Fase ke 5 ttg bersorban atau kepala terbuka
حلية الأولياء وطبقات
الأصفياء (5/ 189)
ثنا عَبْدُ الرَّحْمَنِ
بْنُ مُعَاوِيَةَ الْعُتْبِيُّ، ثنا يُوسُفُ بْنُ عَدِيٍّ [ص:190]، ثنا أَيُّوبُ
بْنُ مُدْرِكٍ، عَنْ مَكْحُولٍ، عَنْ أَبِي الدَّرْدَاءِ قَالَ: قَالَ رَسُولُ
اللهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ: «إِنَّ اللهَ وَمَلَائِكَتَهُ يُصَلِّونَ
عَلَى أَصْحَابِ الْعَمَائِمِ يَوْمَ الْجُمُعَةِ» غَرِيبٌ مِنْ حَدِيثِ
مَكْحُولٍ، تَفَرَّدَ بِهِ عَنْهُ أَيُّوبُ
………………….,
sesungguhnya Allah memberi rahmat dan
dan malaikat membacakan sholawat
( berdoa agar di beri rahmat )
kpd orang – orang yg bersorban pd
hari jumat . Hadis tsb nyeleneh dr hadis Mak – hul , hanya Ayyub yg
meriwayatkannya.
مجمع الزوائد ومنبع
الفوائد (2/ 209)
-وعن أبي الدرداء قال: قال رسول الله صلى الله عليه وسلم:
"إن الله وملائكته يصلون على أصحاب العمائم يوم الجمعة".
%رواه الطبراني في الكبير وفيه أيوب بن مدرك قال ابن معين: إنه
كذاب.
Intinya ,
Hadis tsb di riwayatkan oleh Thabrani dlm mu~jam kabir , terdapat perawi bernama Ayyub bin Mudrik. Ibn Ma`in menyatakan dia adalah
pendusta.
مسند الشاميين للطبراني
(4/ 336)
3487 - حدثنا عبد الرحمن بن معاوية العتبي ثنا يوسف بن عدي ثنا
أيوب بن مدرك عن مكحول عن أبي الدرداء قال قال رسول اللهصلى الله عليه و سلم ( إن
الله وملائكته يصلون على أصحاب العمائم يوم الجمعة )
INtinya
perawi – perawinya dr kalangan orang –
orang Syam bukan orang Madinah.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Hadis tsb lemah, bahkan palsu karena
ada perawi pendusta.
مجمع
الزوائد ومنبع الفوائد (5/ 145)
4-وعن أبي أمامة قال: كان رسول
الله صلى الله عليه وسلم لاَ يُوَلِّي وَالِياً حَتَّى يُعَمِّمَهُ وَيُرْخِي لَهَا
[عَذَبَةً] مِنَ اْلجَانِبِ اْلأَيْمَنِ نَحْوَ اْلأُذُنِ.
%رواه الطبراني وفيه جميع بن ثوب
وهو متروك.
Dari Abu
Umamah berkata : Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bila
mengangkat seorang penguasa, maka di pakai sorban, lalu di kasih rumbai sorban
yg di turunkan kea rah kanan – mengarah ke telinga. HR Thabrani ada perawi bernama Jami` bin
Tsaub yg di tinggalkan ulama.
Komentarku ( Mahrus ali ) : Hadis palsu
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan