Fase ke 6 ttg bersorban atau kepala terbuka.
الفوائد الشهير بالغيلانيات لأبي بكر الشافعي (1/ 456)
- حَدَّثَنِي ابْنُ يَاسِينَ، ثنا
مُحَمَّدُ بْنُ كَرَامَةَ، ثنا خَالِدُ بْنُ مَخْلَدٍ، ثنا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ
عُمَرَ، عَنْ يَحْيَى بْنِ سَعِيدٍ، عَنِ الْقَاسِمِ، عَنْ عَائِشَةَ قَالَتْ:
" وَثَبَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ وَثْبَةً فَنَظَرْتٌ
فَإِذَا مَعَهُ رَجُلٌ وَاقِفٌ عَلَى بِرْذَوْنٍ وَعَلَيْهِ عِمَامَةٌ بَيْضَاءُ
قَدْ سَدَلَ طَرْفَهَا بَيْنَ كَتِفَيْهِ، وَرَسُولُ اللَّهِ وَاضِعٌ يَدَهُ عَلَى
مِعْرَفَةِ بِرْذَوْنِهِ قَالَتْ: يَا رَسُولَ اللَّهِ: لَقَدْ رَاعَنِي
وَثْبَتُكَ مِنْ هَذَا؟ قَالَ: «وَرَأَيْتِيهِ» قُلْتُ: نَعَمْ «وَمَنْ
رَأَيْتِيهِ» قَالَتْ: دِحْيَةُ الْكَلْبِيُّ، قَالَ: «ذَاكَ جِبْرِيلُ»
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam melompat dengan
sungguh – sungguh , lalu aku melihat . Tahu – tahu ada seorang lelaki berdiri
di atas kuda dengan mengenakan sorban putih yg ujungnya di turunkan antara dua
belikatnya . Dan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam meletakkan tangannya di
wajah kuda tarik itu .
Aisyah berkata: Sungguh aku takut lompatanmu terhadap orang
ini .
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bertanya: Apakah kamu
melihatnya ?
Sy menjawab: Ya.
Siapa orang yg kamu lihat ?
Aisyah menjawab; Dihyah al kalabi .
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda : Itu adalah
Jibril.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
ــ عبد الله بن عمر بن حفص بن عاصم
بن عمر بن الخطاب القرشى العدوى ، أبو عبد الرحمن العمرى المدنى
المولد :
الطبقة : 7 : من كبار أتباع التابعين
الوفاة : 171 هـ و قيل بعدها بـ المدينة
روى له : م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : ضعيف عابد
مرتبته عند الذهبـي : قال ابن معين : صويلح . و قال ابن
عدى : لا بأس به صدوق
mausuah ruwatil hadis 3489. Bgt jg Khalid bin Makhlad yg
suka meruwayatkan hadis munkar .
و قال أحمد و غيره : له مناكير
Imam Ahmad dan lainnya berkata: Dia punya hadis – hadis
munkar .
mausuah ruwatil hadis 1677
وعن أبي سلمة قال: قالت عائشة: رأيت النبي صلى الله عليه
وسلم واضعا يديه على معرفة فرس دحية الكلبي وهو يكلمه قالت: فقلت: يارسول الله رأيتك
واضعا يدك على معرفة دحية الكلبي وأنت تكلمه. قال: أو رأيته? قلت نعم. قال: ذاك
جبريل وهو يقرئك السلام. قالت: وعليه السلام جزاه الله من صاحب أو دخيل خيرا فنعم
الصاحب ونعم الدخيل.
مسند أحمد ط الرسالة (41/ 9)
) إسناده ضعيف لضعف مجالد، وهو ابن
سعيد الهَمداني، وبقية رجاله ثقات رجال الشيخين. سفيان: هو ابن عيينة، والشعبي: هو
عامر بن شراحيل، وقد اختلف فيه على مجالد:
Intinya hadis tsb jg lemah . Yakni hadis yg menyatakan bahwa
malaikat Jibril mengenakan sorban putih disini . Sy buka syarah – syarah hadis
jg tdk menjumpai hadis itu.
- كان يلبس قلنسوة بيضاء
الراوي: عبدالله بن عمر المحدث: الألباني - المصدر: ضعيف
الجامع - الصفحة أو الرقم: 4621
خلاصة حكم المحدث: ضعيف
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengenakan kopyah
putih
Al bani menyatakan hadis tsb lemah.
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah ttg buka ketika
adzan Maghrib membatalkan puasa dg penuh persaudaraan di dua grup WA sy .
Mau ikut , hub 08813270751.082225929198 ,081384008118,0 857-8715-4455
0812-4194-6733
Artikel Terkait
Sorban
- Rasul melakukan salat tanpa sorban sebagai jawaban kepada Syaikh al Utsaimin
- Tuntunan salat tanpa sorban dg kepala terbuka
- Tuntunan salat
- Fase ke 23 tentang salat tanpa sorban
- Tuntunan salat
- Fase ke 16 tuntunan salat Rasul dengan kepala terbuka
- البحث الثاني عشر : هدي الرسول صلى الله عليه وسلم فى الصلاة كشف رأسه
- البحث التاسع : هدي الرسول صلى الله عليه وسلم فى الصلاة كشف رأسه
- لبحث الثامن : هدي الرسول صلى الله عليه وسلم فى الصلاة كشف رأسه
- البحث السابع : هدي الرسول صلى الله عليه وسلم فى الصلاة كشف رأسه
- Ini jawabanku untuk Doktor Khalid dari Yordan,
- Tuntunan salat dg kepala terbuka
- Salat dg kepala terbuka
- Fase ke 4 tentang larangan salat jamak.
- Fase ke tiga tentang larangan jamak salat.
- Fase ke 2 tentang larangan salat jamak taqdim atau ta`khir
- Fase ke 1 tentang salat jamak
- Fase ke 64 tentang sorban
- Fase ke 63 tentang sorban .
- Fase ke 62 tentang sorban
- Fase ke 61 tentang sorban
- Fase ke 60 tentang sorban
- Fase ke 59 tentang sorban
- Fase ke 58 tentang sorban
- Fase ke 57 tentang sorban
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan