Selasa, April 05, 2016

Jawabanku untuk Aam Manizx



Aam Manizx apakah saya musyrik kalo meminta doa restu kepada orang tua???,,apakah musyrik jg klo meminta makan kepada orang tua???
Manager Production di A-meubel.nl
Pernah bekerja di: Penyelia
•      
Jurusan Bahasa Arab di pon pes darun najah
Pernah belajar di: pon-pes al-falah putera danPPHM NGUNUT TULUNG AGUNG
•      
Tinggal di Kabupaten Tulungagung
Dari Kabupaten Tulungagung


Komentarku ( Mahrus ali ):   minta - minta sama ayah yg masih hidup dengan minta pada mayat itu lain. Kalo masih hidup tdk syirik bila kamu minta uang padanya. Tpi bila sdh mati, lalu kamu minta - minta padanya, namanya syirik.

Minta – minta pada mayat , berhala, wali dikuburan, Nabi shallahu alaihi wasallam  di bawah pusaranya, jin dll  termasuk berdoa  kepada selain Allah yang di larang, tidak diperbolehkan. Kita ikut ayat ini:
وَمَنْ أَضَلُّ مِمَّنْ يَدْعُو مِنْ دُونِ اللَّهِ مَنْ لَا يَسْتَجِيبُ لَهُ إِلَى يَوْمِ الْقِيَامَةِ وَهُمْ عَنْ دُعَائِهِمْ غَافِلُون
Dan siapakah yang lebih sesat daripada orang yang berdoa kepada selain Allah yang tiada dapat memperkenankan (do`a) nya sampai hari kiamat dan mereka lalai dari (memperhatikan) do`a mereka? Al ahqaf 5
Doa adalah ibadah, karena salah orang yang tidak mau berdoa dengan alasan Allah sudah mengetahui kondisi dirinya. Orang sedemikian ini termasuk orang yang congkak  sebagaimana  ayat :
وَقَالَ رَبُّكُمْ ادْعُوْنِيْ اَسْتَجِبْ لَكُمْ اِنَّ الَّذِيْنَ يَسْتَكْبِرُوْنَ عَنْ عِبَادَتِيْ سَيَدْخُلُوْنَ جَهَنَّمَ دَاخِرِيْنَ.


     "Dan Rabb (Tuhan) kamu berfirman:  Berdoalah (mintalah) kepadaKu, nescaya akan Aku perkenankan bagimu.  Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembahKu akan masuk neraka Jahanam dalam keadaan hina dina". Ghafir, 40:60.

Dlm suatu hadis  di jelaskan :
Rasulullah SAW bersabda :
 الدُّعَاءُ هُوَ الْعِبَادَةُ وَقَرَأَ ( وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ ) إِلَى قَوْلِهِ ( دَاخِرِينَ )
Doa adalah ibadah ( penyembahan ) . Allah  berfirman :
وَقَالَ رَبُّكُمُ ادْعُونِي أَسْتَجِبْ لَكُمْ إِنَّ الَّذِينَ يَسْتَكْبِرُونَ عَنْ عِبَادَتِي سَيَدْخُلُونَ جَهَنَّمَ دَاخِرِينَ
Dan Tuhanmu berfirman: "Berdo`alah kepada-Ku, niscaya akan Kuperkenankan bagimu. Sesungguhnya orang-orang yang menyombongkan diri dari menyembah-Ku akan masuk neraka Jahannam dalam keadaan hina dina".  Ghofir 60.

Minta sesuatu pada orang tua, guru, murid, anak , pejabat , orang kaya yang masih hidup silahkan, tidak dilarang. Tapi bila mereka sudah meninggal dunia, tidak usah dimintai.
Ini contoh minta pada orang yang mati yang bikin syirik dlm kitab Manaqib sbb:
عِبَادَ اللهِ رِجاَلَ اللهِ    أَغِيْثُونأَ لأَجْلِ اللهِ  وَكُونُوُ ا عَوْنَناَ لِلهِ   عَسَى نَحْظَى بِفَضْلِ اللهِ
Wahai hamba – hamba Allah ( yang sudah meninggal dunia ) , wahai tokoh – tokoh  agama ( yang sudah wafat )  tolonglah kami  karena Allah . Barang kali  kami  bisa berhasil / mendapat fadhol Allah .
وَياَ أَقْطاَبْ وَياَ أَنْجاَبْ  وَياَ سَادَاتْ وَياَ أَحْباَبْ  وَأَنْتُمْ ياَ أُولِى الأَلبَابْ  تَعاَلَوْا وَانْصُرُوا لله
Wahai wali – wali Quthub , orang – orang yang di pilih ,para sayyid, para  kekasih  dan kalianlah orang – orang yang berakal , kemarilah  dan tolonglah kami  karena Allah .
سَأَلْناَكُمْ سَأَلْناَكُمْ  وَلِلزُّ لْفَى رَجَوْناَكُمْ  وَفِى أَمْرٍ قَصَدْناَكُمْ  فَشُدُّوأ عَزْمَكُمْ للهِ
Kami minta pada kalian  X2  , dan untuk mendekat kepada Allah kami  sekalian berharap kepada kalian , dan setiap perkara  kami  bermaksud  kepada kalian ( kami minta pada kalian ) , maka  teguhkan kehendak kalian untuk  Allah .
Sya`ir – syair tersebut  syirik  dan  saya sudah lama  enggan  membacanya  dan saya  larang murid saya  untuk membacanya .  Karena isinya  minta – minta kepada mayat – mayat yang sudah meninggal dunia. Tidak minta pada  Allah yang Maha hidup.

 Mau nanya hubungi kami:
088803080803( Smartfren). 081935056529 (XL )



Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan