Rabu, Juni 06, 2012

Cara cepat hafal Quran


Pada suatu pagi, saya menghafal quran. Dan saya berusaha sehari di pagi itu untuk bisa menambah hapalan saya satu lembar bukan satu halaman tapi satu lembar ya`ni dua halaman. Ternyata ada cara yang lebih tepat, cepat hapal , mantap dan efektif.
   Saya yang sekarang berusia 54 tahun sudah punya hapalan  dua puluh juz dan saya ingin menambah hapalan. Saya mulai dengan menggunakan rekaman hp. Maksudnya menghapal al quran dengan di rekam itu lebih efektif bagi saya. Saya hapalkan satu halaman, lalu saya rekam dengan hp. Setelah selesai, saya stel hp saya dan saya dengarkan. Saya tahu, kesalahan bacaan saya disini dan banyak yang benar. Saat ini hati saya mantap atas kebenaran bacaan saya.
Bila saya tidak menggunakan rekaman Hp lalu saya baca hapalan itu,. Saya masih ragu, apakah bacaan saya ini benar atau keliru. Dan mana yang salah dan yang benar saya tidak tahu.Tapi dengan direkam di hp ini, saya bisa mantap . Sebab bacaan saya yang benar terekam dan bacaan saya yang keliru juga terekam.
  Ketika  setelah salat Maghrib, biasanya santri – santri saya membaca al quran dimuka saya , lalu saya tunjukkan mana yang  salah sesuai dengan tata cara bacaan tahsinul qiroah.Lalu saya baca  dengan hapalan setengah juz dimuka mereka. Kadang ada yang salah. Saat membaca ini juga  saya rekam dengan hp saya.
Nanti saya dengarkan bacaan saya itu ketika santri – santri sudah pulang ke rumah. Saya dengarkan lalu saya tahu kesalahan saya di sini dan jadi tahu benar dan terekam juga di pikiran saya dengan mantap sekalipun saya sudah berusia 54 tahun ini.
   Dulu ketika masih usia 21 tahun saya menghapal al quran tapi apa yang telah saya hapal itu hilang lagi . Satu surat sekarang di hapal dengan baik dan sudah saya setorkan pada syaikh Yasin guru saya di Mekkah, besok atau dua hari lagi, lupa lagi.
Tapi ayat – ayat al quarn itu bisa mantap di hati saya  dan terekam di pikiran saya setelah saya selalu menggunakan hapalan saya dalam salat fardhu saya  dengan berjamaah sama santri saya.  Tiap rakaat saya baca satu halaman. Dalam tahajjud juga begitu,.  Al quran yang saya hapal selalu saya baca. Dengan cara baca waktu salat ini menurut apa yang saya alami lebih mantap, efektif , sulit dilupakan.  
Bacalah lagi diblog ke dua : www.mantankyainu2.blogspot.com
Artikel Terkait

1 komentar:

  1. trmksh infonya, semoga saya bs menghfl lebih baik lg. kunjungi jg site saya di http://fahrub.blogspot.com/2013/02/efek-samping-obat-kimia_17.html

    BalasHapus

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan