Jumat, Oktober 28, 2016

Salat pakai sandal

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ حَدَّثَنَا يَحْيَى عَنْ ابْنِ جُرَيْجٍ حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ عَبَّادِ بْنِ جَعْفَرٍ عَنْ ابْنِ سُفْيَانَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ السَّائِبِ قَالَ رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي يَوْمَ الْفَتْحِ وَوَضَعَ نَعْلَيْهِ عَنْ يَسَارِهِ
……….,  dari Abdullah bin As saib berkata : aku melihat Nabi  shallallahu alaihi wasallam  melakukan salat pd hari penaklukan kota Mekkah dg meletakkan kedua  sandalnya di sebelah kirinya. HR Abu Dawud

.الحديث رجاله رجال الصحيح أبو داود 553.
Sanad hadis  tsb sahih.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Al bani  jg berkomentar spt itu, sanadnya sahih. Blm di katakana hadis sahih. Yakni redaksinya blm tentu  sahih.
أصل صفة صلاة النبي صلى الله عليه وسلم (1/ 111)
1) أخرجه أبو داود (1/105) ، والنسائي (125 - 126) ، وابن ماجه (437) ، و {ابن خزيمة (1/110/2) = [2/106/1014 و 1015] } والحاكم (259) ، ومن طريقه البيهقي
(2/432) ، وأحمد (3/410 - 411) عن ابن جريج: ثني محمد بن عباد بن جعفر عن
عبد الله بن سفيان عن عبد الله بن السائب قال:
رأيت النبي صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يصلي يوم الفتح - زاد الحاكم: الصبح -، ووضع نعليه عن يساره.
قال الحاكم:
" أخرجته شاهداً ".
Intinya  Al Hakim menambahi dg kalimat  -  waktu  salat Subuh -  dan beliau meletakkan kedua sandalnya  di sebelah kiri beliau.
Al  Hakim berkata : Ini sbg saksi sj.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Sebagian orang menjadikan hadis  tsb  sbg dalil boleh salat tanpa sandal. Tp sayang  di hadis lain  dikatakan saat itu Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   mengenakan  pantopel ( Khuf ) bukan  sandal. Pada hal   ia di riwayatkan  oleh Muslim dlm kitab sahihnya , liht hadisnya sbb:
حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا سُفْيَانُ عَنْ عَلْقَمَةَ بْنِ مَرْثَدٍ ح و حَدَّثَنِي مُحَمَّدُ بْنُ حَاتِمٍ وَاللَّفْظُ لَهُ حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ سَعِيدٍ عَنْ سُفْيَانَ قَالَ حَدَّثَنِي عَلْقَمَةُ بْنُ مَرْثَدٍ عَنْ سُلَيْمَانَ بْنِ بُرَيْدَةَ عَنْ أَبِيهِ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَّى الصَّلَوَاتِ يَوْمَ الْفَتْحِ بِوُضُوءٍ وَاحِدٍ وَمَسَحَ عَلَى خُفَّيْهِ فَقَالَ لَهُ عُمَرُ لَقَدْ صَنَعْتَ الْيَوْمَ شَيْئًا لَمْ تَكُنْ تَصْنَعُهُ قَالَ عَمْدًا صَنَعْتُهُ يَا عُمَرُ  مسلم 415
Intinya :  Sesungguhnya Nabi  shallallahu alaihi wasallam  melakukan beberapa salat pd hari penaklukan kota Mekkah  dg wudhu sekali dan mengusap  kedua khufnya ( pantopel ) . Lantas Umar berkata:  Sungguh anda melakukan sesuatu  pd hari ini  yg belum anda lakukan sebelumnya .
Beliau bersabda :  Sungguh aku sengaja berbuat  bgt  wahai Umar.
HR Muslim 415 , Tirmidzi 56 , Abu Dawud 147  Sahih  Ibn Khuzaimah  51/1
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Dlm hadis terahir Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   mengenakan  khuf / pantopel yg di pakai  bukan sandal yg di lepaskan sbgmn hadis yg pertama.
Oleh karena itu , hadis  pertama yg menyatakan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   menjalankan salat  tanpa sandal  itu tdk bisa di buat pegangan  untuk menjalankan   salat tanpa sandal . Sbb bertentangan dg  hadis  Muslim  yg terahir .
Hadis muslim terahir menjlskan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   waktu penaklukan kota Mekkah menjalankan  salat  dg khuf bukan dg sandal.
Bila hadis  tsb di buat pegangan untuk memperbolehkan  salat tanpa  sandal  mk  tdk bisa sebab masih kabur pengertiannya , ada yg menyatakan saat itu Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   mengenakan khuf .
Kalau tingginya derajat hadis  mk  riwayat yg menyatakan  saat itu Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   mengenakan khuf lebih berbobot karena riwayat Muslim . Dan  riwayat yg menyatakan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   saat  itu melepas sandalnya masih di katakana sanadnya sahih.
Kita ini tdk akan berpegangan dg hadis yg pengertiannya masih kabur. Apalagi  imam Thohawi sendiri menyatkan bahwa Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   waktu salat mengenakan sandal itu hadisnya mutawatir.

﴾ وقد صرح الطحاوي في "معاني الآثار" (ج1 ص511) أنّ الأحاديث الدالة على شرعية الصلاة في النعال متواترة، فقال: فقد جاءت الآثار أن الأحاديث الدالة على شرعية الصلاة -أي في النعال- متواترة عن رسول الله صلى الله عليه وعلى آله وسلم بما ذكر عنه من صلاته فى نعليه، ومن خلعه إياهما في وقت ما خلعهما للنجاسة التي كانت فيهما، ومن إباحة الصلاة في النعال.اهـ
Intinya hadis salat pakai sandal itu mutawatir .
Kita masih  akan mengkaji hadis berikutnya insya Allah.



Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan