Minggu, September 20, 2015

Polisi Lalu Lintas Di Wilayah Nainawa

Kantor Media Wilayah Nainawa

Menghadirkan

Rilisan Video

Polisi Lalu Lintas Di Wilayah Nainawa


Al-Akh Abu Shuhaib Al-Anshori, Kepala Kantor Kepolisian Lalu Lintas di Wilayah Nainawa


Para Ikhwah di wilayah Nainawa melakukan pengaturan administrasi di berbagai aspek di wilayah ini, di antaranya dalam lalu lintas. Sebagaimana yang diketahui, lalu intas dibagi menjadi tiga bagian :

Yang pertama, bagian lapangan dengan tugas khusus mengatur mobilisasi kendaraan di semua jalan wilayah ini dan menangani kejadian apapun di jalan, sebagai misal insiden kecelakaan. Bagian ini hanya memfokuskan pekerjaannya untuk mengatur jalannya kendaraan dan menyelesaikan kemacetan di jalan.

Sebagaimana yang diketahui, bahwa jalan-jalan ini telah tertutup selama bertahun-tahun. Setelah penaklukan atas wilayah ini, para ikhwah memusnahkan penghalang dan pembatas di jalan berikut benteng-benteng beton yang menghalangi jalanan di kota, sehingga volume kendaraan di jalanan kota ini meningkat. Oleh karenanya, dibutuhkan kader yang terlatih untuk pekerjaan ini dengan tujuan merapikan mobilitas lalu lintas di kota ini.

Dengan melihat volume kendaraan yang banyak ini, muncul beberapa insiden kecelakaan di jalan-jalan. Sehingganya, dibutuhkan para ikhwah dengan spesialisasi di bagian P3K dengan cara memberi peringatan kepada para pengendara yang melakukan pelanggaran dan memberikan denda bagi para pelanggar, dengan tujuan tidak terulangnya pelanggaran itu.

Contoh diantaranya, orang yang berjalan melawan arus, tidak memperhatikan isyarat dari polisi lalu lintas, juga berhenti di tempat terlarang yang menyebabkan kemacetan. Ini semua penjelasan terkait tim lapangan.

Kedua : Adapun di di bidang pelayanan, diantaranya kantor pengaduan, yang dikhususkan untuk melayani keluhan dan pengaduan kaum Muslimin berkenaan dengan kendaraan. Keluhannya berkaitan dengan kendaraan. Diantaranya perselisihan terkait kepemilikan, lalu terkait jual beli dan melakukan pengaturan di dalamnya dan juga memastikan ada tidaknya unsur penipuan atau pemalsuan.

Lalu kantor pelayanan lain untuk urusan membuat akad yang benar. Tugasnya mengawasi proses jual beli kendaraan di seluruh wilayah guna mengindari pemalsuan agar tak tertipu, Untuk menghindari kasus pencurian kendaraan. Jika didapati kasus demikian, akan di data dan diserahkan pada Mahkamah Islamiyah.

Bagian ketiga bidang pelayanan adalah Kantor Pengurusan Lalu Lintas yang dibuka pada tanggal 9 Syawal 1436. Kantor ini awalnya dikhususkan untuk mendata kendaraan bermotor di wilayah kami. Sudah hal yang lumrah jika setiap daerah di dunia ini pasti terdapat keamanan dan kemapanan. Otomatis di dalamnya banyak pemakaian kendaraan bermotor. Tidak ada peraturan yang melarangnya, karena sepeda motor tidak banyak membuat masalah. Karena motor gampang dikendarai dengan cepat dan berjalan dengan mudah, sehingga para ikhwah mengeluarkan keputusan dibolehkannya memakai kendaraan bermotor. Dan pada tahun akhir-akhir ini terdapat ribuan motor di wilayah Nainawa.

Di distrik barat kota terdapat pasar khusus untuk penjualan motor, sehingga para Masyaikh mengeluarkan keputusan membuka kantor pendaftaran untuk mengatur aturan-aturan Syar'i dalam jual beli motor dan juga para pengendaranya. Dengannya, kami menjauhkan kaum muslimin dari terjadinya kecelakaan atau penipuan dalam jual beli dan semoga tidak ada pencurian dan hal-hal negatif lainnya, supaya tidak ada kejadian yang tidak diketahui pelakunya.

Oleh karena itu, setiap motor memiliki plat nomor khusus yang di dalamnya tertera nomor, dan nomor tersebut terdata di komputer kami. Sehingga, jika terjadi kecelakaan maka kami langsung mengetahui nama pemiliknya, alamatnya, dan juga foto yang terdapat di dalamnya.

Prosedur Pengurusan Plat Nomor


Datang seorang muslim ke kantor kami dan antri secara tertib.

Pertama, penyerahan nomor plat yang telah dicetak oleh Kantor Lalu Lintas, lalu menulis formulir dengan gratis, dengan tujuan mengecek motor. Dan disana ada seseorang yang bertugas mengecek keselamatan motor, melalui bentuk bodi motornya bisa terlihat standar safety motor. Kemudian menyingkap kekuatan motor. Setelahnya, pemilik motor membayar harga plat tersebut dengan biaya yang sangat murah berkisar sekitar 5000 Dinar Iraq (80 ribu rupiah). Sementara, semua proses pembuatan ini dibutuhkan 500 Dinar Iraq.

Kemudian setelah pembayaran, proses ini dipindahkan ke pendataan di sini. Kemudian kantor melakukan pendataan di buku tulis dan akan dirapikan di komputer. Setelahnya, Al Akh bisa datang untuk menerima plat nomor keesokan harinya. Plat nomor yang resmi untuk motor ini.

Sungguh pekerjaaan ini tidak lain hanyalah kabar gembira yang kecil, program-program unggulan yang akan datang, di antaranya adalah mengembangkan para kader dengan kualitas yang tinggi untuk membuka kantor-kantor motor dan mencatat kendaraan-kendaran yang tidak mempunyai plat nomor.

Wawancara dengan Masyarakat Nainawa


Warga 1 : Ma Syaa Allah bagus sekali, sedikit sekali kecelakaan dan lalu lintas sangat teratur bahkan tatkala tidak ada yang menjaga, peraturan terus berjalan. Jalan-jalan bersih, kami pun sangat senang.

Warga 2 : Sungguh pengaturan ini sangatlah bagus, tidak ada kemacetan di jalanan. Kamu akan berjalan tanpa masalah. Tingkat kecelakaan berkurang, sehingga tidak ada keterlambatan dalam perjalanan.

Warga 3 : Dahulu tidak ada rambu lalu lintas, warga tidak terbiasa dengan aturan yang dijalankan sehingga ini adalah hal yang baru bagi mereka. Alhamdulillah kami merasakan perbedaan dan kini In Syaa Allah akan konsisten mengerjakannya.

Warga 4 : Ma Syaa Allah di sini sangat rapi dan bersih, keamanan pun terwujud.

Warga 5 : Peraturan di sini sangatlah bagus dan semua mendapatkan keadilan, tidak ada bedanya antara Junud Daulah dan awam Muslimin. Kecelakaan berkurang, kehidupan mapan dan aman.

Warga 6 : Alhamdulillah was-sholatu was-salamu 'ala Rosulillah. Ma Syaa Allah di sini semuanya bagus. Semua ini menggambarkan pemerintahan Khilafah berjalan dengan rapi dan menggambarkan hakekat dari indahnya kota yang berbarokah ini. Semoga Allah selalu memberi penaklukan bagi Mujahidin dan kaum Muslimin.

Kantor Media Wilayah Nainawa | Dzulqa'dah 1436 H

Diterjemahkan oleh: ALHAYAT MEDIA CENTER

Publikasi : Al-Adnani Media
http://al-adnani.blogspot.com/

***

Download videonya : https://archive.org/download/NinawaPolisiLaluLintas/Ninawa%20-%20Polisi%20lalu%20lintas.mp4
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan