Selasa, Juni 21, 2016

Setan tdk dibelenggu di bulan Ramadhan

مختصر صحيح الإمام البخاري (1/ 549)
5 - عَنْ أَبي هُريرةَ رضيَ الله عَنْهُ قالَ: قالَ رسولُ الله - صلى الله عليه وسلم -:
"إذَا دَخَلَ رَمَضانُ فُتِحَتْ أَبوابُ السَّماءِ، (وفي روايةٍ: أبوابُ الجنةِ)، وَغُلِّقتْ أَبوابُ جَهَنَّمْ، وَسُلسِلَتِ الشَّياطينُ".
Dari  Abu Hurairah ra  berkata: Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   bersabda: Bila masuk bulan Ramadhan, mk pintu – pintu langit ( dlm satu riwayat pintu – pintu surga ) dan pintu – pintu jahannam  di tutup  dan setan – setan di rantai. HR Bukhari.
صحيح البخاري (3/ 25)


-         
-        السنن الكبرى للنسائي (3/ 94)
-    - أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ خَالِدٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا بِشْرُ بْنُ شُعَيْبٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، قَالَ: حَدَّثَنِي ابْنُ أَبِي أَنَسٍ، مَوْلَى التَّيْمِيِّينَ أَنَّ أَبَاهُ حَدَّثَهُ، أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ قَالَ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِذَا دَخَلَ رَمَضَانُ، فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الرَّحْمَةِ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ جَهَنَّمَ، وَسُلْسِلَتِ الشَّيَاطِينُ»
-         Komentarku ( Mahrus ali ) :
-         Dari perawy yg sama tentang setan di belenggu itu , ternyata redaksi hadisnya menurut Imam Nasai sbb: …………….., “pintu – pintu rahmat di buka” bukan pintu langit atau  pintu  surga. Lalu mana  yg benar dari sabda Nabi  shallallahu alaihi wasallam .
-          
-        السنن الكبرى للنسائي (3/ 94)
-    - أَخْبَرَنَا الرَّبِيعُ بْنُ سُلَيْمَانَ فِي حَدِيثِهِ عَنِ ابْنِ وَهْبٍ قَالَ: أَخْبَرَنِي يُونُسُ، عَنِ ابْنِ شِهَابٍ، عَنِ ابْنِ أَبِي أَنَسٍ، أَنَّ أَبَاهُ حَدَّثَهُ، أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ: قَالَ رَسُولُ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِذَا كَانَ رَمَضَانُ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ جَهَنَّمَ، وَسُلْسِلَتِ الشَّيَاطِينُ»، قَالَ أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ: رَوَاهُ ابْنُ إِسْحَاقَ، عَنِ الزُّهْرِيِّ
-         Menurut  riwayat yg sama  dari Abu hurairah  di atas , malah tdk di sebut pintu – pintu rahmat dibuka. Tp pintu – pintu surga yg di buka.
-          
-        السنن الكبرى للنسائي (3/ 95)
-    - أَخْبَرَنَا عُبَيْدُ اللهِ بْنُ سَعْدٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَمِّي، قَالَ: حَدَّثَنَا أَبِي، عَنِ ابْنِ إِسْحَاقَ، عَنِ الزُّهْرِيِّ، عَنِ ابْنِ أَبِي أَنَسٍ، عَنْ أَبِيهِ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنِ النَّبِيِّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «إِذَا دَخَلَ شَهْرُ رَمَضَانَ فُتِّحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ، وَغُلِّقَتْ فِيهِ أَبْوَابُ النَّارِ، وَسُلْسِلَتِ الشَّيَاطِينُ»
-         Komentarku ( Mahrus ali ) :
-         Riwayat di atas , mlh menggunakan kalimat : “ pintu – pintu neraka “, bukan pintu jahannam .
-         Lantas mana  yg benar.

-         
-        السنن الكبرى للنسائي (3/ 95)
-    - أَخْبَرَنَا عُبَيْدُ اللهِ بْنُ سَعْدٍ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَمِّي قَالَ: حَدَّثَنَا أَبِي، عَنِ ابْنِ إِسْحَاقَ، قَالَ: وَذَكَرَ مُحَمَّدُ بْنُ مُسْلِمٍ، عَنْ أُوَيْسِ بْنِ أَبِي أُوَيْسٍ، عَدِيدِ بَنِي تَيْمٍ، عَنْ أَنَسِ بْنِ مَالِكٍ، أَنَّ رَسُولَ اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «هَذَا رَمَضَانُ قَدْ جَاءَكُمْ تُفَتَّحُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ، وَتُغَلَّقُ فِيهِ أَبْوَابُ النَّارِ، وَتُسَلْسَلُ فِيهِ الشَّيَاطِينُ» قَالَ أَبُو عَبْدِ الرَّحْمَنِ: هَذَا الْحَدِيثُ خَطَأٌ، وَلَمْ يَسْمَعْهُ ابْنُ إِسْحَاقَ مِنَ الزُّهْرِيِّ، وَالصَّوَابُ مَا تَقَدَّمَ ذِكْرُنَا لَهُ
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Riwayat di atas, Imam nasai menjelaskan bahwa perawi Ibn Ishak tdk mendengar  dari Imam Zuhri .
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Ber arti  sanadnya terputus , tdk bersambung . Mesti ada  perawi lain antara Ibn Ishak dan Imam Zuhri . Ber arti lemah hadis tsb, tdk sahih.
المنتخب من مسند عبد بن حميد ت مصطفى العدوي (2/ 337)
-   ثنا سُلَيْمَانُ بْنُ حَرْبٍ، ثَنَا حَمَّادُ بْنُ زَيْدٍ، عَنْ أَيُّوبَ، عَنْ أَبِي قِلَابَةَ، عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ: أَنَّ النَّبِيَّ -صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ- قَالَ لِأَصْحَابِهِ يُبَشِّرُهُمْ: "قَدْ جَاءَكُمْ رَمَضَانُ شَهْرٌ مُبَارَكٌ، افْتَرَضَ اللَّهُ عَلَيْكُمْ صِيَامَهُ، تُفْتَحُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ، وَتُغْلَقُ فِيهِ أَبْوَابُ الْجَحِيمِ، وَتُغَلُّ فِيهِ الشَّيَاطِينُ، فِيهِ لَيْلَةٌ خَيْرٌ مِنْ أَلْفِ شَهْرٍ؛ مَنْ حُرِمَ خَيْرُهَا فَقَدْ حُرِمَ".
Dlm riwayatdi atas , mlh ada banyak tambahan:
Pntu neraka jahim  di tutup ( bukan pintu jahannam  sebagaimana hadis  semula ).
Di dalamnya  ada keterangan “ malam yg lebih baik dari pd seribu bulan. Barang siapa yg  tdk mendapatkannya , maka sama dengan tdk mendapat kebaikan”. ( Hadis  tsb  hasan ).
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Tambahan itu  dari nabi atau perawi ? ini yg bikin pusing orang yg mencari kebenaran untuk meninggalkan kesaahan. Walaupun  orang yg tdk mikirkan hal ini tenang – tenang sj.

سنن ابن ماجه ت الأرنؤوط (2/ 559)
 - حَدَّثَنَا أَبُو كُرَيْبٍ مُحَمَّدُ بْنُ الْعَلَاءِ، حَدّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ عَيَّاشٍ، عَنْ الْأَعْمَشِ، عَنْ أَبِي صَالِحٍ
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ، عَنْ رَسُولِ اللَّهِ - صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ - قَالَ: "إِذَا كَانَتْ أَوَّلُ لَيْلَةٍ مِنْ رَمَضَانَ، صُفِّدَتْ الشَّيَاطِينُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ، وَغُلِّقَتْ أَبْوَابُ النَّارِ، فَلَمْ يُفْتَحْ مِنْهَا بَابٌ، وَفُتِحَتْ أَبْوَابُ الْجَنَّةِ، فَلَمْ يُغْلَقْ مِنْهَا بَابٌ، وَنَادَى مُنَادٍ: يَا بَاغِيَ الْخَيْرِ أَقْبِلْ، وَيَا بَاغِيَ الشَّرِّ أَقْصِرْ، وَلِلَّهِ عُتَقَاءُ (2) وَذَلِكَ فِي كُلِّ لَيْلَةٍ" (3).
Menurut riwayat Ibn Majah ada tambahan  sbb:
Ada pengundang: Wahai orang yg mau kebaikan, majulah  . Wahai orang yg mencari kejelekan tahanlah . Allah punya beberapa orang yg dimerdekakan dari Neraka. Dan hal itu terjadi  setiap malam.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Tambahan tsb dari perkataan Nabi  shallallahu alaihi wasallam  atau  dari perawi. Dan hal ini masih kabur, tdk jls. Bgmn  bila tambahan itu dari perawi yg tdk valid.
سنن ابن ماجه ت الأرنؤوط (2/ 559)
(3) حديث صحيح، وهذا إسناد حسن من أجل أبي بكر بن عياش، فحديثه لا يرقى إلى الصحة، وقد ضُعًف في الأعمش، ولم يخرج له الشيخان شيئًا من روايته عن الأعمش.
Al arnauth memberikan komentar: Hadis  tsb sahih . Dan ini  sanad hasan karena perawi bernama  Abu bakar bin  Ayyasy. Hadisnya tdk bisa naik ke derajat sahih. Malah di lemahkan karena Abu bakar meriwayatkan dari Al a`masy . Dan Imam Bukhari dan Muslim  tdk meriwayatkan riwayat Abu bakar dari Al a`masy. 
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Boleh jadi hadis  tsb lemah karena perawi Abu bakar tadi yg meriwayatkan dari A`masy.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Hadis tentang  setan di belenggu di bulan Ramadhan ternyata kacau belau redaksinya, ada tambahan dan pengurangan dari perawi. Hadis sedemikian ini bila di sahihkan, mk bertentangan dengan kaidah musthahul hadis yg menyatakan:
وَذُو اخْتِلاَفِ سَنَدٍ أَوْ مَتْنٍ    مُضْطَرِبٌ عِنْدَ أُهَيْلِ اْلفَنِ
      Kekacauan sanad atau redaksi termasuk mudhtharib menurut ahli mustholah hadis.
Pada hal  , hadis  - hadis  td sama  dari  Abu Hurairah bukan orang lain. Mestinya sama, nyatanya beda, lalu mn sebenarnya yg  perkataan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam  , sulit di ketahui, sangat kabur dan membingungkan.

Dalam  hadis  - hadis  di atas , sulit ditentukan mana perkataan nabi yg benar dn mn yg perkataan perawi. Arti sama  - yaitu setan  di belenggu. Tp kalimat dr beberapa  riwayat  beda spt ini:
صُفِّدَتْ الشَّيَاطِينُ وَمَرَدَةُ الْجِنِّ
وَسُلسِلَتِ الشَّياطينُ".

وَتُغَلُّ فِيهِ الشَّيَاطِينُ
Intinya : Seluruh artinya  setan di belenggu . tp kalimatnya sangat beda , lalu mn yg asli dari nabi dn yg palsu.  Sulit ditentukan. Hal ini sinyal kelemahan hadis itu.

Komentar  ahli hadis Aiman Shalih Sya`ban.
 [تعليق أيمن صالح شعبان - ط دار الكتب العلمية]
صحيح: أخرجه أحمد (2/281) قال: حدثنا عبد الرزاق. قال: حدثنا معمر. عن الزهري (ح) وحدثنا يعقوب. قال: حدثنا أبي.، عن صالح. قال: قال ابن شهاب. وفي (2/357) قال: حدثنا سليمان. قال: أنبأنا إسماعيل. وفي (2/378) قال: حدثنا قتيبة بن سعيد. قال: حدثنا عبد العزيز بن محمد. وفي (2/401) قال: حدثنا إبراهيم بن إسحاق، قال: حدثنا ابن المبارك، عن يونس.، عن الزهري. وعبد بن حميد (1439) قال: أخبرنا عبد الرزاق. قال: أخبرنا معمر. عن الزهري. والدارمي (1782) قال: حدثنا أبو الربيع الزهراني. قال: حدثنا إسماعيل بن جعفر. والبخاري (3/32) قال: حدثنا قتيبة. قال: حدثنات إسماعيل بن جعفر. وفي (3/32) و (4/149) قال: حدثني يحيى بن بكير. قال: حدثني الليث، عن عقيل عن ابن شهاب. ومسلم (3/121) قال: حدثنا يحيى بن أيوب وقتيبة وابن حجر قالوا: حدثنا إسماعيل، هو ابن جعفر (ح) وحدثني حرملة بن يحيى، قال: أخبرنا ابن وهب. قال: أخبرني يونس عن ابن شهاب. (ح) وحدثني محمد بن حاتم والحلواني. قالا: حدثنا يعقوب. قال: حدثنا أبي، عن صالح، عن ابن شهاب. والنسائي (4/126) قال: أخبرنا علي بن حجر. قال: حدثنا إسماعيل (ح) وأخبرني إبراهيم بن يعقوب الجوزجاني. قال: حدثنا ابن أبي مريم. قال: أنبأنا نافع بن يزيد، عن عقيل عن ابن شهاب. وفي (4/127 و128) قال: أخبرنا عبيد الله بن سعد بن إبراهيم. قال: حدثنا عمي. قال: حدثنا أبي، عن صالح، عن ابن شهاب، (ح) وأخبرنا محمد بن خالد، قال: حدثنا بشر بن شعيب، عن أبيه، عن الزهري (ح) وأخبرنا الربيع بن سليمان في حديثه عن ابن وهب. قال: أخبرني يونس. عن ابن شهاب. (ح) وأخبرنا عبيد الله بن سعد، قال: حدثنا عمي. قال: حدثنا أبي، عن ابن إسحاق، عن الزهري.
ثلاتتهم - ابن شهاب الزهري، وإسماعيل بن جعفر، وعبد العزيز بن محمد - عن أبي سهيل نافع بن أبي أنس، عن أبيه، فذكره.

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Intinya riwayat tentang setan di belenggu diriwayatkan oleh siapapun  tetap sumbernya  dari satu orang yaitu Abu Suhail – Nafi` bin Abu Anas.

  ــ  نافع بن مالك بن أبى عامر الأصبحى التيمى ، أبو سهيل المدنى ، حليف بنى تيم ( عم مالك بن أنس ، و أخو أويس بن مالك )

الطبقة : 4  : طبقة تلى الوسطى من التابعين
الوفاة : بعد 140 هـ
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة
مرتبته عند الذهبـي : ثقة مقرىء
Hadis  tsb hanya  di riwayatkan oleh Nafi` bin Malik atau di sebut Abu  Suhail  yg wafat 140 H . Jadi sekitar  100 tahun  stlah Nabi  shallallahu alaihi wasallam  wafat , hadis  tsb masih blm di kenal kecuali satu orang yg tahu  yaitu  Abu Suhail.
Para  sahabat jarang yg kenal hadis tsb sampai mati.
Hadis setan di belanggu  itu bertentangan dengan ayat:
فَإِذَا قَرَأْتَ الْقُرْءَانَ فَاسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيمِ
Apabila kamu membaca Al Qur'an, hendaklah kamu meminta perlindungan kepada Allah dari syaitan yang terkutuk.[1]
Ketika akan bc al quran, kita diperintahkan untuk bc auudzubillahi minas syathonir rjim ……………., dan tidak ada keterangan kecuali di bulan Ramadhan. Bila bgt , mk ketika bc  al quran di bulan Ramadhan  tdk usah  bc auudzu billahi …………………….., karena  setan dibelenggu.

Hadis  setan dibelenggu dibulan Ramadhan itu bertentangan  juga dengan ayat:
ثُمَّ لَآتِيَنَّهُم مِّن بَيْنِ أَيْدِيهِمْ وَمِنْ خَلْفِهِمْ وَعَنْ أَيْمَانِهِمْ وَعَن شَمَائِلِهِمْ ۖ وَلَا تَجِدُ أَكْثَرَهُمْ شَاكِرِينَ
Kemudian saya akan mendatangi mereka dari muka dan dari belakang mereka, dari kanan dan dari kiri mereka. Dan Engkau tidak akan mendapati kebanyakan mereka bersyukur (taat). Al a`raf.
Dlm ayat  itu tdk ada keterangan kecuali bulan Ramadhan, setan tdk menggoda dlm bulan yg mulia itu. Ayt tsb menjelaskan setan akan menggoda banu Adam di sgl waktu dan tempat, bulan  Ramadhan atau lainnya. Dan tdk ada setan  dibelenggu di bulan apapun.
Lihat sj setan manusia masih bebas berkeliaran untuk menggoda manusia , lalu  untuk apa  setan jin  di belenggu. Bila setan manusia bebas tanpa belenggu,mk layak sekali setan jin tetp  di biarkan bebas.
Hadis  setan di belenggu  itu bertentangan dengan banyak ayat yg bila  sy sebut akan panjang sekali  dlm TS ini.
Syaik As suba`I telah merumuskan tanda kelemahan hadis  sampai  tujuh belas point.
Yang nomer sembilan sbb:
9ـ ألا يخالف القرآن
“Hadis itu harus tdk bertentangan  dengan al quran” .



[1] Annakhel   
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan