Minggu, Mei 08, 2011

Banyuwangi Selatan Diguncang Gempa dan apa maksudnya ?

    NUSANTARA - JATIM
Kamis, 24 Maret 2011 , 07:02:00

BANYUWANGI - Banyuwangi Selatan diguncang gempa pukul 07.33 kemarin (23/3). Gempa berkekuatan 5,1 skala Richter (SR) tersebut berpusat di bawah Samudera Indonesia, tepatnya 141 kilometer arah selatan Banyuwangi.

Berdasar hasil pantauan Stasiun Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) Banyuwangi, pusat gempa berada di 9,44 derajat Lintang Selatan (LS) dan 114,03 derajat Bujur Timur (BT). Pusat gempa tersebut berada di kedalaman 22 kilometer di bawah permukaan laut. "Gempa ini tidak berpotensi menimbulkan tsunami," jelas Kepala Stasiun BMKG Banyuwangi Arif Triono yang diwakili Kepala Teknis Mawardi kemarin.

Dia menambahkan, gempa tersebut diperkirakan terjadi karena benturan dua lempeng benua. Yakni, lempeng tektonik Australia dan lempeng tektonik Asia. "Setelah terjadi gempa, akan banyak gempa susulan. Tapi, gempa susulan itu terjadi dengan skala kecil," ungkapnya.

Menurut Mawardi, gempa 5,1 SR itu masih tergolong sedang. Tapi, jika sudah melebihi 6 SR, gempa bisa dikategorikan berkekuatan tinggi. Gempa yang melebihi 6 SR bisa berpotensi tsunami.

Gempa yang terjadi kemarin, kata Mawardi, banyak dirasakan warga Banyuwangi Selatan. Masyarakat di Kecamatan Pesanggaran, Kecamatan Kalibaru, dan Kecamatan Glenmore bisa merasakan guncangan tersebut. Warga di pusat Kota Banyuwangi hanya merasakan sedikit guncangan.

Sementara itu, BMKG tetap mengimbau agar masyarakat di kawasan pesisir selalu waspada. Jika sewaktu-waktu terjadi gempa, mereka harus selalu mewaspadai terjadinya gelombang tsunami. Meski begitu, masyarakat diminta tetap tenang dan tidak panik. Jika terjadi gempa, mereka diimbau untuk langsung menuju ke tempat yang lebih tinggi. "Segera cari tempat yang aman," tegasnya. (mg5/bay/jpnn/c5/agm)


Komentarku ( Mahrus ali ) :
فَلَوْلَا إِذْ جَاءَهُمْ بَأْسُنَا تَضَرَّعُوا وَلَكِنْ قَسَتْ قُلُوبُهُمْ وَزَيَّنَ لَهُمُ الشَّيْطَانُ مَا كَانُوا يَعْمَلُونَ
Maka mengapa mereka tidak memohon (kepada Allah) dengan tunduk merendahkan diri ketika datang siksaan Kami kepada mereka, bahkan hati mereka telah menjadi keras dan syaitanpun menampakkan kepada mereka kebagusan apa yang selalu mereka kerjakan.  [1]



[1] Al an`am 43
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan