Sabtu, Oktober 22, 2016

Hadis yg tafarrud adalah cacat



 .
Maksud  tafarrud hanya seorang perawi yg meriwayatkannya sbgmn  hadis  amal perbuatan terserah niatnya. Mlh tafarrud dlm empat tingkat  sbgmn keterangan kemarin.

Imam Abu Hanifah menyatakan  sinyal kelemahan hadis adalah perawi secara  sendirian meriwayatkan hadis  bukan sahabat yg lain .
3ـ ألا يكون فيما تعم به البلوى العلمية أو العملية، أي أن المحدث يتفرد بحديث في حين سائر الصحابة لا يعلمون مع أنه من الأمور العلمية العامة
3. Agar tidak termasuk musibah ilmiyah atau amaliyah yg umum – yaitu  seorang perawi  hadis menyampaikan  hadis secara  sendirian. Pada  hal sahabat yg lain  tidak mengetahui. Dan ia termasuk masalah ilmiyah yg umum.
http://www.dd-sunnah.net/forum/showthread.php?t=152431

د . ماهر ياسين الفحل
ملاحظة1: قال الشيخ الطريفي: إذا قال الإمام أحمد (حديث منكر) أي موضوع، وإذا قال (منكر) بدون لفظة (حديث) فالمراد به ((الغرابة)) أو ((المخالفة)).
ملاحظة2: قال الحافظ في قول الإمام (منكر الحديث) هذه اللفظة يطلقها أحمد على من يُغْرِبُ (أي يتفرد وإن لم يخالف) على أقرانه بالحديث.
DR Mahir Yasin al Fuhl menyatakan :
Perhatian :
Syaikh  Al Tharifi berkata: Bila Imam Ahmad berkata: Hadis munkar – maksudnya palsu. Bila berkata  Munkar tanpa  kalimat hadis, maksudnya  Gharib ( nyeleneh ) atau Mukhalafah  - menyalahi
Perhatian ke dua .
Al Hafidh  berkata tentang perkataan Imam Ahmad :  Hadis munkar > Kalimat ini di katakan oleh Imam Ahmad  untuk  perawi yg menyampaikan hadis yg gharib / nyeleneh  - dia  sendiri yg meriwayatkan  sekalipun tidak menyalahi kpd teman semasanya   dlm meriwayatkan hadis.
Sumber:
المصدر : محاضرات في علوم الحديث د. ماهر ياسين الفحل
http://www.startimes.com/f.aspx?t=33294917
ويعرف الباحث أن الحافظ إبن حجر قد أشار إلي أن الإمام أحمد بن حنبل والإمام النسائي قد يطلقون على المُتفرد برواية الحديث ولم يشاركه فيه أحدٌ بالنكارة
Intinya : ibn Hajar jg menyatakan kpd perawi yg scr sendirian meriwayatkan hadis  dg munkar . Hadis tsb munkar.
قلتُ لأَبِي: ما حالُ هَذَا الحديث؟ فَقَالَ أَبِي: لم يَرْوِ هَذَا الحديثَ أحدٌ عَنِ النبيِّ صلى الله عليه وسلم غيرُ بُرْدٍ، وَهُوَ حديثٌ مُنكَرٌ، لَيْسَ يَحْتَمِلُ الزُّهْريُّ مثلَ هَذَا الحديث، وَكَانَ بُرْدٌ يرى القَدَر
Intinya :
Abu Hatim juga menyatakan  kepada perawi yg scr sendirian meriwayatkan hadis dg hadis munkar.
-        إذا ترجح لدى الناقد وقوع الوهم والخطأ في الإسناد الذي تفرد به الثفة ، ويستدل على هذا بقرائن ، مثل : النكارة في المتن ، وأمور أخرى تصاحب التفرد .
Intinya , sanad yg tafarrud ini bila terdapat kekeliruan dg dalih redaksinya atsar atau hadis munkar ( mk tdk bisa di terima )

Dalam majalah Buhus Islamiyah  terdapat keterangan:
ولهذا نقول إنه ينبغي لطالب العلم أن ينظر أن من قرائن الإعلال والرد للأحاديث، في تفردات الكوفيين والعراقيين على وجه العموم،
مجلة البحوث الإسلامية
Karena ini, kami katakan: Layak sekali bagi thalib ilm untuk melihat bahwa sebagian tanda cacat dan tertolaknya beberapa hadis adalah tafarrudnya perawi Kufah dan Irak secara umum
وربما يستنكرون بعض تفردات الثقات الكبار أَيْضاً ولهم في كُلّ حَدِيْث نقد خاص ، وليس عندهم لِذَلِكَ ضابط يضبطه )) (9) .
(9) شرح علل الترمذي 2/
406
Intinya , Terkadang pr ulama  ahli hadis ingkar kpd hadis – hadis tafarrud dr perawi terpercaya yg kibar ……………………………..,
syaikh mahir yasin brkata :

 تفرد في الطبقات المتقدمة :كطبقة الصَّحَابَة ، وطبقة كبار التَّابِعِيْنَ ، وهذا التفرد مقبول إذا كَانَ راويه ثقة

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Intinya : Menurut belaiu tafarrud sahabat  atau  kibarut  tabiin  bisa di terima.
Sy katakan:
Dan yahya bin Said perawi  hadis innamal a`malu  binniyat tdk termasuk kibarut tabiin. Makanya riwayatnya yg tafarrud tertolak.

قال ابن رجب : " وأما أكثر الحفاظ المتقدمين فإنهم يقولون في الحديث إذا تفرد به واحد وإن لم يرو الثقات خلافه : إنه لا يتابع عليه ، ويجعلون ذلك علة فيه ، اللهم إلا أن يكون ممن كثر حفظه واشتهرت عدالته وحديثه كالزهري ونحوه ، وربما يستنكرون

http://www.alifta.net/fatawa/fatawasubjects.aspx?View=Page&HajjEntryID=0&HajjEntryName=&NodeID=10174&PageID=11527&SectionID=2&SubjectPageTitlesID=18370&MarkIndex=1&0&languagename

 Intnya :  Tfarrud itu merupakat cacat dlm hadis.

Syaikh Abd Qadir al Muhammadi menyatakan:  
والتفرد:هو ما يقول فيه المحدثون النقاد :" حديث غريب "، أو " تفرد به فلان "، أو " هذا حديث لا يعرف إلاّ من هذا الوجه" أو"لا نعلمه يروى عن فلان إلاّ من حديث فلان".
http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=27740

Kadang mereka katakana untuk tafarrud  dg kalimat hadis  gharib, atau fulan  sendirian dlm meriwayatkannya , hadis itu tdk di kenal kecuali dri jalur ini ……………………….

Jadi hadis  amal perbuatan terserah niatnya itu lemah karena tafarrud bukan satu orang  tp empat tingkatan perawi  yg tafarrud.
Dan  suatu saat akan sy tunjukkan redaksinya  jg kacau.



Rasionalisasi  sj.
Hadis amal perbuatan terserah niatnya itu tdk di ketahui   kalangan sahabat  kecuali Umar bin Khatthab .
Jadi ribuan sahabat sampai mati tdk ngerti hadis itu.
Bahkan  sampai  seratus  tahun  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam wafat , hadis itu hanya di ketahui seorang bukan dua atau tiga.
Sy ikut ribuan tabiin dan sahabat yg tdk kenal hadis itu sampai mati. Jd mereka salat , wudhu  puasa  tanpa niat sbgmn orang sekarang.
Mereka hanya  punya tujuan mencari rida Allah . Cukup, tidk usah ditambah – tambah.
Grup WA baru sy anggotanya sdh mencapai 172 orang dr asatidz dan ikhwan Judul nya “ Masa il diniyah “ / “ Koreksi ajaran Islam klasik “
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah, penuh persaudaraan .
Mau ikut , hub 08883215524 .
0852-7312-5077
0 857-8715-4455
0812-3270-051
0812-4194-6733



Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan