Minggu, Januari 22, 2017

Doa perlindungan dr siksa kubur

ﺃﺧﺒﺮﻧﺎ ﻳﺤﻴﻰ ﺑﻦ ﺩﺭﺳﺖ، ﻗﺎﻝ: ﺣﺪﺛﻨﺎ ﺃﺑﻮ ﺇﺳﻤﻌﻴﻞ، ﻗﺎﻝ: ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻳﺤﻴﻰ ﺑﻦ ﺃﺑﻲ ﻛﺜﻴﺮ، ﺃﻥ ﺃﺑﺎ ﺳﻠﻤﺔ ﺣﺪﺛﻪ، ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ، ﻋﻦ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﺃﻧﻪ ﻛﺎﻥ ﻳﻘﻮﻝ: «اﻟﻠﻬﻢ ﺇﻧﻲ ﺃﻋﻮﺫ ﺑﻚ ﻣﻦ ﻋﺬاﺏ اﻟﻘﺒﺮ، ﻭﺃﻋﻮﺫ ﺑﻚ ﻣﻦ ﻋﺬاﺏ اﻟﻨﺎﺭ، ﻭﺃﻋﻮﺫ ﺑﻚ ﻣﻦ ﻓﺘﻨﺔ اﻟﻤﺤﻴﺎ ﻭاﻟﻤﻤﺎﺕ، ﻭﺃﻋﻮﺫ ﺑﻚ ﻣﻦ ﻓﺘﻨﺔ اﻟﻤﺴﻴﺢ اﻟﺪﺟﺎﻝ»
7 - ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻣﺴﻠﻢ ﺑﻦ ﺇﺑﺮاﻫﻴﻢ، ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻫﺸﺎﻡ، ﺣﺪﺛﻨﺎ ﻳﺤﻴﻰ، ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﺳﻠﻤﺔ، ﻋﻦ ﺃﺑﻲ ﻫﺮﻳﺮﺓ ﺭﺿﻲ اﻟﻠﻪ ﻋﻨﻪ، ﻗﺎﻝ: ﻛﺎﻥ ﺭﺳﻮﻝ اﻟﻠﻪ ﺻﻠﻰ اﻟﻠﻪ ﻋﻠﻴﻪ ﻭﺳﻠﻢ ﻳﺪﻋﻮ ﻭﻳﻘﻮﻝ: «اﻟﻠﻬﻢ ﺇﻧﻲ ﺃﻋﻮﺫ ﺑﻚ ﻣﻦ ﻋﺬاﺏ اﻟﻘﺒﺮ، ﻭﻣﻦ ﻋﺬاﺏ اﻟﻨﺎﺭ، ﻭﻣﻦ ﻓﺘﻨﺔ اﻟﻤﺤﻴﺎ ﻭاﻟﻤﻤﺎﺕ، ﻭﻣﻦ ﻓﺘﻨﺔ اﻟﻤﺴﻴﺢ اﻟﺪﺟﺎﻝ»
Hadis tsb dr segi sanad ada tafarrud pd Abu Hurairah , bukan sahabat yg lain.

[قال أيمن صالح شعبان]
 صحيح : أخرجه أحمد (2/423) قال : حدثنا حسن. قال : حدثنا شيبان. وفي (2/477) قال: حدثنا وكيع. قال : حدثنا الأوزاعي. وفي (2/522) قال : حدثنا عبد الملك بن عمرو. قال : حدثنا هشام. (ح) وعبد الوهاب. والبخاري (2/124) قال : حدثنا مسلم بن إبراهيم. قال : حدثنا هشام ومسلم (2/93) قال : حدثنا نصر بن علي الجهضمي وابن نمير وأبو كريب وزهير بن حرب. جميعا عن وكيع. قال : حدثنا الأوزاعي. وفي (2/93) قالي : حدثنا محمد بن المثنى. قال : حدثنا ابن أبي عدي، عن هشام ، والنسائي (4/103 ، 8/275) قال أخبرنا يحيى بن درست. قال : حدثنا أبو إسماعيل. وفي (8/278) قال : أخبرنا محمود بن خالد. قال : حدثنا الوليد. قال : حدثنا أبو عمرو. وابن خزيمة (721) قال : حدثنا محمد بن إسماعيل الأحمسي. قال : حدثنا وكيع ، عن الأوزاعي.
أربعتهم ( شيبان ، وأبو عمرو الأوزاعي ، وهشام الدستوائي ، وأبو إسماعيل القناد ) عن يحيى بن أبي كثير، عن أبي سلمة ، فذكره.
- ورواه الأعرج ، عن أبي هريرة :
أخرجه الحميدي (982) قال : حدثنا سفيان. قال : حدثنا أبو الزناد. وأحمد (1/258) (2342) قال : حدثنا إسماعيل بن عمر. قال : حدثنا مالك ، عن أبي الزناد. وفي (2/288) قال : حدثنا زيد بن الحباب. قال : حدثنا عبد الرحمن بن ثوبان. قال : حدثني عبد الله بن الفضل. ومسلم (2/94) قال حدثنا محمد بن عباد وأبو بكر بن أبي شيبة وزهير بن حرب. قالوا : حدثنا سفيان ، عن أبي الزناد. والنسائي (8/275) قال : أخبرنا أحمد بن حفص بن عبد الله. قال : حدثني أبي. قال : حدثني إبراهيم، عن موسى بن عقبة. قال : أخبرني أبو الزناد. وفي (8/275) قال : أخبرنا قتيبة. قال : حدثنا سفيان ومالك. قالا : حدثنا أبو الزناد. وفي (8/277) قال : أخبرنا محمد بن ميمون ، عن سفيان ، عن أبي الزناد. وفي (8/277) قال : قال الحارث بن مسكين - قراءة عليه وأنا أسمع - عن ابن القاسم ، عن مالك ، عن أبي الزناد. وفي (8/277) قال : أخبرنا محمد بن منصور. قال : حدثنا سفيان ، عن أبي الزناد.
كلاهما - أبو الزناد ، وعبد الله بن الفضل - عن الأعرج ، فذكره.
* في رواية إسماعيل بن عمر ، عن مالك : «أن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- كان يعلمهم هذا الدعاء كما يعلمهم السورة من القرآن : «اللهم إني أعوذ بك من عذاب جهنم...» فذكر نحوه. وفي رواية ابن القاسم ، عن مالك: «أن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- كان يدعو يقول في دعائه : اللهم إني أعوذ بك من عذاب جهنم..«فذكر نحوه.
* وفي رواية عبد الله بن الفضل : «أن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- كان يتعوذ من أربع...الحديث.
- ورواه طاووس. قال : سمعت أبا هريرة يقول :
أخرجه الحميدي (980) قال : حدثنا سفيان. قال : حدثنا ابن طاووس. وفي ( 981) قال : حدثنا سفيان. قال : حدثنا عمرو بن دينار. ومسلم (2/94) قال : حدثنا محمد بن عباد. قال : حدثنا سفيان، عن عمرو. (ح) وحدثنا محمد بن عباد. قال : حدثنا سفيان ، عن ابن طاووس. والنسائي (8/277) قال : أخبرنا محمد بن ميمون ، عن سفيان ، عن عمرو.
كلاهما - عبد الله بن طاووس ، وعمرو- عن طاووس ، فذكره.
- ورواه محمد بن زياد ، عن أبي هريرة :
أخرجه أحمد (2/469) قال : حدثنا عبد الرحمن. وفي (2/482) قال : حدثنا وكيع والبخاري في الأدب المفرد (657) قال : حدثنا موسى.
ثلاثتهم ( عبد الرحمن بن مهدي ، ووكيع ، وموسى بن إسماعيل ) عن حماد بن سلمة. قال : أخبرنا محمد بن زياد ، فذكره.
- ورواه أبي صالح ، عن أبي هريرة :
أخرجه البخاري في الأدب المفرد (648) قال: حدثنا ابن سلام. والترمذي (3604) قال : حدثنا أبو كريب.
كلاهما (ابن سلام ، وأبو كريب ) قال : حدثنا أبو معاوية ، عن الأعمش ، عن أبي صالح ، فذكره. «أنه كان يتعوذ من عذاب القبر ، وعذاب جهنم ، وفتنة الدجال».
أخرجه أحمد (2/298) قال : حدثنا محمد بن جعفر. وفي (2/454) قال : حدثنا حجاج. ومسلم (2/94) قال : حدثنا محمد بن المثنى. قال : حدثنا محمد بن جعفر. والنسائي (8/278) قال : أخبرنا إسحاق بن إبراهيم. قال : أنبأنا أبو عامر العقدي.
ثلاثتهم - محمد بن جعفر ، وحجاج ، وأبو عامر العقدي - قالوا : حدثنا شعبة ، عن بديل بن مسيرة ، عن عبد الله بن شقيق ، فذكره.
عن أبي رافع ، عن أبي هريرة ، أن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- كان يقول : «اللهم إني أعوذ بك من فتنة المحيا والممات، ومن شر المسيح الدجال».
أخرجه أحمد (2/414) قال : حدثنا عفان. قال : حدثنا حماد بن سلمة ، عن عطاء بن أبي ميمونة ، عن أبي رافع ، فذكره.
عن سليمان بن سنان المزني ، أنه سمع أبا هريرة يقول : سمعت أبا القاسم -صلى الله عليه وسلم- يقول في صلاته : «اللهم إني أعوذ بك من فتنة القبر ، ومن فتنة الدجال ، ومن فتنة المحيا والممات ، ومن حر جهنم».
Jadi scr rantai sanad, hadis  tsb terfokus pd Abu Hurairah , bukan sahabat yg lain.
وأصل السند: هو طرفه الذي فيه الصحابي، والصحابي حلقة من حلقات السند، أي إذا تفرد الصحابي برواية الحديث، فإن الحديث يسمى غريبا غرابة مطلقة
Walaupun sahabat yg tafarrud mk hadis ttp diberi nama  gharib mutlak.
Kata Ibnu Hajar.
http://shamela.ws/browse.php/book-8681/page-31
فقد قسم الحافظ ابن حجر في (نخبة الفكر) الحديث الغريب إلى نوعين اثنين:
أحدهما: الفرد المطلق، وهو ما كانت الغرابة فيه في أصل السند.
والآخر: الفرد النسبي، وهو كانت الغرابة فيه في غير أصل السند.
Intinya bila yg tafarrud / tunggal  itu perawi dr kalangan sahabat, mk dikatakan fard mutlak . 
Bila yg tafarrud  bukan dr sahabat mk dikatakan fard nisbi. ( yakni tdk mutlak ). Kata Ibn Hajar.
http://www.kulalsalafiyeen.com/vb/showthread.php?t=57183


jadi hadis tsb  ttp dikatakan  hadis gharib. Bukan mashur. Dan kebanyakan hadis gharib adalah lemah.
- كراهية المتقدمين لرواية الغريب:
كان المتقدمون من علماء الحديث يكرهون رواية الغرائب وما تفرد به الرواة، ويعدونه من شَرِّ الحديث، كما قال الإمام مالك رحمه الله: "شَرُّ العلم الغريبُ، وخيرُ العلم الظاهرُ الذي قد رواه الناس" 1،
Hukum hanya seorang perawi yang meriwayatkan  hadis.( tafarrud )
1.         Ulama hadis  dahulu tidak suka atau benci terhadap riwayat  gharib ( nyeleneh )
Ulama hadis dahulu benci  terhadap  terhadap riwayat – riwayat yang gharib ( nyeleneh )  dan  hadis yang  di riwayatkan   oleh seorang  perawi , lalu di anggap   sebagai  hadis yang  terjelek  sebagaimana  di katakan   oleh Imam Malik rahimahullah: Ilmu  terjelek  adalah  yang gharib  dan  ilmu yang  terbaik adalah  yang tampak yang di riwayatkan oleh manusia. ( banyak ).

Karena sanadnya tafarrud pd Abu Hurairah , mk boleh dikatakan gharib Dan ini yg bikin lemahnya hadis itu.

Syaikh Muhammad Hasan Abd Ghaffar menyatakan :
تعريف الحديث المنكر
تطلق النكارة عند المتقدمين على التفرد حتى ولو كان من الثقات، وأحمد كان يرى انفراد الثقة نكارة، وكان بعض المتقدمين يرى الانفراد من الضعيف نكارة.
http://audio.islamweb.net/audio/Fulltxt.php?audioid=179908
Devinisi hadis munkar .
Istilah hadis  munkar menurut pakar hadis  dulu  bisa di katakana kpd hadis  yg di riwayatkan oleh perawi  tunggal sekalipun  dia  termasuk perawi tsiqah ( terpercaya )
Imam Ahmad jg berpandangan  sedemikian. Sebagian kalangan ahali hadis  dulu berpandangan  hadis munkar  itu dr  perawi  lemah yg tunggal.

Dari segi redaksi hadis terdapat kacau makna , kacau lafazhnya
جامع الأصول في أحاديث الرسول (4/ 358)
-           (خ م ت س) أبو هريرة - رضي الله عنه - : قال : كان رسولُ الله -صلى الله عليه وسلم- يدعو : «اللَّهمَّ إِني أَعوذ بك من عذاب القبر، ومن عذاب النار ، ومن فتنة المحيا والممات ، ومن فِتنَةِ المسيح الدَّجَّالِ» أخرجه البخاري، ومسلم .
Lihat redaksi  hadis menurut riwayat Bukhari sbb:
"Allahumma innii 'A'uudzu bika min 'adzaabil qabri wa min 'adzaabin naar wa min fitnatil mahyaa wal mamaati wa min fitmatil masiihid dajjaal" (artinya): ("Ya Allah aku berlindung kepadaMu dari siksa kubur dan dari siksa api neraka dan dari fitnah kehidupan dan kematian dan dari fitnah Al Masihid Dajjal").

Dlm riwayat Bukhari itu , tdk ada keterangan dlm tasyahud . Tp dilainnya , mlh ada bahkan ada perintahnya dib c dlm tasyahud. Pd hal sama dr Abu Hurairahnya . Ini kalimat dr Nabi  shallallahu alaihi wasallam  atau bukan ? Dan ihtimal ini sulit di tentukan. Ihtimal ini akan berjalan terus sampai hari kiamat. Tdk bisa dihentikan mulai dulu sampai sekarang.

Ini riwayat muslm HADIST NO – 924  , redaksinya sbb:


إِذَا تَشَهَّدَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنْ أَرْبَعٍ يَقُولُ اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَمِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Ada tambahan kalimat sbb:
إِذَا تَشَهَّدَ أَحَدُكُمْ فَلْيَسْتَعِذْ بِاللَّهِ مِنْ أَرْبَعٍ
Bila seseorang di antaramu  bertasyahud , mk mintalah perlindungan kpd Allag  dari empat perkara ………………………

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Sama dr Abu Hurairahnya kok beda redaksi antara di sahih Bukhari dan Muslim, trus tambahan  itu dr siapa?  Dari Rasullullah  atau  dari perawi ………………

Lihat lg riwayat Muslim HADIST NO – 926 , tambahannya malah beda sbb:
إذَا فَرَغَ أَحَدُكُمْ مِنْ التَّشَهُّدِ الْآخِرِ فَلْيَتَعَوَّذْ بِاللَّهِ مِنْ أَرْبَعٍ
Jika salah seorang diantara kalian selesai dari tasyahhud akhir, maka mintalah perlindungan kepada Allah dari empat perkara

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Di antara tambahan – tambahan itu mn yg benar asli dr Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   dan mn yg palsu dan asli dari perawi. ………………Jls kacau makna dan lafadhnya.

Riwayat Muslim HADIST NO - 4878 lg ada tambahan yg aneh jg . Pd hal sama riwayat Muslim dan sama dari Abu Hurairahnya . Lihat sbb:
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ الْعَجْزِ وَالْكَسَلِ وَالْجُبْنِ وَالْهَرَمِ وَالْبُخْلِ
'Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari kelemahan, kemalasan, rasa takut, kepikunan, dan kekikiran.

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Tambahan spt  itu dr siapa ? dr Nabi  shallallahu alaihi wasallam  atau perawi ? Atau mungkin jg Bukhari atau gurunya yg mengurangi kalimat itu?. Katanya pada  sahihnya. Tp kok sulit di buat pegangan , kalimat yg mn yg asli dan mn yg palsu.

Menurut riwayat Nasai HADIST NO - 5423, redaksinya jg beda sbb:
عُوْذُوا بِاللَّهِ مِنْ عَذَابِ النَّارِ وَعَذَابِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ شَرِّ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ
"Berlindunglah kepada Allah dari siksa neraka, siksa kubur, fitnah kehidupan dan kematian serta dari keburukkan Al Masih Dajjal."

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Ini tdk ada keterangan  dlm salat. Ini perintah. Yakni perintah  untuk berlindung   dari siksa kubur. Bila dikerjakan  kita akan percaya  siksa kubur dan akan kufur pd banyak ayat………..Masalah  Dajjal sendiri masih misteri , siapa ayah dan ibunya ? Dimn Dajjal itu ? Apakah Dajjal itu lahir spt Nabi Isa atau spt Adam atau spt manusia biasa  dari ayah dan Ibu ? Atau dia bukan manusia tp jin itu masih misteri  dan perlu di jwb dg dalil.
Suatu saat kita akan bhs itu.

Di sunan Nasai HADIST NO – 5414 terdapat perbedaan redaksi lg.
عَنْ أَبِي هُرَيْرَةَ
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَتَعَوَّذُ مِنْ خَمْسٍ
dari Abu Hurairah ia berkata; "Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam biasa berlindung dari lima hal,………………..

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Kali ini redaksinya menggunakan kalimat “ Lima “ bukan empat …………., beda lg

Di sunan nasai lg dr Abu Hurairah jg HADIST NO – 5425, hadisnya jg beda  sbb:
اللَّهُمَّ إِنِّي أَعُوذُ بِكَ مِنْ فِتْنَةِ الْقَبْرِ وَمِنْ فِتْنَةِ الدَّجَّالِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ وَمِنْ حَرِّ جَهَنَّمَ
Ya Allah, aku berlindung kepada-Mu dari fitnah kubur, fitnah Dajjal, fitnah kehidupan dan kematian, dan dari panasnya api jahannam)."
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Kali ini , redaksi nya menggunanakan fitnah kubur ( bukan siksa kubur )

Menurut riwayatAhmad HADIST NO - 9859 sbb:
وَبِإِسْنَادِهِ
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يَتَعَوَّذُ مِنْ فِتْنَةِ الدَّجَّالِ وَمِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ
Masih melalui jalur periwayatan yang sama seperti hadits sebelumnya dari Abu Hurairah Dan dengan sanadnya, bahwasanya Nabi shallallahu 'alaihi wasallam berlindung dari fitnah Dajjal dan dari fitnah kehidupan dan kematian.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Di redaksi tsb tanpa menyebut siksa kubur .

Menurut riwayat Tirmidzi HADIST NO - 3528 malah beda lagi
اسْتَعِيذُوا بِاللَّهِ مِنْ عَذَابِ جَهَنَّمَ وَاسْتَعِيذُوا بِاللَّهِ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ اسْتَعِيذُوا بِاللَّهِ مِنْ فِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ وَاسْتَعِيذُوا بِاللَّهِ مِنْ فِتْنَةِ الْمَحْيَا وَالْمَمَاتِ
Berlindunglah kalian kepada Allah dari siksa neraka dan berlindunglah kalian kepada Allah dari siksa kubur. Berlindunglah kalian kepada Allah dari fitnah al-Masihud Dajjal, berlindunglah kalian kepada Allah dari fitnah kehidupan serta fitnah kematian."

Menurut riwayat Nasai HADIST NO – 5415 terdapat tambahan :

مَنْ أَطَاعَنِي فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ وَمَنْ عَصَانِي فَقَدْ عَصَى اللَّهَ وَكَانَ يَتَعَوَّذُ مِنْ عَذَابِ الْقَبْرِ وَعَذَابِ جَهَنَّمَ وَفِتْنَةِ الْأَحْيَاءِ وَالْأَمْوَاتِ وَفِتْنَةِ الْمَسِيحِ الدَّجَّالِ
"Barangsiapa taat kepadaku maka ia telah taat kepada Allah, barangsiapa bermaksiat kepadaku maka ia telah bermaksiat kepada Allah." Dan beliau biasa berlindung dari siksa kubur, siksa jahannam, fitnah kehidupan dan kematian serta fitnah Al Masih Dajjal."
Pd hal sama dr Abu Hurairah di riwayat lain tambah menyebut doa perlindungan itu.
مَنْ أَطَاعَنِي فَقَدْ أَطَاعَ اللَّهَ وَمَنْ عَصَانِي فَقَدْ عَصَى اللَّهَ وَمَنْ أَطَاعَ أَمِيرِي فَقَدْ أَطَاعَنِي وَمَنْ عَصَى أَمِيرِي فَقَدْ عَصَانِي
Barang siapa yang mentaatiku maka sungguh ia telah mentaati Allah dan barang siapa yang mendurhakai amirku maka sungguh ia telah mendurhakaiku."
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Sama  dari Abu Hurairah nya tp beda redaksi hadis.

Hadis tsb bila di sahihkan , mk kita nyalahi pakem musthalah yaitu adanya idhtirab – yakni redaksi yg kacau belau.
وَذُو اخْتِلاَفِ سَنَدٍ أَوْ مَتْنٍ    مُضْطَرِبٌ عِنْدَ أُهَيْلِ اْلفَنِ
      Kekacauan sanad atau redaksi termasuk mudhtharib menurut ahli mustholah hadis.
Bila hadis tsb di paksakan  untuk disahihkan, mk akan menyalahi pakem musthalah hadis yg menyatakan  matan hadis yg kacau adalah menunjukkan hadis tsb lemah.Bgmn bisa di sahihkan, mn dasarnya.
Bila kita percaya siksa kubur dg landasa hadis itu, mk kita akan berpegangan kpd hadis yg lemah, munkar jg karena tafarrud tadi dan menyalahi ayat 51 -53 yasin yg menyatakan mayat tidur.
Juga menyalahi ayat :
إِنَّكَ مَيِّتٌ وَإِنَّهُمْ مَيِّتُونَ(30)
ثُمَّ إِنَّكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ تُبْعَثُونَ.
Sesungguhnya  kamu akan mati dan mereka pun akan mati
 ( 16 )   Kemudian, sesungguhnya kamu sekalian akan dibangkitkan (dari kuburmu) di hari kiamat.Al mukminun
Hari kebangkitan itu nanti hari kiamat bukan dikuburan. Firaun sj tdk di bangkitkan di musiumnya apalagi yg lain. Kapan Firaun di bangkitkan lalu tidur lg atau mati lg.
Kita percaya siksa kubur akan kufur jg pd ayat ini:

{كُلُّ نَفْسٍ ذَآئِقَةُ الْمَوْتِ وَإِنَّمَا تُوَفَّوْنَ أُجُورَكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ فَمَن زُحْزِحَ عَنِ النَّارِ وَأُدْخِلَ الْجَنَّةَ فَقَدْ فَازَ وَما الْحَيَاةُ الدُّنْيَا إِلاَّ مَتَاعُ الْغُرُورِ }آل عمران185.
( 185 )   Tiap-tiap yang berjiwa akan merasakan mati. Dan sesungguhnya pada hari kiamat sajalah disempurnakan balasanmu. Barangsiapa dijauhkan dari neraka dan dimasukkan ke dalam surga, maka sungguh ia telah beruntung. Kehidupan dunia itu tidak lain hanyalah kesenangan yang memperdayakan. Ali  imran

Jadi balasanmu akan  di berikan dg sempurna kelak di hari kiamat  bukan di alam kubur.
Bila  kita bc doa perlindungan  dr  siksa kubur  dlm salat seolah  kita menyatakan  siksa kubur itu ada. Dan ini akan mendustakan  ayat 51  Yasin , al Mukmin  46 dan ali Imran 185.
Kita  sm  dg mengerjakan perintah salat dg mendustakan  ayat – ayat banyak .
Kita tdk bc itu  jg sdh sah salatnya. Untuk apa menambahi doa  yg  kita akan punya akidah yg menyelisihi al quran.
Sy  sendiri  sdh  setahun ini tdk bc doa perlindungan  dari siksa kubur dan fitnah Dajjal . Dan masalah  hadis  - hadis dajjal  akan dibhs  pd tahapnya insya Allah.
Tanda kelemahan adalah hadis yg menentang al qur an .
Syaik As suba`I telah merumuskan tanda kelemahan hadis  sampai  tujuh belas point.
Yang nomer sembilan sbb:
9ـ ألا يخالف القرآن
“Hadis itu harus tdk bertentangan  dengan al quran”


Sabtu, Januari 21, 2017

Tidak ada siksa kubur


Tidak ada siksa kubur.
 (إليكم ملخص كتاب قيم بعنوان ( أوهام عذاب القبر ) للمستشار أحمد عبده ماهر وهو مفكر اسلامي مصري
Ini ringkasa dari kitab yg berharga dg judul ~ Khurafat – khurafat  dlm siksa kubur “ karya Penasehat / advisor Ahmad Abduh Maher . Dia pemikir Islam Masir
 قال فيه المستشار أحمد عبده ماهر أن عذاب القبر ونعيمه لا يوجد في القبر عندما يموت الانسان وقد استشهد بالايات القرآنية والاحاديث الصحيحة المتفقة مع القرآن الكريم

Advisor  Ahmad Abduh Maher mengatakan bahwa siksa kubur dan dan kenikmatannya  tidak ditemukan dalam kuburan ketika seorang mati . Beliau jg telah mengutip ayat-ayat Al-Quran dan hadis – hadis  yang benar / sahih  yg konsisten dengan Al-Quran

 فقد أثبت بالدليل القاطع من كتاب الله أن القبر لا يوجد به حساب وأن الحساب في الاخرة فلو كان في القبر عذاب أو نعيم ما فائدة يوم الحساب في الأخرة
Telah terbukti  dg dalil yg mematikan  dari kitab Allah bahwa  kuburan tidak ada hisap di dalamnya. Dan Hisap itu   di akhirat.  Jika ada  siksaan kubur atau kebahagiaannya,   Apa perlunya hari hisap  di akhirat.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Hari hisap bukan dikuburan tp setelah bangkit d kuburan.

فعذاب القبر ليس له وجود في الاسلام الصحيح وانما الاحاديث الموضوعة والضعيفة التي دست في كتب الاحاديث قديما هي سبب الزوبعة في كل ما يحدث من تخويف الوعاظ للناس بهذا العذاب
Siksa kubur tidak ada dalam Islam yang benar, tapi hanya  ada hadis hadis palsu dan lemah  yang ditanam di buku hadis – hadis masa lalu . Itulah sbg sebab  badai sgl yg terjadi dr penceramah – penceramah yg  menakut-nakuti orang dg  siksaan ini

 حتي يخاف الناس وتنصاع لاوامرهم وتكون لهم قداسة كأنهم الهة تعبد من دون الله تعالي في الأرض
Hingga orang-orang takut dan mematuhi perintah mereka dan mereka punya kesucian  seolah-olah mereka dewa yg disembah selain Allah di bumi

 وكانت النهاية أن الناس انشغلت بالعذاب وتركت الدنيا بدون العمل مع أن الله العدل والحق ولا يعذب الناس مرتين فالنعيم أو العقاب أو العفو عن الناس مؤجل في الآخرة

Efeknya  orang-orang sm  sibuk dg siksa dan meninggalkan dunia ini tanpa bekerja. Pd hal  Allah maha adil dan benar untuk tidak menghukum orang dua kali . Kenikmatan  atau siksaan  atau pengampunan bagi orang-orang di tangguhkan nanti  di akhirat

هكذا يقول كتاب الله تعالي ولكن عبدة الاحاديث الموضوعة والقصص الواهية هي من تسئ للإسلام الحنيف ليلا ونهارا
Demikianlah di katakan oleh kitabullah . tp budak – budak hadis palsu , kisah – kisah lemah  yg mencemari siang dan malam pd  wajah Islam yg lurus ini.
 والخلاصة في هذا الكتاب القيم الادلة الدامغة بعدم وجود عذاب أو نعيم في القبر وأنا الحساب للناس يوم القيامة فقط والجنة والنار بالاخرة فقط وليس في القبر
Kesimpula dlm kitab yg berharga adalah dalil – dalil  yg menghancurkan  bahwa  siksa kubur dan kenikmatannya  tdk ada . Dan sesungguhnya  hisap  manusia kelak di hari kiamat  sj . Surga  dan Neraka di akhirat  sj bukan  dikuburan.

واليكم ملخص هذا الكتاب القيم من أستاذنا المحترم أحمد عبده ماهر ومعه تخريج الاحاديث الضعيفة بسندها حتي يكون كل شئ موثق وبالدليل من القرآن وأليكم ملخص كتاب أوهام عذاب القبر من موقع ( منتديات العلم والعلماء شباب العرب )
Dan untukmu ringkasan kitab yg berharga ini  dari guru kami yg mulia  Ahmad Abduh Mahir . Di sertai  dg takhrij  hadis – hadis lemah bersama an dg sanadnya  sehingga  sgl sesuatu nya mantap . Jg di sertai dalil al Quran .  dan untukmulah ringkasan kitab khurafat khurafat dlm siksa kubur  dr web  Grup / tempat pertemuan ilmu dan ulama  - pemuda arab.

كتاب أوهام عذاب القبر
تأليف: المستشار والمحكم الدولي أحمد عبده ماهرالمحامي.
تقديم الأستاذ الدكتور/أحمد عبد الرحيم السايح
أستاذ العقيدة والفلسفة بجامعة الأزهر وقطر وأم القرى.

Buku ilusi siksa kubur ( Kitab siksa kubur yg khurafat ).
Ditulis oleh: Kanselir arbiter internasional Ahmed Abduh Mahir al Muhami .
Kata pengantar Prof / Ahmad Abdul Rahim Sayeh
Profesor akidah dan filsafat di Universitas Al-Azhar, Qatar dan Univ  Ummul qura ( Makkah ).
Bab – babnya :
فالفصل الأول تحت عنوان: موت بلا عذاب بالقبر (تقديم أصولي).
والفصل الثاني تحت عنوان: من الوفاة حتى حساب الآخرة.
والفصل الثالث بعنوان: تفنيد حجج أنصار فكرة عذاب القبر.
Bab pertama berjudul: mati tanpa siksa kubur  ( pengantar fundamental).
Bab kedua dengan judul kematian sampai akhirat akhirat.
Bab ketiga, berjudul: Mendustakan  argumen pendukung gagasan siksa kubur.

http://www.ahewar.org/debat/show.art.asp?aid=339930
والملاحظ أن الفصول الثلاثة تميزت بالتوثيق والتنقيب مما أعطى الدراسة قوة وعمقا.
ولعل تلك الدراسة توجد في الناس الوعي والتعريف بخطورة الاستعمال المنحرف والشاذ لبعض مقولات الأقدمين، وعلها تعيد إليهم الشخصية الإسلامية التي رباها رسول الله في الصحابة الأطهار، الذين كانوا يتفاعلون مع الكون بالقرءان، ولم يكونوا يحاولون قهر من بالكون لتأويلاتهم عن القرءان. أ.د/أحمد عبد الرحيم السايح

Hal ini terlihat bahwa tiga bab  ditandai dengan dokumentasi dan pendalaman yang memberikan studi lebih kuat dan lebih dalam.
Mungkin penelitian ini membikin manusia sadar dan pengenalan  akan bahaya dari penggunaan yang menyimpang dan abnormal ( syadz ) bg perkataan ulama  dulu ( dan juhala`nya ).
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Maksudnya buku ini bisa bikin manusia sadar terhadap kekeliruan ulama dan juhala di masa lalu .
وعلها تعيد إليهم الشخصية الإسلامية التي رباها رسول الله في الصحابة الأطهار، الذين كانوا يتفاعلون مع الكون بالقرءان

 Dan semoga bisa mengembalikan karaktristis Islam  didikan  Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   pd sahabat yg bersih   yang berinteraksi dengan alam semesta dengan al quran. 
، ولم يكونوا يحاولون قهر من بالكون لتأويلاتهم عن القرءان. أ.د/أحمد عبد الرحيم السايح


Dan mereka tidak berusaha  untuk menaklukkan orang  di alam semesta ini untuk interpretasi mereka dari Al-Qur'an. Kata  D / Ahmed Abdul Rahim Sayeh

Komentarku ( Mahrus ali ) :
Maksudnya  agar umat ini tdk tertekan dg pentakwilan – pentakwilan terhadap isi al Quran.
وقضية عذاب القبر لا هم للمتاجرين بالدين إلا ذكرها، وكأنها عمل إنتاجي تفتخر به الأمة، وذلك رغم تعارضها مع مبادئ الإسلام ودلالات الآيات القرءانية،
Masalah siksa kubur ini selalu di sebut oleh orang – orang yg memperjual belikan agama. Seolah ia amalan yg sangat perodoktif  yg di banggakan oleh umat. Walaupun bertentangan dg perinsip – prinsip Islam dan petunjuk ayat – ayat al quran.

 لذلك جاء المؤَلَّف الماثل لاجتثاث جذور المفاهيم المغلوطة وقلع أصولها ودوافعها النفسية والفكرية، مستمدا قوته من صريح كتاب الله، وكتب المحدثين في الجرح والتعديل، مع عدم إهمال دور العقل القويم في استخراج الأدلة.
Karena itu , si pengarang ini tampil untuk mencabut akar pemahaman yg keliru  dan mencabut  jg fondamennya , dorongan nafsu dan pikirannya  dg mengambil kekuatan dari keterangan  yg  jelas dari kitabullah  dan kitab – kitab para  pakar hadis dlm jarh watta`dil  dan tdk mengabaikan  fungsi akal yg lurus  dlm istinbat  dalil / atau mengeluarkan hukum dr dalil – dalil.











Rabu, Januari 18, 2017

jawabanku untuk Ust Shalih al Munjid



Syaikh Muhammad shalih al munjid menulis :
الحياة التي يعيشها الإنسان تنقسم إلى ثلاثة أقسام:
1- الحياة الدنيا ، والتي تنتهي بالموت .
2- حياة البرزخ ، وهي التي تكون بعد الموت إلى قيام الساعة .
3- حياة الآخرة ، وهي التي تكون بعد قيام الناس من قبورهم إما إلى جنةٍ ، نسأل الله من فضله ، وإما إلى نار والعياذ بالله .
فالحياة البرزخية هي التي تكون بعد موت الإنسان إلى بعثه ، وسواء قُبِر أو لم يُقبر أو احترق أو أكلته السباع ، والذي يدل على هذه الحياة ما ورد عن النبي صلى الله عليه وسلم  أن الميت بعدما يوضع في قبره يسمع قرع نعال أهله ، كما جاء في الحديث

Syaikh Muhammad Shalih al munjid berkata:
Kehidupan manusia terbagi menjadi tiga tahap.
1.      Hidup didunia  dan berahir ketika mati.
2.      Hidup di alam barzah – yaitu kehidupan setelah kematian sampai terjadi kiamat .
3.Hidup di akhirat  yaitu hidup setelah manusia bangun dr kuburannya , ada kalanya ke surga  dan kita mohon  pd Allah atas fadholNya  dan adakalanya ke Neraka dan kita mohon perlindungan pd Allah  dr pdnya.
فالحياة البرزخية هي التي تكون بعد موت الإنسان إلى بعثه ، وسواء قُبِر أو لم يُقبر أو احترق أو أكلته السباع ، والذي يدل على هذه الحياة ما ورد عن النبي صلى الله عليه وسلم  أن الميت بعدما يوضع في قبره يسمع قرع نعال أهله ، كما جاء في الحديث
Kehidupan barzah yaitu kehidupan setelah manusia mati sampai hari kebangkitan, baik  di dikubur atau tidk, kebakaran atau di makan binatang buas. Dalil yg menunjukkan hal sedemikian ini adalah hadis Nabi  shallallahu alaihi wasallam  yg menyatakan bahwa mayat setelah di taruh di kuburannya   akan mendengar  suara   sandal keluarganya .
https://islamqa.info/ar/21212
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Kalau hidup didunia dan di akhirat kelak, sy tdk mempersoalkannya . Sbb sdh sepakat keberadaannya .  Untuk kehidupan di alam  barzakh , mk  ini  yg hrs dikaji. Setahu  sy tiada kehidupan di alam barzakh kcl para syuhada sbgmn  firmanNya:
وَلَا تَحْسَبَنَّ الَّذِينَ قُتِلُوا فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَمْوَاتًا بَلْ أَحْيَاءٌ عِنْدَ رَبِّهِمْ يُرْزَقُونَ
Janganlah kamu mengira bahwa orang-orang yang gugur di jalan Allah itu mati; bahkan mereka itu hidup di sisi Tuhannya dengan mendapat rezki.
وَلَا تَقُولُوا لِمَنْ يُقْتَلُ فِي سَبِيلِ اللَّهِ أَمْوَاتٌ بَلْ أَحْيَاءٌ وَلَكِنْ لَا تَشْعُرُونَ(154)
Dan janganlah kamu mengatakan terhadap orang-orang yang gugur di jalan Allah, (bahwa mereka itu) mati; bahkan (sebenarnya) mereka itu hidup, tetapi kamu tidak menyadarinya.
Untuk mayat dikuburan mk ttp jadi mayat bukan orang yg hidup. Bg mrk tiada kehidupan di kuburan. Di sn alam kematinan. Bukti rielnya jasad Firaun yg tdk pernah bangun  dan tidak ada rohnya . Bgt juga jasad mayat yg tdk dikebumikan.
Dlm website  ahli hadis  ada kalimat sbb:
فتعبير (حياة البرزخ) تعبير خاطئ، لأنه لا حياة بالبرزخ، إنما هو فاصل بين الحياة ومستودع الموتى الذي يسميه العامة بالبرزخ، وهو لا زَمَنَ فيه،
http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=231962

 Kata kehidupan di alam barzah adalah kata yg keliru / istilah yg salah. Sebab di alam  barzah  tiada kehidupan . Sebab ia adalah pemisah antara kehidupan dan gudang mayat yg di beri nama oleh orang awam  dg nm Barzah. Ia tdk punya waktu.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Kalau tdk punya waktu ya jg kurang setuju, karena ada ayat dimn Firaun di tampakkan api neraka pagi dan sore(QS. Ghafir/ Al Mu’min: 45-46. Pagi itu waktu  sore jga waktu.
Memang di alam  barzah alam kematian, kcl bg yg mati sahid karena ada ayat yg menjelaskan mrk hidup.
Ayat yg menyatakan  di barzakh mayat  - mayat tdk hidup adalah sbb:
أَمْوَاتٌ غَيْرُ أَحْيَاءٍ ۖ وَمَا يَشْعُرُونَ أَيَّانَ يُبْعَثُونَ
( 21 )   (Berhala-berhala itu atau mayat  - mayat  yg di mintai ) mati tidak hidup, dan mereka  tidak mengetahui bilakah penyembah-penyembahnya akan dibangkitkan.
Boleh di artikan dan mayat – mayat yg dimintai  tdk mengerti kapan di bangkitkan.
Nahel.
Ayat itu menyatakan bahwa mrk mayat di dalam kubur atau di museum bg mayat Firaun dan sesamanya. Mrk tdk hidup. Bila hidup di dunia atau di akhirat pasti butuh mkn dan minum untuk kelangsungan hidupnya. Bila mati, mk tdk mau makan jg tdk mau minum dan tdk bisa berak.
Masalah kpn mereka di bangkitkan, mayat tdk phm. Bila phm mk mereka tdk jd mayat tp jadi orang yg hidup. Jadi kehidupan alam barzah adalah salah ucap, salah phm jg. Alam barzah alam kematian kcl bg orang sahid.
وَنُفِخَ فِي الصُّورِ فَإِذَا هُمْ مِنَ الْأَجْدَاثِ إِلَى رَبِّهِمْ يَنْسِلُونَ قَالُفوا يَاوَيْلَنَا مَنْ بَعَثَنَا مِنْ مَرْقَدِنَا هَذَا مَا وَعَدَ الرَّحْمَنُ وَصَدَقَ الْمُرْسَلُونَ  إِنْ كَانَتْ إِلَّا صَيْحَةً وَاحِدَةً فَإِذَا هُمْ جَمِيعٌ لَدَيْنَا مُحْضَرُونَ
Dan ditiuplah sangkakala,  tiba-tiba mereka ke luar dengan segera dari kuburnya (menuju) kepada Tuhan mereka. Mereka berkata: "Aduh celakalah kami! Siapakah yang membangkitkan kami dari tempat tidur kami (kubur)?" Inilah yang dijanjikan (Tuhan) Yang Maha Pemurah dan benarlah Rasul-rasul (Nya). Cukup satu teriakan,tiba-tiba mereka semua dikumpulkan kepada Kami. Yasin 51-53
Orang kafir bertanya : Aduhai Siapa yg bangkitkan kami dr tempat tidur km.
Hari kebangkitan adalah kelak di akhirat bukan dikuburan.
Di ayat lain  di jlskan jg:
إِنَّكَ مَيِّتٌ وَإِنَّهُمْ مَيِّتُونَ(30)
ثُمَّ إِنَّكُمْ يَوْمَ الْقِيَامَةِ تُبْعَثُونَ.
Sesungguhnya  kamu akan mati dan mereka pun akan mati
 ( 16 )   Kemudian, sesungguhnya kamu sekalian akan dibangkitkan (dari kuburmu) di hari kiamat.Al mukminun
Mayat dikembalikan rohnya itu ketika hari kebangkitan bukan dikuburan. Bila mayat di hidupkan dikuburan , apa makan dan minumnya ? Jls  tdk ada keterangannya . Buktinya lg  mayat Firaun tanpa makan dan minum.  Lebih detilnya lihat dlm blog sy ttg jawabanku untuk Ust Abul Jauza` .  dan bukalah dg kartu indosat insya Allah bisa.
UNtuk mayat bisa mendengar  suara sandal, sbtlnya sdh di bhs dlm makalan yg lalu . Hadis itu cacat sanad jg matanya .
Sy kutip lg barang kali ada  anggota baru.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Hadis tsb muttafaq alaih , Bukhari dan Muslim  jg meriwayatkannya.
Realitanya Ibn Majah, Tirmidzi,  dlm kitab sunannya tdk meriwayatkan dan Imam Malik  tdk meriwayatkannya  dlm kitab al Muwattha`.
Setahu  sy hadis itu di kalangan sahabat tdk dikenal. Setahu sy hanya sahabat Anas bin Malik yg meriwayatkannya. Sahabat yg lain  tdk kenal dgnya. Scr  sanad  ada  sisi kelemahan. Yaitu hanya Qatadah yg meriwayatkan  dan Dia perawi tunggalnya.
 المسند الجامع (1/ 419)
أخرجه أحمد 3/126 (12296) قال: حدَّثنا رَوْح بن عُبَادَة، حدَّثنا سَعِيد (ح) ويُونُس، حدَّثنا شَيْبَان. وفي 3/233 (13480) قال: حدَّثنا عَبْد الوَهَّاب، حدَّثنا سَعِيد بن أَبي عَرُوبَة. و"عَبد بن حُميد" 1180 قال: حدَّثنا يُونُس بن مُحَمد، حدَّثنا شَيْبَان بن عَبْد الرَّحْمان. و"البُخَارِي" 2/113 (1338) و2/123 (1374) قال: حدَّثنا عَيَّاش بن الوَلِيد، حدَّثنا عَبْد الأَعْلَى، حدَّثنا سَعِيد. وفي 2/113 (1338) قال: وقال لي خَلِيفَة، حدَّثنا ابن زُرَيْع، حدَّثنا سَعِيد. و"مسلم" 8/161 (7318) قال: حدَّثنا عَبْد بن حُمَيْد، حدَّثنا يُونُس بن مُحَمد، حدَّثنا شَيْبَان بن عَبْد الرَّحْمان. وفي 8/162 (7319) قال: وحدَّثنا مُحَمد بن مِنْهَال الضَّرِير، حدَّثنا يَزِيد بن زُرَيْع، حدَّثنا سَعِيد بن أَبي عَرُوبَة. وفي (7320) قال: حدَّثني عَمْرو بن زُرَارَة، أخبرنا عَبْد الوَهَّاب، يَعْنِي ابن عَطَاء، عن سَعِيد. و"أبو داود" 3231 و4752 قال: حدَّثنا مُحَمد بن سُلَيْمان الأَنْبَارِي، حدَّثنا عَبْد الوَهَّاب، يَعْنِي ابن عَطَاء، عن سَعِيد. و (االنَّسَائِي) 4/96 و97، وفي "الكبرى" 2187 و2189 قال: أخبرنا أحمد بن أَبي عُبَيْد الله الوَرَّاق، قال: حدَّثنا يَزِيد بن زُرَيْع، عن سَعِيد. وفي 4/97، وفي "الكبرى" 2188 قال: أخبرنا مُحَمد بن عَبْد الله بن المُبَارك، وإبراهيم بن يَعْقُوب بن إِسْحَاق، قالا: حدَّثنا يُونُس بن مُحَمد، عن شَيْبَان.
كلاهما (سَعِيد بن أَبي عَرُوبَة، وشَيْبَان بن عَبْد الرَّحْمان) عن قَتَادَة، فذكره.
-        صَرَّحَ قَتَادَة بالسَّمَاع، في رواية شَيْبَان، ورواية سَعِيد، عند البُخَارِي (
Intinya hadis tsb hanya  dari   Qatadah bukan orang lain. Dia perawi tunggal , bukan dua atau tiga. Identitasnya  sbb:

  ــ  قتادة بن دعامة بن قتادة ، و يقال قتادة بن دعامة بن عكابة ، السدوسى ، أبو الخطاب البصرى

المولد  : 60 هـ أو 61 هـ
الطبقة : 4  : طبقة تلى الوسطى من التابعين
الوفاة : 100 و بضع عشرة هـ بـ واسط
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة ثبت
مرتبته عند الذهبـي : الحافظ
mausuah ruwatil hadis 5518.
Intinya:
Qatadah adalah tingkat empat  setelah pertengahan tabiin.
Jd sekitar 90  th setelah Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   wafat kalangan tabiin tiada yg kenal hadis itu kcl Qatadah . Sampai mati kebanyakan sahabat  tdk kenal hadis itu dan tdk memiliki  akidah mayat mendegar   suara  gerak sandal  pengiringnya   spt hadis  itu.

Hadis  tsb lemah karena perawi tunggalnya  bukan dr Medinah  tp  dari Irak . Hal ini tanda kelemahan hadis .
Dalam majalah Buhus Islamiyah  terdapat keterangan:

ولهذا نقول إنه ينبغي لطالب العلم أن ينظر أن من قرائن الإعلال والرد للأحاديث، في تفردات الكوفيين والعراقيين على وجه العموم،
مجلة البحوث الإسلامية

Karena ini, kami katakan: Layak sekali bagi thalib ilm untuk melihat bahwa sebagian tanda cacat dan tertolaknya beberapa hadis adalah tafarrudnya perawi Kufah dan Irak secara umum (seperti hadis masalah Bilal tadi).
Majalah buhus Islamiyah.
Syaikh Muhammad Hasan Abd Ghaffar menyatakan :
تعريف الحديث المنكر
تطلق النكارة عند المتقدمين على التفرد حتى ولو كان من الثقات، وأحمد كان يرى انفراد الثقة نكارة، وكان بعض المتقدمين يرى الانفراد من الضعيف نكارة.
http://audio.islamweb.net/audio/Fulltxt.php?audioid=179908
Devinisi hadis munkar .
Istilah hadis  munkar menurut pakar hadis  dulu  bisa di katakana kpd hadis  yg di riwayatkan oleh perawi  tunggal sekalipun  dia  termasuk perawi tsiqah ( terpercaya )
Imam Ahmad jg berpandangan  sedemikian. Sebagian kalangan ahali hadis  dulu berpandangan  hadis munkar  itu dr  perawi  lemah yg tunggal.

Dari segi  redaksi hadis, ada  sisi kelemahan.  Yaitu mayat mendengar  suara gerak langkah  sandal.
Mayat mendenngar hrs ada dalilnya dan mayat tdk mendengar jg hrs ada dalilnya.
Al quran  tlh menyatakan  bahwa mayat  tdk mendengar sbgmn ayat :
إِنَّكَ لاَ تُسْمِعُ الْمَوْتَى
Maka sesungguhnya kamu tidak akan sanggup menjadikan orang-orang yang mati itu dapat mendengar
وَمَا أَنْتَ بِمُسْمِعٍ مَنْ فِي اْلقُبُوْرِ
dan kamu sekali-kali tiada sanggup menjadikan orang yang di dalam kubur dapat mendengar.
Hadis tsb bertentangan dg ayat al quran  dan ini tanda kelemahannya.
Mayat dipukul dg palu ini bentuk penyiksaan kpd mayat . Firaun  dan rakyat  yg mendukungnya sj tdk d siksa, mk layak sekali mukmin  yg di tanam dikuburan  untuk di selamatkan dr siksaan . Allah  berfirman:
النَّارُ يُعْرَضُونَ عَلَيْهَا غُدُوًّا وَعَشِيًّا وَيَوْمَ تَقُومُ السَّاعَةُ أَدْخِلُوا ءَالَ فِرْعَوْنَ أَشَدَّ الْعَذَابِ(46)
Kepada mereka dinampakkan neraka pada pagi dan petang, dan pada hari terjadinya Kiamat., "Masukkanlah Fir''aun dan kaumnya ke dalam azab yang sangat keras." (QS. Al-Mu’min: 46)
  Firaun dan rakyat pendukungnya di lemparkan ke Neraka nanti pd hari kiamat . Sblmnya hanya  di tampakkan pd mereka. 




Grup pengajianku  di WA yg baru
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah, penuh persaudaraan .
Mau ikut , hub 08813270751
082225929198
0 857-8715-4455
0812-4194-6733