Rabu, September 14, 2016

Badai Super Berkecepatan 250 km/jam Bergerak menuju China



BEIJING - Topan super Meranti diperkirakan akan menghantam wilayah Taiwan dan China daratan pada Rabu (14/9). Topan ini bergerak dengan kecepatan tinggi, dari badai kategori 1 menuju kategori 5 -tingkat tertinggi kekuatan badai.

Diberitakan CNN, pusat Topan Meranti diperkirakan akan menghantam bagian selatan pulau Taiwan. Beruntung, kebanyakan dari 23 juta populasi Taiwan tinggal di pulau bagian utara dan barat.

Badan cuaca memprediksi Topan Meranti akan berkecepatan hingga 250 km/jam, terbesar yang menghantam Taiwan sejak Topan Bilis tahun 2000.

Kendati hanya melintasi bagian selatan, namun Topan Meranti akan berdampak pada seluruh Taiwan. Topan ini diperkirakan akan menyebabkan banjir bandang dan longsor lumpur di beberapa tempat.

Radius badai topan Meranti diperkirakan mencapai 560 km, sementara Taiwan hanya sekitar 370 km. Meranti akan mencapai wilayah tenggara China namun kekuatannya melemah hingga hanya 95 km/jam.

Sebelumnya pada Juli lalu Topan Super Nepartak menghantam wilayah yang sama dengan Meranti kali ini. Nepartak menewaskan tiga orang di Taiwan, namun semakin kuat saat mencapai China, menewaskan 83 orang.


:
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan