Selasa, Juni 23, 2015

Sejak sepuluh tahun yang lalu saya tidak menjalankan tarawih, tapi tahajjud saja . Seri ke 7










-       Komentarku ( Mahrus ali ):
-       Dlm hadis  itu disebutkan tarawih  sebelas rakaat, beda  dengan atsar yg lalu  dua puluh rakaat. Di hadis itu juga  tidak ada keterangan  tarawih tsb di masa Usman bin Affan  sebagaimana atsar pertama tadi. Hanya disini ada tambahan selesainya ketika permulaan fajar terbit. Jadi redaksinya  antara keduanya  tidak sama, beda sekali. Dan ini dikatakan idhtirab – kacau redaksi, tidak singkron.
-      عون المعبود لمحمد آبادي (9/ 214)
-      وأخرج محمد بن نصر في قيام الليل حدثنا محمد بن إسحاق حدثني محمد بن يوسف عن جده السائب بن يزيد قال كنا نصلي في زمن عمر في رمضان ثلاث عشرة
……….. , assa`ib bin Yazid berkata: Kami menjalankan shalat di bulan Ramadhan  tiga belas rakaat ( bukan dua puluh atau sebelas rakaat ).
Komentarku ( Mahrus ali ):
Tiga hadis itu, dari segi sanadnya insya Allah sahih dan bersumber  dari seorang sahabat bukan dua atau tiga. Atsar itu sebetulnya dibuat  pegangan untuk jumlah rakaat tarawih. Tapi redaksinya kacau belau, tidak singkron satu sama lainnya.  Saling menyalahkan. Lalu mana  yang benar. Ada yg mengatakan  11 Rakaat, 20 rakaat , 13 rakaat.
Terus mana yg di buat pegangan untuk jumlah tarawih. Bila di ambil salah satunya, maka yg dua atsar itu harus di buang.
Bila mengambil yang  11 rakaat, maka  yg 20 atau 13 rakaat dibuang. Begitu juga sebaliknya.
Ini mesti ada perawi terpercaya yang dusta, entah siapa? Bila tdk begitu, mesti redaksinya  tidak kacau spt itu. Makanya dlm ilmu musthalah hadis yang redaksinya kacau belau itu dikatakan lemah.
وَذُو اخْتِلاَفِ سَنَدٍ أَوْ مَتْنٍ    مُضْطَرِبٌ عِنْدَ أُهَيْلِ اْلفَنِ
      Kekacauan sanad atau redaksi termasuk mudhtharib menurut ahli mustholah hadis.
Jadi  hadis  tsb lemah sekali, tidak boleh dibuat pegangan tapi lepaskan saja.
-       Hadis itu bersumber  dari …….
-      جامع الأحاديث للسيوطي (25/ 409)
-      مالك ، وابن وهب ، وعبد الرزاق ، والضياء ، والطحاوى ، وجعفر الفريابى فى السنن ، البيهقى) [كنز العمال 23465]
-      أخرجه مالك (1/115 ، رقم 251) ، وعبد الرزاق (4/260 ، رقم 7730) ، والطحاوى (1/293) ، والبيهقى (2/496 ، رقم 4392)

Komentarku ( Mahrus ali ):
Anehnya tiada  sahabat yang mengerti berapa jumlah tarawih di bulan Ramadhan, baik khulafaur rasidin  atau  istri – istri Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam. Aneh kita paham, mereka tidak ngerti tentang  jumlah rakaat tarawih itu.  Saya  tidak menemui hadis  sahih tentang hal itu. Lalu bagaimana   mereka di katakan menjalankan shalat tarawih ? Mana hadis yg sahih tentang hal itu ?

Ada  atsar sbb:
قَالَ الطَّحَاوِيُّ: ثَنَا فَهْدٌ ثَنَا أَبُو نُعَيْمٍ ثَنَا سُفْيَانُ عَنْ عُبَيْدِ اللَّهِ عَنْ نَافِعٍ عَنْ ابْنِ عُمَرَ أَنَّهُ كَانَ لَا يُصَلِّي خَلْفَ الْإِمَامِ فِي شَهْرِ رَمَضَانَ،
…………., dari Ibnu Umar , sesungguhnya beliau  tidak melakukan shalat  di belakang imam di bulan Ramadhan.
الرواية صحيحة الإسناد ولا شك في صحتها
Komentarku ( Mahrus ali ):
Pengertian atsar tsb masih umum, mungkin shalat jamaah biasa atau  shalat tarawih. Tapi insya Allah mengarah shalat tarawih. Beliau  tidak ikut tarawih.
Tarawih tsb tidak dijelaskan  sewaktu  khulafaur rasyidin atau sesudahnya. Jadi belum jelas, masih kabur. Harus ada atsar lain yang menjelaskan  dan kita belum mendapatkannya. Bila  kita menjalankan  atas dasar atsar tsb. Kita juga belum tahu berapa rakaatnya.
  Setelah khulafaur rasyidin baru terjadi perobahan yaitu  mulai di adakan salat tarawih. Entah caranya  berjamaah  terfokus kpd satu imam dlm satu masjid atau beberapa imam.
مصنف ابن أبي شيبة (2/ 34)
6152 - حَدَّثَنَا مَرْوَانُ بْنُ مُعَاوِيَةَ، عَنْ عُمَرَ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ الثَّقَفِيِّ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَرْفَجَةُ، قَالَ: «كَانَ عَلِيٌّ، يَأْمُرُ النَّاسَ بِقِيَامِ رَمَضَانَ، وَكَانَ يَجْعَلُ لِلرِّجَالِ إِمَامًا، وَلِلنِّسَاءِ إِمَامًا» قَالَ عَرْفَجَةُ: «فَأَمَرَنِي عَلِيٌّ، فَكُنْتُ إِمَامَ النِّسَاءِ»
………..,  Arfajah berkata : Ali memerintah manusia  agar menjalankan tarawih  Ramdhan > Lalu beliau mengangkat  seorang imam untuk kaum lelaki  dan seorang imam untuk perempuan.  
Lantas Ali  ra  memerintah aku  dan aku menjadi imam kalangan perempuan.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Atsar  tsb lemah , keterangannya  sbb.
قال الحافظ فى "تهذيب التهذيب" 7/177 :
و قال ابن القطان : مجهول 
عرفجة الثقفي
Al Hafidh  Ibn Hajar berkata dalam kitab Tahdzib tahdzib  177/7
Ibn Qatthan berkata : Arfajah adalah  majhul – tidak dikenal identitasnya. 
Komentarku ( Mahrus ali ):
Perawi sebelumnya bernama Umar bin Abdullah al tsaqafi juga lemah.
مرتبته عند ابن حجر : ضعيف
مرتبته عند الذهبـي : ضعفوه
Martabatnya menurut Ibnu Hajar : Dia lemah
Menurut Dzahabi : Mereka melemahkannya.

  ، كما في سنن البيهقي رحمه الله عن قتادة عن الحسن قال: "أمّنا علي بن أبي طالب في زمن عثمان بن عفان رضي الله عنه عشرين ليلة، ثم احتبس، فقال بعضهم: قد تفرغ لنفسه، ثم أمهم أبو حليمة معاذ القارئ، فكان يقنت".

ضعيف
Sebagaimana   dalam sunan Baihaqi  rahimahullah  dari Qatadah  dari al Hasan berkata:  Ali bin Abu Thalib  di masa Usman bin Affan  ra menjalankan tarawih dua puluh malam lalu beliau  tidak keluar.
Sebagian mereka  berkata:  Beliau sibuk  untuk dirinya . lalu di Imami  oleh Abu Halimah – Mu adz al qari , lalu beliau melakukan qunut.
Atsar tsb  lemah.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Karena sanadnya  kurang, sulit ditentukan apakah atsar itu  sahih, lemah atau hasan. Lalu kita telusuri  di kitab Sunan al Baihaqi dan sy tdak menjumpainya  di kitab kutubut tis`ah karya  ulama  mashur ahli hadis . Sanadnya  dlm sunan baihaqi sbb:

السنن الكبرى للبيهقي (2/ 702)
-     وَأنبأ أَبُو عَبْدِ اللهِ الْحَافِظُ، وَأَبُو بَكْرِ بْنُ الْحَسَنِ الْقَاضِي قَالَا: ثنا أَبُو الْعَبَّاسِ مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ، ثنا الْعَبَّاسُ الدُّورِيُّ، ثنا الْحَسَنُ بْنُ بِشْرٍ، ثنا الْحَكَمُ بْنُ عَبْدِ الْمَلِكِ، عَنْ قَتَادَةَ، عَنِ الْحَسَنِ قَالَ: " أَمَّنَا عَلِيُّ بْنُ أَبِي طَالِبٍ فِي زَمَنِ عُثْمَانَ بْنِ عَفَّانَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ عِشْرِينَ لَيْلَةً، ثُمَّ احْتَبَسَ، فَقَالَ بَعْضُهُمْ: قَدْ تَفَرَّغَ لِنَفْسِهِ، ثُمَّ أَمَّهُمْ أَبُو حَلِيمَةَ مُعَاذٌ الْقَارِيُّ فَكَانَ يَقْنُتُ "
-       Perawi bernama  Al Hakam bin Abd Malik  tingkat  7  dari kibarut tabiin
-     مرتبته عند ابن حجر : ضعيف
-     مرتبته عند الذهبـي : ضعف
Menurut Ibn Hajar, martabatnya  : Dia adalah lemah
Menurut Dzahabi martabatnya : Lemah. [1]



Mau nanya hubungi kami:
088803080803( Smartfren). 081935056529 (XL ) atau  08819386306   ( smartfren)





[1] Mausuah ruwatil hadis. 1451
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan