Senin, Juni 29, 2015

Jawabanku untuk Gus Dodi El Hasyimi ke 6







  Dodi ElHasyimi  menulis : Ini Tahqiqan ulama Wahabi Husain Salim Asad pd Musnad Abi Ya'la... KATANYA : ISNADUHU SHAHIH....!!!
مسند أبي يعلى الموصلي (12/ 523)
 - حَدَّثَنَا أَبُو مُوسَى إِسْحَاقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْهَرَوِيُّ حَدَّثَنَا عِيسَى بْنُ يُونُسَ، حَدَّثَنَا ثَوْرُ بْنُ يَزِيدَ، عَنْ زِيَادِ بْنِ أَبِي سَوْدَةَ، عَنْ أَخِيهِ، عَنْ مَيْمُونَةَ قَالَتْ: يَا رَسُولَ اللَّهِ، أَفْتِنَا فِي بَيْتِ الْمَقْدِسِ قَالَ: «هُوَ أَرْضُ الْمَحْشَرِ وَأَرْضُ الْمَنْشَرِ ائْتُوهُ فَصَلُّوا فِيهِ، فَإِنَّ صَلَاةً فِيهِ كَأَلْفِ صَلَاةٍ»، قُلْنَا: يَا رَسُولَ اللَّهِ فَمَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ أَنْ يَتَحَمَّلَ إِلَيْهِ؟ قَالَ: «مَنْ لَمْ يَسْتَطِعْ أَنْ يَأْتِيَهُ فَلْيُهْدِ إِلَيْهِ زَيْتًا يُسْرَجُ فِيهِ، فَإِنَّ مَنْ أَهْدَى إِلَيْهِ زَيْتًا كَانَ كَمَنْ قَدْ أَتَاهُ»
[حكم حسين سليم أسد] : إسناده صحيح
Komentarku ( Mahrus ali ):
Seorang pengawas dalam shaut islami menyatakan:

وقال عنه الإمام الذهبي: خبر منكر، وضعفه الألباني في "ضعيف الجامع".
Imam Dzahabi menyatakan : Ia khabar yang munkar , dilemahkan  oleh al bani  dalam kitab Dhaif jami`.








 
  Dodi ElHasyimi  menulis : Abdul Ghafur Al Balusyi ketika Mentahqiq Musnad Ishaq bin Rahawaih mengatakan RIJAALUHU TSIQOT....!!!
مسند إسحاق بن راهويه (5/ 106)
 1 - 2211 أخبرنا عيسى بن يونس نا ثور بن يزيد عن زياد بن أبي سودة عن أخيه أن ميمونة مولاة النبي صلى الله عليه و سلم قالت يا رسول الله أفتنا في بيت المقدس فقال رسول الله صلى الله عليه و سلم
 ( هو أرض المحشر والمنشر ائتوه فصلوا فيه ) وقالت يا رسول الله أرأيت إن لم يطق أحدنا أن يتحمل إليه قال ( فمن لم يطق أن يتحمل إليه فليهد إليه زيتا يسرج فيه فإنه من أهدى إليه كان كمن صلى فيه )
قال المحقق د . عبد الغفور البلوشي : رجاله ثقات
Komentarku ( Mahrus ali ):
Redaksi  hadisnya lemah sekalipun dikatakan perawi sanadnya sahih. Hanya sanadnya sahih, redaksi hadisnya  lemah , bertentangan dengan ayat:
وَتَعَاوَنُوا عَلَى الْبِرِّ وَالتَّقْوَى وَلاَ تَعَاوَنُوا عَلَى اْلإِثْمِ وَالْعُدْوَانِ وَاتَّقُوا اللهَ إِنَّ اللهَ شَدِيدُ الْعِقَاب
Dan tolong-menolonglah kamu dalam (mengerjakan) kebajikan dan takwa, dan jangan tolong-menolong dalam berbuat dosa dan pelanggaran. Dan bertakwalah kamu kepada Allah, sesungguhnya Allah amat berat siksa-Nya. [1]


  Dodi ElHasyimi Ulama Kibar Wahabi Abdul Muhsin 'Abbad mengatakan MEMASANG LAMPU UNTUK MENERANGI MASJID ITU AMRUN MATHLUB WA LAA ISYKAALA FIIH (PERKARA YG DIANJURKAN DAN TANPA KEMUSYKILAN) juga Menukil pendapat Al Mundziri yg MENSAHIHKAN RIWAYAT IBNU MAJAH juga menukil lafadz Al Buushiriy di Mishhbahuz Zujajah yg mengatakan Isnad dari jalur Ibnu Majah Shahih dan Rijalnya Tsiqot
شرح سنن أبي داود - عبدالمحسن العباد (ص: 2)
 [ عن سعيد بن عبد العزيز ]. هو سعيد بن عبد العزيز الدمشقي ، وهو ثقة، أخرج له البخاري في الأدب المفرد، ومسلم وأصحاب السنن. [ عن زياد بن أبي سودة ]. زياد بن أبي سودة ثقة، أخرج له أبو داود و ابن ماجه . [ عن ميمونة مولاة النبي صلى الله عليه وسلم ]. ميمونة مولاة النبي صلى الله عليه وسلم صحابية، أخرج حديثها أصحاب السنن. والحديث ضعفه الألباني ، وفي إسناده مسكين بن بكير صدوق يخطئ. ولا أدري هل فيه علة أخرى غير هذه، لكن اتخاذ السرج مطلقاً وإضاءة المساجد أمرٌ مطلوب، ولا إشكال فيه، وإنما الإشكال في كون ذلك الأمر صدر من رسول الله صلى الله عليه وسلم بالنسبة لبيت المقدس أم لا. والحديث عزاه المنذري إلى ابن ماجه من طريق زياد بن أبي سودة عن أخيه عثمان عن ميمونة ، وهو في الصحيح، كما قاله المزي في تهذيب الكمال، وتبعه تلميذه العلائي في جامع التحصيل و ابن حجر في تهذيبه  ذذ، ولفظ البوصيري في مصباح الزجاجة. إسناد طريق ابن ماجه صحيح رجاله ثقات، وهو أصح من طريق أبي داود ، وعلى هذا يكون فيه اتصال، ولكن إسناد ابن ماجه فيه عثمان .
Komentarku ( Mahrus ali ):
Anda menyatakan: Ulama Kibar Wahabi Abdul Muhsin 'Abbad mengatakan MEMASANG LAMPU UNTUK MENERANGI MASJID ITU AMRUN MATHLUB WA LAA ISYKAALA FIIH (PERKARA YG DIANJURKAN DAN TANPA KEMUSYKILAN)

Komentarku ( Mahrus ali ):
Mana dalilnya ?
Ternyata  beliau tidak membawakan dalil.
Bila di percaya, di buat pegangan perkataan Syaikh tsb, maka kita ini akan bertentangan dengan ayat :
قُلْ هَاتُوا بُرْهَانَكُمْ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ
Katakanlah: "Unjukkanlah bukti kebenaranmu( dalilmu ), jika kamu memang orang-orang yang benar". Namel 64
Di ayat lain, Allah menyatakan:
أَمْ لَكُمْ سُلْطَانٌ مُبِينٌ(156)فَأْتُوا بِكِتَابِكُمْ إِنْ كُنْتُمْ صَادِقِينَ
Atau apakah kamu mempunyai bukti yang nyata? Maka bawalah kitabmu jika kamu memang orang-orang yang benar. Shoffat.
Pendapat Syaikh Abd Muhsin al abbad atau lainnya  yang spt itu sangat membahayakan, bukan menyelamatkan. Pendapat tersebut tanpa dalil, ber arti  bikin ajaran yang tidak di ajarkan oleh Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Boleh dikatakan bikin kebid`ahan untuk menganjurkan agar meninggalkan sunnah – tuntunan  yg ada tentang masjid adalah tanpa lampu – gelap  bukan terang benderang.  Pendapat tsb namanya  tasyri` baru. Dan ini dilarang bukan di perintahkan. Allah berfirman:
أم لَهُمْ شُرَكَاءُ شَرَعُوا لَهُمْ مِنَ الدِّينِ مَا لَمْ يَأْذَنْ بِهِ اللهُ وَلَوْلاَ كَلِمَةُ الْفَصْلِ لَقُضِيَ بَيْنَهُمْ وَإِنَّ الظَّالِمِينَ لَهُمْ عَذَابٌ أَلِيم
Apakah mereka mempunyai  sekutu - sekutu selain Allah yang mensyariatkan untuk mereka agama yang tidak diizinkan Allah? Sekiranya tak ada ketetapan yang menentukan (dari Allah) tentulah mereka telah dibinasakan. Dan sesungguhnya orang-orang yang zalim itu akan memperoleh azab yang amat pedih.  Syura 21

Bila pendapat syaikh tsb diikuti, maka seluruh masjid di anjurkan di kasih lampu . dan ini sangat beda dengan masjid Nabi shallallahu 'alaihi wasallam  dimana khuafaur Rasyidin  tidak memberi penerangan  pd masjid Nabi shallallahu 'alaihi wasallam .

Anda perlu mengetengahkan perkataan syaikh tsb sbb:
وإنما الإشكال في كون ذلك الأمر صدر من رسول الله صلى الله عليه وسلم بالنسبة لبيت المقدس أم لا.
Yang membikin problem adalah apakah  memberi lampu masjid  al aqsha  itu benar – benar  dari Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam atau bukan.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Ternyata  beliau masih meragukan keabsahan  hadis  tentang pengiriman minyak  lampu  ke masjidil aqsha. Beliau  belum yakin kesahihan hadis  tsb. Bahkan beliau lebih condong  untuk melemahkan hadis tsb karena beliau menyatakan hadis itu dilemahkan oleh syaikh al albani.
Dengan sendirinya bila beliau condong  untuk melemahkan hadis itu, maka tiada  pegangan untuk menganjurkan  memberi penerangan masjid.





[1] Al Maidah 2.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan