Sabtu, Maret 23, 2019

Kajian Mi`raj ke 5 Kisah Mi`raj menurut Ibnu Abbas



                                  


Di tulis oleh Doktor Faidhi al faidhi.
إن ّمن أشد الأمور خطراً على العقل والدين أن تختلط الخرافة بالدين في أذهان كثيرين اختلاطا لا يتميز به أحدهما عن الآخر ، ويغدو هذا المزيج عقيدة لدى العامة يدينون الله بها ، يرجون بركاتها في الدنيا وثوابها في الآخرة ،
Salah satu hal yang paling berbahaya bagi pikiran dan agama adalah bahwa mitos itu bercampur dengan agama di dalam pikiran banyak orang yang tidak membedakan satu dari yang lain, dan campuran ini menjadi doktrin masyarakat yangberagama, mencari berkah  di dunia ini dan imbalannya di akhirat,
وينكرون على من يصحح لهم ذلك الخطأ ، أو يحارب تلك الخرافة التي يعدونها عقيدة من أسس الدين ، ويعدون من ينكرها كمن ينكر حقائق القرآن القاطعة وأحاديث النبي(صلى الله عليه وسلم) الصحيحة.
serta menyangkal siapa yang mengoreksi mereka atas  kesalahan itu , melawan mitos yang mereka anggap sebagai doktrin dasar-dasar agama, dan menganggap  mereka yang menyangkalnya sebagai menyangkal fakta-fakta Alquran dan Hadits Nabi (saw) benar.
ولطالما عانينا ـ معاشر الدعاة ـ من هذه الإشكالية ، فنحن بين من يعتقد بذلك المزيج إلى الدرجة التي يهاجم كل داعيةٍ ناصح أراد إظهار الحق وبيان الصواب من خلال دحض تلك الخرافة ( الفرية ) ، وبين موجهٍ يشتد في توجيهه حتى ينفر الصيد ، ويجفل الظباء ، فيغدو أسلوبه مانعاً من قبول بيان الداعية الرشيد والموجه الحكيم ،
Kami telah lama whai para da`I  merasa mengalami masalah ini, kami  di antara mereka yang percaya pada ajaran campuran sampai pada tingkat yang menyerang setiap da`i untuk menunjukkan pernyataan yang benar dengan menyangkal mitos (fiksi) itu, dan antara  penceramah yang  semakin intensif membikin  buruan lari  , dan kijang pun takut,  Gayanya mencegah penerimaan pernyataan pengkhotbah yang mendapat petunjuk pembimbing yang  bijaksana,
 والأمثلة على ذلك كثيرة منها : بعض ما جاء في كتاب ( الإسراء والمعراج ) لابن عباس رضي الله عنهما ، فقد كثرت الروايات عن الصحابة الكرام في معجزة الإسراء والمعراج كثرة لم تسلم من الضعف والخلل ،
Contoh dari ini banyak: Sebagian isi  buku (Isra dan Mi'raaj) dari riwayat Ibn Abbas, semoga Allah ridha dengan mereka, ada banyak novel tentang para sahabat yang yang mulia tentang  mukjizat Isra dan Maraj. Banyak yang tidak lepas dari kelemahan dan ketidakseimbangan ( cacat ).
ومن الصحابة على وجه الخصوص : علي بن أبي طالب ، وابن عباس ، وأنس بن مالك ، وحوت كتب التفسير هذه المرويات على أنها من قبيل التفسير بالمأثور في سورة الإسراء وسورة النجم على نحو أقل
 .
Di antara para sahabat khususnya: Ali bin Abi Thalib, Ibn Abbas, Anas bin Malik, dan kitab-kitab tafsir juga memuat  riwayat – riwayat ini paling tidak sebagai interpretasi dari ayat-ayat dalam Surat Al Isra dan Surat Al-Najm.

ومن الملفت للنظر أن أنس بن مالك وابن عباس كانا من أكثر من نسب إليهما من مرويات الإسراء والمعراج ، لكن المرويات إلى أنس بن مالك كانت الأكثر ، حتى بدا أنس بن مالك في هذا الشأن أكثرهم له شرحاً وأبسطهم فيه قولاً(1)
Sungguh luar biasa bahwa Anas bin Malik dan Ibn Abbas paling banyak orang yang dikaitkan dg cerita Al Israa dan Al-Mi`raj, tetapi Al-Marwiyat ke Anas Bin Malik adalah yang paling banyak ,  Hingga Anas bin Malik menjadi sumber yang sering memberi keterangan dan paling luas  dalam hal ini,

وأما ابن عباس فإن غالب الروايات المنسوبة إليه خالية من الإسناد ، وفي هذا يقول الإمام الشافعيلم يثبت عن ابن عباس في التفسير إلا شبيه بمائة حديث “(2) .

Adapun Ibnu Abbas, sebagian besar riwayat yang dikaitkan dengannya tidak memiliki sanad. Dalam hal ini, Imam al-Syafi'i mengatakan: "Ibnu Abbas tidak terbukti kebenarannya dalam hal tafsir kecuali seratus hadis." (2)

ويعقب الدكتور الذهبي على ذلك بقوله : ” وهذا العدد الذي ذكره الشافعي لا يكاد يذكر بجوار ما روي عن ابن عباس من التفسير ، وهذا يدل على مبلغ ما دخل في التفسير النقلي من الروايات المكذوبة “(3) .
Dr. al-Zahabi memberikan komentar ini dengan mengatakan: "Jumlah yang disebutkan oleh al-Syafi'i ini hampir  tidak disebut di samping apa yang diriwayatkan dari Ibn Abbas tentang tafsir, dan ini menunjukkan jumlah apa yang dimasukkan dalam tafsir naqli dari riwayat palsu" (3).

ولقد قبلت هذه المرويات والتي غدت تطبع وتوزع على أنها كتاب الإسراء والمعراج للصحابي الجليل ابن عم المصطفى عليه الصلاة والسلام ، حبر الأمة عبد الله بن عباس ـ رضي الله عنهما وأصبح لها رواج كبير في بلاد المسلمين لا سيما في بلادنا. ولعل أهم الأسباب لهذا الرواج :
Kisah – kisah ini telah diterima ,dan  telah dicetak dan didistribusikan sebagai buku Isra dan Maraj Al-Sahabi, sepupu Mustafa alaihis sholatu wassalam , tokoh  bangsa yang alim Abdullah bin Abbas, semoga Allah meridhai mereka dan buku tsb memiliki popularitas besar di negara-negara Muslim, terutama di negara kita. Mungkin alasan paling penting untuk popularitas  ini sbb:


1. كونها تبحث عن معجزة الإسراء والمعراج والتي خص الله بها نبينا محمداً (صلى الله عليه وسلم) من دون سائر الأنبياء ، مما جعل لها مكانتها المتميزة في نفوس المسلمين.
2. نسبة هذه المرويات إلى حبر الأمة ابن عباس ـ رضي الله عنهما ـ مما جعل لها قبولاً في أوساط المسلمين .
Buku itu membahas tentang Mukjizat Isra dan Mi'raj, yang telah Allah pilih untuk Nabi kita Muhammad  shallallahu 'alaihi wasallam   bukan  nabi-nabi lain yang telah membuatnya menjadi tempat yang berbeda di hati umat Islam.
2 - Proporsi riwayat  ini dengan tokoh alim  umat  Ibn Abbas, semoga Allah ridha dengan mereka, yang membuatnya  diterima di kalangan umat Islam.

Bersambung ………………

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan