Sabtu, Juni 25, 2016

Hadis setan dibelenggu adalah munkar

Shohih Tafsir Ibnu Katsir menulis : Jadi kenapa terjadi maksiat dibulan ramadhan..? Karena orang yg sesat ini memang mengikuti hawa nafsu jelek yg di ilhamkan Allah pada mereka sebagaimana ayat berikut: "FA ALHAMAHAA FUJUURAHAA WA TAQWAAHAA" [maka Dia mengilhamkan kepadanya sifat fujur/sesat dan sifat/jalan ketakwaan] QS.91:8 Komentarku ( Mahrus ali ) : Ya benar, nafsu juga bisa mengajak ke jelekan. Tp di barengi dengan akal yg bisa mengarahkan manusia kpd kebaikan. Lalu akal dibekali agama yg baik , kadang di bekali dengan ajaran agama dengan pemahaman yg salah. Bila nafsu yg menggoda, masih lebih ringan di tangkal dari pd nafsu yg dibarengi setan. Bila setan tdk di belenggu untuk apa kita bc : Auudzu billahi minas syaithonir rajim. Agar setan tdk bisa menggoda kita, kita diperintah bc itu. Bila dibelenggu, mk untuk apa lg bacaan itu. Namun masalah kita ini adalah bukan nafsu itu. Masalah kita ini adalah setan di belenggu atau di lepas pd bulan Ramadhan. Dan hadis yg menjelaskan setan di belenggu adalah hadis munkar karena tafarrud pada Abu Suhail .
- كراهية المتقدمين لرواية الغريب: كان المتقدمون من علماء الحديث يكرهون رواية الغرائب وما تفرد به الرواة، ويعدونه من شَرِّ الحديث، كما قال الإمام مالك رحمه الله: "شَرُّ العلم الغريبُ، وخيرُ العلم الظاهرُ الذي قد رواه الناس"
1، Hukum hanya seorang perawi yang meriwayatkan hadis.( tafarrud ) 1. Ulama hadis dahulu tidak suka atau benci terhadap riwayat gharib ( nyeleneh ) Ulama hadis dahulu benci terhadap terhadap riwayat – riwayat yang gharib ( nyeleneh ) dan hadis yang di riwayatkan oleh seorang perawi , lalu di anggap sebagai hadis yang terjelek sebagaimana di katakan oleh Imam Malik rahimahullah: Ilmu terjelek adalah yang gharib dan ilmu yang terbaik adalah yang tampak yang di riwayatkan oleh manusia. ( banyak ). Abdul hay al luknowi berkata:
 فكثيراً ما يطلقون النكارة على مجرَّد التَّفرُّد،
Sering kali mereka menyatakan hadis

 munkar disebabkan tafarrud saja . ( satu perawi yang meriwayatkan bukan dua atau tiga ).
Hadis setan di belanggu mungkar dan bertentangan dengan ayat:
فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْءَانَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ
Apabila kamu membaca Al Qur'an, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.[1] Ketika akan bc al quran, kita diperintahkan untuk bc auudzubillahi minas syathonir rjim ……………., dan tidak ada keterangan kecuali di bulan Ramadhan. Bila bgt , mk ketika bc al quran di bulan Ramadhan tdk usah bc auudzu billahi …………………….., karena setan dibelenggu. Syaik As suba`I telah merumuskan tanda kelemahan hadis sampai tujuh belas point. Yang nomer sembilan sbb:
 9ـ ألا يخالف القرآن
“Hadis itu harus tdk bertentangan dengan al quran” .
Bila setan di belenggu , maka para dukun yg punya khadam jin tidk bisa beroperasi pd bulan Ramadhan. Realitanya, mereka masih mampu mendatangkan jin atau setannya. Kebanyakan khadam dukun itu jin yg jahat atau setan yg menyesatkan. Kadang di medsos , ada teman kita yg ngomongnya sangat jelek. Sedimikin ini bila tdk ada setan, mk mudah diredakan. Bila setan di belenggu , maka setan tdk akan bisa mendatangi Abu hurairah yg lagi menjaga tumpukan kurma pd malam hari sebagaimana kita terkenal dlm sahih bukhari.
مختصر صحيح الإمام البخاري (2/ 107) تَعلَمُ مَن تُخاطِبُ منذُ ثلاثِ ليالٍ يا أبا هُريرةَ؟ ". قال: لا. قال: "ذاكَ شيطانٌ".
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: Km tahu siapakah yg kamu ajak bicara sejak tiga malam , wahai Abu Hurairah Abu Hurairah menjawab: Tdk . Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda : Itu adalah setan. HR BUkhari. BIla setan dibelenggu di bulan Ramadan , mk setan tdk akan mendatangi Abu Hurairah yg menjaga kurma fitrah di bulan Ramadhan. [1] Annakhel


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan