Rabu, Juli 27, 2016

Jawaban untuk member FMP grup

Maaf postingan extra ya masyayikh
Jawaban untuk member FMP grup
Akhinal karim wa karimul ikhwan Ust Syamsuddin Mukti menulis lg :
حدثنا مروان بن معاوية عن حميد قال : سئل انس عن الصلاة في السفينة ؟ فقال عبد الله بن ابي عتبة مولى أنس وهو معنا جالس : سافرت مع ابي سعيد الخذري  و ابي الدرداء وجابر بن عبد الله فقال حميد ، واناس قد سماهم، فَكَانَ إِمَامُنَا يُصَلِّي بِنَّا فِي السَّفِينَةِ قَائِمًا وَنُصَلِّي خَلْفَهُ قِيَامًا وَلَوْ شِئْنَا لَأَرْفَيْنَا. ( مصنف ابن ابي شيبة : ٦٦٢٦ )
Makbul
Jika shahih...ini menjadi bukti kuat bahwa semua sahabat tidak ada yang memahami seperti pemahaman kyai mahrus.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Mari kita kaji atsar tsb.


الجامع الصحيح للسنن والمسانيد (28/ 166)
(ش) , وَعَنْ حُمَيْدٍ قَالَ: سُئِلَ أَنَسٌ - رضي الله عنه - عَنِ الصَّلاَة فِي السَّفِينَةِ، فَقَالَ عَبْدُ اللهِ بْنُ أَبِي عُتْبَةَ مَوْلَى أَنَسٍ - وَهُوَ مَعَنْا جَالِسٌ -: سَافَرْت مَعَ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ وَأَبِي الدَّرْدَاءِ وَجَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ - رضي الله عنهم - فَكَانَ إمَامُنَا يُصَلِّي بِنَا فِي السَّفِينَةِ قَائِمًا وَنَحْنُ نُصَلِّي خَلْفَهُ قِيَامًا , وَلَوْ شِئْنَا لأَرْفَأنَا وَخَرَجْنَا. (1)
__________
(1)     (ش) 6564 , (عب) 4557 , (هق) 5492 , وصححه الألباني في تمام المنة ص322
Komentarku ( Mahrus ali ) :
…………….., intinya 
Dari Humaid berkata : Anas ra di Tanya tentang  salat di kapal , lalu
Abdullah bin Abu Utbah – maula  Anas yg duduk  bersama kami  berkata: Aku pergi bersama Abu Said Al  Khudri , Abu darda` dan Jabir  bin Abdillah  ra . Imam kami melakukan  salat di kapal dg berdiri  dan kami  melakukan salat di belakangnya dg berdiri pula . bila kami mau , kami menepi dan keluar.
……………………  hadis  itu di sahihkan  oleh al albani.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Mari kita pergi ke TKP .


تمام المنة في التعليق على فقه السنة (ص: 322)
وله تحت عنوان: السفر في السفينة و ... و ... : "وعن عبد الله بن أبي عتبة قال: صحبت جابر بن عبد الله وأبا سعيد الخدرى وأبا هريرة في سفينة فصلوا قياما في جماعة أمهم بعضهم وهم يقدرن على الجد الشاطئ.
رواه سعيد بن منصور".
قلت: ورواه أيضا عبد الرزاق 5 / 582 وابن أبي شيبة 2 / 266 والبيهقي 3 / 155 إسناده صحيح.
Al bani menyatakan sanadnya  sahih.
Dlm atsar di atas  di katakan  di sahihkan oleh al albani. Dlm kitab karya al albani sendiri, beliau hanya menyatakan sanadnya sahih. Pada hal sanad  sahih blm tentu  redaksi hadisnya sahih, kadang lemah.
Terkadang ma`na matan bagus, lalu sanadnya yg terputus.
 الدكتور عبد القادر المحمدي
ثم جاءت بعض النصوص التي فصلت الإسناد عن المتن ، فقد يصح الحديث سنداً ولا يصح متناً ثم تطلق عبارة التصحيح هكذا ( إسناده صحيح ، ورجاله ثقات ) ، فتعكّز عليها بعض المتأخرين ، وخاصة من المعاصرين ليصححوا مئات ، بل آلاف الأحاديث المعلولة تحت هذا الغطاء :" إسناده صحيح

http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=95826


Intinya; Sebagian  ulama ahli hadis belakangan ini dg mudah mensahihkan hadis  dengan kalimat : Sanadnya sahih dan perawi – perawinya  terpercaya “.
Kalimat spt itu di buat landasan bg ulama  belakangan  ini untuk mensahihkan ratusan bahkan ribuan  hadis  yg cacat, lalu  di bilang : Sanadnya  sahih.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Hal itu terjadi karena ulama  belakangan ini dlm rangka menyatakan hadis sahih dan lemah hanya  memandang sanadnya tanpa memandang redaksi  hadis ini  beda dengan ayat  atau tidak , beda dengan hadis yg lebih sahih apa tidak.
 Tinggalkanlah manhaj spt itu dan ikutilah manhaj pakar hadis  dahulu yg menilai  hadis dengan sangat cermat , mulai dari sanadnya sampai dg matannya .
 Muhammad bin Abdullah al Qannash menulis :
2- أن المتأمل في الأحكام على الأحاديث يجد كثرة الأحاديث التي صححها من جاء بعد الأئمة المتقدمين وقد حكم عليها الأئمة المتقدمون بالضعف والنكارة وربما بالبطلان أو الوضع،
Sesungguhnya orang yang mau merenungi tentang penilaian hadis – hadis akan menjumpai banyak hadis yang di sahihkan oleh ulama  belakangan ( setelah  ahli hadis yang dulu _). Pada  hal hadis – hadis itu telah di nyatakan  lemah, munkar, kadang batil atau palsu oleh ulama  ahli hadis  yang dulu.
http://islamselect.net/print/80788

Untuk kisah Abu Said al Khudri yg menjalankan salat di kapal itu sama dr perawi Abdullah bin Abu Utbahnya , dua riwayat tdk sama redaksinya . Yg satu menyebut Abu Hurairah dan yg lain tdk , mlah di ganti dengan Abud darda`. Jd kisah itu kacau matan.Tidak singkron.
 وَذُو اخْتِلاَفِ سَنَدٍ أَوْ مَتْنٍ    مُضْطَرِبٌ عِنْدَ أُهَيْلِ اْلفَنِ
      Kekacauan sanad atau redaksi termasuk mudhtharib menurut ahli mustholah hadis.
Dan kisah yg kacau matannya mk tdk bisa di klasivikasi sbg hadis  sahih, tp lemah.
Beda lg dg riwayat  sbb:
فتح الباري لابن رجب (3/ 9)
وروى ابن أبي شيبة: ثنا مروان بن معاوية، عن حميد، عن عبد الله ابن أبي عتبة مولى أنس، قال: سافرت مع أبي سعيد الخدري وأبي الدرداء وجابر بن عبد الله - قال حميد: وناس قد سماهم -، فكان إمامنا يصلي بنا في السفينة قائما، ونصلي خلفه قياما وولو شئنا لأر/ينا وخرجنا.

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Dlm kisah tsb ada tambahan :
قال حميد: وناس قد سماهم
Humaid berkata : Dan perawi menyebut orang – orang  dg nama mereka .
Jd masih banyak orang lg yg blm di sebut dlm hadis itu.
Hal ini tambah beda  jauh mafhum dr kisah di atas.
Dari segi perawi sbb:
   عبد الله بن أبى عتبة الأنصارى البصرى ، مولى أنس بن مالك
المولد  :
الطبقة : 3  : من الوسطى من التابعين
الوفاة :
روى له : خ م تم ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة
مرتبته عند الذهبـي : صدوق
mausuah ruwatil hadis  3462
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Salah  satu perawi  kisah di atas adalah Abdullah bin Abu Utbah – perawi Basrah , bukan perawi Medinah. Dia tafarrud dlm hal ini. Dan  salah satu factor lemahnya.
Bukti tafarrud , sy tdk menjumpai perawi lain dlm refrensi yg sy jumpai. Kisah itu adalah munkar .
ومن أهم ما يستدل به على خطا المتفرد ما يكون في متن حديثه الذي تفرد به من نكارة ، فإن نكارة المتن قد تدفع الناقد إلى تضعيف الحديث بما لا يوجب ضعفه لولا هذه النكارة ، ومن ذلك تفرد الثقة
ولذا قال ابن رجب ( أكثر الحفاظ المتقدمين يقولون في الحديث إذا انفرد به واحد وإن لم يرو الثقات خلافه : إنه لا يتابع عليه ، ويحعلون ذلك علة فيه ،
الحواشي ====================== (17) أنظر كلام المعلمي حول منهج الأئمة النقاد في إعلال ما يستنكرون متنه ، مع أن ظاهر إسناده الصحة ، في مقدمته لتحقيق كتاب ( الفوائد المجموعة في الأحاديث الموضوعة ) للشوكاني .
(18) شرح علل الترمذي (2/582)

Intinya tafarrud perawi hadis itu menurut pakar ahli hadis dulu adalah sbg cacat. Bahkan  redaksi hadisnya bisa di katakan munkar .
DR Abu Lubabah At thahir Shalih Husain kepala bagian dirosah Islamiyah di Emirat menyatakan :

وَإِطْلاَقُ الْحُكْمِ عَلَى التَّفَرُّدِ بِالرَّدِّ وَالنَّكَارَةِ أَوِ الشُّذُوْذِ مَوْجُوْدٌ فِي كَلاَمِ كَثِيْرٍ مِنْ أَهْلِ الْحَدِيْثِ

Mengghukumi perawi yang secara sendirian meriwayatkan tertolak , dikatakan mungkar , syadz memang ada dlm perkataan kebanyakan ahli hadis . Ulumul hadis 12/1
Bila kisah tsb di katakana sahih, kita telah menyalahi pakem ahli hadis  dulu, jg ia sekedar perbuatan  sbagian sahabat tiga atau empat dst  lalu ribuan sahabat yg lain tdk menjalankannya. Di samping penduduk Medinah  waktu dulu  tdk kenal dg kisah itu.
Buktinya hanya  perawi Basrah  yg tahu. Untuk penduduk Mekkah dan Medinah no know. Dan tiada refsensinya mereka tahu.
Perbuatan sebagian sahabat yg menyalahi Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   sdh tentu tdk boleh di buat pegangan. Lepaskan sj lebih selamat  dan lebih memurnikan ajaran untuk  taat pd ayat :
فَاِنْ تَنَازَعْتُمْ فِى شَىْءٍ فَرُدُّوْهُ اِلَى اللهِ والرَّسُوْلِ اِنْ كُنْتُمْ تُؤْمِنُوْنَ بِاللهِ والْيَوْمِ اْلآخِرِ ذَلِكَ خَيْرٌ وَاَحْسَنُ تَاْوِيْلاً.

"Jika kamu saling berbantah-bantahan dalam sesuatu perkara, maka kembalikanlah ia kepada Allah (al-Quran) dan Rasul (as-Sunah) jika kamu benar-benar beriman kepada Allah dan Hari Kemudian, yang demikian itu lebih utama (bagimu) dan lebih baik akibatnya".  An-Nisa, 4:59.
Kisah itu jg bertentangan dg hadis yg sahih  yg banyak yg menjelaskan salat Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   dlm berjamaah  sama sahabatnya selalu langsung to the ground tanpa  tikar , kain dll. Hadisnya  banyak sekali dan sdh  di jelaskan dlm artikel yg lalu.
Wal hasil  ya ihwan , selama  sebelas tahun sy blm pernah  menjalankan salat wajib di Bus, Kreta api , mobil , taksi , motor , airplanes. Tp bila sy berpergian sy langsung berjamaah dg sahabat – sahabat sy di tanah tanpa tikar tanpa di jamak dan sy tdk mau menjamak salat.. Sekalipun ketika sy mendatangi undangan pengajian ke Bali , Bengkulu, Jakarta, Bandung , Mediun, Blitar , Pekalongan, Klaten, Gresik ,Babat, Dukun , Genteng Banyuwangi dll.
Bila  sy menjalankan salat wajib di kendaraan , sy blm menjumpai dalilnya . Sy hanya menjumpai  dalilnya hanya untuk salat sunat. Hadisnya  sdh sering  sy sampaikan .Sy hanya ittiba` dan tdk mau ijtihad.




Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan