Sabtu, Maret 23, 2019

Lanjutan komentar Doktor Faidhi al faidhi tentang kisah Mi`raj ke 7





ومن المرويات الواردة في هذا الكتاب مما لا أصل له في كتاب ولا سنة ما يأتي :
Di antara cerita yang terkandung dalam buku ini, yang tidak memiliki dasar dalam kitab quran  atau hadis, adalah sebagai berikut:

وإذا أنا بملك نصفه من ثلج ونصفه من نار ، فلا النار تذيب الثلج ولا الثلج يطفئ النار ، له ألف رأس ، في كل رأس ألف وجه ، في كل وجه ألف ألف فم ،
Tahu – tahu  saya ketemu malaikat , setengahnya salju dan setengah lagi api, maka api tidak melelehkan salju dan salju tidak memadamkan api, ia memiliki seribu kepala, di setiap kepala seribu wajah, di setiap wajah sejuta mulut,

 في كل فم ألف ألف لسان يسبح الله تعالى بألف ألف لغة لا يشبه بعضها بعضا ، من جملة تسبيحه يقول : سبحان من ألف بين الثلج والنار ، يا من ألف بين الثلج والنار ، ألف بين قلوب عبادك المؤمنين ، والملائكة تقول آمين ،
Dalam setiap mulut sejuta  lidah memuji Tuhan dengan sejuta bahasa . Satu sama lain tidak sama. Di antara pujiannya mengatakan:  Maha  suci Allah yang menjinakkan antara api dan salju . Wahai Tuhan yang menjinakkan  antara salju dan api, Jinakkan di antara hati para penyembahmu yang mukmin, dan para malaikat berkata Amin,

 فقلت : من هذا يا أخي جبريل ، قال : هذا الملك المكفل بأكتاف السماوات ، وهو أنصح الملائكة لبني آدم.
Saya berkata: Siapa ini , wahai saudaraku Jibril , dia berkata: Ini malaikat ,  yang bertanggung jawab dengan  bahu langit , dan  paling sering  menasihati kepada putra-putra Adam.
 ثم رأيت ملكاً عظيم الخلقة والمنظر ، قد بلغ قدمه تخوم الأرض السابعة ، ورأسه تحت العرش ، وهو جالس على كرسي من نور ، والملائكة بين يديه وعن يمينه وعن شماله ينتظرون أمر الله عز وجل ، وعن يمينه لوح ، وعن شماله شجرة عظيمة ، إلا أنه لم يضحك أبداً
Lalu aku melihat malikat besar postur tubuhnya dan penglihatannya, yang tapak kakinya mencapai lantai ketujuh bumi, dan kepalanya di bawah Arasy, duduk di kursi cahaya, dan para malaikat diam  dimukanya dan di  kanan dan kirinya menunggu perintah Allah yang  maha mulia dan agug a, dan di sebelah kanannya ada papan, dan di sebelah kanannya sebuah pohon besar, Dia tidak pernah tertawa

، فقلت : يا أخي يا جبريل من هذا ؟ فقال : هذا هاذم اللذات ومفرق الجماعات ، ومخرب البيوت والدور ، ومعمر القبور ، وميتم الأطفال ومرمل النساء ، ومفجع الأحباب ومغلق الأبواب ، ومسود الأعتاب وخاطف الشباب ، هذا ملك الموت عزرائيل(6) .
, Aku berkata: O saudaraku , hai Jibril siapa ini? Dia berkata: "Ini adalah penghancur kelezatan , pemecah kelompok, dan penghancur rumah dan kampung, dan pembikin ramai  kuburan, dan pembikin anak yatim dan pembikin janda perempuan. Dan yang bikin sakit orang-orang terkasih, dan penghitam  pintu. Dan pengambil pria muda ini  adalah malaikat  kematian Ezrail

 قال النبي(r): فوضع يده ـ يعني يد الله عز وجل ـ بين كتفي ـ ولم تكن يداً محسوسة كيد المخلوقين ، بل يد قدرة وإرادة ـ فوجدت بردها على كبدي ، فذهب عني كل ما رأيته من العجائب ، وأورثني علم الأولين والآخرين(7)
Nabi (saw) bersabda:   Lalu Allah azza wajal meletakkan tangannya berarti tangan Tuhan yang Maha Kuasa di antara pundakku dan bukan tangan yang bisa di rasakan indera seperi  tangan makhluk-makhluk itu, tetapi tangan kekuasaan dan kemauan dan kutemukan hawa dingin di hatiku. semua yang kulihat  telah tiada  dengan keajaiban. Dan Allah telah memberikan kepadaku ilmu orang dahulu dan terkemudian
وواضح أن الصنعة على هذا الحديث ظاهرة ، ويتجلى هذا في قوله: ( ولم تكن يداً محسوسةالخ ) فإنّ هذا من موضوعات علم الكلام التي جرى فيها الخوض متأخرا عن عصر الرسالة والصحابة ، والصحيح أن هذا كان رؤيا منام رآها النبي(صلى الله عليه وسلم) وليس ما حدث ليلة الإسراء والمعراج(8) .
Jelas bahwa pembuatan  hadits ini jelas, dan ini tercermin dalam perkataan : (Itu bukan tangan yang nyata ... dll), ini adalah salah satutema  ilmu kalam  yang sering di bahas manusia pada masa risalah dan sahabat . Dan memang benar bahwa visi ini dilihat oleh Nabi dalam mimpi  . ) Dan bukan apa yang terjadi pada malam Isra dan Maraj (8).
. ومن ذلك ما جاء في هذه المرويات في بيان ما اعقب حادثة الإسراء والمعراج: ….والمسلمون حوله(صلى الله عليه وسلم) وهو بينهم كالقمر وهم حوله كالنجوم ، وأسلم في ذلك اليوم أربعة الآف رجل !!
Di antaranya   dalam riwayat – riwayat tersebut ada keterangan  setelah kejadian isra` dan Mi`raj
Orang-orang Muslim di sekelilingnya (saw), Beliau  seperti bulan dan mereka yang di sekelilingnya seperti bintang-bintang, dan  pada hari itu telah masuk Islam empat ribu orang !!
ومن الواضح أن هذا الكلام مخالف للصحيح الثابت فإنه مما هو معلوم أن عدداً من المسلمين ارتدوا في صبيحة تلك الحادثة ،
Jelas bahwa perkataan  ini bertentangan dengan hadis yang sahih  diketahui bahwa sejumlah Muslim murtad di pagi hari kejadian itu,

 فقد جاء في الروايات التي أوردها الطبري وابن كثير : ( فافتتن ناس كثير وكانوا قد صلوا معه )(9) ، وفيها : ( فارتدوا كفاراً فضرب الله أعناقهم مع أبي جهل)(10) ، ولا أدري من أين أتى بهذا الرقم الكبير جداً ( أربعة الآف رجل ).
Dalam kisah yang diriwayatkan oleh al-Tabari dan Ibn Katser: ( banyak orang  terfitnah dan mereka telah berjamaah bersamanya) (9), di mana: ( mereka murtad dan Tuhan memukul leher mereka bersama Abu Jahl) (10), saya tidak tahu dari mana datangnya jumlah yang sangat besar ini (empat Ribuan pria).
وأقدم من وجدته قد صرح بالوضع الحافظ السيوطي ، إذ ذكر في كتابه (تدريب الراوي) لدى الكلام عن الحديث الموضوع ما نصه : ” الثالث : من الموضوع أيضاًوالحديث الطويل عن ابن عباس في الإسراء، أورده ابن مردويه في تفسيره، وهو نحو كراسين “(11) .
Orang yang paling berani yang pernah saya jumpai untuk menyatakan palsu  adalah al Hafidz Imam Suyuthi Beliau menyebut dalam kitabnya Tadribur rawi ketika membahas hadis  palsu sbb :  Pembicaraan panjang dari Ibnu Abbas tentang   Isra.  Di riwayatkan oleh Ibn Mardawiyah dalam kitab tafsirnya , yaitu tentang Karasin " (11)
ولعل من أغرب وأعجب ما يسجل ، أنّ رجلا كالدكتور لويس عوض ـ وهو من هو ـ يدعو إلى اقتناء هذا الكتاب ، واعتماد هذه المرويات(12) !.وفي ختام هذه الكلمات أقترح جملة من التوصيات أجدها في غاية الأهمية لهذا الموضوع لنتجاوز الخلط فيه بين الحقيقة والخرافة ، وبين الدين والأوهام:
Mungkin salah satu yang paling aneh dan paling mengejutkan dari semua adalah bahwa seorang pria seperti Dr. Louis Awad, yang menyerukan menyimpan buku ini, dan adopsi riwayat riwayat ini. (12) Pada akhir kata-kata ini saya mengusulkan serangkaian rekomendasi yang menurut saya sangat penting untuk tema ini  agar bisa menyelesaikan  camour aduk antara Mitos dan hakikat ,  antara agama dan ilusi:
تأليف كتب معاصرة جامعة لمعجزة الإسراء والمعراج ، تعتمد ما في القرآن الكريم والسنة المطهرة ، مع ملاحظة المعطيات العلمية المعاصرة من خلال عرض مقبول عقلا وشرعاً .
Buah karya  Buku-Buku Kontemporer  Isra`  dan Mi`raj, mengadopsi apa yang ada dalam Al-Qur'an dan Sunnah yang suci, sambil mengamati data ilmiah kontemporer melalui penampilan yang masuk akal dansyar`i.
. تكثيف دراسة مرويات الإسراء والمعراج في محاولات نقدية جادة ، وغربلة ما فيها ( غرابة أو نكارة ) .
. Mengintensifkan studi cerita cerita Isra dan Mi`raj dalam upaya kritik yang serius, dan menyaring apa yang ada (aneh atau munkar / ganjil)
 صياغة هذه الحادثة الكريمة باسلوب أدبي شيق مرصع بآي من الذكر الحكيم وأحاديث النبي(صلى الله عليه وسلم) بألفاظ سهلة الفهم ، حلوة النغم ، لأن الناس يألفون هذا النمط ، تكون بديلا عما اعتاد الناس قراءته في الاحتفالات الدينية وهو غير صحيح .
Kata-kata dari peristiwa mulia ini dibuat dalam gaya sastra yang menarik yang di campur dengan ayat al quran  yang bijak dan hadis Nabi shallahu alaihi wasallam  dengan kata-kata yang mudah dimengerti, manis dan merdu, karena orang-orang terbiasa dengan pola ini. Ini adalah alternatif dari apa yang digunakan orang untuk membaca dalam upacara keagamaan. Dan ia  tidak benar.
Komentarku ( Mahrus ali ).
Dengan gaya dan pola bagaimanapun , Isra` itu ada , dan Mi`raj itu tidak ada > Dan saya akan mengkajinya sampai tuntas.

 اسناد كتاب الإسراء والمعراج المنسوب إلى ابن عباس إلى أحد طلبة الدراسات العليا في الكليات الإسلامية لتحقيقه تحقيقاً أكاديمياً ، ذاك أن بعض الروايات التي وردت فيه صحيحة ، لكن التمييز بين الصحيح والسقيم عسير على غير ذوي الاختصاص.
Buku Isra dan Mi`raj riwayat Ibn Abbas di berikan kepada salah satu mahasiswa pascasarjana di perguruan tinggi Islam untuk  penyelidikan akademis, seperti beberapa riwayat ada yang  benar, tetapi perbedaan antara yang benar dan yang salah sulit bagi yang bukan spesialis
Refrensi :

الهوامش:

(1) تفسير القرآن العظيم لابن كثير : (4/ 274) .
(2) الاتقان في علوم القرآن للسيوطي:(2/ 189).
(3) التفسير والمفسرون للدكتور الذهبي: (1/ 156).
(4) الإسراء والمعراج لابن عباس:ص4.
(5) تجربة التربية الإسلامية في ميزان البحث للدكتور البوطي : ص111.
(6) المصدر السابق: ص12.
(7) المصدر السابق: ص15.
(8) مسند الإمام أحمد بن حنبل:(2/ 170) .
(9) جامع البيان للطبري: (15/4).
(10) تفسير القرآن العظيم لابن كثير:(4/ 245). وسنن النسائي:( 6/377 ) .
(11) تدريب الراوي للسيوطي : (1/ 342) .
(12) فقه السيرة للدكتور البوطي: ص112
rassoulallah.com/معجزات-رسول-الله/18207-الإسراء-والمعراج-لابن-عباس-دراسة-نقدية.htm
د. فيضي الفيضي


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan