Fase ke 7. Berbuka ketika adzan Maghrib
membatalkan puasa
حَدَّثَنَا
أَحْمَدُ بْنُ حَنْبَلٍ حَدَّثَنَا عَبْدُ الرَّزَّاقِ حَدَّثَنَا جَعْفَرُ بْنُ
سُلَيْمَانَ حَدَّثَنَا ثَابِتٌ الْبُنَانِيُّ أَنَّهُ سَمِعَ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ
يَقُولُ
Telah menceritakan kepada kami Ahmad bin Hanbal,
telah menceritakan kepada kami Abdurrazzaq, telah menceritakan kepada kami Ja'far
bin Sulaiman, telah menceritakan kepada kami Tsabit Al Bunani bahwa ia telah
mendengar Anas bin Malik berkata
كَانَ رَسُولُ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ
يُصَلِّيَ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ فَعَلَى تَمَرَاتٍ فَإِنْ لَمْ تَكُنْ
حَسَا حَسَوَاتٍ مِنْ مَاءٍ
; Dahulu Rasulullah shallallahu 'alaihi
wasallam berbuka dengan beberapa ruthab (kurma yang belum masak) sebelum
melakukan shalat, jika tidak ada mk berbuka degan beberapa tamar ( kurma yg sdh
masak ) Dan apabila tidak ada kurma maka beliau minum air beberapa teguk / kali
HR. Abu Daud no. 2356 dan Ahmad 3/164 HR. Abu
Daud no. 2356 dan Ahmad 3/164 .
Cacat dr sg sanad :
المسند الجامع (1/
474)
- عَنْ
ثَابِتٍ الْبُنَانِيِّ، أَنَّهُ سَمِعَ أَنَسَ بْنَ مَالِكٍ يَقُولُ:
كَانَ رَسُولُ
اللهِ صلى الله عليه وسلم يُفْطِرُ عَلَى رُطَبَاتٍ قَبْلَ أَنْ يُصَلِّيَ، فَإِنْ
لَمْ تَكُنْ رُطَبَاتٌ، فَعَلَى تَمَرَاتٍ، فَإِنْ لَمْ تَكُنْ حَسَا حَسَوَاتٍ
مِنْ مَاءٍ.
المسند الجامع (1/
475)
أخرجه أحمد 3/164
(12705. وأبو داود (2356) قال: حدَّثنا أحمد بن حَنْبَل. والتِّرْمِذِيّ" 696
قال: حدَّثنا مُحَمد بن رافع.
كلاهما (أحمد،
وابن رافع) قالا: حدَّثنا عَبْد الرَّزَّاق، قال: حدَّثنا جَعْفَر بن سُلَيْمان،
قال: حدَّثني ثابت، فذكره.
- قال
أبو عِيسَى التِّرْمِذِي: هذا حديثٌ حَسَنٌ غريبٌ.
Hadis tsb hanya di riwayatkan oleh Abd Razzaq ,
bahkan juga tafarrud pd Ja`far bin Sulaiman perawi Irak yang Syi`ah bukan
perawi Madinah.
ــ جعفر بن
سليمان الضبعى ، أبو سليمان البصرى ، مولى بنى الحريش
المولد :
الطبقة : 8 : من
الوسطى من أتباع التابعين
الوفاة : 178 هـ
روى له : بخ م د
ت س ق
مرتبته عند ابن
حجر : صدوق زاهد لكنه كان يتشيع
مرتبته عند
الذهبـي : ثقة ، فيه شىء مع كثرة علومه ، قيل : كان أميا ، و هو من زهاد الشيعة
Ja`far bin Sulaiman yg wafat pd tahun 178 H
termasuk tingkat pertengahan dr pengikut tabiin . Beliau terkenal sbg tokoh Syi`ah
yg zuhud.
البدر المنير (5/
698)
وَقَالَ
الْبَزَّار: لَا أعلم من رَوَاهُ عَن ثَابت، عَن أنس إِلَّا جَعْفَر بن
سُلَيْمَان. وَذكره
ابْن عدي (8) أَيْضا فِي أَفْرَاد جَعْفَر، عَن ثَابت. وَقَالَ ابْن
أبي حَاتِم فِي «علله»
(9) : سَأَلت أبي وَأَبا زرْعَة عَنهُ فَقَالَا: لم يرفع إِلَّا من
حَدِيث عبد
الرَّزَّاق، وَلَا نَدْرِي من أَيْن جَاءَ بِهِ. وَرَوَى التِّرْمِذِيّ (10)
Intinya , Al Bazzar menyatakan hadis itu hanya
Ja`far yg meriwayatkannya . Bahkan Ibn a dy menyebutnya dlm afrad Ja`far atau
hadis yg hanya Ja`far yg meriwayatkannya.
Ibn Aby Hatim berkata dlm kitab Ilalnya : Aku
bertanya kpd ayahku dan Abu Zar`ah ttg hadis itu , lalu beliau menyatakan : Hanya
Abd Razzaq yg memarfu`kan
hadis itu ( Hanya Abd Razzaq yg menyatakan hadis itu benar dari tindakan
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam ). Dan kami tdk tahu dr mn dia bisa
mengetengahkan hadis spt itu. Al Badrul munir 698/5
Cacat dr sg redaksi hadis :
Dahulu Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam
berbuka dengan beberapa ruthab (kurma yang belum masak) sebelum melakukan shalat,
jika tidak ada mk berbuka degan beberapa tamar ( kurma yg sdh masak ) Dan
apabila tidak ada kurma maka beliau minum air beberapa teguk / kali
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Hadis itu menyatakan Rasulullah shallallahu
alaihi wasallam berbuka sblm salat Maghrib. Di masa pengikut tabiin , hanya Ja`far
yg tahu hadis itu. Dan mrk sampai mati tdk phm hadis itu.
Bila hadis itu di ikuti, mk kita akan kufur pd
ayat 118 Baqarah yg menyatakan berbuka harus waktu mlm. Sdg adzan Maghrib
menurut ayat 114 Hud adalah adzan untuk salat akhir siang yaitu salat Maghrib.
Kita ikut ayat – yaitu berbuka di waktu mlm
bukan masih sore lebih baik dr pd kita berbuka ketika adzan Maghrib yg note
bennya masih sore bukan malam.
Hadis itu jls menentang al quran ayat 118
Baqarah dan 114 Hud.
Bila di buat pegangan , mk kita ini sm dg kufur
pd ayat 187 Baqarah dan 114 Hud untuk percaya pd hadis yg munkar itu.
Kita kufur pd Allah untuk beriman kpd perawi Syi`ah
yaitu Ja`far bin Sulaiman – sumber utama keluarnya hadis itu .
Bila kita ikut hadis itu mk kita sama dg
mengfungsikan hadis munkar itu di atas ayat . Dan ini menyesatkan.
Bila kita ikut hadis itu, mk kita termasuk
ingkarul ayat untuk iman pd hadis yg munkar .
Kita buka ketika adzan Maghrib sm dg kita ragu
kebenaran ayat quran , ingat ayat ini :
ذَلِكَ بِأَنَّ
الَّذِينَ كَفَرُوا اتَّبَعُوا الْبَاطِلَ وَأَنَّ الَّذِينَ ءَامَنُوا اتَّبَعُوا
الْحَقَّ مِنْ رَبِّهِمْ كَذَلِكَ يَضْرِبُ اللَّهُ لِلنَّاسِ أَمْثَالَهُمْ(3)
Yang demikian adalah karena sesungguhnya orang-orang
kafir mengikuti yang batil dan sesungguhnya orang-orang yang beriman mengikuti
yang hak dari Tuhan mereka. Demikianlah Allah membuat untuk manusia
perbandingan-perbandingan bagi mereka. Muhammad 3
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Kebenaran dari Allah adalah ayat al quran spt
ayat ;
فَلاَ تَكُ فِي
مِرْيَةٍ مِنْهُ إِنَّهُ الْحَقُّ مِنْ رَبِّكَ وَلَكِنَّ أَكْثَرَ النَّاسِ لاَ
يُؤْمِنُونَ(17)
karena itu janganlah kamu ragu-ragu terhadap Al
Qur'an itu. Sesungguhnya (Al Qur'an) itu benar-benar dari Tuhanmu, tetapi
kebanyakan manusia tidak beriman. Hud 17.
وَلَا يَزَالُ
الَّذِينَ كَفَرُوا فِي مِرْيَةٍ مِّنْهُ حَتَّىٰ تَأْتِيَهُمُ السَّاعَةُ
بَغْتَةً أَوْ يَأْتِيَهُمْ عَذَابُ يَوْمٍ عَقِيمٍ
Dan senantiasalah orang-orang kafir itu berada
dalam keragu-raguan terhadap Al Quran, hingga datang kepada mereka kiamat
dengan tiba-tiba atau datang kepada mereka azab hari kiamat. Al Haj 55.
Berbuka yg tepat adalah waktu malam, bukan
waktu sore atau siang.Yaitu ketika masuk Isya` sebab salat Isya` itu termasuk bagian dari malam zulafan minallail
karena berpegangan kpd ayat 187 Baqarah dan 114 Hud. Bukan
pendapat orang tapi langsung dalil ayat. Dan bukan pendapat saya tapi dalil quran .
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan