Rabu, September 16, 2015

Sms dari Bojonegoro, Cirebon,Bogor, Bekasi dan Jateng



Bapak Taufik  dari Bojonegoro kirim sms.
Ass wr wb. . Ustad mohon doa nya. Sy udah di asrama haji.
Sep 06 2:01am

Saya jawab:
Wassalamu alaikum .wr wb .semoga alloh bersamamu , gak mampir kamu ?

Dia kirim sms :
Udah gak bisa keluar asrama. Insya allah pulang haji nanti.

Sy jawab:
Ya, silahkan .




Sms dari Ust Jumali Cirebon.
Assalamu alaikum ustadz, betulkah dulu pernah sahabat nabi bernama Ka'ab memuji muji nabi, kemudian Ka'ab diberi hadiah burdah/selimut oleh Nabi ? Syukron

Sy jawab:
Kalo ka ab di beri hadiah selimut sy tdk menjumpai hadis sahih tentang hl itu .

Dia kirim sms lg:
Assalamu alaikum ustadz, saya berharap ustadz berkenan menyusun buku yang khusus mengupas buku Maulid Barzanji dan Diba, syukron

Sy jawab: Sdh tp blm ada penerbit yang siap menerbitkan.



Assalamualaikum
Rahmat dari bogor

langsung saja, boleh saya bertanya?

Saya jawab :
Wassalamu alaikum .Silahkan

Dia kirim sms :
Saya mau bertanya ttg mengirim fatihah ke ibu saya
saya dibesarkan di lingkungan keluarga muhammadiyah, teman saya mengatakan sebaiknya kirim fatihah atau sedekah ke ibu saya
bagaimana? Apa saya kirim fatihah apa tidak? Saya takut bid'ah


Sy jawab :
Tdk usah


Dia kirim sms :
Sep 07 6:14am
Pak ustadz mohon jawabannya
saya bingung, saya ingin masih berbakti kpd ibu saya
tpi saya bingung caranya

Sy jawab:
Sedekahlah untuk dirimu sendiri . Sedekah untuk ibu yg mati hadisnya cacat .

Komentarku ( Mahrus ali ):
Bila ibunya telah tobat  dari kesyirikan , boleh di doakan. Bila blum , mk tidak usah di doakan atau di salati. Ingatlah ayat ini:
مَا كَانَ لِلنَّبِيِّ وَالَّذِينَ آمَنُوا أَنْ يَسْتَغْفِرُوا لِلْمُشْرِكِينَ وَلَوْ كَانُوا أُولِي قُرْبَى مِنْ بَعْدِ مَا تَبَيَّنَ لَهُمْ أَنَّهُمْ أَصْحَابُ الْجَحِيمِ
Tiadalah sepatutnya bagi Nabi dan orang-orang yang beriman memintakan ampun (kepada Allah) bagi orang-orang musyrik, walaupun orang-orang musyrik itu adalah kaum kerabat (nya), sesudah jelas bagi mereka, bahwasanya orang-orang musyrik itu, adalah penghuni neraka Jahannam.( At taubah 113)  

Untuk lebih detilnya bc disni:


Rasulullah SAW acap kali bersedekah, dan jumlah sedekahnya sulit di hitung. Beliau sangat dermawan dan jarang orang yang selevel beliau dalam hal sosial. Begitu  juga para sahabatnya. Mereka menganggap bahwa sedekah itu amalan yang utama.Tapi  sampai detik ini, saya belum menjumpai, Rasulullah SAW   bersedekah untuk mayat atau pahala nya  dikirimkan kepada  Khadijah yang sudah meninggal dunia lebih dulu. Memang beliau bersedekah kepada teman – teman  Khadijah tapi pahalanya tetap beliau ambil sendiri sekalipun pahala beliau amat banyak.  Tiada satupun sahabat yang mengirim pahala sedekahnya  untuk ibunya  selain kisah Sa`ad bin Ubadah itu yang sanad hadisnya masih memiliki kelemahan, begitu juga redaksinya kacau belau. Bila ada hadis lain yang sanadnya sahih dan menyatakan  pahala sedekah bisa di transefer untuk mayat, saya akan berpegangan  kepadanya  dan sekaligus saya ikut.


Al Qwurthubi berkata :
وَلمَ ْيُجِزْ مَالِكٌ الصِّيَامَ وَالْحَجَّ وَالصَّدَقَةَ عَنِ اْلمَيِّتِ
Imam Malik tidak memperkenankan berpuasa, berhaji atau mengrimkan pahala sedekah untuk mayat. Tafsir qurthubi





sms dari Bekasi
assalamu wr wb,ya ustadz,apa kabar,ane abu fauzan bekasi,mau tnya ustadz,ad orang potong kambing dng syahadat,ap hukumya ustadz,sukron

Sy jawab:
Wss.wr wb.tiada tuntunannya


Dari Ummu Aufa Jetang

Assalamualaikum wrwb.Ustadz sholat idul adha nya kpn? Rabu atau kamis? Syukron

Sy jawab:
Dlm hal ini sy ikut NU wss.

Komentarku ( Mahrus ali ):
Karena NU menggunakan rukyah bukan hisab. Bukan ikut golongan, sy independen sj agar bisa fair untuk memilih yang pas dengan dalil.

ٍ عَنِ ابْنِ عُمَرَ رَضِي اللَّه عَنْهممَا أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ذَكَرَ رَمَضَانَ فَضَرَبَ بِيَدَيْهِ فَقَالَ الشَّهْرُ هَكَذَا وَهَكَذَا وَهَكَذَا ثُمَّ عَقَدَ إِبْهَامَهُ فِي الثَّالِثَةِ فَصُومُوا لِرُؤْيَتِهِ وَأَفْطِرُوا لِرُؤْيَتِهِ فَإِنْ غُمَّ  عَلَيْكُمْ فَاقْدِرُوا لَهُ ثَلَاثِينَ
            Ibnu Umar ra  berkata : Sesungguhnya Rasulullah menyebut bulan Ramadhan , lalu  mencontohkan dengan  kedua tangannya  begini , begini dan begini . Kemudian ketiga kalinya beliau melengkungkan ibu jarinya ( 29 hari ) . Beliau bersabda :Berpuasalah  karena melihat bulan  tanggal satu ( Ramadhan ) dan berbukalah karena melihat  bulan tanggal satu ( Syawal ) . Bila ada  awan di atasmu , tentukan tiga puluh hari . [1]
Al Qurthubi berkata :
وَفُرِضَ عَلَيْنَا عِنْدَ غُمَّةِ اْلهِلاَلِ إِكْمَالُ عِدَّةِ شَعْبَانَ ثَلاَثِيْنَ يَوْمًا وَإِكْمَالُ عِدَّةِ رَمَضَانَ ثَلاَثِيْنَ يَوْمًا حَتَّى نَدْخُلَ فِي اْلعِبَادَةِ بِيَقِيْنٍ وَنَخْرُجَ عَنْهَا بِيَقِيْنٍ
  Kita di wajibkan ketika awan menghalangi bulan sabit  untuk menyempurnakan  tiga puluh hari  bulan  sya`ban  dan menyempurnakan  tiga puluh hari bulan Ramadhan  sehingga kita  menjalankan ibadah dengan yakin  dan kita keluar dari Ramadhan juga dengan yakin . [2]Pendapat ini didukung Imam Malik  , Abu Hanifah , Imam  Syafii , mayoritas ulama` salaf dan kholaf kata Imam Nawawi  [3]    
                          Muthrof bin Abdillah bin Assyakhir – tokoh tabi`in  dan Ibnu Qutaibah dari pakar bahasa berkata :” Boleh berpedoman kepada  hisab  waktu langit berawan . Imam  Qurthubi menolaknya  dengan pernyataan nya  : “ Ijma` sahabat bisa menghancurkan pendapat kedua pakar itu . Ibnu Nafi` meriwayatkan  dari Imam Malik tentang  seorang pemimpin  yang memulai Ramadhan  dan mengakhirinya dengan hisab  - tidak perlu  di ikuti . [4]



Dia kirim sms lg :
Assalamualaikum. Tadz,bolehkah seorang suami yg duda ber qurban atas nama istri yg sdh meninggal (dgn memakai uang pensiunan istri alm tsb?).syukron

Sy jawab:
Wss.wr wb .tdk boleh . Kurban ats nm sendiri sj

Komentarku ( Mahrus ali ):
Rasulullah shallahu alaihi wasallam  tiap tahun berkurban tapi belum pernah di atas namakan istrinya yang  sudah meninggal dunia. Apalagi transfer pahala.






[1]  HR  Bukhori / Shoum / 1900. Nasai / Shoum / 2120. Abu Dawud / Shoum / 2220 . Ibnu Majah / Shiyam / 1654. Muslim / Shiyam / 1080 . Ahmad / Musnad muktsirin minas shohabah / 4474. ( muttafaq alaih ) . Tafsir qurthubi 293/2. Ahkamul quran lil jasshos /234/1. Tafsir Ibnu Katsir / 226/1. Al Mubdi`/ 5/3. Fathul qadir / 184/1. Manarus sabil / 208/1. Al Kafi fi fiqhi Ahmad bin Hambal  347/1. Kassyaful qina` /301/1 Majmu`  fatawa / 207/25. I`anatut tholibin 215/2. Al mughni /6/4. Ikhtilaful hadis / 250/1. Al muhaddzab / 215/1. Iqna` /234/1.  Al wasith / 513.
[2] Tafsir Al qurthubi  293/2
[3] Al majmu`  271/6
[4]  Ibid 293/2.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan