Sabtu, Maret 23, 2019

Kjaian Mi`raj ke 15



Kjaian Mi`raj ke  15

و حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرِ بْنُ أَبِي شَيْبَةَ حَدَّثَنَا أَبُو أُسَامَةَ حَدَّثَنَا مَالِكُ بْنُ مِغْوَلٍ ح و حَدَّثَنَا ابْنُ نُمَيْرٍ وَزُهَيْرُ بْنُ حَرْبٍ جَمِيعًا عَنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ نُمَيْرٍ وَأَلْفَاظُهُمْ مُتَقَارِبَةٌ قَالَ ابْنُ نُمَيْرٍ حَدَّثَنَا أَبِي حَدَّثَنَا مَالِكُ بْنُ مِغْوَلٍ عَنْ الزُّبَيْرِ بْنِ عَدِيٍّ عَنْ طَلْحَةَ عَنْ مُرَّةَ عَنْ عَبْدِ اللَّهِ قَالَ
(MUSLIM - 252) : Dan telah menceritakan kepada kami Abu Bakar bin Abu Syaibah telah menceritakan kepada kami Abu Usamah telah menceritakan kepada kami Malik bin Mighwal. (dalam riwayat lain disebutkan) Dan telah menceritakan kepada kami Ibnu Numair dan Zuhair bin Harb semuanya dari Abdullah bin Numair dan lafazh mereka saling berdekatan. Ibnu Numair berkata, telah menceritakan kepada kami bapakku telah menceritakan kepada kami Malik bin Mighwal dari az-Zubair bin Adi dari Thalhah dari Murrah dari Abdullah dia berkata,
لَمَّا أُسْرِيَ بِرَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ انْتُهِيَ بِهِ إِلَى سِدْرَةِ الْمُنْتَهَى وَهِيَ فِي السَّمَاءِ السَّادِسَةِ إِلَيْهَا يَنْتَهِي مَا يُعْرَجُ بِهِ مِنْ الْأَرْضِ فَيُقْبَضُ مِنْهَا وَإِلَيْهَا يَنْتَهِي مَا يُهْبَطُ بِهِ مِنْ فَوْقِهَا فَيُقْبَضُ مِنْهَا قَالَ{ إِذْ يَغْشَى السِّدْرَةَ مَا يَغْشَى }
"Ketika Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam diisra'kan maka beliau sampai  di  Sidrah al-Muntaha, (yaitu tempat) yang terletak di langit keenam. Sesuatu yang naik dari bumi akan bermuara di sana dan ditahan padanya. Dan sesuatu dari atasnya berhenti padanya, lalu ditahan padanya." Allah berfirman: '(Muhammad melihat Jibril) ketika Sidratil Muntaha diliputi oleh sesuatu yang meliputinya) ' (Qs. An Najm: 16).
قَالَ فَرَاشٌ مِنْ ذَهَبٍ قَالَ فَأُعْطِيَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ ثَلَاثًا أُعْطِيَ الصَّلَوَاتِ الْخَمْسَ وَأُعْطِيَ خَوَاتِيمَ سُورَةِ الْبَقَرَةِ وَغُفِرَ لِمَنْ لَمْ يُشْرِكْ بِاللَّهِ مِنْ أُمَّتِهِ شَيْئًا الْمُقْحِمَاتُ
Abdullah berkata lagi, "Yaitu hamparan dari emas." Dia berkata lagi, "Lalu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam diberi tiga hal: shalat lima waktu, ayat-ayat penutup surat al-Baqarah, dan diampuni dosa-dosa besar milik orang yang tidak mensyirikkan Allah dengan sesuatu pun dari kalangan umat beliau."

[تعليق أيمن صالح شعبان - ط دار الكتب العلمية]
أخرجه أحمد (1/387) (3665) و (1/422) (4011) قال: حدثنا ابن نمير، ومسلم (1/109) قال: حدثنا أبو بكر بن أبي شيبة، قال: حدثنا أبو أسامة (ح) وحدثنا ابن نمير، وزهير بن حرب، جميعا عن عبد الله بن نمير والنسائي (1/223) . وفي الكبرى (307) قال: أخبرنا أحمد بن سليمان قال: حدثنا يحيى بن آدم.
ثلاثتهم - عبد الله بن نمير، وأبو أسامة، ويحيى بن آدم - قالوا: حدثنا مالك بن مغول، عن الزبير بن عدي، عن طلحة بن مصرف، عن مرة، فذكره.
* أخرجه الترمذي (3276) قال: حدثنا ابن أبي عمر، قال: حدثنا سفيان، عن مالك بن مغول، عن طلحة بن مصرف، عن مرة، فذكره..ليس فيه (الزبير بن عدي) .
Komentarku ( Mahrus ali
Dari segi sanad , hadis tsb tafarud pada Malik bin Migwal – perawi Kufah Irak dan tidak ada perawi lain saat itu yang tahu hadis itu. Hal sedemikiaan ini tanda kelemahannya.

  ــ  مالك بن مغول بن عاصم البجلى ، أبو عبد الله الكوفى
المولد  :
الطبقة : 7  : من كبار أتباع التابعين
الوفاة : 159 هـ على الصحيح
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ثقة ثبت
مرتبته عند الذهبـي : حجة
Malik bin Mighwal adalah perawi Irak yang tunggal dalam meriwayatkan hadis itu. Beliau termasuk tokoh atbaut tabiin.

الإسراء والمعراج وذكر أحاديثهما وتخريجها وبيان صحيحها (ص: 89)
 قلت: ظاهره يخالف حديث أنس المتقدم: "ثم عرج بنا إلى السماء السابعة ... ثم ذهب بي إلى سدرة المنتهى" فإنه يدل على أن السدرة في السماء السابعة وهو الذي رجحه القرطبي وجمع الحافظ بين الحديثين بتأويل أن أصلها في السماء السادسة منها إلا أصل ساقها.
Lalu ia pergi ke Sidra muntaha. "Ini menunjukkan bahwa Sidra  muntaha berada di langit  ketujuh. Ini pendapat  yang ditarjih oleh Qurtubi, dan al hafidh mengumpulkan  di antara dua hadits, dengan interpretasi bahwa akarnya dilangit  keenam hanyalah dasar batangnya.
Komentarku ( Mahrus ali
Jadi riwayat Ibn Mas`ud itu beda dengan  riwayat Anas yang dulu . Sidratul muntaha itu dilangit ke tujuh bukan ke enam sebagaimana dikatakan oleh Ibn Mas`ud.
Dalam al qur`an tidak ada keterangan bahwa Rasul shallahu alaihi wasallam datang ke sidratul muntaha . Beliau hanya melihat Jibril turun di dekat sidratul muntaha. Rasul sendiri masih dibumi.
وَلَقَدْ رَآهُ نَزْلَةً أُخْرَىٰ (13) عِندَ سِدْرَةِ الْمُنتَهَىٰ (14
 Dan sesungguhnya Muhammad telah melihat Jibril itu (dalam rupanya yang asli) pada waktu yang lain,
( 14 )   (yaitu) di Sidratil Muntaha.
Najem 13 – 14

Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan