيَهُ قَالَ نَعَمْ. قَالَ فَاقْضُوا اللَّهَ اللَّهُ أَحَقُّ بِالْوَفَاءِ قَالَ فَصَامَ عَنْهَا.
Sesungguhnya  seorang perempuan bernadzar untuk berpuasa, lalu meninggal dun ia lalu saudaranya  datang   kepada Rasulullah  lalu bertanya tentang hal itu.
Rasulullah   menjawab  kepadanya: Seandainya  dia punya hutang, apakah kamu membayarnya  ?
Lelaki menjawab: Ya
Rasulullah  menjawab: Tunaikan hak Allah, Allah lebih berhak untuk di penuhi haknya.

Komentarku ( Mahrus ali ):

Hadis tsb secara keseluruhan dari segala  jalur hanya  dari  Syu`bah dan Abu Awanah, tiada perawi lain yang meriwayatkannya.

Sayyid Abul Mua`thi Annuri berkata:
خَالَفَ فِيْهِ أَبُو عَوَانَةَ شُعْبَةَ, وَذَلِكَ فِي مَتْنِهِ
Redaksi  hadis menurut Abu Awanah dan Syu`bah berbeda. Keduanya ini sumber hadis tsb tiada lainnya. mengapa  selain keduanya  tidak meriwayatkannya  ?

Malah redaksi hadisnya sangat kacau. Jadi harus di tinggalkan dan tidak bisa di buat hujjah yang mana di antara hadis – hadis tsb.


Ada hadis lagi:
حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ حُجْرٍ حَدَّثَنَا عَلِيُّ بْنُ مُسْهِرٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَطَاءٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ بُرَيْدَةَ عَنْ أَبِيهِ قَالَ كُنْتُ جَالِسًا عِنْدَ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ إِذْ أَتَتْهُ امْرَأَةٌ فَقَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنِّي كُنْتُ تَصَدَّقْتُ عَلَى أُمِّي بِجَارِيَةٍ وَإِنَّهَا مَاتَتْ قَالَ وَجَبَ أَجْرُكِ وَرَدَّهَا عَلَيْكِ الْمِيرَاثُ قَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّهَا كَانَ عَلَيْهَا صَوْمُ شَهْرٍ أَفَأَصُومُ عَنْهَا قَالَ صُومِي عَنْهَا قَالَتْ يَا رَسُولَ اللَّهِ إِنَّهَا لَمْ تَحُجَّ قَطُّ أَفَأَحُجُّ عَنْهَا قَالَ نَعَمْ حُجِّي عَنْهَا
Bercerita kepada kami  Ali bin Hujr, lalu  berkata: Bercerita kepada kami Ali bin Mushir dari Abdullah bin Atha` dari Abdullah bin Buraidah dari ayahnya  berkata: Aku duduk di sisi Nabi , lalu seorang perempuan datang kepadanya lalu berkata: Wahai Rasulullah, sesungguhnya aku telah memberikan budak perempuan untuk ibuku, lalu ibuku meninggal  dunia.
Rasulullah   bersabda: kamu sudah mendapat pahala dan budak  itu kembali kepadamu atas nama  hak waris.
Perempuan itu bertanya:  Wahai Rasulullah. Sesungguhnya ibuku punya hutang puasa sebulan, apakah aku berpuasa untuknya  ?
Rasulullah   menjawab:  Berpuasalah untuknya.
Wahai  Rasulullah. Sesungguhnya dia belum menjalankan haji, apakah aku boleh menghajikannya  ?
Rasulullah   bersabda: Hajikanlah untuk dia. [21]
قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ لَا يُعْرَفُ هَذَا مِنْ حَدِيثِ بُرَيْدَةَ إِلَّا مِنْ هَذَا الْوَجْهِ وَعَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَطَاءٍ ثِقَةٌ عِنْدَ أَهْلِ الْحَدِيثِ
Abu Isa, Imam Tirmidzi berkata: Ini hadis hasan sahih, tidak di ketahui  dari hadis Buraidah kecuali dari jalur hadis ini. dan Abdullah bin Atha` termasuk terpercaya

Komentarku ( Mahrus ali ):
Jadi  seluruh jalur riwayat hadis tsb hanya dari Abdullah bin Atha` dari Abdullah bin Abu Buraidah.
Ali bin Mushir perawi terpercaya tapi riwayatnya banyak hadis  nyeleneh ketika lansia. Abdillah bin Atha` terpercaya, suka keliru dan mudallis.
وَ قَالَ النَّسَائِى: ضَعِيْفٌ.
وَ قَالَ فِى مَوْضِعٍ آخَرَ: لَيْسَ بِالْقَوِىِّ
Imam Nasai berkata: Abdillah bin Atha` adalah lemah
Di tempat lain, beliau berkata: Dia tidak kuat. [22].

Komentarku ( Mahrus ali ):

Kita sudah tidak bisa berpegangan kepada  hadis – hadis tsb, lalu kita  lebih baik  berpegangan kepada ayat:
أَلاَّ تَزِرُ وَازِرَةٌ وِزْرَ أُخْرَى وَأَنْ لَيْسَ لِْلإِنْسَانِ إِلاَّ مَا سَعَى
“Artinya: Bahwa seorang yang berdosa tidak akan memikul dosa orang lain. Dan bahwasanya manusia tidak akan memperoleh (kebaikan) kecuali apa yang telah ia usahakan” [An-Najm: 38-39]
فَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ خَيْرًا يَرَهُ(7)
Barangsiapa yang mengerjakan kebaikan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya
وَمَنْ يَعْمَلْ مِثْقَالَ ذَرَّةٍ شَرًّا يَرَهُ(8)
Dan barangsiapa yang mengerjakan kejahatan seberat dzarrahpun, niscaya dia akan melihat (balasan) nya pula.[23]

Ibnu Batthol berkata: 


وَقَالَتْ طَائِفَةٌ: لاَ يَحُجُّ أَحَدٌ عَنْ أَحَدٍ، رُوِىَ ذَلِكَ عَنِ ابْنِ عُمَرَ وَاْلقَاسِمِ بْنِ مُحَمَّدٍ وَالنَّخَعِى.
Segolongan ulama menyatakan: Tidak boleh seseorang  melakukan haji untuk orang lain. Hal ini  di riwayatkan dari Ibnu Umar, Al Qasim bin Muhammad  dan annakhoi. [24]
Ada hadis sbb:
عَنْ شُعَيْبٍ ، عَنْ جَدِّهِ عَبْدِ اللهِ بْنِ عَمْروٍ؛أَنَّ الْعَاصَ بْنَ وَائلٍ أَوْصَى ، أَنْ يُعْتَقَ عَنْهُ مِئَةُ رَقَبَةٍ ، فَأَعْتَقَ ابْنُهُ هِشَامٌ خَمْسِينَ رَقَبَةً ، فَأَرَادَ ابْنُهُ عَمْرٌو أَنْ يَعْتِقَ عَنْهُ الْخَمْسِينَ الْبَاقيَةَ ، فَقَالَ: حَتَّى أَسْأَلَ رَسُولَ اللهِ صلى الله عليه وسلم ، فَأَتَى النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم ، قَالَ: يَا رَسُولَ اللهِ ، إِنَّ أَبِي أَوْصَى بِعِتْقِ مِئَةِ رَقَبَةٍ ، وَإِنَّ هِشَامًا أَعْتَقَ عَنْهُ خَمْسِينَ ، وَبَقِيَتْ عَلَيْهِ خَمْسُونَ رَقَبَةً ، أَفَأَعْتِقُ عَنْهُ ؟ فَقَالَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم: إِنَّهُ لَوْ كَانَ مُسْلِمًا فَأَعْتَقْتُمْ عَنْهُ ، أَوْ تَصَدَّقْتُمْ عَنْهُ ، أَوْ حَجَجتُمْ عَنْهُ ، بَلَغَهُ ذَلِكَ.
Dari Syuaib dari kakeknya Abdullah bin Amar, sesungguhnya al ash bin Wa`il  memberikan wasiat agar seratus budak dimerdekakan  untuknya, lalu anaknya Hisyam memerdekakan  lima puluh budak. lalu Anaknya  Amar juga ingin memerdekakan  lima puluh lagi sebagai sisanya ………………………..   dia berkata:      hingga aku bertanya  kepada Rasulullah SAW.
  Dia datang lalu berkata: Wahai  Rasulullah ! Sesungguhnya ayahku  berwasiat agar di merdekakan seratus budak  budak untuknya. Sesungguhnya Hisyam telah memerdekakan budak lima puluh. lalu masih sisa  lima puluh lagi, apakah aku  boleh memerdekakan  untuknya.
Rasulullah SAW bersabda: Bila dia muslim, lalu kamu memerdekakan budak untuknya   atau kamu bersedekah untuknya, maka bisa sampai kepadanya.

وفي رواية: أَنَّ الْعَاصَ بْنَ وَائِلٍ نَذَرَ ، فِي الْجَاهِلِيَّةِ ، أَن يَنْحَرَ مِئَةَ بَدَنَةٍ ، وَأَنَّ هِشَامَ بْنَ الْعَاصِ نَحَرَ حِصَّتَهُ خَمْسِينَ بَدَنَةً ، وَأَنَّ عَمْرًا سَأَلَ النَّبِيَّ صلى الله عليه وسلم عَنْ ذَلِكَ ؟ فَقَالَ: أَمَّا أَبُوكَ فَلَوْ كَانَ أَقَرَّ بِالتَّوْحِيدِ ، فَصُمْتَ وَتَصدَّقْتَ عَنْهُ ، نَفَعَهُ ذَلِكَ.

Menurut suatu riwayat: Sesungguhnya Al ash bin Wa`il bernazar di waktu jahiliyah untuk menyembelih seratus unta  dan sesungguhnya Hisaym telah menyembelih  lima puluh unta lalu Amar bertanya kepada Nabi SAW  tentang hal itu ?
Rasulullah SAW  bersabda:  Bila ayahmu mengakui tauhid lalu kamu berpuasa atau bersedekah untuknya akan  bermanfaat padanya. [25]
Ali bin Abu Bakar Al Haitami  berkata:
رَوَاهُ أَحْمَدُ وَفِيْهِ الْحَجَّاجُ بْنُ أَرْطَاةَ وَهُوَ مُدَلِّسٌ.
Hadis tsb diriwayatkan oleh Ahmad, namun sanadnya terdapat Al hajjaj bin Arthoh. Dia suka menyelinapkan perawi lemah[26]

Ibnu Hajar  berkata:
صَدُوْقٌ كَثِيْرُ الْخَطَأِ وَ التَّدْلِيْسِ ، أَحَدُ اْلفُقَهَاءِ
Dia perawi yang suka berkata benar, sering keliru, suka menyelinapkan perawi lemah- salah satu tokoh ahli fikih.[27]

Saya katakan: Pernyataan Ibnu Hajar itu juga mirip dengan pernyataan Abu Hatim.
Imam Dzahabi menyatakan bahwa Al Hajjaj bin Arthoh adalah perawi lemah.  Jadi hadis: Bila ayahmu mengakui tauhid lalu kamu berpuasa atau bersedekah untuknya akan  bermanfaat padanya “  tidak bisa di buat pegangan.
Perawi tunggal  dalam hadis itu adalah Amar bin Syuaib, tiada perawi selain dia yang meriwayatkannya dan ini tanda kelemahannya dan lebih baik berpegangan kepada al quran belaka, apalagi bertentangan dengan banyak riwayat hadis.

Ibnu Batthal  berkata:
شرح ابن بطال - (ج 8 / ص 118)
وَحُجَّةُ مَنْ مَنَعَ الْحَجَّ عَنْ غَيْرِهِ أَنَّ الْحَجَّ عَمَلُ اْلإِنْسَانِ بِبَدَنِهِ، وَقَدْ أَجْمَعُوا أَنَّهُ لاَ يُصَلِّىَ أَحَدٌ عَنْ أَحَدٍ فَكَذَلِكَ الْحَجُّ.
  P_edoman orang yang melarang haji untuk orang lain adalah karena haji adalah ibadah badaniyah. Pada hal ulama  telah ijma` bahwa  tidak boleh melakukan salat untuk orang lain, begitu juga haji. [28]
Komentarku ( Mahrus ali ):
Bila begitu tepat sekali  dan kelirulah orang yang membolehkan haji untuk orang lain, apalagi  hadisnya  juga lemah dan dari jalur  satu perawi, tiada perawi lain yang meriwayatkannya.

Ibnu Bathhal menyatakan lagi:
شرح ابن بطال - (ج 11 / ص 167)
ذَكَرَ مَالِكٌ فِى الْمُوَطَّأِ أَنَّهُ بَلَّغَهُ أَنَّ عَبْدَ اللهِ بْنَ عُمَرَ كَانَ يَقُوْلُ: لاَ يُصَلِّى أَحَدٌ عَنْ أَحَدٍ وَلاَ يَصُوْمُ أَحَدٌ عَنْ أَحَدٍ.
Malik menyebutkan dalam kitab al muwattha`, telah datang kepadanya bahwa Abdullah bin Umar berkata:
Seorang tidak boleh melakukan salat untuk orang lain, dan orang tidak boleh melakukan puasa  untuk orang lain.


Komentar ulama:

Ibnu Batthol berkata:

قَالَ الْمُهَلَّبُ: لَوْ جَازَ أَنْ يُصَلِّىَ أَحَدٌ عَنْ أَحَدٍ؛ لَجَازَ ذَلِكَ فِى جَمِيْعِ مَا يَلْزَمُ اْلأَبْدَانَ مِنَ الشَّرَائِعِ، وَلَجَازَ أَنْ يُؤْمِنَ إِنْسَانٌ عَنْ آخَرَ، وَمَا كَانَ أَحَدٌ أَحَقَّ بِذَلِكَ مِنَ النَّبِىِّ - عَلَيْهِ السَّلاَمُ - أَنْ يُؤْمِنَ عَنْ أَبَوَيْهِ وَعَمِّهِ أَبِى طَالِبٍ وَلَمَّا نُهِىَ عَنِ اْلاِسْتِغْفَارِ ِلمَنْ اسْتُغْفِرَ لَهُ، وَلَبَطَلَ مَعْنَى قَوْلِهِ تَعَالَى: {وَلاَ تَكْسِبُ كُلُّ نَفْسٍ إِلاَّ عَلَيْهَا} وَإِنَّمَا أَرَادَ - وَاللهُ أَعْلَمُ - كَسْبَ اْلفَرَائِضِ، وَأَمَّا النَّوَافِلُ فَقَدْ أَمَرَ عَلَيْهِ السَّلاَمُ اْلأَعْقَابَ بِقَضَائِهَا عَنِ اْلأَمْوَاتِ وَغَيْرِهِمْ تَبَرُّعًا بِذَلِكَ.
Al Muhallab berkata: Seandainya  seseorang boleh melakukan salat untuk orang lain, maka di perbolehkan pula seluruh ajaran  yang di wajibkan kepada manusia. Boleh juga seorang beriman  untuk orang lain, dan tiada orang yang lebih berhak tentang hal itu  dari pada Nabi   di mana beliau boleh beriman atas nama kedua orang tuanya  atau pamannya  Abu Thalib [29]  Rasulullah    juga tidak akan di larang untuk memintakan ampun untuk orang yang di mintakan ampun.
Lantas ayat Allah taala di bawah ini akan sia – sia
وَلاَ تَكْسِبُ كُلُّ نَفْسٍ إِلاَّ عَلَيْهَا
Dan tidaklah seorang membuat dosa melainkan kemudharatannya kembali kepada dirinya sendiri [30]
Maksudnya wallahu a`lam amalan  wajib. Untuk amalan sunat  maka Nabi   memerintahkan  agar di tunaikan untuk orang – orang yang sudah mati  dan lainnya  dengan suka rela. [31]


Komentarku ( Mahrus ali ):

Pernyataan yang terahir dari Ibnu Batthal ini, saya yang tidak menjumpai  dalilnya dan bila ada  akan saya benarkan. Anak – anak  para sahabat saja tidak ada  yang melakukan sesuatu untuk orang tuanya  atau pahalanya di transfer untuk mereka. Ini perlu dalil, dan dalilnya tidak di ketengahkan oleh Ibnu Batthala. Jadi sekedar pendapatnya dan saya tidak setuju karena  tiada d lilnya.

قَالَ ابْنُ اْلقَابِسِى: وَهَذَا يَدُلُّ أَنَّ الْمَوْتَى يَنْفَعُهُمُ الْعَمَلُ الصَّالِحُ، وَإِنْ كَانَ مِنْ غَيْرِ أَمْوَالِهِمْ، وَقَدْ قَالَ تَعَالَى: {وَأَنْ لَيْسَ ِللإِنْسَانِ إِلاَّ مَا سَعَى} لَكِنْ فِعْلُ هَذَا سُنَّةٌ لِمَنْ فَعَلَهُ.
Ibnul qabisi berkata: Ini menunjukkan bahwa orang – orang mati bisa mengambil manfaat dari amal baik orang lain  sekalipun bukan dari harta benda mereka. Sungguh Allah  berfirman:
وَأَنْ لَيْسَ ِللإِنْسَانِ إِلاَّ مَا سَعَى
bahwasanya manusia tidak akan memperoleh (kebaikan) kecuali apa yang telah ia usahakan” [An-Najm: 38-39]
  Tapi melakukan ini adalah sunat belaka bagi orang yang mau men jalankan. [32]

Komentarku ( Mahrus ali ):

Transfer pahala di perkenankan untuk amalan sunat perlu dalil dan  Ibnu batthal tidak mengetengahkan dalilnya. Jadi kurang mantap dan saya  sendiri tidak ikut padanya tapi saya tetap berpegangan kepada Annajem 39.
Muhammad al-Amin bin Muhammad bin al-Mukhtar al-Jikuni al-Syinqithi. Berkata: Ibnu Umar berkata:
أَنَّهُ لاَ يَحُجُّ أَحَدٌ عَنْ أَحَدٍ ،
Tidak di perkenankan bagi seseorang  untuk menghajikan orang lain, sanadnya sahih, kataku.
 وَنَحْوُهُ عَنِ اللَّيْثِ وَمَالِكٍ
Begitu juga pendapat Imam Malik  dan al laits [33]

وَاحْتَجُّوا أيضاً: بِأَنَّ ظَاهِرَ الْقُرْآنِ كَقَوْلِهِ { وَأَنْ لَّيْسَ لِلإِنْسَانِ إِلاَّ مَا سَعَى } [ النَّجْمُ: 39 ] مُقَدَّمٌ عَلَى ظَاهِرِ اْلأَحَادِيْثِ.
Mereka ( yang menolak transfer pahala kepada mayat )  menyatakan bahwa pengertian leterlek ayat:
وَأَنْ لَّيْسَ لِلإِنْسَانِ إِلاَّ مَا سَعَى
Bahwasanya manusia tidak akan memperoleh (kebaikan) kecuali apa yang telah ia usahakan” [An-Najm: 38-39]  
 ……………. Lebih di dahulukan dari pada ma`na leterlek hadis – hadis.

Komentarku ( Mahrus ali ):
Saya katakan jempol sekali apa yang di terangkan syaikh Muhammad al-Amin
Bahwa ma`na leterlek ayat lebih di dahulukan dari pada  ma`na hadis, sebab  hadis itu  terkadang bukan kata  Nabi   yang asli tapi sekedar penambahan perawi hadis. Perawi yang satu tidak menambah lalu perawi  berikutnya  suka menambah hadis dan perwi lain malah mengurangi. Kita tidak mengerti. Dan ini adalah kedustaan yang berbahaya sekali lalu di buat pegangan banyak kalangan masarakat. Otomatis kita lebih baik berpegangan kepada al quran sebagaimana ayat:
أَمْ لَكُمْ سُلْطَانٌ مُبِينٌ(156)فَأْتُوا بِكِتَابِكُمْ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ
Atau apakah kamu mempunyai bukti yang nyata? Maka bawalah kitabmu jika kamu memang orang-orang yang benar.
أَمْ لَكُمْ كِتَابٌ فِيهِ تَدْرُسُونَ(37)إِنَّ لَكُمْ فِيهِ لَمَا تَخَيَّرُونَ
Atau adakah kamu mempunyai sebuah kitab (yang diturunkan Allah) yang kamu membacanya?, bahwa di dalamnya kamu benar-benar boleh memilih apa yang kamu sukai untukmu.

Terkadang hadis sudah di sahihkan oleh sebagian ulama  tapi ulama lainnya  melemahkannya. Bahkan terkadang  hadis sahih, namun bila di kaji ulang kalimat redaksinya kacau  antara satu riwayat dengan riwayat lainnya. Akhirnya  sulit di ambil hadis yang mana  ?  Bila ada yang lemah, maka  kita ambil hadis yang sahih saja.
Jadi sekarang, bila kita mendahulukan hadis, maka  kita akan percaya  kepada perawi dan membohongkan kepada Allah  atau percaya  hadis dan mendustakan ayat dan ini  berbahaya sekali. Allah  berfirman:

وَلَا يَصُدُّنَّكَ عَنْ ءَايَاتِ اللَّهِ بَعْدَ إِذْ أُنْزِلَتْ إِلَيْكَ وَادْعُ إِلَى رَبِّكَ وَلَا تَكُونَنَّ مِنَ الْمُشْرِكِينَ
Dan janganlah sekali-kali mereka dapat menghalangimu dari (menyampaikan) ayat-ayat Allah, sesudah ayat-ayat itu diturunkan kepadamu, dan serulah mereka kepada (jalan) Tuhanmu, dan janganlah sekali-kali kamu termasuk orang-orang yang mempersekutukan Tuhan.[34]

وَأَنَّ هَذَا صِرَاطِي مُسْتَقِيمًا فَاتَّبِعُوهُ وَلَا تَتَّبِعُوا السُّبُلَ فَتَفَرَّقَ بِكُمْ عَنْ سَبِيلِهِ ذَلِكُمْ وَصَّاكُمْ بِهِ لَعَلَّكُمْ تَتَّقُونَ
dan bahwa (yang Kami perintahkan) ini adalah jalan-Ku yang lurus, maka ikutilah dia; dan janganlah kamu mengikuti jalan-jalan (yang lain), kamu akan berpisah dari jalan-Nya. Yang demikian itu diperintahkan Allah kepadamu agar kamu bertakwa.[35]
قُلْ هَذِهِ سَبِيلِي أَدْعُو إِلَى اللَّهِ عَلَى بَصِيرَةٍ أَنَا وَمَنِ اتَّبَعَنِي وَسُبْحَانَ اللَّهِ وَمَا أَنَا مِنَ الْمُشْرِكِينَ
Katakanlah: "Inilah jalan (agama) ku, aku dan orang-orang yang mengikutiku mengajak (kamu) kepada Allah dengan hujjah yang nyata, Maha Suci Allah, dan aku tiada termasuk orang-orang yang musyrik".[36]
Jadi saya masih senang mengahirkan perawi dari pada Allah dan ayat dari pada hadis.Dalam al quran di jelaskan:
وَمَنْ أَصْدَقُ مِنَ اللَّهِ قِيلًا
Dan siapakah yang lebih benar perkataannya daripada Allah? [37]


Bacalah lagi diblog ke dua : www.mantankyainu2.blogspot.com

[1] HR  Abu Dawud 1811. dan Ibnu Majah ,MU`jam syuyukh Abu Bakar Al ismaili  162/2 . Musnad Abu Ya`la  329/4 Attamhid libni Abdil bar  139/9  musnad Abu ya`la  329/9 Alkamil  108/2 Tuhfatulmuhtaj  135/2
[2] Talkhis 124/3
[3] Talkhis 125/3
[4] Mausuah ruwatil ahadis 4576.

[5] Bulughul maram 144/1
[6] Bulughul maram 144/1
[7] Talkhis 124/3
[8] Mausuah ruwatil hadis  2365
[9] Bulughul maram 260/1
[10] Mausuah ruwatil hadis
[11] Mausuah ruwatil hadis  2365
[12] Al musnadul jami` 17/20
[13] Sayarah Muslim  4/495
[14] Fathul bari  6 / 79
[15] Syarah Bulughul maram 162/2
[16] Sahih Bukhori .
[17] Taghliqut ta`liq    51/3
[18] Taghliqut ta`liq   126/3
[19] Al Jauharun naqi 59/5
[20] Al musnadul jami ` 33/9
[21] HR Muslim 1149 Ahmad 351/5 , Abu dawud  1656 ,2877 , 3309 . ibnu Majah 2394 , Tirmidzi 667, Nasai 6281


[22] Mausuah ruwatil hadis  34/79
[23] Zalzalah
[24] Syarah Ibnu Batthal 117/8
[25] HR Ahmad 6704 / 161  juz 2 . Abu dawud 2883  Tafsir alusi 30/20 . Al musnadul jami` 18/ juz 26 Tafsir  al alusi 30/20 . Kanzul ummal 450/6 Majmauz zawaid 192/4
[26]  Majmauz zawaid 143/2 – 192/4
[27] Mausuah ruwatil hadis 1119
[28] Syarah Ibnu Bathhal 8/118
[29]  Rasulullah r  beriman untuk Ab u Thalib atau kedua orang tuanya yang kafir dan mereka  di masukkan ke surga .
[30] Al an`am 164
[31] Syarah ibnu Batthal 167/11
[32] Syarah ibnu Batthal 167/11

[33] Keduanya juga menyatakan tidak boleh berhaji untuk orang lain .  Adhwa ul bayan 385/4
[34] Al Qashas 87
[35]  Alan`am  153
[36] Yusuf 108
[37] Annisa` 122

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan