Fase ke 4. Berbuka ketika adzan Maghrib membatalkan puasa
قوله عز وجل : ( وأقم الصلاة طرفي النهار ) أي : الغداة
والعشي . [ يعني : صلاة الصبح والمغرب ] قال مجاهد : طرفا النهار صلاة [ الصبح ] والظهر
والعصر . " وزلفا من الليل " ، صلاة المغرب والعشاء .
وقال مقاتل : صلاة الفجر والظهر طرف ، وصلاة العصر
والمغرب طرف ، وزلفا من الليل ، يعني : صلاة العشاء .
وقال الحسن : طرفا النهار . الصبح والعصر ، وزلفا من
الليل : المغرب والعشاء . وقال ابن عباس رضي الله عنهما : طرفا النهار الغداة
والعشي ، يعني صلاة الصبح والمغرب .
http://library.islamweb.net/newlibrary/display_book.php?flag=1&bk_no=51&ID=750
18613 - حدثني الحارث قال ، حدثنا عبد العزيز قال ، حدثنا أبو معشر ، عن محمد
بن كعب القرظي : ( أقم الصلاة طرفي النهار ) ، قال : ( طرفي النهار ) ، قال : الفجر
والظهر والعصر .
Intinya perkataan Ulama itu adalah mrk sepakat salat Subuh
sbg salat permulaan siang .
Mereka beda pendapat ttg salat akhir siang .
Al Hasan menyatakan : Salat dua ujung siang adalah Subuh dan Asar .
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Kelemahan pendapat ini , Salat asar di anggap sbg salat terahir siang.
Pd hal setelah Asar keada an masih tetap siang / sore bukan
malam . Dan tdk ada orang yg menyatakan setelah salat Asar adalah waktu malam. Sbb
keadaan masih terang bederang.
Pendapat itu jg bertentangan dg hadis :
حَدَّثَنَا إِسْحَقُ بْنُ إِبْرَاهِيمَ الْحَنْظَلِيُّ
أَخْبَرَنَا يَحْيَى بْنُ آدَمَ حَدَّثَنَا الْفُضَيْلُ بْنُ مَرْزُوقٍ عَنْ
شَقِيقِ بْنِ عُقْبَةَ عَنْ الْبَرَاءِ بْنِ عَازِبٍ قَالَ
(MUSLIM - 999) : Telah menceritakan kepada kami Ishaq bin
Ibrahim Al Hanzhali telah mengabarkan kepada kami Yahya bin Adam telah
menceritakan kepada kami Al Fudlail bin Marzuq dari Syaqiq bin 'Uqbah dari Al
Barra` bin 'Azib katanya;
نَزَلَتْ هَذِهِ الْآيَةُ
{ حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ }
وَصَلَاةِ الْعَصْرِ فَقَرَأْنَاهَا مَا شَاءَ اللَّهُ
ثُمَّ نَسَخَهَا اللَّهُ فَنَزَلَتْ
{ حَافِظُوا عَلَى الصَّلَوَاتِ
وَالصَّلَاةِ الْوُسْطَى }
"Jagalah oleh kalian seluruh shalat yang ada" dan
salat Asar
maka kami membacanya …….. sampai lama sesuai
dg kehendak Allah, kemudian Allah memansukhkannya hingga turun ayat "Jagalah
oleh kalian seluruh shalat yang ada dan shalat wustha" (QS. Albaqarah 238),
فَقَالَ رَجُلٌ كَانَ جَالِسًا عِنْدَ شَقِيقٍ لَهُ هِيَ
إِذَنْ صَلَاةُ الْعَصْرِ فَقَالَ الْبَرَاءُ قَدْ أَخْبَرْتُكَ كَيْفَ نَزَلَتْ
وَكَيْفَ نَسَخَهَا اللَّهُ وَاللَّهُ أَعْلَمُ
Maka seorang lelaki
yang ketika itu duduk bersama
saudara kandungnya berkata "Shalat wustha yang dimaksud adalah
shalat ashar, " Lalu Al Barra` berkomentar; aku telah mengabarkan kepadamu
bagaimana ayat itu turun dan bagaimana Allah memansukhkannya, dan Allah dzat
yang lebih tahu." Muslim
Hadis riwayat Muslim itu menyatakan bahwa salat wusto ( pertengahan
) adalah salat Asar . Berarti salat Asar
bukan salat siang yg terahir , atau salat ujung siang yg terahir . Tp ia salat wustho ( pertengahan ).
Salat Ahir siang adalah salat maghrib sbgmn pendapat Ibn Abbas itulah yg
benar. Salat Maghrib bukan salat permulaan malam tapi salat ahir siang yg di sebut dlm ayat 114 Hud.
.
شرح الزرقاني على الموطأ (1/ 490)
قَالَ الْقُرْطُبِيُّ: وَهَذَا أَقْوَى حُجَّةً لِمَنْ
قَالَ: الْعَصْرُ، لِأَنَّهُ يُشْعِرُ بِأَنَّهَا أُبْهِمَتْ بَعْدَمَا عُيِّنَتْ،
Intinya al qurthubi menyatakan paling kuat adalah pendapat
salat Asar adalah salat Wustho .
لقول الثاني : أنها صلاة العصر .
وهذا قول أكثر أهل العلم ، وهو القول الصحيح المعتمد ،
لدلالة السنة الصحيحة عليه .
Intinya , Mayoritas ahlu ilmi menyatakan salat Asar adalah salat wustho – itulah yg
benar yg bisa dibuat pegangan karena
petunjuk dr sunnah yg sahih.
"وهو قول علي بن أبي طالب ،
فقد روى الترمذي والنسائي من طريق زر بن حبيش قال :
قلنا لعبيدة : سل عليا عن الصلاة الوسطى . فسأله فقال : كنا
نرى أنها الصبح ، حتى سمعت رسول الله صلى الله عليه وسلم يقول يوم الأحزاب : (شَغَلُونَا
عَنْ الصَّلَاةِ الْوُسْطَى ، صَلَاةِ الْعَصْرِ).
Intinya : Imam Ali bin Abi Thalib jg berpendapat bahwa salat
Wustho adalah salat Asar > Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda pd perang Ahzab :
Mereka bikin sibuk kami , hingga kami lalai
terhadap salat wustho yaitu salat Asar.
وبه قال ابن مسعود وأبو هريرة ، وهو الصحيح من مذهب أبي
حنيفة ، وقول أحمد ، والذي صار إليه معظم الشافعية لصحة الحديث فيه .
Pendapat Ibn Mas1ud , Abu Hurairah , dan yg sahih dr madzhab Abu Hanifah, pendapat Imam Ahmad
dan kebanyakan ulama syafiiyah jg menyatakan salat wustho adalah salat Asar .
قال الترمذي : هو قول أكثر علماء الصحابة .
Tirmidzi menyatakan : Itu pendapat mayoritas sahabat
وقال الماوردي : هو قول جمهور التابعين .
Mawardi menyatakan : Itulah pendapat mayoritas tabiin
وقال ابن عبد البر : هو قول أكثر أهل الأثر .
Ibn Abdil bar jg berkata : Itulah pendapat mayoritas ahlul
atsar
وبه قال من المالكية ابن حبيب وابن العربي وابن عطية"
انتهى من " فتح الباري " (8/196) .
Ibnu Habib , Ibnul arabi
dan Ibn Athiyah dr kalangan madzhab Maliki jg berpendapat salat Asar adalah salat wustho
.
وقال النووي رحمه الله :
"الذي تقتضيه الأحاديث الصحيحة
أنها العصر ، وهو المختار" انتهى.
Imam Nawawi menyatakan: “ menurut hadis – hadis yg
sahih salat wustho adalah Asar”
https://islamqa.info/ar/129636
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Dg demikian salat terahir siang adalah Maghrib dan adzan
Maghrib masih termasuk siang . Tdk boleh
berbuka ketika mendengarnya. Bila berbuka , mk sia – sia puasanya. Di
akhirat tdk mendapat pahala puasa dan
termasuk orang yg meninggalkan puasa Ramadhan seluruhnya bila terus
menerus berbuka ketika adzan Maghrib.
Bersambung…………….
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah ttg buka ketika
adzan Maghrib membatalkan puasa dg
penuh persaudaraan di dua grup WA sy .
Mau ikut , hub 08813270751.082225929198 ,081384008118,0 857-8715-4455
0812-4194-6733
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan