Minggu, Februari 15, 2015

Tahu Nigarin, sehat tanpa bahan pengawet dan cuka


Tahu Sehat Nigarin merupakan tahu yang menggunakan bahan penggumpal Nigarin atau sari air laut tanpa menggunakan cuka, sehingga dapat menghasilkan tahu dengan calsium, magnesium, vitamin B-12 dan isoflavon yang lebih tinggi.
Peneliti Madya Balitbang Jatim, Nelson Sembiring mengatakan, tahu ini diyakini memiliki kandungan protein yang sangat tinggi daripada tahu biasa, dengan komposisi kedelai, Nigarin dan air bersih.
Sebagai bahan penggumpal tahu, Nigarin berasal dari sari air laut (SAL) diperoleh dari sisa pembuatan garam yang dikenal dengan sebutan Nigarin karena rasanya pahit yang disebabkan adanya kandungan mineral Magnesium (Mg) di dalamnya.
“Jika pada tahu biasa kandungan magnesiumnya hanya sekitar 0,054, di tahu Nigarin kandungannya bisa mencapai 0,091. Sementara kandungan calciumnya bisa mencapai 0,21, Vitamin B-12 mencapai 4,56, dan kandungan isoflavonnya mencapai 3,11,” kata Nelson Sembiring, Senin (31/3/14).
Nelson menjelaskan di dalam Nigarin terkandung lebih dari 80 jenis mineral, dengan kandungan utama berupa magnesium dan kalium. Selain itu, terdapat juga kandungan mineral lain seperti selenium, boron dan molybdenum dalam jumlah mikro.
“Di Jepang, Nigarin sudah sejak lama digunakan sebagai koagulan (bahan penggumpal) alami dalam pembuatan tahu dan bahan pengawet/pendinginan ikan,” jelasnya.
Menurutnya, beberapa manfaat kandungan magnesium dalam tahu Nigarin di antaranya menstimulasi produk insulin untuk pembakaran gula menjadi energy, sangat baik untuk diet sehat dan penderita diabetes, mengatasi konstipasi (susah BAB).
Selain itu, meluruhkan kalsium dalam dinding arteri dan batu oksalat dalam saluran kemih, menjaga elastisitas pembuluh darah, dan menjaga kestabilan detak jantung sehingga dapat mencegah serangan jantung koroner dan stroke.
"Tahu ini selain sehat, juga ramah lingkungan, sebab limbah air sari kedelai yang umumnya dibuang ke sungai, bisa dijadikan bahan produksi lain seperti jelly. Sedangkan ampasnya bisa diproses menjadi tepung dengan kadar gula rendah yang baik dikonsumsi penderita diabet, bisa dijadikan nugget dan bisa juga dibuat tempe menjes," kata Nelson.
Ditambahkannya, pembuatan tahu sehat Nigarin ini didukung dengan peralatan standar “food grade”. Produksi tahu tersebut juga tidak menghasilkan limbah seperti produk tahu pada umumnya. Air perasan tahu Nigarin memiliki PH netral serta kandungan mineral yang tinggi sehingga layak untuk diminum.
http://kanalsatu.com/…/tahu-nigarin--sehat-tanpa-bahan-peng… 


Mau nanya hubungi kami:
088803080803( Smartfren). 081935056529 (XL )  https://www.facebook.com/mahrusali.ali.50
BápĄké Şąľmä
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan