Sabtu, Agustus 27, 2016

Jawabanku untuk Grup asatidz dan masyayekh FMP yg mulia.



Ust Ahmad Fadholi dr FMP menulis:
mbah mahrus,

hadits berpagi pagi sholat jumat berikut ini dhoif juga ya ?, karena ada tasybih qurban ayam

  مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً، وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّانِيَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَقَرَةً، وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الثَّالِثَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ كَبْشًا أَقْرَنَ، وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الرَّابِعَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ دَجَاجَةً، وَمَنْ رَاحَ فِي السَّاعَةِ الْخَامِسَةِ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَيْضَةً، فَإِذَا خَرَجَ الْإِمَامُ حَضَرَتْ الْمَلَائِكَةُ يَسْتَمِعُونَ الذِّكْرَ.
Komentarku ( Mahrus ali ):
Hadis berkurban  dengan Ayam dantelur itu tiada realitanya di kalangan sahabat.Dan sudah jawab dulu .
Komentarku ( Mahrus ali ):
Assindi megatakan:
حاشية السندي على سنن النسائي (2/ 116)
أَو المُرَاد بِهِ التَّصَدُّق بهَا تقربا إِلَى الله تَعَالَى وَقيل الاهداء إِلَى الْكَعْبَة لَكِن لَا يُنَاسِبه الدَّجَاجَة والبيضة إِذْ اهداؤهما إِلَى الْكَعْبَة غير مَعْهُود
Atau maksudnya bersedekah  dengan ayam untuk mendekat kepada Allah taala .Di katakan:  maksudnya adalah memberikan hadyu ke Ka`bah tapi tak layak Ayam dantelur untuk itu. Sebab berhadyu dengan keduanya  tidak terbiasa, tdk populer
Hasiyah al sindi  116/2
Komentarku ( Mahrus ali ):
Hadis yang anda bawakan :
Barangsiapa berangkat ke masjid di waktu keempat, maka ia seperti orang yang berkurban seekor ayam
Komentarku ( Mahrus ali ):
Realitanya berkurban ayam tidak boleh , apalagi berkurban dengan telur. Dan realita dikalangan sahabat tiada orang yang berkurban dengan Ayam dan telur. Telur dan Ayam dikalangan mereka bukan untuk kosumsi makanan jg bukan untuk jamu  spt kultur kita di sini.
Juga tidak ada ulama yang memperbolehkan telur dan ayam untuk kurban.Malah dilarang.
Berkurban kambing, malah diperintahkan. Kurban Ayam atau telur malah tidak boleh.
Jadi hadis itu realitanya dikalangan sahabat dan kita tidak ada.
Bila di artikan bersedekah Ayam atau telur , maka realitanya dikalangan sahabat,juga tidak ada yang bersedekah dengan telur dan Ayam. Dan kita ini ikut pada sahabat lebih baik untuk menghurmati ayat:
وَالسَّابِقُونَ الْأَوَّلُونَ مِنَ الْمُهَاجِرِينَ وَالْأَنْصَارِ وَالَّذِينَ اتَّبَعُوهُمْ بِإِحْسَانٍ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُمْ وَرَضُوا عَنْهُ وَأَعَدَّ لَهُمْ جَنَّاتٍ تَجْرِي تَحْتَهَا الْأَنْهَارُ خَالِدِينَ فِيهَا أَبَدًا ذَلِكَ الْفَوْزُ الْعَظِيمُ(100)
Orang-orang yang terdahulu lagi yang pertama-tama (masuk Islam) di antara orang-orang muhajirin dan anshar dan orang-orang yang mengikuti mereka dengan baik, Allah ridha kepada mereka dan merekapun ridha kepada Allah dan Allah menyediakan bagi mereka surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya; mereka kekal di dalamnya selama-lamanya. Itulah kemenangan yang besar. 100 Tobat
Mengikuti sahabat dengan baik akan di ridai oleh Allah dan menyelisihi mereka dengan jelek akan dibenci oleh Allah .
Hadis  itu tidak bisa dibuat pegangan untuk menghalalkan Ayam atau telur. Bila di buat pegangan akan bertentangan dengan hadis  sahih sbb:
نهي رسول الله اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ كُلِّ ذِي نَابٍ مِنَ السِّبَاعِ وَعَنْ كُلِّ ذِي مِخْلَبٍ مِنَ الطَّيْرِ
Rasulullah SAW melarang  setiap binatang buas bertaring dan setiap burung yang punya cakar HR Muslim  1934

Ini ringkasan yg sy kutip dr website syaikh Adnan bin Abd Qadir .
1) لم يذكر هذه الزيادة (غسل الجنابة) إلا سمي عن أبي صالح عن أبي هريرة رضي الله عنه.

ولكن رواه سهيل بن أبي صالح عن أبيه أبي صالح عن أبي هريرة دون هذه الزيادة. مسلم (858/1989)
وكذا سعيد بن المسيب عند مسلم.
Kalimat ghuslul jinabati ( mandi jinabat ) hanya dari perawi Sumayyin.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Tambahan itu syadz, munkar karena hanya  Sumayyin yg menambahkannya.
Syaikh Adnan menulis lg:

3- ”في الساعة الأولى

أ- هذه الزيادة لم يروها البخاري ولا مسلم عن مالك
ولكن ذكرها مالك في موطئه عن سمي.
Kalimat saat uula  bukan riwayat Bukhari Muslim dr Malik , ia riwayat Imam Malik dlm kitab Muwattha` dari Sumayyin

4- أما زيادة ذكر الساعات: الأولى والثانية والثالثة والرابعة والخامسة فهي شاذة، وقد غمزها ابن عبدالبر بأن ”سمياً“ تفرد بذكرها في حديثه عن أبي صالح عن أبي هريرة رضي الله عنه.
Saat ke 1, 2, 3, 4,5     adalah tambahan yg syadz

فالمهجر إلى الصلاة كالمهدي بدنة. ثم الذي يليه كمهدي بقرة، ثم الذي يليه كمهدي كبشاً“. حتى ذكر الدجاجة والبيضة.

ورواه النسائي (1705، 11912، 11913) وابن ماجه (1092) والبغوي (1061) وزادا (حتى ذكر الدجاجة والبيضة)

- الأعرج (ثقة ثبت عالم) عن أبي هريرة مرفوعاً

بلفظ ”المتعجل إلى الجمعة كالمهدي بدنة، ثم كالمهدي بقرة، ثم كالمهدي شاة، ثم كالمهدي طائراً
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Kalimat hadis yg beda sekali ;
المتعجل إلى الجمعة
فالمهجر إلى الصلاة كالمهدي بدنة
  مَنْ اغْتَسَلَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ غُسْلَ الْجَنَابَةِ ثُمَّ رَاحَ فَكَأَنَّمَا قَرَّبَ بَدَنَةً
Lalu mn perkataan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   yg asli dn mn yg bukan. Ini sulit sekali ditentukan.
Kita lanjutkan  ke keterangan dr Syaikh Adnan :




2- الأعرج (ثقة ثبت عالم) عن أبي هريرة مرفوعاً

بلفظ ”المتعجل إلى الجمعة كالمهدي بدنة، ثم كالمهدي بقرة، ثم كالمهدي شاة، ثم كالمهدي طائراً

 Di sini ada tambahan redaksi hadis   “ seolah berhadyu dg burung “
رواه ابن عبد البر (22/25)
ب- والدارمي (1/362) بلفظ ”المتعجل إلى الجمعة كالمهدي جزوراًَ، ثم الذي يليه كالمهدي بقرة، ثم الذي يليه كالمهدي شاة، فإذا جلس الإمام طويت الصحف وجلسوا يسمعون الذكر“.
Riwayat ini tanpa nyebut ayam  dan telur.

وزاد ابن خزيمة (1768) ”والذي يليه كالمهدي طيراً
Riwayat Ibn Huzaimah  ada tambahan   seolah berhadyu dg burung. .
رواه أحمد (2/259) والدارمي (1/363) والنسائي (1704) وذكر ”بطة“ بين الكبش والدجاجة.
Di riwayat ini mlh ada tambahan “itik”.
http://adnanabdulqader.com/art_d.php?id=602


Komentarku ( Mahrus ali ) :
Menurut riwayat Nasai yang lain ada tambahan sbb:
وَكَرَجُلٍ قَدَّمَ دَجَاجَةً وَكَرَجُلٍ قَدَّمَ عُصْفُورًا وَكَرَجُلٍ قَدَّمَ بَيْضَةً
……………sebagaimana orang yang bersedekah dengan Ayam, seperti lelaki yang bersedekah dengan burung pipit dan seperti orang yang bersedekah dengantelur.
Abd Rauf Al Munawi berkata :
وَفِي صَحِيْحِ ابْنِ خُزَيْمَةَ طَائِرٌ بَدَلَ دَجَاجَة
Dalam sahih Ibnu Khuzaimah bukan Ayam tapi burung . 
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Hadis yg kacau belau spt itu tdk bisa di katakana sahih, tp lemah, ma`lul. Illatnya  jls  yaitu redaksinya kacau. Bila di sahihkan akn menyalahi pakem ilmu hadis :
وَذُو اخْتِلاَفِ سَنَدٍ أَوْ مَتْنٍ    مُضْطَرِبٌ عِنْدَ أُهَيْلِ اْلفَنِ
      Kekacauan sanad atau redaksi termasuk mudhtharib menurut ahli mustholah hadis.
Doktor Yasir assyimali menyatakan :
وقوع العلة في المتن، هي بعد أن يصح السند نجد أن في المتون اضطرابا واختلافا لا يمكن الجمع بينه، أو زيد في المتن ما ليس منه، أو أُنقص منه، أو إبدال شيء مكان شيء، ونحو ذلك.
وقد يكون ظاهر السند الصحة، لكن يكون في متنه ما يدل على البطلان كمخالفة القرآن، أو سنة أخرى ثابتة، أو قواعد الشريعة، أو لمشابهته حديث القصاص. وهنا يطلبون العلة في السند لأنه الطريق الذي جاء به المتن، وستأتي أمثلتها.
http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=284782

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Intinya : Cacat redaksi hadis  adalah kacau, beda sangat , tdk bisa di ambil jln tengah, ada tambahan atau pengurangan, pergantian kalimat , beda dengan ayat quran atau hadis lain , kaidah sariat atau mirip dg kisah seorang  dalang…………
Kesimpulan:
Telur dn ayam tdk bisa di buat kurban.
Hadis pahala kedatangan  seorang untuk  salat jumat ada yg spt kurban dg ayam atau telur itu cacat.
Tiada realitanya di kalangan sahabat dan kita tentang kurban dg ayam atau telur.
Pelarangan  hewan bercakar ber arti larangan pula bagi telurnya spt babi di haramkan, mk kandungannya jg di haramkan.

Bersambung…………
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan