Selasa, Juli 01, 2014

Roy Morgan Research: Prabowo sapu bersih Sumatera


By Asqi Resnawan on 2:38 PM

Tren kenaikkan elektabilitas Prabowo-Hatta ternyata berimbas pada dukungan di sejumlah wilayah di Indonesia.

Dalam survei terbaru Roy Morgan Research, Selasa (01/07/2014), pasangan Prabowo-Hatta disebut menyapu bersih pemilih di pulau Sumatera.

Rilis Roy Morgan, dari 10 propinsi di Sumatera, sebanyak tujuh provinsi dikuasai pemilih Prabowo-Hatta, sedang 3 propinsi dikuasai oleh Jokowi-Jusuf Kalla.

Hasil polling, Prabowo-Hatta menang di Provinsi Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Sumatra Barat, Jambi, Palembang, dan Bengkulu.

Di Aceh Prabowo-Hatta unggul 57% dan Jokowi-JK 43%. Di Riau, Prabowo-Hatta unggul 74% dan Jokowi-JK 26%. Kepulauan Riau, Prabowo-Hatta 56% dan Jokowi-JK 44%.

Sumatera Barat, Prabowo-Hatta unggul 82% dan Jokowi-JK hanya 18%. Di Jambi, Prabowo-Hatta unggul 87% dan Jokowi-JK hanya 13%. Sumatera Selatan, Prabowo-Hatta unggul 71% dan Jokowi-JK 29%. Untuk Bengkulu, Prabowo Hatta unggul 52% dan Jokowi-JK 48%.

Jokowi-JK baru menang di tiga provinsi, yakni Bangka Belitung 67% sementara Prabowo-Hatta 33%. Jokowi-JK juga unggul di Sumatera Utara 56%, sementara Prabowo-Hatta 48%. di Lampung Jokowi-JK unggul tipis 56% dan Prabowo-Hatta 44%.

Ira Soekirman, Direktur Roy Morgan Reseach Indonesia menyebut, keunggulan Prabowo-Hatta di Sumatera ini, karena ada faktor Hatta Rajasa yang berasal dari Sumatera Barat.

Polling di Sumatera ini adalah bagian dari polling di seluruh wilayah Indonesia, terdiri dari 3.117 responden di 34 provinsi dengan margin of error 0,8%, tingkat kepercayaan 95% dengan jumlah pemilih yang belum menentukan pilihan 9% saja.(jurnal3)
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan