Sabtu, Januari 30, 2016

Bacaan salat lohor dan Asar spt berbisik - bisik adalah keliru



Pedomanyg keliru shalat  sirriyah Lohor dan Asar
Kebanyakan  orang berpegangan  kepada hadis  di bawah ini untuk salatlohor dan Asar.

حَدَّثَنَا مُسَدَّدٌ قَالَ حَدَّثَنَا إِسْمَاعِيلُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ قَالَ أَخْبَرَنَا ابْنُ جُرَيْجٍ قَالَ أَخْبَرَنِي عَطَاءٌ أَنَّهُ سَمِعَ أَبَا هُرَيْرَةَ رَضِيَ اللَّهُ عَنْهُ يَقُولُ
فِي كُلِّ صَلَاةٍ يُقْرَأُ فَمَا أَسْمَعَنَا رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَسْمَعْنَاكُمْ وَمَا أَخْفَى عَنَّا أَخْفَيْنَا عَنْكُمْ وَإِنْ لَمْ تَزِدْ عَلَى أُمِّ الْقُرْآنِ أَجْزَأَتْ وَإِنْ زِدْتَ فَهُوَ خَيْرٌ
(BUKHARI - 730) : Telah menceritakan kepada kami Musaddad berkata, telah menceritakan kepada kami Isma'il bin Ibrahim berkata, telah mengabarkan kepada kami Ibnu Juraij berkata, telah mengabarkan kepadaku 'Atha bahwa dia mendengar Abu Hurairah berkata, "Pada setiap rakaat ada bacaannya. Apa yang Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam perdengarkan (keraskan) bacaannya kepada kami maka kamipun akan perdengarkan kepada kalian, dan apa yang Beliau sembunyikan (tidak mengeraskan bacaan) kepada kami, maka kamipun tidak mengeraskannya kepada kalian. Jika kalian tidak tambah selain Al Fatihah, maka itu sudah cukup. Namun bila kalian tambah setelahnya itu lebih baik."
Ia jugadi cantumkan dalam kitab Mukhtashar Bukhari  241/1

Dalam riwayat Muslim ada kalimat yang  beda  sbb:  
فَقَالَ لَهُ رَجُلٌ إِنْ لَمْ أَزِدْ عَلَى أُمِّ الْقُرْآنِ فَقَالَ إِنْ زِدْتَ عَلَيْهَا فَهُوَ خَيْرٌ وَإِنْ انْتَهَيْتَ إِلَيْهَا أَجْزَأَتْ عَنْكَ

Maka seorang laki-laki berkata kepadanya, "Apabila aku tidak menambahkan pada Ummul Qur'an (dengan surat lainnya)?" Maka dia menjawab, "Jika kamu menambahkan padanya, maka itu adalah baik, dan jika kamu berhenti padanya, maka sudah cukup bagimu." HADIST NO – 600 HR Muslim .
Di riwayat  Muslim yang lain  , kalimat hadisnya  juga beda sbb:
وَمَنْ قَرَأَ بِأُمِّ الْكِتَابِ فَقَدْ أَجْزَأَتْ عَنْهُ وَمَنْ زَادَ فَهُوَ أَفْضَلُ
dan barangsiapa yang membaca Umm al-Kitab, maka sungguh telah cukup baginya, dan barangsiapa menambahkan, maka itu adalah lebih baik." HADIST NO – 601 HR Muslim.
Dlm riwayat Abu Dawud HADIST NO – 676, tambahan – tambahan tsb tidak ada. Apakah  dlm riwayat Abu  Dawud ada pengurangan kalimat hadis ?
 Dlm riwayat Nasai  HADIST NO – 959, tambahan – tambahan tsb tidak ada. Hadis  itu di masukkan  dlm bab : Bacaan  dalam salat siang. Seolah  tidak dipelankan  dm  salat siang.

Hadis  itu juga terdapat dlm kitab :
هو في "مسند أحمد" (7503) و (8525)، و"صحيح ابن حبان" (1781) و (1853). نصب الراية (1/ 365) سنن الصغير للبيهقي (1/ 156)



، وتعقبه الدارقطني في "التتبع" ص 196 بأن الصواب وقفه.
Daroquthni memberikan komentar pd hadis  tsb dlm kitab Tatabbu` hal 196 : Yang benar adalah maukuf. ( bukan hadis marfu` ).
نصب الراية (1/ 365)  وَهَذَا مَوْقُوفٌ.
Dlm  kitab Nasbur rayah365/1  di jelaskan oleh Ibn Hajar bahwa hadis tsb maukuf .
Dalam  kitab Mushannaf Abd Razzaq terdapat tambahan lagi sbb:
مصنف عبد الرزاق الصنعاني (2/ 363)
«وَأَبْرِدْ عَنِ الصَّلَاةِ، فَإِنَّ شِدَّةَ الْحَرِّ مِنْ فَيْحِ جَهَنَّمَ فِي كُلِّ صَلَاةٍ يَقْرَأُ فِيهَا
Nantikan suasana dingin dulu ( waktu  lohor yang panas ) , jangan mengerjakan salat dulu. Sesungguhnya panas yang sangat  dari bagian panas neraka Jahannam…………...
ذَلِكَ كُلُّهُ فِي حَدِيثٍ وَاحِدٍ سَمِعْتُهُ مِنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
………………, seluruhnya  itu dalam satu hadis yang ku dengar  dari Abu Hurairah.

 Mushannaf  Abd Razzaq. 363/2.
Dalam  suatu  riwayat malah ada tambahan :
 كُلُّ صَلاَةٍ لاَ يُقْرَأُ فِيهَا بِأُمِّ الْقُرْآنِ فَهِيَ خِدَاجٌ.) ".
Setiap  salat yang tidak di bacakan dengan Ummul quran  adalah kurang.
Kalimat  hadis  yang beda - beda  sbb :
كُلُّ صَلاَةٍ يُقْرَأُ فِيهَا
وَفِي كُلِّ صَلاَةٍ قُرْآنٌ
فِي كُلِّ الصَّلاَةِ أَقْرَأُ
فِي كُلِّ صَلاَةٍ قِرَاءَةٌ
Lalu mana perkataan Abu Hurairah yang asli dan mana yang bukan , sulit ditentukan.

 قال ابن رجب(6): "وذكر الدارقطني وأبو مسعود الدمشقي وغيرهما أن رفعه وهم وإنما هو موقوف
Ibnu Rajab berkata: Imam Daroquthni  dan Abu Mas` ud ad dimasyqi dll  menyatakan: Hadis  tsb di katakan marfu` adalah keliru.  sesungguhnya ia adalah mauquf. ( tidak bisa  dibuat pegangan untuk salat  dhohor yang sirri / bacaannya  dipelankan ).
Dalam  berhujjah kepada hadis maukuf , syaikh Abul Hasan Hisyam al Mahjubi berkata:
-         أن يَسْلَم الحديث الموقوف أو المقطوع من مخالفة نص قرآني أو نبوي صحيح، قال تعالى: ﴿ يَا أَيُّهَا الَّذِينَ آمَنُوا لَا تُقَدِّمُوا بَيْنَ يَدَيِ اللَّهِ وَرَسُولِهِ وَاتَّقُوا اللَّهَ إِنَّ اللَّهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ [الحجرات: 1].
Hadis  mauquf   atau  maqthu` ( yang terputus sanad nya ) harus tidak bertentangan  dengan nas quran atau hadis sahih. Allah berfirman:
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا لاَ تُقَدِّمُوا بَيْنَ يَدَيِ اللهِ وَرَسُولِهِ وَاتَّقُوا اللهَ إِنَّ اللهَ سَمِيعٌ عَلِيمٌ(1)
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mendahului Allah dan Rasul-Nya dan bertakwalah kepada Allah. Sesungguhnya Allah Maha Mendengar lagi Maha Mengetahui.  Al Hujurat 1. [1]
Apalagi redaksi  hadis tsb kacau belau. Dan ini tanda kelemahannya .
وَذُو اخْتِلاَفِ سَنَدٍ أَوْ مَتْنٍ    مُضْطَرِبٌ عِنْدَ أُهَيْلِ اْلفَنِ
      Kekacauan sanad atau redaksi termasuk mudhtharib menurut ahli mustholah hadis.

Dari segi sanad, hadis tsb hanya di riwayatkan oleh Atha` bin Abi Rabah.

المسند الجامع (16/ 796)
- عَنْ عَطَاءٍ، قَالَ: سَمِعْنَا أَبَا هُرَيْرَةَ يَقُولُ:
(فِي كُلِّ الصَّلاَةِ أَقْرَأُ، فَمَا أَسْمَعَنَا رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم أَسْمَعْنَاكُمْ، وَمَا أَخْفَى مِنَّا أَخْفَيْنَا مِنْكُمْ، كُلُّ صَلاَةٍ لاَ يُقْرَأُ فِيهَا بِأُمِّ الْقُرْآنِ فَهِيَ خِدَاجٌ.) ".
فَقَالَ لَهُ الرَّجُلُ: أَرَأَيْتَ إِنْ قَرَأْتُ بِهَا وَحْدَهَا، تُجْزِئُ عَنِّي؟ قَالَ: إِنِ انْتَهَيْتَ إِلَيْهَا أَجْزَأَتْ عَنْكَ، فَإِنْ زِدْتَ فَهُوَ أَحْسَنُ.
- وفي رواية: " (قَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ: كُلُّ صَلاَةٍ يُقْرَأُ فِيهَا، فَمَا أَسْمَعَنَا رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم أَسْمَعْنَاكُمْ، وَمَا أَخْفَى عَلَيْنَا أَخْفَيْنَا عَلَيْكُمْ.) ".
- وفي رواية: " (قَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ: وَفِي كُلِّ صَلاَةٍ قُرْآنٌ، فَمَا أَسْمَعَنَا رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم أَسْمَعْنَاكُمْ، وَمَا أَخْفَى مِنَّا أَخْفَيْنَاهُ مِنْكُمْ.) ".
- وفي رواية: " (كَانَ رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم يَؤُمُّنَا فِي الصَّلاَةِ، فَيَجْهَرُ وَيُخَافِتُ، فَجَهَرْنَا فِيمَا جَهْرَ فِيهِ، وَخَافَتْنَا فِيمَا خَافَتَ فِيهِ، فَسَمِعْتُهُ يَقُولُ: لاَ صَلاَةَ إِلاَّ بِقِرَاءَةٍ.) ".
- وفي رواية: " (قَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ: فِي كُلِّ صَلاَةٍ يُقْرَأُ، فَمَا أَسْمَعَنَا رَسُولُ اللهِ صلى الله عليه وسلم أَسْمَعْنَاكُمْ، وَمَا أَخْفَى عَنَّا أَخْفَيْنَا عَنْكُمْ، وَإِنْ لَمْ تَزِدْ عَلَى أُمِّ الْقُرْآنِ أَجْزَأَتْ، وَإِنْ زِدْتَ فَهُوَ خَيْرٌ.) ".
- وفي رواية: " (قَالَ أَبُو هُرَيْرَةَ: فِي كُلِّ صَلاَةٍ قِرَاءَةٌ، فَمَا أَسْمَعَنَا النَّبِيُّ صلى الله عليه وسلم أَسْمَعْنَاكُمْ، وَمَا أَخْفَى مِنَّا أَخْفَيْنَاهُ مِنْكُمْ، وَمَنْ قَرَأَ بِأُمِّ الْكِتَابِ فَقَدْ أَجْزَأَتْ عَنْهُ، وَمَنْ زَادَ فَهُوَ أَفْضَلُ.) ".
أخرجه عبد الرَّزَّاق (2743) عن ابن جريج. وفي (2746) عن الثوري، عن ابن أبي ليلى. و ((الحميدي)) ]] 990 قال: حدَّثنا سفيان، قال: حدَّثنا ابن جريج. و ((أحمد)) ]] 2/258 (7494) قال: حدَّثنا عبد الواحد الحداد، أبو عبيدة، حدَّثنا حبيب بن الشهيد. وفي 2/273 (7682) قال: حدَّثنا عبد الرزاق، وابن بكر، قالا: أَخْبَرنا ابن جريج. وفي 2/285 (7821) قال: حدَّثنا محمد بن بكر، حدَّثنا ابن جريج. وفي 2/301 (7993) قال: حدَّثنا محمد بن جعفر، سُئِلَ عَنْ قِرَاءَةِ الإِمَامِ فِي الصَّلاَةِ، قال: حدَّثنا شعبة، عن أبي محمد. وفي 2/308 (8062) قال: حدَّثنا عبد الرزاق، قال: أَخْبَرنا سفيان، عن ابن أبي ليلى. وفي 2/342 (9709) قال: حدَّثنا وكيع، قال: حدَّثنا ابن أبي ليلى. وفي 2/343 (8506) و2/416 (9378) قال: حدَّثنا عفان، حدَّثنا حماد، عن قيس، وحبيب. وفي 2/348 (8568) قال: حدَّثنا محمد بن جعفر، حدَّثنا ابن جريج. وفي 2/411 (9319) قال: حدَّثنا محمد بن جعفر، قال: حدَّثنا سعيد، يعني ابن أبي عروبة، عن أبي محمد، أظنه حبيب بن الشهيد. وفي 2/435 (9614) قال: حدَّثنا يحيى، عن حبيب بن الشهيد. وفي 2/446 (9760) قال: حدَّثنا وكيع، عن هارون الثقفي. وفي 2/487 (10328) قال: حدَّثنا إسماعيل، وابن جعفر، قالا: حدَّثنا ابن جريج. و ((البُخاري)) ]] 772 قال: حدَّثنا مسدد، قال: حدَّثنا إسماعيل بن إبراهيم، قال: أَخْبَرنا إبن جريج. وفي ((القراءة خلف الإمام)) ]] 8 قال: حدَّثنا محمد بن يوسف، قال: حدَّثنا سفيان، عن ابن جريج.
وفي (13) قال: حدَّثنا موسى، قال: حدَّثنا حماد، عن قيس، وعمارة بن ميمون، وحبيب بن الشهيد. وفي (15) قال: حدَّثنا موسى، قال: حدَّثنا داود بن أبي الفرات، عن إبراهيم الصائغ. و ((مسلم)) ]] 812 قال: حدَّثنا عَمرو الناقد، وزهير بن حرب، قالا: حدَّثنا إسماعيل بن إبراهيم، أَخْبَرنا ابن حريج. وفي (813) قال: حدَّثنا يحيى بن يحيى، أَخْبَرنا يزيد، يعني ابن زريع، عن حبيب المعلم. و ((أبو داود)) ]] 797 قال: حدَّثنا موسى بن إسماعيل، حدَّثنا حماد، عن قيس بن سعد، وعمارة بن ميمون، وحبيب. و ((النَّسائي)) ]] 2/163، وفي ((الكبرى)) ]] 1043 قال: أَخْبَرنا محمد بن قدامة، قال: حدَّثنا جرير، عن رقبة. وفي 2/163، وفي ((الكبرى)) ]] 1044 قال: أَخْبَرنا محمد بن عبد الأعلى، قال: أنبأنا خالد، قال: حدَّثنا ابن جريج. و ((ابن خزيمة)) ]] 547 قال: حدَّثنا عبد الجبار بن العلاء العطار، أبو بكر، حدَّثنا سفيان، عن ابن جريج. و ((ابن حِبَّان)) ]] 1781 قال: أَخْبَرنا خالد بن النضر بن عمرو القرشي، بالبصرة، أبو يزيد العدل، قال: حدَّثنا عبد الواحد بن غياث، قال: حدَّثنا أبو عوانة، عن رقبة بن مسقلة. وفي (1853) قال: أَخْبَرنا محمد بن إسحاق بن خزيمة، قال: حدَّثنا عبد الجبار بن العلاء، قال: حدَّثنا سفيان، عن ابن جريج.
تسعتهم (ابن جريج، وابن أبي ليلى، وحبيب بن الشهيد، أبو محمد، وقيس بن سعد، وهارون الثقفي، وعمارة بن ميمون، وإبراهيم الصائغ، وحبيب المعلم، ورقبة بن مسقلة) عن عطاء بن أبي رباح، فذكره.
Intinya  hadis : “Apa yang Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam perdengarkan (keraskan) bacaannya kepada kami maka kamipun akan perdengarkan kepada kalian, dan apa yang Beliau sembunyikan (tidak mengeraskan bacaan) kepada kami, maka kamipun tidak mengeraskannya kepada kalian”.  Adalah dari Atha` bin Abi Rabah yang wafat  pd tahun 114 Hijriyah.
Dimasa sahabat tiada yang tahu hadis itu kecuali Abu Hurairah dan di masa tabiin  sekitar seratus tahun setelah Rasulullah shallahu alaihi wasallam wafat juga tidak ada yang tahu kecuali Atha`. Ini namanya tafarrud  fis sanad. Ini boleh dikatakan hadis munkar .
Abdul hay al luknowi berkata:
فكثيراً ما يطلقون النكارة على مجرَّد التَّفرُّد،
Sering kali mereka menyatakan  hadis munkar disebabkan tafarrud saja . ( satu perawi yang meriwayatkan bukan dua atau tiga ).
- كراهية المتقدمين لرواية الغريب:
كان المتقدمون من علماء الحديث يكرهون رواية الغرائب وما تفرد به الرواة، ويعدونه من شَرِّ الحديث، كما قال الإمام مالك رحمه الله: "شَرُّ العلم الغريبُ، وخيرُ العلم الظاهرُ الذي قد رواه الناس" 1،
Hukum hanya seorang perawi yang meriwayatkan  hadis.( tafarrud )
1.      Ulama hadis  dahulu tidak suka atau benci terhadap riwayat  gharib ( nyeleneh )
Ulama hadis dahulu benci  terhadap  terhadap riwayat – riwayat yang gharib ( nyeleneh )  dan  hadis yang  di riwayatkan   oleh seorang  perawi , lalu di anggap   sebagai  hadis yang  terjelek  sebagaimana  di katakan   oleh Imam Malik rahimahullah: Ilmu  terjelek  adalah  yang gharib  dan  ilmu yang  terbaik adalah  yang tampak yang di riwayatkan oleh manusia. ( banyak ).
 
Hadis  tsb yang  di buat pegangan bahwa shalat lohor dan Asar  termasuk shalat sirriyah  - shalat yang  bacaan qurannya   di pelankan, di bisik – bisikkan, tidak boleh di keraskan  seperti  shalat maghrib.  Pada hal hadisnya munkar, bukan sahih. Ia  diriwayatkan oleh Bukhari Muslim, sanadnya  sahih,  tapi karena tafarrud, dan tiada  tabiin yang  meriwayatkan kecuali atha` bin Abi Rabah, maka hadis tsb  di sebut tafarrud yang  menurut ulama  ahli hadis dulu munkar.
Ia hadis  maukuf, hanya Abu Hurairah yang  berkata, lalu bagaimana bisa di katakan sahih yang  bisa dibuat pegangan. Hadis maukuf ini tidak boleh dibuat pegangan. Bila  di buat pegangan maka menyalahi kaidah. Bukan Rasulullah shallahu alaihi wasallam yang  berkata, tapi Abu Hurairah. Dan perkataan Abu Hurairah kali ini  tidak sesuai dengan fakta perbuatan Rasulullah shallahu alaihi wasallam. Kapan Rasulullah shallahu alaihi wasallam pernah membaca al quran dengan samar dalam shalat lohor dan Asar. Tiada hadis yang  menjelaskan seperti itu.
Saya belum menjumpai hadis  yang  menjelaskan bahwa  Rasulullah shallahu alaihi wasallam menjalankan shalat  lohor dan Asar dengan bacaan  al quran yang  berbisik atau  tidak di suarakan.

Mau nanya hubungi kami:
088803080803( Smartfren). 081935056529 (XL ) 

Jumat, Januari 29, 2016

Urutan Nabi Diubah, Nabi Isa Menjadi Nabi Terakhir


TukangGosip.Com - Di buku kelas V SD Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang beredar di wilayah Kabupaten Padang Lawas Utara (Paluta), Sumatera Utara dinilai menyesatkan. Sejumlah orang tua atau wali murid yang anak-anaknya bersekolah di tingkat Sekolah Dasar (SD) mulai resah dan mengecam beredarnya buku tersebut.
Dalam buku yang diterbitkan oleh penerbit Grafindo Media Pratama dan yang disusun oleh Fauzi Abdul Ghofur dan Masyhudi tersebut, pada halaman 86 disebutkan bahwa urutan nama-nama Rasul Allah tertulis bahwa nabi urutan terakhir adalah Isa AS dan Nabi Muhammad SAW adalah nabi di urutan yang ke-13.

Perwakilan dari salah satu orang tua siswa, Pak Dasopang (48) yang menemukan kejanggalan dari buku ini mengatakan, kesalahan pada buku tersebut diketahuinya setelah anaknya yang duduk di kelas V SD sedang menghapalkan nama-nama Nabi & Rasul Allah sesuai dengan urutannya.

Dia sangat terkejut saat anaknya yang duduk di kelas V SD itu menyebutkan bahwa Nabi Muhammad SAW berada di urutan ke-13. Ketika anaknya ia tegur atas kesalahan itu, anaknya menjawab bahwa itu sesuai dengan apa yang ada di dalam buku pelajaran mereka.

“Itu sangat menyesatkan, saya mengetahuinya waktu anak saya menghapalkan nama-nama nabi. Saya terkejut waktu ia menyebutkan bahwa nabi di urutan ke-13 adalah Rasulullah Muhammad SAW. Waktu saya tegur, ia bilang hal itu sesuai dengan yang ada di buku agamanya. Ketika saya lihat, memang benar, dalam buku tersebut tertulis bahwa Nabi Muhammad berada di urutan yang ke-13. Apa tidak sesat namanya itu,” ungkapnya.

Sebagai orang tua siswa, dirinya sangat mengecam atas penerbitan buku tersebut yang dinilai bisa menimbulkan kesesatan. Sebab, dipelajari oleh anak di tingkat Sekolah Dasar / SD yang masih memiliki nalar pendidikan agama cukup rendah.

Sebab itu, dia sangat berharap agar pemerintah secepatnya menarik buku pelajaran tersebut dari peredaran dan memberikan sanksi yang tegas kepada penerbitnya, sebelum buku tersebut memberikan pengajaran yang sesat kepada anak-anak generasi muda di Sumatra.

“Tolong pemerintah menarik buku itu dari peredaran secepatnya. Karena murid setingkat SD belum mampu menilai secara teliti muatan yang terdapat dalam buku itu. Sehingga apapun yang diajarkan dalam buku itu, akan mereka terima secara mentah-mentah tanpa melalui analisa panjang,” ungkapnya.

Sementara itu, Fadhlansyah Siregar S. Ag, Kepala SD Negeri 101330 Sidingkat, Kecamatan Padang Bolak, ketika ditanyakan terkait buku tersebut mengaku, dia juga sudah mendapatkan informasi tentang beredarnya buku pelajaran agama yang dinilai sangat menyesatkan tersebut. Namun, katanya, hingga saat ini, ia belum pernah melihat langsung buku tersebut. Sebab, di sekolah yang ia pimpin menggunakan yang dikeluarkan oleh perusahaan penerbit yang berbeda.

Senada disampaikan Kepala sekolah SD Negeri 101080 Gunung Tua Masnurillah Harahap S.Pd. Ia pun mengaku sudah mendapatkan kabar tentang adanya peredaran buku Agama Islam yang menyebutkan urut-urutan Nabi, dengan Nabi Muhammad SAW berada di urutan ke-13 dan jelas hal itu merupakan kesalahan besar.

Selain itu, terkait adanya buku itu, pihak di sekolahnya tidak menggunakan buku Agama Islam dari penerbit Grafindo Media Pratama, akan tetapi dari penerbit Yudhistira.

“Memang ada infonya begitu, tapi sekolah kami tidak menggunakan buku terbitan Grafindo Media Pratama,” sebutnya.

Terpisah, Kakan Kemenag Paluta Drs H Azaman Harahap melalui Kasi Pendidikan Agama Islam Baikuni Harahap saat dikonfirmasi melalui selulernya mengatakan, pihaknya juga sudah mendengar tentang informasi tentang buku tersebut. Namun sampai saat ini, pihaknya belum pernah melihatnya secara langsung.

Meskipun begitu, ia berjanji bahwa pihaknya akan segera menindak lanjuti hal tersebut dengan secepatnya melakukan koordinasi dengan Dinas Pendidikan Paluta. Sementara itu, Kadis Pendidikan Paluta Drs Umar Pohan melalui pesan singkatnya membenarkan adanya informasi terkait adanya buku pelajaran Agama Islam yang dinilai bisa menyesatkan.

Namun, ia mengakui belum pernah melihat buku itu sama sekali. Meski begitu, jika memang ada buku pelajaran Agama Islam yang menyimpang, pihaknya akan segera menariknya dari seluruh sekolah.

Rabu, Januari 27, 2016

Fakta Misterius Di Agama Majusi Rafidhah - Syiah


 



Inilah Iran negeri Majusi penyembah Khomeini Al Majusi, mengeksekusi kaum Sunni tanpa ampun setiap tahunnya :
1. Thn 2007 mengeksekusi lebih 315 jiwa.
2. Thn 2008 mengeksekusi 360 jiwa.
3. Thn 2009 mengeksekusi 388 jiwa.
4. Thn 2010 mengeksekusi 252 jiwa.
5. Thn 2011 mengeksekusi 360 jiwa.
6. Thn 2012 mengeksekusi 314 jiwa.
7. Thn 2013 mengeksekusi 624 jiwa.
8. Thn 2014 mengeksekusi 743 jiwa.
9. Thn 2015 mengeksekusi 753 jiwa.
📭 Sumber Grup WA عليكم بالأكابر Maroko

Tobatku dari bid`ah dengan nulis buku



Mau nanya hubungi kami:
088803080803( Smartfren). 081935056529 (XL ) 

Daftar Buku - buku karyaku


Komentar: 
Jug ada buku karya orang lain  spt Kiyai Afrahi  dan Bapak Bukhari - salah  satu mustasyar NU  di cabang NU 



Mau nanya hubungi kami:
088803080803( Smartfren). 081935056529 (XL )  

Minggu, Januari 24, 2016

Salafi Maz'um Keras terhadap Para Dai tapi Toleran terhadap Thaghut



Salafi Maz'um Keras terhadap Para Dai tapi Toleran terhadap Thaghut

BEKASI (voa-islam.com) - Anggota Dewan Syuro Jum’iyyah An Najat, ustadz Achmad Rofi’i menyampaikan sebuah fenomena adanya kelompok yang begitu keras terhadap kaum muslimin sendiri namun begitu toleran terhadap para thaghut. Ia menyebutnya khawarij ‘alad du’ah wa murjiah ma’at thughah (khawarij kepada para da’i dan murjihah terhadap para thaghut).
Hal itu disampaikan oleh ustadz Achmad Rofi’i saat menjadi salah satu pembicara dalam acara bedah buku “Mengenal dan Mewaspadai Kesesatan Neo Murjiah” di Masjid Islamic Center Bekasi Jl. Ahmad Yani No. 22 Kota Bekasi.
Sikap keras tadi begitu diterapkan oleh mereka yang mengaku-ngaku dirinya sebagai salafi (salafi maz’um), sehingga dengan mudah memvonis orang lain sebagai ahlul bid’ah, sebagaimana dijelaskan ustadz Achmad Rofi’i.
“Maksud khawarij ‘alad du’ah itu, khawarij kan kalau orang berdosa langsung divonis kafir. Nah, mereka terapkan itu kepada para da’i, kepada para ustadz yang tidak sama dengan mereka. Jadi kalau ada ustadz atau para da’i yang tidak sepemikiran dengan mereka langsung oleh mereka dikeluarkan dari Islam, mereka sebut ahlul bid’ah, fasiq, tidak patut belajar pada mereka, seperti halnya khawarij tadi,” ujarnya kepada voa-islam.com, disela-sela acara bedah buku, Ahad (25/11/2012).
...Jadi kalau dengan orang yang jelas penyimpangan dengan syariat Islam mereka diam, tapi kalau dengan saudaranya mereka mengatakan; laisa minna
Di sisi lain, kelompok salafi maz’um justru menyikapi para thaghut yang jelas tidak menerapkan syariat dan mengganti hukum Allah dengan begitu toleran.
Murjiah ma’at thughah, sudah jelas hukumnya bukan hukum Allah, tidak menerapkan syariat, tidak bertauhid, tapi mereka mendiamkan, menangguhkan itu kan murjiah namanya. Jadi kalau dengan orang yang jelas penyimpangan dengan syariat Islam mereka diam, tapi kalau dengan saudaranya mereka mengatakan; laisa minna (bukan dari kalangan kita),” ungkap alumnus fakultas hadits universitas Islam Madinah, Arab Saudi tersebut.
Bahkan, ustadz Achmad Rofi’i yang menghabiskan waktu bertahun-tahun untuk menuntut ilmu kepada para masyayikh di Arab Saudi pun kerap dituding telah keluar dari manhaj salaf.
Jika kelompok yang mengaku sebagai salafi (salafi maz'um) ini terus bersikap demikian, maka wajar jika banyak orang mempertanyakan, seperti inikah akhlak salafus shalih? [Ahmed Widad]

Yusril Pernah Ditawari Modal untuk Jadi Presiden, Syaratnya Wakil Harus Tionghoa Non-muslim



Yusril Pernah Ditawari Modal untuk Jadi Presiden, Syaratnya Wakil Harus Tionghoa Non-muslim

JAKARTA (voa-islam.com)--Ketua Umum DPP Partai Bulan Bintang (PBB) Yusril Ihza Mahendra mengaku pernah mendapat tawaran modal dana untuk mencalonkan diri menjadi presiden dengan syarat wakilnya adalah dari kalangan Tionghoa non-muslim.
Namun, tawaran itu ia tolak. Yusril beralasan Indonesia haruslah dipimpin oleh seorang Muslim yang pribumi.
“Ada seorang etnik Tionghoa menawarkan kepada saya. Berapa biaya untuk jadi presiden? Asalkan wakilnya dari golongan Tionghoa,” ujar Yusril pada satu kesempatan di forum diskusi di kantor DPP PBB, Jakarta Selatan, baru-baru ini.
Selain itu, untuk masalah menjadi presiden, dia mengaku selalu bertawakal kepada AllahSubhanahu wa Ta’ala.
“Urusan presiden itu urusan Allah lah. Kita selalu berdoa, bagi saya kalau akan membawa manfaat untuk kepentingan umat, berikanlah. Kalau menimbulkan mudarat jangan. Itu saja doa saya,” ungkap Yusril.* [Nizar/Syaf/voa-islam.com]

Komentarku ( Mahrus ali ):
Kaum Muslimin  harus di pimpin sesama muslim sebagaimana  kafirin Amrik tidak mau dipimpin muslim. Mereka anti pati  di gagahi pemimpin muslim. Mereka berupaya  sekuat mungkin  untuk mengangkat kafir menjadi pemimpinnya.
Alangkah malangnya  bila  kaum Muslimin  Indonesia ini kehilangan identitas islamnya lalu memilih pemimpin kafir atas kehendaknya sendiri, tanpa paksaan . Ber arti karakter manusia tanpa agama  telah hinggap di lubuk hati mereka. Mestinya  berusaha  sekuat mungkin untuk menghalangi terpilihnya pemimpin yang  kafir , munafik dan syi`ah. Ingatlah ayat:
يَاأَيُّهَا الَّذِينَ ءَامَنُوا لاَ تَتَّخِذُوا الْكَافِرِينَ أَوْلِيَاءَ مِنْ دُونِ الْمُؤْمِنِينَ أَتُرِيدُونَ أَنْ تَجْعَلُوا لِلَّهِ عَلَيْكُمْ سُلْطَانًا مُبِينًا(144)
Hai orang-orang yang beriman, janganlah kamu mengambil orang-orang kafir menjadi wali dengan meninggalkan orang-orang mu'min. Inginkah kamu mengadakan alasan yang nyata bagi Allah (untuk menyiksamu)?  Larangan memilih orang kafir  NIsa 144

Kesyirikan dlm Istighosah




Jawabanku untuk Mahesa .

Saya jawab yang  penting saja. Bila ingin  detil tulisan Mahesa , lihat disini:

Mahesa Gilang Cempaka menulis:
Kang Mahrus Mknu
1. Ayat Yauma la yanfa'udz dzalimiina (surat Al Mukmin 52) itu ditujukan kepada orang2 dzalim yang telah membunuh nabi nabi, mengapa anda pakai untuk orang yang membaca istighotsah

Komentarku ( Mahrus ali ):
Bgmn anda bisa menyatakan bahwa ayat 52 Ghafir hanya  untuk pembunuh nabi – nabi.
Itu sangat  sempit pemahamanmu, berpikirlah yang  luas dan sesuai  dengan pengertian kalimatnya. Dhalimin  disitu  untuk  pembunuh nabi dan lainnya   termasuk musyrikin. Lihat di tafsir Ibnu Katsir sbb:
تفسير ابن كثير ت سلامة (7/ 151)
وَيَوْمَ يَقُومُ الأشْهَادُ يَوْمَ لَا يَنْفَعُ الظَّالِمِين} ، وَهُمُ الْمُشْرِكُونَ {مَعْذِرَتُهُم}
Komentarku ( Mahrus ali ):
Ibn Katsir menyatakan  bahwa  dhalimin dsitu  orang – orang syirik.
Di ayat lain juga di jelaskan:

إِنَّ الشِّرْكَ لَظُلْمٌ عَظِيمٌ

sesungguhnya mempersekutukan (Allah) adalah benar-benar kezaliman yang besar"[1]

Jadi orang yang  beristighosah termasuk menjalankan kesyirikan dan termasuk melakukan kezhaiman yang  agung. Jadi bukan orang yang bertauhid menurut al quran , sekalipun menurut ahli bid`ah, mereka adalah bertauhid. Ingat ayat ini:
ذَلِكُمْ بِأَنَّهُ إِذَا دُعِيَ اللَّهُ وَحْدَهُ كَفَرْتُمْ وَإِنْ يُشْرَكْ بِهِ تُؤْمِنُوا فَالْحُكْمُ لِلَّهِ الْعَلِيِّ الْكَبِيرِ
Yang demikian itu adalah karena kamu kafir apabila Allah saja yang dimintai . Dan kamu percaya apabila Allah dipersekutukan, maka putusan (sekarang ini) adalah pada Allah Yang Maha Tinggi lagi Maha Besar. ( 12 Ghofir ) .


Lalu anda bilang :
mengapa anda pakai untuk orang yang membaca istighotsah”

Saya jawab :
Dlm istighosah terdapat kesyirikan sebagaimana keterangan saya yang lalu. Baca lagi disana.
Sholawat tersebut di katakan syirik karena minta – minta kepada Rasulullah SAW waktu kesulitan  sebagaimana  di kisahkan dalam ayat :
ذَلِكُمُ اللَّهُ رَبُّكُمْ لَهُ الْمُلْكُ وَالَّذِينَ تَدْعُونَ مِنْ دُونِهِ مَا يَمْلِكُونَ مِنْ قِطْمِيرٍ
Yang (berbuat) demikian Allah Tuhanmu, kepunyaan-Nyalah kerajaan. Dan orang-orang yang kamu seru (sembah) selain Allah tiada mempunyai apa-apa walaupun selobang biji kurma. [1]
إِنْ تَدْعُوهُمْ لَا يَسْمَعُوا دُعَاءَكُمْ وَلَوْ سَمِعُوا مَا اسْتَجَابُوا لَكُمْ وَيَوْمَ الْقِيَامَةِ يَكْفُرُونَ بِشِرْكِكُمْ وَلَا يُنَبِّئُكَ مِثْلُ خَبِيرٍ

Jika kamu menyeru mereka, mereka tiada mendengar seruanmu; dan kalau mereka mendengar, mereka tidak dapat memperkenankan permintaanmu. Dan di hari kiamat mereka akan mengingkari kemusyrikanmu dan tidak ada yang dapat memberikan keterangan kepadamu sebagai yang diberikan oleh Yang Maha Mengetahui [2]

Keterangan lebih detil lihat disini:

Bila dlm  istighosah terdapat  wiridan syirik itu , mengapa tidak boleh di katakan bahwa ia syirik. Apakah kita katakan minta – minta pada Rasul  itu di anjurkan? Bukan syirik ?
Orang yang membaca kalimat syirik hrs di katakan musrik, tidak boleh dikatakan orang  yang bertauhid lagi.




Mahesa Gilang Cempaka menulis:
Anda memperingatkan bahwa saudara Baim As-syieff agar jangan ngawur, apakah anda tidak merasa ngawur ketika mengambil potongan ayat tersebut untuk dituduhkan kepada sesama muslim yang bersyahadat hanya karena dia melakukan istighotsah ?
Komentarku ( Mahrus ali ):
Mana yang ngawur ? Saya katakan orang yang melakukan istighosah syirik , karena di dalamnya ada bacaan syirik itu . Apakah minta – minta pada mayat itu tidak syirik ? Mana dalilnya ?
Saya tidak mengambil  dengan motong ayat, tapi satu ayat lengkap. Jangan dusta. Boleh dilihat di surat Ghofir 52.
Ayat itu  digunakan  untuk semuanya, baik muslim yang ber istighosah  atau  melakukan ritual ahli bid`ah yang   syirik atau kafir , sekalipun  muslimnya bersahadat. Hal  itu  spt muslim bersahadat tp menyembah berhala, tetap dikatakan musrik. 





.Anda menyatakan:
Apakah anda melupakan surat Az Zumar 53 yang kita imani bersama ini ?


قُلْ يَا عِبَادِيَ الَّذِينَ أَسْرَفُوا عَلَى أَنفُسِهِمْ لَا تَقْنَطُوا مِن رَّحْمَةِ اللَّهِ إِنَّ اللَّهَ يَغْفِرُ الذُّنُوبَ جَمِيعًا إِنَّهُ هُوَ الْغَفُورُ الرَّحِيمُ


Katakanlah: "Hai hamba-hamba-Ku yang melampaui batas terhadap diri mereka sendiri, janganlah kamu berputus asa dari rahmat Allah. Sesungguhnya Allah mengampuni dosa-dosa semuanya. Sesungguhnya Dialah Yang Maha Pengampun lagi Maha Penyayang.

Komentarku ( Mahrus ali ):
Saya hrs ingat ayat itu. Tp dengan ayat itu , saya anjurkan kepada pengikut istighosah  untuk bertobat dari kesyirikan yang saya sebutkan itu.


Mahesa Gilang Cempaka .
Lagipula, sangat berbeda orang yang tidak paham terhadap bacaan suatu teks istighotsah DENGAN orang yang berpura pura tidak paham bahwa mencuri itu salah didepan polisi. Itu sih namanya dalih belaka kalau tidak tahu mencuri itu pidana.

Komentarku ( Mahrus ali ):
Paham atau   tidak paham terhadap arti sholawat syirik dlm istighosah itu, maka  di akhirat pelakunya  tidak bisa ber alasan karena mulut mereka  sudah di kunci lihat ayat  sbb:
الْيَوْمَ نَخْتِمُ عَلَى أَفْوَاهِهِمْ وَتُكَلِّمُنَا أَيْدِيهِمْ وَتَشْهَدُ أَرْجُلُهُمْ بِمَا كَانُوا يَكْسِبُونَ
Pada hari ini Kami tutup mulut mereka; dan berkatalah kepada Kami tangan mereka dan memberi kesaksianlah kaki mereka terhadap apa yang dahulu mereka usahakan.[2]
Bila mulut sudah di kunci bagaimana  bisa ber alasan. Kalau ber alasan, maka alasannya di tolak sebagaimana ayat:

يَوْمَ لَا يَنْفَعُ الظَّالِمِينَ مَعْذِرَتُهُمْ وَلَهُمُ اللَّعْنَةُ وَلَهُمْ سُوءُ الدَّارِ
(yaitu) hari yang tiada berguna bagi orang-orang zalim permintaan maafnya dan bagi merekalah la`nat dan bagi merekalah tempat tinggal yang buruk.[3]
فَيَوْمَئِذٍ لَا يَنْفَعُ الَّذِينَ ظَلَمُوا مَعْذِرَتُهُمْ وَلَا هُمْ يُسْتَعْتَبُونَ
Maka pada hari itu tidak bermanfaat (lagi) bagi orang-orang yang zalim permintaan uzur mereka, dan tidak pula mereka diberi kesempatan bertaubat lagi.[4]

Mengapa  didunia mereka tidak belajar atau bertanya kepada orang yang  paham tentang  tauhid , sunnah  dan dalil yang  sahih.

Anda menyatakan :

 Bandingkan kalimat ini,
1. "Saya tidak paham bahasa Arab, pak. Bahwa menurut Kang Mahrus Mknu bacaan itu Syirik. Menurut yang lain tidak kok. Yang paling benar siapa ya, pak ?
2. "Saya tidak tau, pak, kalau mencuri itu perbuatan salah". Mana ada di dunia ini orang tidak paham bahwa mencuri itu salah sedangkan itu sudah menjadi aksiomatika (kebenaran umum yang sudah diketahui oleh hati).

Komentarku ( Mahrus ali ):
Ya, memang beda, tp  sama dlm hal alasan  di tolak.
Anda menyatakan :

"Saya tidak paham bahasa Arab, pak. Bahwa menurut Kang Mahrus Mknu bacaan itu Syirik. Menurut yang lain tidak kok. Yang paling benar siapa ya, pak ?

Komentarku ( Mahrus ali ):
Trus bgmn ? orang yang baca syirik yang tidak tahu itu akan berlasan di akhirat ? lalu di masukkan ke surga ?  Jls  di tolak. Bila di terima mana ayatnya ?
Sebetulnya persoalannya  mudah sekali, jangan ikuti ritual kebid`ahan spt istighosah   maka akan  selamat dari kesyirikan  dan mengikuti hadis  yang populer :
مَنْ أَحْدَثَ فِي أَمْرِنَا هَذَا مَا لَيْسَ مِنْهُ فَهُوَ رَدٌّ
Barang siapa mengada-ngadakan sesuatu dalam urusan agama yang tidak terdapat dalam agama maka dengan sendirinya tertolak  [5]  ( Bila  ingin amal perbuatan di terima lakukan amalan yang berdalil .   



[1] luqman 13 )
[2] Yasin 65
[3]  Ghofir 52
[4] Arrum 57
[5] HR Bukhori / Salat / 2499. Muslim / Aqdliah / 3242. Abu dawud/Sunnah / 3990. Ibnu Majah / Muqaddimah /14. Ahmad / 73,146,180,240,206,270/6

Sabtu, Januari 23, 2016

Shalat lohor yang salah



Dasar dan landasan shalat zuhur dan Asar sebagai  shalat jahriyah ( yang bacaan  qurannya di suarakan ) , bukan shalat sirriyah ( yang  bacaan qurannya  seperti berbisik – bisik )  adalah hadis – hadis sbb: 
قَالَ ابْنُ الصَّبَّاحِ حَدَّثَنَا هُشَيْمٌ أَخْبَرَنَا أَبُو بِشْرٍ عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ عَنْ ابْنِ عَبَّاسٍ فِي قَوْلِهِ عَزَّ وَجَلَّ
{ وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا }  قَالَ نَزَلَتْ وَرَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مُتَوَارٍ بِمَكَّةَ فَكَانَ إِذَا صَلَّى بِأَصْحَابِهِ رَفَعَ صَوْتَهُ بِالْقُرْآنِ فَإِذَا سَمِعَ ذَلِكَ الْمُشْرِكُونَ سَبُّوا الْقُرْآنَ وَمَنْ أَنْزَلَهُ وَمَنْ جَاءَ بِهِ فَقَالَ اللَّهُ تَعَالَى لِنَبِيِّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ  { وَلَا تَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ } فَيَسْمَعَ الْمُشْرِكُونَ قِرَاءَتَكَ
{ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا } عَنْ أَصْحَابِكَ أَسْمِعْهُمْ الْقُرْآنَ وَلَا تَجْهَرْ ذَلِكَ الْجَهْرَ
{ وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلًا }يَقُولُ بَيْنَ الْجَهْرِ وَالْمُخَافَتَةِ
(MUSLIM - 677) : Berkata Ibnu ash-Shabbah, telah menceritakan kepada kami Husyaim telah mengabarkan kepada kami Abu Bisyr dari Sa'id bin Jubair dari Ibnu Abbas tentang firmanNya, "Dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu, dan janganlah pula merendahkannya." Dia berkata, "Ayat ini turun ketika Rasululah shallallahu 'alaihi wasallam berdakwah secara sembunyi-sembunyi di Makkah. Beliau apabila shalat mengimami para sahabatnya maka beliau mengangkat suaranya dengan bacaan al-Qur'an. Sedangkan kaum musyrikin apabila mendengar hal tersebut maka mereka mencela al-Qur'an, dan yang menurunkannya (Allah dan Jibril), dan yang membawanya (Muhammad). Maka Allah berfirman kepada nabiNya Shallallahu'alaihiwasallam, 'Janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu sehingga orang-orang musyrik mendengar bacaanmu dan janganlah kamu merendahkannya dari para sahabatmu. Perdengarkanlah al-Qur'an kepada mereka, dan janganlah kamu mengeraskannya sekeras-kerasnya, dan usahakanlah jalan pertengahan antara hal tersebut.' Dia berkata, 'Antara keras dan pelan'."
سنن البيهقى - دار الباز (2/ 195)
رواه البخاري في الصحيح عن حجاج بن منهال ورواه مسلم عن محمد بن الصباح
Intinya hadis tsb muttafaq alaih. Tidak diperkenankan dalam shalat membaca al quran dengan berbisik , tapi harus di suarakan hingga di dengar oleh makmum.
Bila dibaca dengan berbisik , maka melanggar ayat sbb.
وَلَاتَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلًا
dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya (seperti orang berbisik )  dan carilah jalan tengah di antara kedua itu"[1]

Jadi bacaan Al quran di pelankan dalam salat jelas di larang oleh Allah dalam ayat tsb, bukan diperintahkan.  Saya tidak mengetahui apakah sah salat semacam itu ? karena  tidak sesuai dengan aturan Allah  , cocok  dengan kehendak nafsu orang banyak. Bacaan al quran dalam salat  lohor dan Asar di keraskan karena ada hadis sbb :
Abu Qatadah  ra berkata :
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى الله عليه وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ مِنْ صَلَاةِ الظُّهْرِ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَسُورَتَيْنِ يُطَوِّلُ فِي الْأُولَى وَيُقَصِّرُ فِي الثَّانِيَةِ وَيُسْمِعُ الْآيَةَ أَحْيَانًا وَكَانَ يَقْرَأُ فِي الْعَصْرِ بِفَاتِحَةِ الْكِتَابِ وَسُورَتَيْنِ وَكَانَ يُطَوِّلُ فِي الْأُولَى وَكَانَ يُطَوِّلُ فِي الرَّكْعَةِ الْأُولَى مِنْ صَلَاةِ الصُّبْحِ وَيُقَصِّرُ فِي الثَّانِيَةِ
Nabi saw,  membaca  dalam  dua rakaat pertama salat lohor dengan  surat Fatihah dan dua surat . Beliau memanjangkan  rakaat pertama  dan yang kedua lebih pendek, terkadang  kita mendengar ayatnya. Beliau juga membaca dalam  salat Asar dengan fatihah dan dua surat. Rakaat pertama beliau panjang dan  beliau juga memanjangkan rakaat pertama salat Subuh dan rakaat keduanya agak pendek [2]
Menurut riwayat Bukhori yang  lain tanpa terkadang Nabi saw membaca dengan keras ,terkadang tidak ………………..  tapi  di pastikan bacaan Nabi saw dengan keras agar makmum terdengar . Dan bagaimanakah bisa di ketahui oleh kita ( para sahabat )bahwa Rasulullah saw membaca dua surat dan fatehah  bila  beliau membacanya dengan samar .
وَيُسْمِعُنَا الْآيَةَ وَيُطَوِّلُ فِي الرَّكْعَةِ الْأُولَى مَا لَا يُطَوِّلُ فِي الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ وَهَكَذَا فِي الْعَصْرِ وَهَكَذَا فِي الصُّبْحِ *
Rasulullah saw membaca ayat ( bukan berbisik ) , dan rakaat pertama  di panjangkan  tidak sebagaimana  dirakaat kedua . Demikian pula apa yang beliau lakukan  waktu Subuh. [3]
Dan masih banyak hadis muttafaq alaih yang menyatakan bahwa Nabi saw membaca surat dalam salat lohor dan Asar dengan suara keras ( maksudnya  sedang , bukan berbisik seperti orang sekarang ).

وَرُوِي عَنْ عُمَرَ أَنَّهُ كَتَبَ إِلَى أَبِي مُوسَى أَنِ اقْرَأْ فِي الظُّهْرِ بِأَوْسَاطِ الْمُفَصَّلِ وَرَأَى بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ أَنَّ الْقِرَاءَةَ فِي صَلَاةِ الْعَصْرِ كَنَحْوِ الْقِرَاءَةِ فِي صَلَاةِ الْمَغْرِبِ يَقْرَأُ بِقِصَارِ الْمُفَصَّلِ
Di riwayatkan dari Umar ra bahwa beliau kirim surat kepada Abu Musa agar membaca surat Al Mufasshol yang pertengahan dalam  shalat lohor  . Sebagian ahlil ilmi berpendapat bahwa bacaan dalam salat Asar  sebagaimana   bacaan dalam salat Maghrib ya`ni membaca  al mufasshol yang pendek – pendek [4]
Imam Bukhori membikin bab :
بَاب الْقِرَاءَةِ فِي الظُّهْرِ *
Bab : Bacaan  waktu lohor
بَاب الْقِرَاءَةِ فِي الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ *
Bab Bacaan waktu lohor dan Asar
Jabir  bin Samurah ra  berkata :
كَانَ النَّبِيُّ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الظُّهْرِ بِاللَّيْلِ إِذَا يَغْشَى وَفِي الْعَصْرِ نَحْوَ ذَلِكَ وَفِي الصُّبْحِ أَطْوَلَ مِنْ ذَلِكَ
 Waktu salat Dhohor , Nabi saw,   membaca  :  Wallaili idza  Yaghsya  , salat Asar  membaca surat yang mirip dengannya  . Waktu salat Subuh , beliau membaca  surat  yang lebih panjang lagi [5]
Bagaimanakah orang mengetahui bahwa Rasulullah saw membaca surat tsb bila di pelankan atau dibaca sebagaimana  orang berbisik.  Jabir bin Samurah ra berkata :
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقْرَأُ فِي الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ بِالسَّمَاءِ ذَاتِ الْبُرُوجِ وَالسَّمَاءِ وَالطَّارِقِ وَشِبْهِهِمَا
Sesungguhnya    Rasulullah  saw,   dim salat  Dhohor membaca   ِالسَّمَاءِ ذَاتِ الْبُرُوجِ وَالسَّمَاءِ وَالطَّارِقِdan sesamanya.[6] Hadis hasan sahih,kata lmam Tirmizi.
عَنْ أَبِي مَعْمَرٍ قَالَ قُلْنَا لِخَبَّابٍ أَكَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّه  عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقْرَأُ فِي الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ قَالَ نَعَمْ قُلْنَا بِمَ كُنْتُمْ تَعْرِفُونَ ذَاكَ قَالَ بِاضْطِرَابِ لِحْيَتِهِ *
Dari Abu Ma`mar  berkata : kami bertanya kepada Khobbab  ,apakah Rasulullah saw membaca surat dalam salat lohor dan Asar ?
Beliau menjawab :” Ya “.
Kami bertanya  :” Dengan apa kamu mengetahui hal itu ? “.
Beliau menjawab : Dengan geraknya jenggot “. [7]
Ahmad bin Amar bin Abd Kholiq Al Bazzar  ,lahir 215 , wafat 292 berkata :
وهذا الحديث لا نعلم له طريقاً عن خباب إلا هذا الطريق ولا نعلم روى أبو معمر عن خباب إلا هذا الحديث
Kami tidak mengethui jalur hadis tsb dari Khobbab  kecuali jalur itu . dan kami tidak mengetahui Abu Ma`mar meriwayatkan  hadis dari Khobbab kecuali hadis itu [8]
Aku ( penulis ) berkata : Hadis tersebut nyeleneh dan bertentangan  dengan hadis muttafaq alaih yang menyatakan  Rasulullah saw membaca surat waktu lohor sebagaimana di jelaskan tadi.
Bahkan termasuk hadis munkar :
Abdul hay al luknowi berkata:
فكثيراً ما يطلقون النكارة على مجرَّد التَّفرُّد،
Sering kali mereka menyatakan  hadis munkar disebabkan tafarrud saja . ( satu perawi yang meriwayatkan bukan dua atau tiga ).
- كراهية المتقدمين لرواية الغريب:
كان المتقدمون من علماء الحديث يكرهون رواية الغرائب وما تفرد به الرواة، ويعدونه من شَرِّ الحديث، كما قال الإمام مالك رحمه الله: "شَرُّ العلم الغريبُ، وخيرُ العلم الظاهرُ الذي قد رواه الناس" 1،
Hukum hanya seorang perawi yang meriwayatkan  hadis.( tafarrud )
1.     Ulama hadis  dahulu tidak suka atau benci terhadap riwayat  gharib ( nyeleneh )
Ulama hadis dahulu benci  terhadap  terhadap riwayat – riwayat yang gharib ( nyeleneh )  dan  hadis yang  di riwayatkan   oleh seorang  perawi , lalu di anggap   sebagai  hadis yang  terjelek  sebagaimana  di katakan   oleh Imam Malik rahimahullah: Ilmu  terjelek  adalah  yang gharib  dan  ilmu yang  terbaik adalah  yang tampak yang di riwayatkan oleh manusia. ( banyak ).


Imam Thohawi berkata : Membaca disitu masih mungkin membaca tasbih , doa atau dzikir hingga jenggot  Rasulullah saw bergerak . 
قال عمر بن الخطاب أشبه صلاة الليل صلاة الهجير
Salat malam mirip dengan salat lohor  , kata Umar bin Al Khotthob [9]
Membaca al Quran dalam salat malam harus tartil sebagaimana ayat :
يَاأَيُّهَا الْمُزَّمِّلُ(1)قُمِ اللَّيْلَ إِلَّا قَلِيلًا(2)نِصْفَهُ أَوِ انْقُصْ مِنْهُ قَلِيلًا(3)أَوْ زِدْ عَلَيْهِ وَرَتِّلِ الْقُرْءَانَ تَرْتِيلًا
Hai orang yang berselimut (Muhammad), bangunlah ( qiyamullail  ) di malam hari, kecuali sedikit (daripadanya), (yaitu) seperduanya atau kurangilah dari seperdua itu sedikit, atau lebih dari seperdua itu. Dan bacalah Al Qur'an itu dengan perlahan-lahan.[10]
Bacaan tartil harus bersuara sedang ,tidak boleh seperti orang berbisik .
قال الحافظ ابن حجر رحمه الله :
" أول المفصل من ق إلى آخر القرآن على الصحيح ، وسمي مفصلا لكثرة الفصل بين سوره بالبسملة على الصحيح " انتهى ، باختصار يسير من "فتح الباري" (2/259) ، وينظر أيضا : "فتح الباري" (9/43) .
Al Hafudh Ibnu Hajar berkata: Permulaan  surat al mufasshal   mulai  dari Qaf  sampai ahir quran menurut pendapat yang  sahih. Di beri nama Mufasshal  karena banyak   dipisah dengan bismillah menurut pendapat yang  sahih.    Fathul bari 43/9. 
حَدَّثَنَا أَحْمَدُ بْنُ مَنِيعٍ حَدَّثَنَا يَزِيدُ بْنُ هَارُونَ أَخْبَرَنَا حَمَّادُ بْنُ سَلَمَةَ عَنْ سِمَاكِ بْنِ حَرْبٍ عَنْ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَقْرَأُ فِي الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ بِالسَّمَاءِ ذَاتِ الْبُرُوجِ وَالسَّمَاءِ وَالطَّارِقِ وَشِبْهِهِمَا
قَالَ وَفِي الْبَاب عَنْ خَبَّابٍ وَأَبِي سَعِيدٍ وَأَبِي قَتَادَةَ وَزَيْدِ بْنِ ثَابِتٍ وَالْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ أَبُو عِيسَى حَدِيثُ جَابِرِ بْنِ سَمُرَةَ حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ وَقَدْ رُوِيَ عَنْ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَنَّهُ قَرَأَ فِي الظُّهْرِ قَدْرَ تَنْزِيلِ السَّجْدَةِ وَرُوِيَ عَنْهُ أَنَّهُ كَانَ يَقْرَأُ فِي الرَّكْعَةِ الْأُولَى مِنْ الظُّهْرِ قَدْرَ ثَلَاثِينَ آيَةً وَفِي الرَّكْعَةِ الثَّانِيَةِ خَمْسَ عَشْرَةَ آيَةً وَرُوِي عَنْ عُمَرَ أَنَّهُ كَتَبَ إِلَى أَبِي مُوسَى أَنْ اقْرَأْ فِي الظُّهْرِ بِأَوْسَاطِ الْمُفَصَّلِ وَرَأَى بَعْضُ أَهْلِ الْعِلْمِ أَنَّ الْقِرَاءَةَ فِي صَلَاةِ الْعَصْرِ كَنَحْوِ الْقِرَاءَةِ فِي صَلَاةِ الْمَغْرِبِ يَقْرَأُ بِقِصَارِ الْمُفَصَّلِ وَرُوِي عَنْ إِبْرَاهِيمَ النَّخَعِيِّ أَنَّهُ قَالَ تَعْدِلُ صَلَاةُ الْعَصْرِ بِصَلَاةِ الْمَغْرِبِ فِي الْقِرَاءَةِ و قَالَ إِبْرَاهِيمُ تُضَاعَفُ صَلَاةُ الظُّهْرِ عَلَى صَلَاةِ الْعَصْرِ فِي الْقِرَاءَةِ أَرْبَعَ مِرَارٍ
(TIRMIDZI - 282) : telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Mani' berkata; telah menceritakan kepada kami Yazid bin Harun berkata; telah mengabarkan kepada kami Hammad bin Salamah dari Simak bin Harb dari Jabir bin Samrah berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dalam shalat zhuhur dan asar membaca WAS SAMA`I DZATUL BURUJ dan WAS SAMA`I WATH THARIQ dan yang serupa dengan keduanya." Ia berkata; "Dalam bab ini juga ada riwayat dari Khabbab, Abu Sa'id, Abu Qatadah, Zaid bin Tsabit dan Al Bara` bin 'Azib." Abu Isa berkata; "Hadits Jabir bin Samrah ini derajatnya hasan shahih.
Telah diriwayatkan dari Nabi shallallahu 'alaihi wasallam bahwa beliau pada shalat zhuhur membaca surat yang sebanding dengan surat Tanzil (As Sajadah). Dan diriwayatkan pula darinya bahwa Nabi shallallahu 'alaihi wasallam di rakaat pertama pada shalat zhuhur membaca sekadar tiga puluh ayat. Sedangkan pada rakaat kedua sekadar lima belas ayat. Dan diriwayatkan dari Umar, bahwa ia pernah surat kepada Abu Musa agar membaca ia membaca surat-surat yang sedang pada shalat zhuhur. Sedangkan sebagian ahli ilmu berpendapat, bahwa bacaan pada shalat asar seperti bacaan pada shalat maghrib, yakni membaca dengan surat-surat pendek. Telah diriwayatkan dari Ibrahim An Nakha'I bahwa ia berkata; "Bacaan pada shalat asar dan maghrib sebanding." Ibrahim berkata lagi, "Bacaan pada shalat zhuhur panjangnya empat kali dari shalat asar."
[حكم الالبانى] : حسن صحيح، صفة الصلاة // 94 //، صحيح أبي داود (767)
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ يَحْيَى وَأَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ جَمِيعًا عَنْ هُشَيْمٍ قَالَ يَحْيَى أَخْبَرَنَا هُشَيْمٌ عَنْ مَنْصُورٍ عَنْ الْوَلِيدِ بْنِ مُسْلِمٍ عَنْ أَبِي الصِّدِّيقِ
عَنْ أَبِي سَعِيدٍ الْخُدْرِيِّ قَالَ كُنَّا نَحْزِرُ قِيَامَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ فِي الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ فَحَزَرْنَا قِيَامَهُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ مِنْ الظُّهْرِ قَدْرَ قِرَاءَةِ الم تَنْزِيلُ السَّجْدَةِ وَحَزَرْنَا قِيَامَهُ فِي الْأُخْرَيَيْنِ قَدْرَ النِّصْفِ مِنْ ذَلِكَ وَحَزَرْنَا قِيَامَهُ فِي الرَّكْعَتَيْنِ الْأُولَيَيْنِ مِنْ الْعَصْرِ عَلَى قَدْرِ قِيَامِهِ فِي الْأُخْرَيَيْنِ مِنْ الظُّهْرِ وَفِي الْأُخْرَيَيْنِ مِنْ الْعَصْرِ عَلَى النِّصْفِ مِنْ ذَلِكَ وَلَمْ يَذْكُرْ أَبُو بَكْرٍ فِي رِوَايَتِهِ الم تَنْزِيلُ وَقَالَ قَدْرَ ثَلَاثِينَ آيَةً
(MUSLIM - 687) : Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Yahya dan Abu Bakar bin Abi Syaibah semuanya meriwayatkan dari Husyaim berkata Yahya, telah mengabarkan kepada kami Husyaim dari Manshur dari al-Walid bin Muslim dari Abu ash-Shiddiq dari Abu Sa'id al-Khudri dia berkata, "Kami memperkirakan (kadar waktu) berdirinya Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dalam shalat zhuhur dan ashar. Maka kami memperkirakannya dalam dua rakaat pertama dari shalat zhuhur sekitar bacaan alim lam mim tanzil (yaitu surat as-Sajdah), dan kami memperkirakan waktu berdirinya beliau pada dua rakaat lainnya sekitar setengah dari hal tersebut. Dan kami memperkirakan berdirinya beliau pada dua rakaat pertama shalat ashar setengah dari hal tersebut." Dan Abu Bakar tidak menyebutkan dalam riwayatnya alif lam mim tanzil (yaitu surat as-Sajdah), namun dia mengatakan sekitar tiga puluh ayat.
Bila surat – surat tsb di baca  oleh Rasulullah shallahu alaihi wasallam dalam shalat  lohor dan Asar dengan berbisik  sebagaimana  orang sekarang, maka para sahabat  tidak bisa bercerita seperti itu. Di beri  tahu  surat yang  di baca  oleh Rasulullah shallahu alaihi wasallam  dalam shalat  lohor dan Asar menunjukkan  bahwa surat tsb di baca dengan bersuara dan para makmum mendengar. Kalau dibaca dengan berbisik, maka para  sahabat  tidak akan bisa menunjukkan nama suratnya.
Bila kita membaca surat al quran di waktu shalat lohor dan Asar dengan berbisik , kita akan bertentangan  dengan  hadis  - hadis  sahih di atas. Kita akan termasuk menjalankan  kebid`ahan dalam  shalat. Kita akan bertentangan dengan ayat al isra`  110
وَلَاتَجْهَرْ بِصَلَاتِكَ وَلَا تُخَافِتْ بِهَا وَابْتَغِ بَيْنَ ذَلِكَ سَبِيلًا
dan janganlah kamu mengeraskan suaramu dalam shalatmu dan janganlah pula merendahkannya (seperti orang berbisik )  dan carilah jalan tengah di antara kedua itu"[11]




[1] Al isra` 110
[2]  Muttafaq  alaih , Bukhori 717,737
[3] HR Bukhori 776
[4] Sunan Tirmidzi  307
[5] HR Muslim  459
[6] HR  Tirmidzi  307
[7] HR Bukhori 746

[8] MusnadAl Bazzar 74/6
[9] Mushonnaf AbdRozzaq 2684
[10] Al Muzammil 1-4
[11] Al isra` 110