Rabu, September 23, 2015

Jawabanku untuk Zul Ashfi War Raihan




Zul Ashfi War Raihan Tapi Imam Bukhari tidak melemahkan Ibnu Ma'bad, Bpk Mahrus Ali. Yang mengatakan Ibnu Ma'bad lemah sekali, majhul, ataupun Munkar siapa, Pak Mahrus Ali? Apalagi "Laa Yu'rafu Simaa'uhu" oleh Imam Bukhari (yang juga manusia) dinyatakan "Laa Yadhurr" oleh Imam Dzahabi (yang juga manusia). Sementara rekomendasi ketsiqahan Ibnu Ma'bad oleh para ulama justeru tidak dianggap oleh Bpk Mahrus Ali (yang juga manusia). Kan begitu ceritanya.

Soal apa itu definisi dhaif, itu urusan lain, Bpk Mahrus Ali

Komentarku ( Mahrus ali ):

Jangan salah paham, pahamilah dg baik. Siapa yg menyatakan Ibnu Ma`bad lemah . Dia itu tsiqah. Masalah identitas Ibnu Ma`bad ini masalah lain, tidak sy bahas. Tp masalah Ibn Ma`bad tidak dikenal mendengar hadis dari Abu Qatadah , kata Imam Bukhari. Masalah tdk dikenal mendengar dari Abu Qatadah ini apa maksudnya , ini yg di bahas bukan identitasnya. Jadi menurut Bukhari aneh sekali bila Ibnu Ma`bad mendengar hadis dari sahabat Abu Qatadah yg penduduk Medinah dan Ibn Ma`bad dari penduduk Basrah yg tingkat 3 pertengahan tabiin.
Sekarang kita  cek hadis
يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ

“ Puasa  Arafah bisa menghapus tahun yang lewat dan yang akan datang”.
Seluruh jalur periwayatannya  hanya  dari Abdullah bin Ma`bad al zammani bukan orang lain. Jadi hadis itu di masa tabiin masih dari  satu orang  bukan dua atau tiga.
Boleh di lihat sanadnya  sbb:
صحيح مسلم - (ج 6 / ص 56)
-        حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ الْمُثَنَّى وَمُحَمَّدُ بْنُ بَشَّارٍ وَاللَّفْظُ لِابْنِ الْمُثَنَّى قَالَا حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ جَعْفَرٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ غَيْلَانَ بْنِ جَرِيرٍ سَمِعَ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَعْبَدٍ الزِّمَّانِيَّ عَنْ أَبِي قَتَادَةَ الْأَنْصَارِيِّ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ
-        مسند أحمد - (ج 46 / ص 39)
-        8 - حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ عَنْ قَتَادَةَ حَدَّثَنَا غَيْلَانُ بْنُ جَرِيرٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَعْبَدٍ الزِّمَّانِيِّ عَنْ أَبِي قَتَادَةَ قَالَ شُعْبَةُ قُلْتُ لِغَيْلَانَ الْأَنْصَارِيِّ فَقَالَ بِرَأْسِهِ أَيْ نَعَمْ
-        مسند أحمد - (ج 46 / ص 113)
-        72 - حَدَّثَنَا عَفَّانُ حَدَّثَنَا مَهْدِيُّ بْنُ مَيْمُونٍ حَدَّثَنَا غَيْلَانُ بْنُ جَرِيرٍ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَعْبَدٍ الزِّمَّانِيِّ عَنْ أَبِي قَتَادَةَ
-        عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ قَالَ لَهُ رَجُلٌ أَرَأَيْتَ صِيَامَ عَرَفَةَ قَالَ أَحْتَسِبُ عِنْدَ اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ قَالَ يَا رَسُولَ اللَّهِ أَرَأَيْتَ صَوْمَ عَاشُورَاءَ قَالَ أَحْتَسِبُ عِنْدَ اللَّهِ أَنْ يُكَفِّرَ السَّنَةَ
-        السنن الكبرى للبيهقي [ مشكول ] - (ج 4 / ص 874)
-        بابُ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ لِغَيْرِ الْحَاجِّ
-         أَخْبَرَنَا أَبُو عَبْدِ اللَّهِ الْحَافِظُ وَأَبُو زَكَرِيَّا بْنُ أَبِى إِسْحَاقَ الْمُزَكِّى وَغَيْرُهُمَا قَالُوا حَدَّثَنَا أَبُو الْعَبَّاسِ : مُحَمَّدُ بْنُ يَعْقُوبَ حَدَّثَنَا بَكَّارُ بْنُ قُتَيْبَةَ حَدَّثَنَا رَوْحُ بْنُ عُبَادَةَ وَعَمْرُو بْنُ حَكَّامٍ قَالاَ حَدَّثَنَا شُعْبَةُ قَالَ سَمِعْتُ غَيْلاَنَ بْنَ جَرِيرٍ يُحَدِّثُ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ مَعْبَدٍ الزِّمَّانِىِّ عَنْ أَبِى قَتَادَةَ الأَنْصَارِىِّ : أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ - صلى الله عليه وسلم - سُئِلَ عَنْ صَوْمِ يَوْمِ عَرَفَةَ قَالَ : يُكَفِّرُ السَّنَةَ الْمَاضِيَةَ وَالْبَاقِيَةَ. أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ فِى الصَّحِيحِ مِنْ حَدِيثِ شُعْبَةَ وَغَيْرِهِ.
-        السنن الكبرى للنسائي - (ج 2 / ص 153)
-        (2813) أنبأ محمد بن بشار قال حدثنا محمد بن جعفر قال حدثنا شعبة
-        عن غيلان بن جرير سمع عبد الله بن معبد عن أبي قتادة أن رسول الله صلى الله عليه وسلم سئل عن صوم يوم عرفة قال
-        تهذيب الآثار للطبري - (ج 1 / ص 447)
-        2 - حدثنا ابن المثنى ، حدثنا محمد بن جعفر ، حدثنا شعبة ، عن غيلان بن جرير ، سمع عبد الله بن معبد الزماني ، عن أبي قتادة الأنصاري
-        مستخرج أبي عوانة - (ج 6 / ص 263)
-        2371 - حدثنا الصاغاني ، حدثنا روح بن عبادة ، حدثنا شعبة ، قال : سمعت غيلان بن جرير يحدث ، عن عبد الله بن معبد الزماني ، عن أبي قتادة . قلت : الأنصاري ؟ قال : الأنصاري
-        مشكل الآثار للطحاوي - (ج 6 / ص 465)
-        2498 - الذي حدثناه بكار بن قتيبة قال : حدثنا روح قال : حدثنا شعبة قال : سمعت غيلان بن جرير يحدث ، عن عبد الله بن معبد ، عن أبي قتادة الأنصاري رضي الله عنه أن رسول الله صلى الله عليه وسلم سئل عن صوم يوم عرفة ، فقال
-        شرح السنة (احاديث فقط) - (ج 1 / ص 441)
-         باب صوم يوم عرفة
-        أَخْبَرَنَا عَبْدُ الْوَاحِدِ بْنُ أَحْمَدَ الْمَلِيحِيُّ ، أَنْبَأَنَا أَبُو مَنْصُورٍ السَّمْعَانِيُّ ، أَخْبَرَنَا أَبُو جَعْفَرٍ الرَّيَّانِيُّ ، أَخْبَرَنَا حُمَيْدُ بْنُ زَنْجُوَيْهِ ، أَخْبَرَنَا النَّضْرُ بْنُ شُمَيْلٍ ، حَدَّثَنَا شُعْبَةُ ، عَنْ غَيْلانَ بْنِ جَرِيرٍ ، قَالَ : سَمِعْتُ عَبْدَ اللَّهِ بْنَ مَعْبَدٍ الزِّمَّانِيَّ ، عَنْ أَبِي قَتَادَةَ
-         
-        المسند الجامع - (ج 16 / ص 643)
-        خرجه عبد الرَّزَّاق (7826 و7831 و7865) عن معمر ، عن قتادة . و"ابن أبي شَيبة" 3/78 (9551) و3/96 (9714) قال : حدَّثنا وكيع ، عن مهدي بن ميمون . و"أحمد" 5/296 (22904) قال : حدَّثنا يحيى بن سعيد ، حدَّثنا شعبة . وفي 5/297 (22908) قال : حدَّثنا محمد بن جعفر ، حدَّثنا سعيد ، عن قتادة . وفي 5/299 (22917) قال : حدَّثنا عبد الرحمان بن مهدي ، عن مهدي بن ميمون . وفي 5/303 (22952) قال : حدَّثنا محمد بن جعفر ، حدَّثنا شعبة . وفي 5/308 (22997) قال : حدَّثنا عفان ، حدَّثنا مهدي بن ميمون . وفي 5/310 (23027) قال : حدَّثنا وكيع ، حدَّثنا مهدي بن ميمون . و"مسلم" 3/167 (2716) قال : حدَّثنا يحيى بن يحيى التميمي ، وقتيبة بن سعيد ، جميعًا عن حماد ، قال يحيى : أَخْبَرنا حَمَّاد بن زَيْد . وفي (2717) قال : حدَّثنا محمد بن المثنى ، ومحمد بن بشار ، قالا : حدَّثنا محمد بن جعفر ، حدَّثنا شعبة . وفي 3/168 (2718) قال : وحدَّثناه عبيد الله بن معاذ ، حدَّثنا أبي (ح) وحدَّثنا أبو بكر بن أبي شيبة ، حدَّثنا شبابه (ح) وحدَّثنا إِسحاق بن إِبراهيم ، أَخْبَرنا النضر بن شميل ، كلهم عن شعبة . وفي (2719) قال : وحدثني أحمد بن سعيد الدارمي ، حدَّثنا حبان بن هلال ، حدَّثنا أبان العطار . وفي (2720) قال : وحدثني زهير بن حرب ، حدَّثنا عبد الرحمان بن مهدي ، حدَّثنا مهدي بن ميمون . و"أبو داود" 2425 قال : حدَّثنا سليمان بن حرب ، ومسدد ، قالا : حدَّثنا حماد بن زيد . وفي (2426) قال : حدَّثنا موسى بن إِسماعيل ، حدَّثنا مهدي . و"ابن ماجة" 713 و1730 و 1738 قال : حدَّثنا أحمد بن عبدة ، حدَّثنا حماد بن زيد . و"التِّرمِذي" 749 و752 و767 قال : حدَّثنا قتيبة ، وأحمد بن عبدة الضبي ،
-        قالا : حدَّثنا حماد بن زيد . و"النَّسائي" 4/207 ، وفي "الكبرى" 2698 قال : أَخْبَرنا محمد بن بشار ، قال : حدَّثنا محمد ، قال : حدَّثنا شعبة . وفي 4/208 ، وفي "الكبرى" 2708 قال : أَخْبَرنا قتيبة ، قال : حدَّثنا حماد . وفي "الكبرى" 2790 قال : أَخْبَرنا عمرو بن علي ، قال : حدَّثنا عبد الرحمان بن مهدي ، قال : حدَّثنا مهدي بن ميمون . و"ابن خزيمة" 2087 و2111 و2126 قال : حدَّثنا أحمد بن عبدة ، أَخْبَرنا حماد بن زيد . وفي (2117) قال : حدَّثنا محمد بن بشار ، وأبو موسى ، قالا : حدَّثنا محمد بن جعفر ، حدَّثنا شعبة (ح) وحدَّثنا بُنْدَار أيضًا ، حدَّثنا محمد بن جعفر ، حدَّثنا عبد الأعلى ، حدَّثنا سعيد ، عن قتادة (ح) وحدَّثنا جعفر بن محمد ، حدَّثنا وكيع ، عن مهدي بن ميمون . وفي (2126) قال : وحدَّثنا بُنْدار ، حدَّثنا محمد بن جعفر ، حدَّثنا شعبة . و"ابن حِبان" 3631 و3642 قال : أَخْبَرنا الحسن بن سفيان ، حدَّثنا محمد بن المنهال الضرير ، حدَّثنا يزيد بن زريع ، حدَّثنا سعيد بن أبي عروبة ، حدَّثنا قتادة . وفي (3632) قال : أَخْبَرنا أحمد بن علي بن المثنى ، حدَّثنا عبيد الله بن عمر القواريري ، حدَّثنا حماد بن زيد . وفي (3639) قال : أَخْبَرنا أبو يعلى ، حدَّثنا خلف بن هشام البزار ، حدَّثنا حماد بن زيد.
-        خمستهم (قتادة ، ومهدي بن ميمون ، وشعبة ، وحماد بن زيد ، وأبان بن يزيد العطار) عن غيلان بن جرير ، عن عبد الله بن معبد الزماني ، فذكره.
-        - جاءت بعض الرويات مختصرة.
-        - وأخرجه أحمد 5/295 (22884) قال : حدَّثنا هشيم بن بشير ، أَخْبَرنا منصور ، يعني ابن زاذان ، عن قتادة ، عَنْ عَبْدِ اللهِ بْنِ مَعْبَدٍ الزِّمَّانِيِّ ، عَنْ أَبِي قَتَادَةَ؛

Komentarku ( Mahrus ali ):
Intinya  hadis ““ Puasa  Arafah bisa menghapus dosa tahun yang lewat dan yang akan datang”.
……………, dari satu orang yaitu  Abdullah bin Ma`bad. Bukan orang lain. Dan  tidak ada orang lain yang meriwayatkannya. Pada  hal Ibn Ma`bad di Basrah mendengar dari Abu Qatadah di Madinah menurut  Bukhari  ini aneh sekali. Umumnya tidak mendengar karena tempat yang berjauhan. Dan Imam Bukhari tidak melihat sinyal ( Qarinah ) pertemuan Ibn Ma`bad dengan Abu Qatadah  selama  hidupnya.
Bila  ada data Ibnu Ma`bad pernah ke Medinah , maka  ini masih bisa di nalar dan ada kemungkinan mendengar  dari  sahabat Abu Qatadah , kalau toh dia sezaman dengan sahabat Abu Qatadah . Sayang Kelahiran dan wafatnya  Ibn Ma`bad tidak ada  ulama yang  tahu, kapan ?
Apalagi pernyataan Ibn Ma`bad mendengar  dari Abu Qatadah tidak ada.  Yang ada adalah kalimat  dari Abu Qatadah. Ada kemungkinan tadlis khafi  - ada perawi lain yang tidak tampak atau di selinapkan. Jadi ada kemungkinan juga  putus sanad.
Kemungkinan – kemungkinan ini membikin hadis tsb  tidak jelas sahih , masih samar.
Bila tidak ada pernyataan  Ibn Ma`bad untuk mendengar hadis puasa Arafah  dari  Abu Qatadah , mengapa kita katakan Ibn Ma`bad mendengarnya. Ini pendapat  yang tidak ada buktinya. Sekedar  rekaan belaka  bukan fakta nyata.  


Menurut ulama hadis  dahulu, hadis  tafarrud sedemikian ini  adalah munkar, gharib dan lemah  yang tertolak bukan sahih yang di terima.

Imam Abu Hanifah menyatakan  sinyal kelemahan hadis adalah perawi secara  sendirian meriwayatkan hadis  bukan sahabat yg lain .
3ـ ألا يكون فيما تعم به البلوى العلمية أو العملية، أي أن المحدث يتفرد بحديث في حين سائر الصحابة لا يعلمون مع أنه من الأمور العلمية العامة
3. Agar tidak termasuk musibah ilmiyah atau amaliyah yg umum – yaitu  seorang perawi  hadis menyampaikan  hadis secara  sendirian. Pada  hal sahabat yg lain  tidak mengetahui. Dan ia termasuk masalah ilmiyah yg umum.
http://www.dd-sunnah.net/forum/showthread.php?t=152431
Abdul hay al luknowi berkata:
فكثيراً ما يطلقون النكارة على مجرَّد التَّفرُّد،
Sering kali mereka menyatakan  hadis munkar disebabkan tafarrud saja . ( satu perawi yang meriwayatkan bukan dua atau tiga ).
- كراهية المتقدمين لرواية الغريب:
كان المتقدمون من علماء الحديث يكرهون رواية الغرائب وما تفرد به الرواة، ويعدونه من شَرِّ الحديث، كما قال الإمام مالك رحمه الله: "شَرُّ العلم الغريبُ، وخيرُ العلم الظاهرُ الذي قد رواه الناس" 1،
Hukum hanya seorang perawi yang meriwayatkan  hadis.( tafarrud )
1.     Ulama hadis  dahulu tidak suka atau benci terhadap riwayat  gharib ( nyeleneh )
Ulama hadis dahulu benci  terhadap  terhadap riwayat – riwayat yang gharib ( nyeleneh )  dan  hadis yang  di riwayatkan   oleh seorang  perawi , lalu di anggap   sebagai  hadis yang  terjelek  sebagaimana  di katakan   oleh Imam Malik rahimahullah: Ilmu  terjelek  adalah  yang gharib  dan  ilmu yang  terbaik adalah  yang tampak yang di riwayatkan oleh manusia. ( banyak ).

Anda menyatakan:
Apalagi "Laa Yu'rafu Simaa'uhu" oleh Imam Bukhari (yang juga manusia) dinyatakan "Laa Yadhurr" oleh Imam Dzahabi (yang juga manusia). Sementara rekomendasi ketsiqahan Ibnu Ma'bad oleh para ulama justeru tidak dianggap oleh Bpk Mahrus Ali (yang juga manusia). Kan begitu ceritanya.

Komentarku ( Mahrus ali ):

Anda salah paham, saya  tidak pernah menyatakan spt itu . Baca lagi jawaban saya  yang pertama. Jawaban saya tentang  yang majhul  itu bukan Ibn Ma`bad tp lainnya , baca  lagi di jawaban saya yang kedua.

Lalu anda  menyatakan : (yang juga manusia).

 Barang kali  anda ingin  yang menyatakan seperti itu  jin atau malaikat atau Allah sendiri. Pokoknya bukan manusia . Pernyatan   Bukhari yang tidak kamu anggap karena  dia manusia ini seolah anda ingin yang memberi pernyataan itu hrs malaikat  atau jin.
Saya  biasa menolak  suatu pendapat atau menerimanya  saya kroscek dulu apakah  cocok  dengn dalil  atau tidak . Biar yang mengatakan manusia asal cocok dengan dalil  saya terima. Biar jin tp nentang dalil saya tolak.

Anda menyatakan:

Soal apa itu definisi dhaif, itu urusan lain, Bpk Mahrus Ali

Komentarku ( Mahrus ali ):
Saya bertanya  apakah devinisi  hadis lemah dan sangat lemah karena anda menyalahkan tulisan saya “ lemah sekali “ .
Anda bilang : Lemah saja  tanpa  sekali .
Karena itu , saya  tanyakan menurut pandanganmu apa devinisi  hadis lemah dan  sangat lemah.
Tp aneh juga bila anda  jawab:
“Soal apa itu definisi dhaif, itu urusan lain, Bpk Mahrus Ali”.

Mestinya  bila  anda katakan ada perbedaan , maka  saya ingin tahu devinisi masing – masing.
Ini layak dan masih berkaitan.



Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan