Kamis, Juni 29, 2017

Fase ke dua salat Subuh yg benar.

Fase ke dua salat Subuh yg benar.
حَدَّثَنَا يَحْيَى بْنُ بُكَيْرٍ قَالَ أَخْبَرَنَا اللَّيْثُ عَنْ عُقَيْلٍ عَنْ ابْنِ شِهَابٍ قَالَ أَخْبَرَنِي عُرْوَةُ بْنُ الزُّبَيْرِ أَنَّ عَائِشَةَ أَخْبَرَتْهُ قَالَتْ
(BUKHARI - 544) : Telah menceritakan kepada kami Yahya bin Bukair berkata, telah mengabarkan kepada kami Al Laits dari 'Uqail dari Ibnu Syuhab berkata, telah mengabarkan kepadaku 'Urwah bin Az Zubair bahwa 'Aisyah mengabarkan kepadanya, ia mengatakan,
كُنَّ نِسَاءُ الْمُؤْمِنَاتِ يَشْهَدْنَ مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ صَلَاةَ الْفَجْرِ مُتَلَفِّعَاتٍ بِمُرُوطِهِنَّ ثُمَّ يَنْقَلِبْنَ إِلَى بُيُوتِهِنَّ حِينَ يَقْضِينَ الصَّلَاةَ لَا يَعْرِفُهُنَّ أَحَدٌ مِنْ الْغَلَسِ
"Kami, wanita-wanita Mukminat, pernah ikut shalat fajar bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam dan menutup tubuh dengan pakaian mereka / kemudian kembali ke rumah mereka masing-masing setelah selesai shalat tanpa diketahui oleh seorangpun karena masih gelap."
جامع الأصول (5/ 224)
تعليق أيمن صالح شعبان - ط دار الكتب العلمية]
صحيح: أخرجه الحميدي (174) قال: حدثنا سفيان. وأحمد (6/33) قال: حدثنا عبد الأعلى، عن معمر. وفي (6/37) قال: حدثنا سفيان. وفي (6/248) قال: حدثنا عثمان بن عمر. قال: حدثنا يونس. والدارمي (1219) قال: أخبرنا محمد بن يوسف. قال: حدثنا الأوزاعي. والبخاري (1/104) قال: حدثنا أبو اليمان. قال: أخبرنا شعيب. وفي (1/151) قال: حدثنا يحيى بن بكير. قال: أخبرنا الليث، عن عقيل. ومسلم (2/118) قال: حدثنا أبو بكر بن أبي شيبة وعمرو الناقد وزهير بن حرب كلهم عن سفيان بن عيينة. قال: عمرو: حدثنا سفيان بن عيينة. (ح) وحدثني حرملة ابن يحيى. قال: أخبرنا بن وهب. قال: أخبرني يونس. وابن ماجة (669) قال: حدثنا أبو بكر بن أبي شيبة. قال: حدثنا سفيان بن عيينة. والنسائي (1/271) وفي الكبري (1443) قال: أخبرنا إسحاق ابن إبراهيم. قال: حدثنا سفيان. وفي (3/82) وفي الكبرى (1194) قال: أخبرنا علي بن خشرم. قال: أنبأنا عيسى بن يونس، عن الأوزاعي. وابن خزيمة (350) قال: حدثنا عبد الجبار بن العلاء والمخزومي وأحمد بن عبدة. قال: أحمد: أخبرنا. وقال الآخران: حدثنا سفيان.
ستتهم - سفيان بن عيينة، ومعمر، ويونس، والأوزاعي، وشعيب، وعقيل - عن الزهري، عن عروة، فذكره.
Hadis itu munkar karena hanya dari satu orang yaitu Azzuhri dr Irak . Sbgmn keterangan yg lalu hadis sedemikian ini tdk bisa di buat pegangan.
.
وفي رواية «ثم ينقلبن إلى بيوتهن، وما يُعرَفنَ من تغليسِ رسولِ الله - صلى الله عليه وسلم- بالصلاة» .
وفي رواية بنحوه، أخرجه الجماعة. وفي أخرى للبخاري «أن رسول الله -صلى الله عليه وسلم- كان يصلي الصبح بغَلَس، فينصرِفنَ نساء المؤمنين لا يُعرَفنَ من الغلس، ولا يَعرِفَ بعضُهُنَّ بعضاً» (1) . [ص:224]
جامع الأصول (5/ 224)
.
الروايات متقاربة المعنى.
وعن عمرة بنت عبد الرحمن، عن عائشة. قالت: «إن كان رسول الله -صلى الله عليه وسلم- ليصلي الصبح، فينصرف النساء متلفعات بمروطهن، ما يعرفن من الغلس.» .
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjalankan salat Subuh , lalu wanita pulang dg mengenakan kain yg menutup seluruh tubuhnya dan tdk diketahui oleh seseorang karena gelap. .
أخرجه مالك الموطأ صفحة (30) وأحمد (6/178) قال: قرأت على عبد الرحمن. والبخاري (1/219) قال: حدثنا عبد الله بن مسلمة. (ح) وحدثنا عبد الله بن يوسف. ومسلم (2/119) قال: حدثنا نصر ابن علي الجهضمي وإسحاق بن موسى الأنصاري. قالا: حدثنا معن. وأبو داود (423) قال: حدثنا القعنبي. والترمذي (153) قال: حدثنا قتيبة. (ح) قال: وحدثنا الأنصاري. قال: حدثنا معن. والنسائي (1/271) وفي الكبرى (1444) قال: أخبرنا قتيبة.
خمستهم - عبد الرحمان بن مهدي، وعبد الله بن مسلمة القعنبي، وعبد الله بن يوسف، ومعن بن عيسى، وقتيبة بن سعيد - عن مالك، عن يحيى بن سعيد الأنصاري، عن عمرة بنت عبد الرحمن، فذكرته
Intinya hanya Imam Malik yg meriwayatkannya bukan orang lain.
.
وعن القاسم بن محمد، عن عائشة -رضي الله عنها- «أن رسول الله-صلى الله عليه وسلم- كان يصلي الصبح بغلس فينصرفن نساء المؤمنين لا يعرفن من الغلس، أو لا يعرف بعضهن بعضا»
……………..Dari Aisyah , Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melakukan salat Subuh waktu gelap , lalu kaum wanita mukminah pulang dan tidk di kenali mereka karena suasana gelap. Sebagian mrk tdk tahu pd sbgian yg lain. .
أخرجه أحمد (6/258) قال: حدثنا يونس وسريج. والبخاري (1/220) قال: حدثنا يحيى بن موسى. قال: حدثنا سعيد بن منصور.
ثلاثتهم - يونس، وسريج، وسعيد بن منصور - قالوا: حدثنا فليح، عن عبد الرحمن بن القاسم، عن أبيه، فذكره.
Intiny hadis itu hanya dari Fulaih bukan orang lain. Ini namanya hadis munkar yg di riwayatkan oleh satu orang bukan dua atau tiga. Bila di teliti sampai pusatnya , mk hadis itu dg berbagai mcm redaksinya hanya dari Aisyah bukan sahabat yg lain. Dan namanya tafarrud fii awwalis sanad atau aslus sanad .
Ibnu Hajar berkata:
يقسم الغريب بالنسبة لموضع التفرد فيه إلى قسمين هما " غريب مطْلق " وغريب نسبى "
ا-الغريب المطلق: أو الفرد المطلق.
تعريفه: هو ما كانت الغرابة في أصل سنده، أي ما ينفرد بروايته شخص واحد في أصل سنده.
وأصل السند أي طرفه الذي فيه الصحابي، والصحابي حلقة من حلقات السند، أي إذا تفرد الصحابي برواية الحديث، فان الحديث يسمى غريب غرابة مطلقة.
Gharib di bagi menjadi dua dari segi tempat tafarrudnya:
Gharib mutlak dan gharib nisbi.
Gharib muthlak atau fard mutlak .
Devinisi: Gharibnya terletak pada asal sanadnya ( permulaan sanad) . Hadis yang hanya di riwayatkan oleh satu orang di permulaan sanad.
Permulaan sanad adalah jalur sanad yang terdapat sahabat. Sahabat adalah termasuk salah satu rantai sanad. Ya`ni bila seorang sahabat saja yang meriwayatkan hadis maka hadis tsb dinama gharib mutlak.
(جمعية الحديث الشريف وإحياء التراث
Cacat dr segi matan hadis ( redaksi ).
Dlm hadis di jlskan :
كان يصلي الصبح بغلس
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melakukan salat Subuh waktu gelap
Al ghalas itu artinya kegelapan di akhir malam
جامع الأصول (3/ 263)
- [شَرْحُ الْغَرِيبِ]
- (نُغَلِّس) : التغليس: القيام وقت الغلس، وهو ظلمة آخر الليل
جامع الأصول (5/ 216)
- (بِغَبَش) : الغَبَشُ: ظُلمة آخر الليل. وقيل: هو بقية الليل
Jadi Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjalankan salat Subuh di akhir malam yg gelap. Bukan di awal siang yg terang. Hal ini bertentangan dg ayat:
وَأَقِمِ الصَّلَاةَ طَرَفَيِ النَّهَارِ وَزُلَفًا مِّنَ اللَّيْلِ ۚ إِنَّ الْحَسَنَاتِ يُذْهِبْنَ السَّيِّئَاتِ ۚ ذَٰلِكَ ذِكْرَىٰ لِلذَّاكِرِينَ
Dan dirikanlah salat itu pada kedua tepi siang dan pada sebagian malam. Sesungguhnya perbuatan-perbuatan yang baik itu menghapuskan (dosa) perbuatan-perbuatan yang buruk. Itulah peringatan bagi orang-orang yang ingat. 114 Hud.
خرج الطبري بسنده الحسن عن علي بن أبي طلحة عن ابن عباس في قوله: (وأقم الصلاة طرفي النهار) ، يقول: صلاة الغداة، وصلاة المغرب.
Intinya menurut Ibnu Abbas salat dua ujung siang adalah salat subuh dan Maghrib.
Salat Subuh masih di namakan salat awal siang. Bukan akhir malam. Bila Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjalankan salat subuh di kegelapan malam yg terahir, mk jls bertentangan dg 114 Hud itu. Dan ini sinyal kelemahan hadis.
Bila Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjalankan salat Subuh di kegelapan malam yg terahit akan bertentangan dg ayat ini:
وَاللَّيْلِ إِذْ أَدْبَرَ
dan malam ketika telah berlalu
وَالصُّبْحِ إِذَا أَسْفَرَ
dan subuh apabila terang. Al muddatssir .33- 34
وَالصُّبْحِ إِذَا تَنَفَّسَ
dan demi subuh bila telah terang 18 Takwir
Jadi hadis itubertentangan dg ayat . ini titik kelemahan nya yg bikin fatal.
Syaik As suba`I telah merumuskan tanda kelemahan hadis sampai tujuh belas point.
Yang nomer sembilan sbb:
9ـ ألا يخالف القرآن
“Hadis itu harus tdk bertentangan dengan al quran” .
Ghalas redaksi dlm hadis Aisyah adalah kegelapan di akhir mlm. Dan ini masih dikatakan waktu malam bukan waktu Subuh. Karena salat di dikegelapan itu masih blm sah , sbb blm waktu Subuh. Masih waktu malam. Barang kali orang yg menjalankan salat Subuh di waktu ghalas itu adalah orang yg bertahajjud dg berjamaah bukan menjalankan salat Subuh. Adaznyapun masih waktu malam. Itu bukan adzan Subuh.
Mrk yg menjalankan salat Subuh di waktu gelap itu keliru sm dg orang yg meninggalkan salat Subuh tiap hari dan akan berbahaya bila belum tobat dan ttp di lakukan sampai mati.

Prinsipnya mrk sama dg orang yg tdk salat dan mendapat ancaman orang yg meninggalkan salat di akhirat maupun di dunia.
Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan