Selasa, Desember 16, 2014

Sepuluh tahun lebih, saya tidak makan tahu karena saya anggap haram

Sepuluh tahun lebih, saya tidak makan tahu. Saya katakan haram. Sebab sebagian bahan pembuatan tahu itu adalah cuka. Pada hal cuka dari khamar, hukumnya jelas haram sebagaimana  jawaban jawaban saya yang lalu dalam kajian kita bersama tentang masalah cuka.  Cuka haram karena ada hadis anak Yatim yang punya warisan khamar yang akan di buat cuka lalu dilarang oleh Rasul SAW dan di suruh untuk membuang khamar, tidak usah di simpan untuk membuat cuka. Asal usul tahu adalah  dari negri Cina yang komunis.





Cara Membuat Tahu Sendiri
by Achmad.A@ Google+
Saat ini Tahu merupakan makanan yang sudah mendunia akan tetapi tidak semua orang tau cara membuat tahu. Maka dari itu kita akan membahasnya nanti, namun sebelum itu ada baiknya kita mengenal terlebih dahulu asal usul Tahu. Tahu sendiri sudah ada sejak 164 SM di daratan China sekitar 2200 tahun lalu. Menurut Wikipedia penemunya adalah Liu An yang merupakan cucu dari Kaisar Han Gaozu, Liu Bang pendiri  dinasti Han.
Baca Juga: Cara membuat susu kedelai sendiri
Ternyata tahu sudah ada sejak beribu-ribu tahun yang lalu. Di Indonesia sendiri Tahu merupakan makan yang sangat digemari dan hampir menjadi bagian berbagai macam kuliner di Indonesia. Rasanya yang nikmat serta kandungan gizinya yang banyak menjadikan makan yang murah ini tidak jurahan kualitas gizinya. Harga tahu sebenarnya tidak terlalu mahal, hanya dengan beberapa ribu rupiah saja kita sudah bisa mendapatkan tahu. Namun pernah tidak terfikir untuk mencoba membuat tahu sendiri di rumah? jika sempat kepikiran mari kita coba beberapa langkah pembuatan tahu di bawah ini:
Cara Membuat Tahu
Bahan:
  1. 1 kg kacang kedelai yang telah direndam semalam
  2. 100 ml cuka makan
  3. Air
Alat:
  1. Blender
  2. Panci besar
  3. Serbet makan/ kain
  4. Saringan
Cara:
  1. Masukan kacang kedelai yang telah direndam semalaman kedalam panci atau baskom untuk di pecah dengan meremas-remasnya.
  2. Setelah bersih masukan kedelai kedalam Blander dengan memberi air secukupnya kemudian blender hingga halus dan lembut.
  3. Saat selesai maka akan jadi seperti susu kedelai, selanjutnya rebus air kedelai tadi di panci hingga mendidih.
  4. Siapkan baskom untuk tempat air dingin. Ketika rebusan air kedelai tadi mulai mendidih akan muncul busa.
  5. Maka segera tambahkan air dingin sedikit demi sedikit dan suhu kompor diturunkan.
  6. Setiap busa mulai muncul lagi berikan air dingin sedikit demi sedikit.  Tetap rebus air kedelai hingga busa habis, setelah itu biarkan rebusan itu di atas kompor dengan api kecil selama 20 menit. Kemudian matikan kompor dan biarkan dingin.
  7. Setelah rebusan tadi mulai dingian segera saring menggunakan saringan yang di atasnya di lapisi serbet makan/ kain. Peras ampas rebusan kedelai tadi hingga air perasan keluar semua. Ampas jangan dibuang karena bisa dimanfaatkan untuk perkedel, dan dimasak sesuai selera.
  8. Air hasil penyaringan tadi di rebus di atas kompor dengan api sedang namun tidak sampai mendidih.
  9. Angkat susu kedelai dari kompor kemudia masukkan 100 ml cuka makan, aduk sebentar.  Diamkan susu kedelai selama 30 menit dengan sendirinya susu kedelai akan terpisah menjadi calon tahu dan air.
  10. Saring massa tahu dengan serbet makan  atau kain bersih tipis hingga air keluar.  Susun pada cetakan yang ingin anda gunakan kemudiaian tindih dengan pemberat ssehingga semua air keluar. Biarkan sekitar 15-20 menit.
  11. Setelah itu Tahu buatan anda pun jadi dan jiap di potong sesuai ukuran yang anda suka dan siap dimasak.
http://www.likethisya.com/cara-membuat-tahu.html
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan