Salat Subuh yg benar . Fase ke 1
Kita menjalankan salat subuh dlm kondisi terang bukan gelap
karena ada ayat:
وَاللَّيْلِ إِذْ أَدْبَرَ
dan malam ketika
telah berlalu
وَالصُّبْحِ إِذَا أَسْفَرَ
dan subuh
apabila terang. Al muddatssir .33- 34
تفسير النسفي = مدارك التنزيل وحقائق
التأويل (3/ 567)
{والصبح إِذَا أَسْفَرَ} أضاء وجواب
القسم
تنوير المقباس من تفسير ابن عباس (ص:
492)
{وَالصُّبْح إِذَآ أَسْفَرَ} أقبل
وَيُقَال استضاء
الصحيح المسبور من التفسير بالمأثور (4/
561)
أخرج الطبري بسنده الحسن عن قتادة (والصبح
إذا أسفر) إذا أضاء
الموسوعة القرآنية (11/ 396)jala
وَاللَّيْلِ أي وبالليل، مقسم به.
إِذْ أَدْبَرَ إذا ذهب.
Demi malam bila telah pergi . Al Mudats sir 33.
34- وَالصُّبْحِ إِذا أَسْفَرَ:
وَالصُّبْحِ وبالصبح، مقسم به.
إِذا أَسْفَرَ إذا أضاء وانكشف.
Masuk Subuh ketika kegelapan malam telah hilang.
Bila kegelapan malam masih ada, mk blm masuk subuh. Dan tunggulah sampai keadaan terang.
Kondisi terang adalah kondisi kita melakukan salat Subuh.
Bila masih gelap
gulita, mk salat subuh blm masuk waktunya.
Bila berjamaah Subuh
dlm gelap gulita, sm dg berjamaah
Subuh yg sia – sia sekalipun di masjid Nabi, Masjidil haram di Mekkah atau di
Masjid Bali.
Salat subuh sendiri
di rumah lebih baik dr pd salat subuh
berjamaah dlm keadaan gelap gulita – artinya salat Subuh yg salah dg berjamaah.
Ini kesalahan membudaya
spt kebid`ahan dan kesyirikan yg mengakar di masarakat. Kaidah usul
menyatakan:
الفضيلة المتعلقة بنفس العبادة أولى
من المتعلقة بمكانها
Keutamaan yg terkait dg dzat Ibadah , lebih baik dari pada
keutamaan yg berkaitan dg tempat ibadah.
Ayat tadi menyatakan
bahwa Subuh itu terang – dan malam jg telah pergi baru Subuh dtg. Bila masih
ada suasana malam, mk subuh tdk akan dtg.
Subuh dtg keadaan jadi terang dan kegelapan mlm hilang.
Ia mirip dg siang telah lenyap baru mlm dtg. Bila saat adzan
Maghrib, mk dikatakan siang tdk di katakana malam. Karena itu tdk boleh berbuka
saat itu.
Bgt juga salat Subuh tdk boleh di laksanakan ktk masih mlm
atau masih gelap.
Lakukanlah salat Subuh ketika terang. Allah berfirman:
وَالصُّبْحِ إِذَا تَنَفَّسَ
dan demi subuh bila telah terang 18 Takwir
الموسوعة القرآنية (11/ 438)
- وَالصُّبْحِ إِذا تَنَفَّسَ:
وَالصُّبْحِ وبالصبح.
تَنَفَّسَ بدأ ضوءه وهب نسيمه.
التفسير الميسر (1/ 586)
والصبح إذا ظهر ضياؤه
Demi Subuh bila telah terang ( keada annya bukan gelap) .
Salat Subuh adalah salat pagi bukan salat malam. Karena itu
tdk boleh dijalankan waktu malam. Bila dijlnkan waktu gelap namanya bukan salat
Subuh. Tp salat malam.
سنن الترمذي ت بشار (1/ 223)
- حَدَّثَنَا هَنَّادٌ، قَالَ: حَدَّثَنَا عَبْدَةُ، عَنْ
مُحَمَّدِ بْنِ إِسْحَاقَ، عَنْ عَاصِمِ بْنِ عُمَرَ بْنِ قَتَادَةَ، عَنْ
مَحْمُودِ بْنِ لَبِيدٍ، عَنْ رَافِعِ بْنِ خَدِيجٍ، قَالَ: سَمِعْتُ رَسُولَ
اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ: أَسْفِرُوا بِالفَجْرِ،
فَإِنَّهُ أَعْظَمُ لِلأَجْرِ.
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda: “Lakukanlah salat Subuh waktu
cerah/ padang / terang” .
حَدِيثُ رَافِعِ بْنِ خَدِيجٍ
حَدِيثٌ حَسَنٌ صَحِيحٌ.
Intinya menurut Imam Tirmidzi hadis tsb hasan
Sahih.
وَقَدْ رَأَى غَيْرُ وَاحِدٍ مِنْ
أَهْلِ العِلْمِ مِنْ أَصْحَابِ النَّبِيِّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ،
وَالتَّابِعِينَ: الإِسْفَارَ بِصَلاَةِ الفَجْرِ.
وَبِهِ يَقُولُ سُفْيَانُ
الثَّوْرِيُّ.
Intinya ahlul ilmi dr
kalangan sahabat dan tabiin menyatakan salat Subuh dilakukan waktu terang > inilah pensapat Tsauri.
الحديث المذكور صحيح أخرجه الإمام
أحمد وأهل السنن بإسناد صحيح عن رافع بن خديج رضي الله عنه،
http://www.binbaz.org.sa/fatawa/2452
Intinya : Hadis perintah melakukan salat fajar waktu
terang adalah sahih.
حديث رافع بن خديج : { أسفروا بالفجر
فإنه أعظم للأجر } ، احتج به الحنفية ، رواه أصحاب السنن
وفي لفظالطبراني وابن حبان : { فكلما أسفرتم بالصبح فإنه أعظم للأجر
}
Intinya madzhab Hanafi
berpegangan dg hadis perintah melakukan salat Subuh waktu terang.
http://library.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?flag=1&bk_no=11&ID=186
وكان يصلى الغداة إذا طلع الفجر حين ينفسح البصر
Hadis : Rasulullah shallallahu alaihi wasallam menjalankan salat Subuh ketika fajar terbit
– ketika mata jls memandang .
قلت: وهذا سند صحيح رجاله كلهم ثقات
رجال الشيخين غير عبيد الله ابن جرير وهو أبو العباس العتكى البصرى ترجمه الخطيب (10/325
ـ 326) . وقال: " وكان ثقة مات سنة 262 ".
Al bani menyatakan sanad hadis tsb sahih.
وهذه الطريق قال الهيثمى (1/304) :
" رواه أبو يعلى , وإسناده حسن "
فسح البصر وانفسح إذا رأى الشىء عن
بعد يعنى به إسفار الصبح
Maksud mata jls memandang
adalah bila anda melihat sesuatu dr jauh mk akan tampak jls.
Malam adalah gelap
وَاللَّيْلِ إِذَا يَغْشَىٰ
Demi malam apabila
menutupi (cahaya siang),
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Maksudnya kegelapan malam yg menutupi terangnya siang
وَالنَّهَارِ إِذَا تَجَلَّىٰ
( 2 ) dan siang
apabila terang benderang,
Syaikh Muhammad bin Shalih al Utsaimin menyatakan:
وأما ما يوجد في التقاويم فإنه ليس
مصدر ثقة في معرفة وقت صلاة الفجر ، فقد ثبت خطأ هذه التقاويم
Intinya : Waktu di kalender tdk bisa di percaya dlm
mengetahui waktu salat Subuh. Sungguh terbukti kesalahan kalender itu.
.
فيمكنك اعتماد وقت " نصف ساعة "
مثلاً لتصلي فيه الفجر ،
Intinya : Anda boleh menambah setengah jam untuk melaksanakan salat subuh.
لألباني : هذة مصيبة ألمت بالكثير من
الأقاليم الإسلامية مع الأسف حيث أنهم يحرمون الطعام قبل مجئ وقت التحريم ويصلون
صلاة الفجر قبل دخول وقت الصلاة وهذا نحن لمسناه في هذة البلاد.... وبخاصة أن داري
–وهذا من فضل الله علي - مشرقة فأنا اري في كل صباح و مساء طلوع الشمس وغروبها , طلوع
الفجر الصادق , فأجد أنهم فعلا يصلون قبل الوقت –أي صلاة الفجر - وهذا من الأسباب
التي تحملي أن أتي إلي هذا المسجد وأصلي الفجر لأني لا أجد في المساجد التي حولي
إلا أنهم يبكرون بالصلاة علي الأقل لا يصلون السنة إلا قبل الفجر الصادق ولم يقف الأمر
فقط في هذة البلاد فقد علمت أن احد إخواننا السلفيين في الكويت ألف رسالة وهو يذكر
فيها تماما كما اذكر أنا هنا .كذلك .. لعلك تسمع به إن كنت لا تعرفه شخصيا الدكتور
تقي الدين الهلالي له رسالة يقول نفس الكلام في المغرب هو أنهم يؤذنون لصلاة الفجر
قبل الوقت بنحو ثلث ساعة او 25 دقيقة, كذلك علمت مثله بواسطة الهاتف عن الطائف فقد
ورد إلي سؤال من أحدهم يقول عندنا الشيخ سعد بن فلان يقول بان القوم هنا يصلون
صلاة الفجر علي التوقيت الفلكي وان ذلك يخالف الوقت الشرعي تماما كما نتحدث عن هنا
وهناك , أعود للإجابة عن سؤال إخواننا في الإسكندرية فهم من حيث أنهم يؤذنون
أذانين فقد أصابو السنة لكن ما ادري إذا كانوا دقيقين في أذانهم الثاني هل هم
يؤذنون حينما يبرق الفجر ويسطع وينفجر النور فإن كانوا يفعلون ذلك فقد احيوا سنة
أماتها جماهير المسلمين أما إن كانوا يؤذنون علي الرزناماتو التقاويم فهذة لا تعطي
الوقت الشرعي أبدا فيكونوا قد خلطوا عملا صالحا وأخر سيئا أي جمعوا بين الأذانين
وهذا سنة لكن ما حددوا الوقت الشرعي بالأذان الثاني .
Intinya : Al bani menyatakan
bahwa manusia sekarang tlh menjalankan salat Subuh yg tidk tepat waktu
nya – mrk melakukan salat subuh dan waktunya blm masuk.
Ada kitab karang ihwan salafy di Kuwait yg menjelaskan hal
ini. Bgt jg Doktor al Hilali di
Maroko bikin buku yg sm. Seorang Ihwan
di Taif jg menelpon sy ( al bani ) dan
menyatakan bahwa Syaikh Sa`d jg menyatakan mrk menjalankan salat Subuh sebelum waktunya.
Waktu menurut
kalender bukan waktu syar`I , tapi berdasarkan ilmu falak belaka.
https://www.facebook.com/notes/wake-up/%D8%B3%D8%A4%D8%A7%D9%84-%D8%A7%D9%84%D8%B4%D9%8A%D8%AE-%D8%A3%D8%A8%D9%88-%D8%A7%D8%B3%D8%AD%D8%A7%D9%82-%D8%A7%D9%84%D8%AD%D9%88%D9%8A%D9%86%D9%8A-%D8%A7%D9%84%D8%B4%D9%8A%D8%AE-%D8%A7%D9%84%D8%A7%D9%84%D8%A8%D8%A7%D9%86%D9%8A-%D8%B9%D9%86-%D8%B5%D9%84%D8%A7%D8%A9-%D8%A7%D9%84%D9%81%D8%AC%D8%B1/419448728794/
Salat subuh berjamaah
di masjid di Indonesia adalah menyalahi ayat 18 Takwir dan 34 muddats
tsir yg menyatakan Subuh adalah kondisi
yg terang bukan gelap. Jadi mrk yg ahli jamaah di masjid itu keliru puasa dan
salatnya. Mrk berbuka ketika adzan
Maghrib dan menjalankan salat Subuh sblm waktunya. Sadarlah sblm dtg kematian .
Bila sudh mati , mk akan menyesal sbg muslim yg taklid buta dan tdk mengikuti
dalil atau mengkajinya di dunia.
Sy ingat ayat :
أَفَلَا يَتَدَبَّرُونَ الْقُرْءَانَ
أَمْ عَلَى قُلُوبٍ أَقْفَالُهَا
Maka apakah mereka tidak memperhatikan Al Qur'an ataukah
hati mereka terkunci?
وَقَالَ الرَّسُولُ يَارَبِّ إِنَّ
قَوْمِي اتَّخَذُوا هَذَا الْقُرْءَانَ مَهْجُورًا
Berkatalah Rasul: "Ya Tuhanku, sesungguhnya kaumku
menjadikan Al Qur'an ini suatu yang tidak diacuhkan".
Hadis – hadis yg menyatakan Rasulullah shallallahu alaihi
wasallam menjalankan salat Subuh dlm kondisi gelap perlu di kaji ulang dan
akan kita kaji bersama sanad dan
redaksinya . Bila di ikuti jg menentang
kpd ayat dank pd hadis sahih yg lain yg memerintah agar menjalankan salat Subuh
waktu terang.
Sy mulai lahir sampai sekarang blm pernah melihat fajar
shadiq terbit , hususnya ihwan di perkotaan
yg banyak lampu dan gedung tinggi menjulang tdk akan bisa melihat fajar
shadiq . Karena kondisi kita tdk tahu fajar terbit, mk kita ikut ayat 18 takwir saja yaitu menjalankan salat
Subuh dlm kondisi terang. Sy dn jamaah sy melakukan salat Subuh berjamaah tepat jam lima pagi kdg mulai jam lima lebih
lima menit .
Sy lakukan ini karena jls benarnya . Kalau sblmnya sy hawatir fajar blm terbit. Dan sy
tdk ngerti fajar terbit atau tidk. Mk sy pilih ikut ayat itu sj.
Bersambung.
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan