Senin, Juli 20, 2015

Zakat fitrah harus kurma atau gandum, tudaj boleh beras. Seri ke 5












11
شرح السنة للبغوي (6/ 73)
1595 - أَخْبَرَنَا أَبُو الْحَسَنِ الشِّيرَزِيُّ، أَنا زَاهِرُ بْنُ أَحْمَدَ، أَنا أَبُو إِسْحَاقَ الْهَاشِمِيُّ، أَنا أَبُو مُصْعَبٍ، عَنْ مَالِكٍ، عَنْ زَيْدِ بْنِ أَسْلَمَ، عَنْ عِيَاضِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ سَعْدِ بْنِ أَبِي سَرْحٍ الْعَامِرِيِّ، أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا سَعِيدٍ الْخُدْرِيَّ، يَقُولُ: " كُنَّا نُخْرِجُ زَكَاةَ الْفِطْرِ صَاعًا مِنْ طَعَامٍ، أَوْ صَاعًا مِنْ تَمْرٍ، أَوْ صَاعًا مِنْ شَعِيرٍ، أَوْ صَاعًا مِنْ أَقِطٍ، أَوْ صَاعًا مِنْ زَبِيبٍ، قَالَ مَالِكٌ: وَذَلِكَ بِصَاعِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ".
هَذَا حَدِيثٌ مُتَّفَقٌ عَلَى صِحَّتِهِ، أَخْرَجَهُ مُحَمَّدٌ، عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ يُوسُفَ، وَأَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ، عَنْ يَحْيَى بْنِ يَحْيَى، كِلاهُمَا عَنْ مَالِكٍ، وَأَرَادَ بِالطَّعَامِ الْبُرَّ
قَالَ رَحِمَهُ اللَّهُ: يَجِبُ إِخْرَاجُ صَدَقَةِ الْفِطْرِ مِنْ غَالِبِ قُوتِ أَمْثَالِهِ
11. Intinya : Imam Malik menyatakan : Maksud Tho`am adalah gandum.
Beliau juga menyatakan : Wajib mengeluarkan zakat fitrah dari makanan pokok yg umum sesamanya dia .
Komentarku ( Mahrus ali ):
Makanan pokok dia dan orang lain itulah yg dikeluarkan untuk zakat fitrah.
Pendapat imam Malik ini tidak berlandaskan kpd dalil. Bila kita ikut Imam Malik, maka zakat fitrah  orang Pilipina adalah pisang. Sebab makanan pokok penduduk sana adalah pisang. Bila makanan pokok suatu penduduk sagu spt penduduk Maluku dan Papua, maka  zakat fitrahnya sagu.
Makanan pokok penduduk Berasil adalah Singkong.
Makanan pokok penduduk Afrika Ketela
Makanan pokok penduduk India Kacang – Kacangan
Makanan pokok penduduk Meksiko Jagung
Jadi akhirnya banyak macam makanan yg boleh dibuat untuk zakat fitrah, bukan kurma atau gandum yg biasa di keluarkan oleh  sahabat – sahabat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam  untuk  zakat fitrah.
Bila kita ikut  pendapat imam Malik itu, zakat fitrah dg makanan pokok maka  hadis yg muttafaq alaih tentang  kewajiban zakat fitrah kurma atau gandum akan hilang ditelan masa. Hadisnya ada di kitab hadis, peraktiknya nonsen, amaliyahnya  nol besar. Jadi hadis dibiarkan  berupa tulisan di atas kertas tanpa di buktikan dlm kehidupan yg nyata.
Beras tiada dalilnya untuk zakat fitrah. Kadang orang bilang : Mungkin beras saat itu belum ada.
Saya katakan: Singkong, ketela juga tidak ada di Medinah atau Mekkah saat itu, tapi Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam tdk mencantumkan dalam hadis bahwa makanan tsb  untuk  zakat fitrah.  
Kita ikuti sj tuntunan Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan sahabatnya.

12

مسند الشافعي - ترتيب السندي (1/ 252)
وحجة الجمهور صاعا من طعام والطعام في كلام العرب البر خاصة كما قال الخليل: وأهل الحجاز إذا ذكروا الطعام أرادوا به البر خاص والبر بالضم هو القمح)
Hujjah kebanyakan ulama satu sha` makanan. Thoam menurut perkataan bangsa Arab adalah gandum scr husus sebagaimana dikatakan oleh al Kholil .Penduduk Hijaz bila menyebut kalimat tho`am, maksudnya adalah gandum. Kalimat al bur adalah gandum.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Kadang orang menggolongkan beras dlm tho`am yg tercantum dlm hadis Abu Sa`id yg lemah tadi.
Saya katakan: Hadisnya lemah dan tho`am bukan beras atau ketela tapi gandum

13
مسند الشافعي (ص: 93)
وَإِنَّمَا أَخْرَجْتُ هَذِهِ الْأَخْبَارَ كُلَّهَا وَإِنْ كَانَتْ مُعَادَةَ الْأَسَانِيدِ لِأَنَّهَا بِلَفْظٍ آخَرَ، وَفِيهَا زِيَادَةٌ وَنُقْصَانٌ
Sesungguhnya aku meriwayatkan atsar – atsar ini scr keseluruhan  sekalipun sanadnya berulang – ulang , sebab ia menggunakan kalimat lain dan terdapat tambahan atau pengurangan.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Al asham   sendiri mengakui bahwa atsar tentang  zakat fitrah riwayat Abu Sa`id al khudri ini redaksinya  ada tambahan dan pengurangan. Lihat Musnad Syafii 93
As sindi berkata:

فهذا الحديث لا يخلو عن إشكال، ولا يصح الاستدلال لمن استدل بمثله، والله تعالى أعلم.
Hadis ini selalu terdapat kesulitan  dan tidak boleh berhujjah dengannya  bagi orang yang mau membuat  hujjah  dengan sesamanya  wallahu a`lam
Komentarku ( Mahrus ali ):
Hadis – hadis tentang zakat fitrah yang telah  saya kemukakan di atas dari segi  sanad sahih,  dan sedikit yg lemah. Namun penilaian  hadis  itu tidak cukup  sanadnya sahih lalu hadis itu bisa dibuat hujjah.Dari segi perawi – perawinya bisa dipercaya, tapi ternyata  tafarrud yaitu hanya  Iyadh bin Abdillah  yang meriwayatkannya  bukan orang lain. Dan  hal ini termasuk virus yang membikin hadis tsb  tidak sehat. Juga bertentangan dengan hadis muttafaq alaih yg mengharuskan zakat kurma gandum atau kurma.
 Selain itu  harus diselidiki lagi  di bidang redaksi hadis. Scr kenyataan  redaksi hadisnya  sangat kacau. Banyak pengurangan dan penambahan hingga  sulit di tentukan manakah perkataan Abu Sa`id al Khudri yang asli.Satu riwayat dengan riwayat lainnya tdk saling mendukung tapi sm menyalahkan dan beda sekali. Hal ini juga faktor yg melemahkan hadis  tsb.
Kita kembali kpd pakem mustholah hadis  sbb:
وَذُو اخْتِلاَفِ سَنَدٍ أَوْ مَتْنٍ    مُضْطَرِبٌ عِنْدَ أُهَيْلِ اْلفَنِ
      Kekacauan sanad atau redaksi termasuk mudhtharib menurut ahli mustholah hadis.

14

Ada hadis lagi:
مصباح الزجاجة في زوائد ابن ماجه (2/ 92)
 بَاب صَدَقَة الْفطر
(656) حَدثنَا هِشَام بن عمار حَدثنَا عبد الرَّحْمَن بن سعد بن عمار الْمُؤَذّن حَدثنَا عمر بن حَفْص عَن عمار بن سعد مُؤذن النَّبِي صلى الله عَلَيْهِ وَسلم أَن رَسُول الله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم أَمر بِصَدقَة الْفطر صَاعا من تمر وصاعا من شعير أَو صَاعا من سلت
هَذَا إِسْنَاد مُرْسل ضَعِيف
……………………………, dari Ammar bin Sa`d – mu adz dzin Nabi shallallahu 'alaihi wasallam , sesungguhnya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam memerintah  zakat fitrah  satu sha` kurma, satu sha`  gandum dan satu  sha` sult.  
Ini hadis mursal yg lemah.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Ammar bin Sa`d – muadz dzin adalah perawi termasuk  pertengahan tabiin tingkat tiga bukan sahabat. Makanya hadisnya di katakan  mursal bukan hadis yg sahih. Bila disahihkan  juga keliru karena  sanadnya tdk bersambung tp terputus. Dia  tidak menjumpai Nabi shallallahu 'alaihi wasallam
مرتبته عند ابن حجر : مقبول ، وهم من زعم أن له صحبة
Martabatnya menurut Ibn Hajar :  Ammar bin Sa`d adalah perawi yg diterima dan kelirulah orang yg punya anggapan dia adalah sahabat. [1]
Komentarku ( Mahrus ali ):
Ammar bin Sa`d bukan sahabat, tapi tabiin. Dan Muadz dzin Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam bukan dia tapi Bilal dan Ibn Ummi Maktum.
Hadis itu tdk bisa di buat hujjah untuk  zakat fitrah. Tdk boleh berzakat dengan  sult sebangsa gandum.

2417 - حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ، حَدَّثَنَا عَبْدُ الْوَهَّابِ، حَدَّثَنَا أَيُّوبُ، عَنْ مُحَمَّدٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ أَنَّهُ كَانَ يَقُولُ:
صَدَقَةُ رَمَضَانَ صَاعٌ مِنْ طَعَامٍ، مَنْ جَاءَ بِبُرٍّ قُبِلَ مِنْهُ، وَمَنْ جَاءَ بِشَعِيرٍ قُبِلَ مِنْهُ، وَمَنْ جَاءَ بِتَمْرٍ قُبِلَ مِنْهُ، وَمَنْ جَاءَ بِسُلْتٍ قُبِلَ مِنْهُ، وَمَنْ جَاءَ بِزَبِيبٍ قُبِلَ مِنْهُ، وَأَحْسِبُهُ قَالَ: وَمَنْ جَاءَ بِسَوِيقٍ أَوْ دَقِيقٍ قُبِلَ مِنْهُ.
Dari Muhammad  dari Ibnu Abbas , sesungguhnya beliau berkata:
Sedekah Ramadhan ( zakat fitrah )  adalah satu sha` makanan .Barang  siapa datang  dengan membawa bur diterima. Barang siapa datang membawa sya`ir ( gandum ) diterima. Barang siapa datang dengan membawa  sult diterima. Barang siapa datang dengan membawa  kismis diterima
Saya  kira beliau berkata : Barang siapa datang dengan membawa  tepung diterima
Komentarku ( Mahrus ali ): makna sawiq  dan daqiq sama yaitu tepung.

البدر المنير (5/ 631)
ولعلَّ ابْن خُزَيْمَة اعْتبر عَدَالَة الروَاة، وهم كَذَلِك، وَلم يلْتَفت إِلَى غرابته، نعم هُوَ مُنْقَطع فِيمَا بَين مُحَمَّد بن سِيرِين وَابْن عَبَّاس.
قَالَ أَحْمد: لم يسمع مِنْهُ، كلهَا يَقُول: نبئت عَن ابْن عَبَّاس. وَقَالَ خَالِد الْحذاء: كل شَيْء يَقُول: نبئت عَن ابْن عَبَّاس إِنَّمَا سَمعه من عِكْرِمَة أَيَّام الْمُخْتَار. قيل: وَذَلِكَ فِي حَيَاة ابْن عَبَّاس.
Dalam kitab al badrul munir  diterangkan : Barang kali Ibn Khuzaimah menganggap para rawinya adil. Dan memang begitu, benar begitu. Tapi beliau tdak  memandang  kepada  gharib nya atau  nyelenehnya. Ya, sanad itu terputus antara Muhammad bin Sirin dan Ibnu Abbas.
Imam  Ahmad berkata: Muhammad bin Sirin tdk mendengar hadis dari Ibnu Abbas. Seluruh hadisnya,  beliau berkata : Aku diberi tahu dari Ibn Abbas.
Khalid al Hadz dza` berkata : Segala sesuatu dia berkata: Aku diberi tahu dari Ibn Abbas . Sesungguhnya beliau  itu mendengar dari Ikrimah  pada hari  al mukhtar bin Abu Ubaid . Ada yg berkata : Saat Ibnu Abbas masih hidup.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Pada masa Al Mukhar bin Anu Ubaid  sekitar tahun 67  atau 66 H. Lihat di kitab :  
عمدة القاري شرح صحيح البخاري (6/ 5)
توفّي سنة سِتّ وَسِتِّينَ أَيَّام الْمُخْتَار
عمدة القاري شرح صحيح البخاري (18/ 35)
وَمَات بِالْكُوفَةِ سنة سبع وَسِتِّينَ فِي أَيَّام الْمُخْتَار
عمدة القاري شرح صحيح البخاري (21/ 47)
لقِيه أَيَّام الْمُخْتَار بن أبي عبيد

15 
سنن الترمذى (3/ 148، بترقيم الشاملة آليا)
-       حَدَّثَنَا عُقْبَةُ بْنُ مُكْرَمٍ الْبَصْرِىُّ حَدَّثَنَا سَالِمُ بْنُ نُوحٍ عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ عَنْ عَمْرِو بْنِ شُعَيْبٍ عَنْ أَبِيهِ عَنْ جَدِّهِ أَنَّ النَّبِىَّ -صلى الله عليه وسلم- بَعَثَ مُنَادِيًا فِى فِجَاجِ مَكَّةَ « أَلاَ إِنَّ صَدَقَةَ الْفِطْرِ وَاجِبَةٌ عَلَى كُلِّ مُسْلِمٍ ذَكَرٍ أَوْ أُنْثَى حُرٍّ أَوْ عَبْدٍ صَغِيرٍ أَوْ كَبِيرٍ مُدَّانِ مِنْ قَمْحٍ أَوْ سِوَاهُ صَاعٌ مِنْ طَعَامٍ ». قَالَ أَبُو عِيسَى هَذَا حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ. وَرَوَى عُمَرُ بْنُ هَارُونَ هَذَا الْحَدِيثَ عَنِ ابْنِ جُرَيْجٍ وَقَالَ عَنِ الْعَبَّاسِ بْنِ مِينَاءَ عَنِ النَّبِىِّ -صلى الله عليه وسلم- فَذَكَرَ بَعْضَ هَذَا الْحَدِيثِ. قَالَ أَبُو عِيسَى لَمْ يَعْرِفْ مُحَمَّدُ بْنُ إِسْمَاعِيلَ هَذَا الْحَدِيثَ.

Intinya : Kakek Amar bin Syu`aib berkata : Sesungguhnya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam  mengutus seorang yg mengumumkan di jalan – jalan lebar antara dua bukit di Mekkah: “ Ingat, sesungguhnya zakat fitrah wajib bagi setiap muslim lelaki, perempuan, merdeka, budan , anak  kecil atau orang besar dua mud gandum atau lainnya  - satu sha`  makanan.
Imam Tirmidzi menyatakan bahwa hadis ini   hasan gharib.
Umar bin Harun juga meriwayatkan hadis tsb dari Ibn Juraij , lalu berkata   dari al abbas  bin Mina`  dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam , lalu menyebut sebagian hadis tsb. Imam Tirmidzi ( Abu Isa ) menyatakan : Imam Bukhari Muhammad bin Ismail tidak tahu hadis ini.
بيان الوهم والإيهام في كتاب الأحكام (2/ 153)
وَاخْتلف فِي إِسْنَاده.
Ibn al Qatthan menyatakan: Sanadnya masih hilap. ( lemah ).


وَرَوَاهُ من طَرِيق ابْن جريج، عَن عَمْرو بن شُعَيْب، وخفي عَلَيْهِ انْقِطَاع مَا بَينهمَا، وَلذَلِك لم يتبعهُ أَكثر من أَن قَالَ: اخْتلف فِي إِسْنَاده.
Beliau meriwayatkannya  dari jalur Ibn Juraij  dari Amar bin Syu`ab , dan beliau masih belum mengetahui bahwa  sanad terputus antara keduanya , lalu beliau tidak memberikan pernyataan kecuali perkataan : Sanadnya hilap. Bayan al wahm wal iham  153/2
Al albani menyatakan :
ضعيف سنن الترمذي (ص: 77)
(ضعيف الاسناد) .
قال أبو عيسى: هذا حديث غريب حسن.
Sanadnya lemah. Abu Isa berkata: Ini hadis gharib yg hasan.



[1] Mausuah ruwatil hadis. 4823
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan