Selasa, Desember 29, 2015

9 Khasiat Air Rendaman Mentimun untuk Kesehatan



9 Khasiat Air Rendaman Mentimun untuk Kesehatan

Mentimun sangat akrab dalam kehidupan kita sehari-hari. Keberadaannya sering menemani menu utama sebagai lalapan. Bahkan tak jarang mentimun dijadikan makanan sambilan setelah makan. Keberadaannya pun sangat gampang dicari. Tinggal datang ke pasar dan di sanalah tumpukan mentimun segar menanti. Harganya pun murah meriah. Karena murahnya, kita abai terhadap kandungan yang ada di dalam mentimun. Nah, kali ini kita akan bahas tentang khasiat mentimun yang direndam dalam air atau yang biasa disebut infused water.
Irislah mentimun dan masukkan ke dalam air minum. Biarkan selama 12 jam. Khasiat yang didapat bisa melindungi diri kita dari berbagai penyakit dan kekurangan gizi. Air rendaman mentimun tidak hanya berperan menyegarkan tubuh, tetapi juga kaya akan vitamin C, K, Vitamin B, kalium, antioksidan, mangan dan tembaga. Semua kandungan di atas bisa menjaga kita tetap fit.
Di bawah ini ada 9 khasiat air rendaman mentimun bagi kesehatan kita.
1. Bagus untuk tulang dan otot
Mentimun berfungsi memperkuat jaringan ikat dan membuat tulang kita sehat. Itu karena mentimun kaya akan silika yang penting untuk pengembangan jaringan ikat sehingga tulang dan otot tetap kuat.
2. Memperkuat imunitas
Vitamin yang terkandung dalam air mentimun antara lain vitamin C dan B kompleks. Vitamin B membantu meningkatkan kekebalan tubuh kita. Vitamin C meningkatkan proses penyembuhan dan menjaga kebugaran.
3. Membersihkan tubuh
Air mentimun memiliki efek detoksifikasi karena menghapus semua akumulasi racun dari tubuh kita. Ini juga termasuk membersihkan hati dan menghapus semua metabolit. Air mentimun benar-benar membantu organ-organ tubuh kita untuk bekerja lebih efektif.
4. Mengurangi kolesterol jahat
Sterol yang hadir dalam air mentimun bisa membantu menghilangkan kolesterol jahat dari tubuh. Dengan demikian, air mentimun bisa mencegah penyakit jantung dan tekanan darah tinggi. Mentimun juga mengurangi kekakuan pembuluh darah sehingga aliran darah lebih lancar.
5. Membantu melawan kanker
Tingginya kadar antioksidan seperti pinoresinol pada air mentimun berguna untuk mengurangi risiko beberapa jenis kanker. Antioksidan ini bermanfaat dalam menghapus radikal bebas dari tubuh yang menyebabkan kerusakan sel dan penyebab kanker.
6. Membuat ginjal sehat
Mentimun mengurangi kadar asam urat dari tubuh kita. Selain itu, Air mentimun menghilangkan kreatinin, asam urat dan produk-produk limbah lainnya yang terakumulasi di ginjal.
7. Menghilangkan bau mulut
Bau mulut disebabkan oleh bakteri yang hadir di mulut kita. Mentimun memunyai phytochemcials yang bisa membunuh bakteri di mulut. Dengan demikian, mulut kita akan tetap segar sepanjang hari.
8. Melindungi otak
Substansi anti-inflamasi, fisetin ada pada mentimun yang berperan meningkatkan kesehatan otak dan mengurangi semua peradangan. Air rendaman mentimun juga dapat mencegah kerusakan otak dengan meningkatkan aliran darah ke otak.
9. Baik untuk kulit dan rambut
Antioksidan hadir dalam mentimun yang tercuci dalam air sehingga menjaga kulit kita tetap bersinar dan selalu segar. Silikon dan sulfur dalam mentimun juga dapat mempromosikan pertumbuhan rambut lebih cepat.
Itulah beberapa khasiat dari mentimun yang direndam di dalam air minum. Nah, mulai sekarang jangan pernah meremehkan si mentimun yang harganya murah meriah ini ya. Yuk dicoba dan semoga bermanfaat. (riafariana/dbs/voa-islam.com)
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan