Jumat, Februari 02, 2018

Fase ke 29 tentang larangan salat jama`


Fase ke 29 tentang larangan salat jama`
حَدَّثَنَا عَبْدُ اللَّهِ بْنُ عَبْدِ الرَّحْمَنِ الدَّارِمِيُّ حَدَّثَنَا أَبُو عَلِيٍّ الْحَنَفِيُّ حَدَّثَنَا مَالِكٌ
وَهُوَ ابْنُ أَنَسٍ عَنْ أَبِي الزُّبَيْرِ الْمَكِّيِّ أَنَّ أَبَا الطُّفَيْلِ عَامِرَ بْنَ وَاثِلَةَ أَخْبَرَهُ أَنَّ مُعَاذَ بْنَ جَبَلٍ أَخْبَرَهُ قَالَ
خَرَجْنَا مَعَ رَسُولِ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَامَ غَزْوَةِ تَبُوكَ فَكَانَ يَجْمَعُ الصَّلَاةَ فَصَلَّى الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ جَمِيعًا وَالْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ جَمِيعًا حَتَّى إِذَا كَانَ يَوْمًا أَخَّرَ الصَّلَاةَ ثُمَّ خَرَجَ فَصَلَّى الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ جَمِيعًا ثُمَّ دَخَلَ ثُمَّ خَرَجَ بَعْدَ ذَلِكَ فَصَلَّى الْمَغْرِبَ وَالْعِشَاءَ جَمِيعًا .........................
 (MUSLIM - 4229) : Telah menceritakan kepada kami Abdullah bin Abdurrahman Ad Darimi Telah menceritakan kepada kami Abu Ali Al Hanafi Telah menceritakan kepada kami Malik yaitu Ibnu Anas dari Abu Zubair Al Makki bahwa Abu Thufail Amir bin Watsilah Telah mengabarkan kepadanya Mu'adz bin Jabal mengabarkan kepadanya; dia berkata; "Kami bepergian bersama Rasulullah shallallahu 'alaihi wasallam pada tahun perang Tabuk. Dalam perjalanan itu beliau menjama' shalat Zhuhur dengan 'Ashar dan Maghrib dengan 'Isya, sehingga pada suatu hari beliau menjama' ta'khir. Beliau pergi untuk shalat jama' Zhuhur dengan 'Ashar. Kemudian beliau kembali. Lalu beliau keluar lagi untuk menjama' shalat Maghrib dengan Isya.

أخرجه مالك "الموطأ"383 أحمد 5/229 (22347) قال: حدَّثنا عَبْد الرَّحْمان، حدَّثنا قُرَّة بن خالد. وفي 5/230 (22362) قال: حدَّثنا عَبْد الرَّزَّاق، أنبأنا سُفْيان (ح) وأبو أحمد، حدَّثنا سُفْيان. وفي 5/233 (22386) قال: حدَّثنا حدَّثنا حَمَّاد بن خالد، حدَّثنا هِشَام بن سَعْد. وفي 5/236 (22412) قال: حدَّثنا وَكِيع، عن سُفْيان. وفي 5/237 (22420) قال: قرأْتُ. ى عَبْد الرَّحْمان بن مَهْدي: حدَّثنا مالك. وفي 5/238 (22421) قال: حدَّثنا رَوْح، حدَّثنا مالك ابن أَنَس. و"عَبد بن حُميد" 122 قال: حدَّثنا أبو نُعَيْم، حدَّثنا هِشَام بن سَعْد. و"الدارِمِي" 1515 قال: أَخْبَرنا أبو. ي الحَنَفِي، حدَّثنا مالك بن أَنَس. و"مسلم"2/151 (1577) قال: حدَّثنا أحمد بن عَبْد الله بن يُونُس، حدَّثنا زُهَيْر. وفي 2/152 (1578) قال: حدَّثنا يَحيى بن حَبِيب، حدَّثنا خالد، يَعْنِي ابن الحارث، حدَّثنا قُرَّة بن خالد. وفي 7/60 (6011) قال: حدَّثنا عَبْد الله بن عَبْد الرَّحْمان الدَّارِمِي، حدَّثنا أبو. ي الحَنَفِي، حدَّثنا مالك، وهو ابن أَنَس. و"أبو داود"1206 قال: حدَّثنا القَعْنَبِي، عن مالك. وفي (1208) قال: حدَّثنا يَزِيد بن خالد بن يَزِيد بن عَبْد الله بن مَوْهَب الرَّمْلِي الهَمْدَانِي، حدَّثنا المُفَضَّل بن فَضَالَة، واللَّيْث بن سَعْد، عن هِشَام بن سَعْد. و"ابن ماجة"1070 قال: حدَّثنا علي بن مُحَمد، حدَّثنا وَكِيع، عن سُفْيان.
المسند الجامع (15/ 224)
"النَّسائي"1/285، وفي "الكبرى"1576 قال: أَخْبَرنا مُحَمد بن سَلَمَة، والحارث بن مِسْكِين، قراءةً. يه وأنا أَسْمَع، عن ابن القاسم، قال: حدَّثني مالك. و"ابن خزيمة"966 قال: حدَّثنا يَعْقُوب بن إبراهيم الدَّوْرَقِي، حدَّثنا عَبْد الرَّحْمان ابن مَهْدي، حدَّثنا قُرَّة. وفي (968 و1704) قال: حدَّثنا يُونُس بن عَبْد الأَعْلَى، أَخْبَرنا ابن وَهْب، أن
مالكًا حدَّثه.
خمستهم (مالك بن أَنَس، وسُفْيان الثَّوْرِي، وقُرَّة بن خالد، وهِشَام بن سَعْد، وزُهَيْر) عن أَبي الزُّبَيْر المَكِّي، عن أَبي الطُّفَيْل، عامر بن وَاثِلَة، فذكره.
*
Hadis tsb di kitab manapun ttp intinya dari satu orang yaitu Abuz Zubair al makki.  Identitasnya :

  ــ  محمد بن مسلم بن تدرس القرشى الأسدى ، أبو الزبير المكى ، مولى حكيم بن حزام
الطبقة : 4  : طبقة تلى الوسطى من التابعين
الوفاة : 126 هـ
روى له : خ م د ت س ق
مرتبته عند ابن حجر : صدوق إلا أنه يدلس
مرتبته عند الذهبـي : حافظ ثقة ، و كان مدلسا واسع العلم ، قال أبو حاتم : لا يحتج به
mausuah ruwatil hadis 6291
Ibnu Hajar  dan Dzahabi  jg menyatakan Abu Zubair adalah mudallis ( Suka menyelinapkan perawi lemah ) . Dan Abu Hatim menyatakan : Hadisnya tdk bisa di buat hujjah.

وأبو الزبير مدلس وقد عنعنه
Abuz zubair disini adalah mudallis dan dia menyatakan dari Abu Thufail  bukan bercerita kepada kami Abu Thufail . Hal sedemikian di hawatirkan terjadi penyelinapan perawi lemah agar hadis di katakan sahih. Jadi hadis itu lemah karena tadlis Abuz Zubair atau karena perawi Abuz Zubair adalah mudallis.
Ada hadis dari Muadz bin Jabal yg lain sbb:
حَدَّثَنَا قُتَيْبَةُ بْنُ سَعِيدٍ حَدَّثَنَا اللَّيْثُ بْنُ سَعْدٍ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ عَنْ أَبِي الطُّفَيْلِ هُوَ عَامِرُ بْنُ وَاثِلَةَ عَنْ مُعَاذِ بْنِ جَبَلٍ
أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ فِي غَزْوَةِ تَبُوكَ إِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ زَيْغِ الشَّمْسِ أَخَّرَ الظُّهْرَ إِلَى أَنْ يَجْمَعَهَا إِلَى الْعَصْرِ فَيُصَلِّيَهُمَا جَمِيعًا وَإِذَا ارْتَحَلَ بَعْدَ زَيْغِ الشَّمْسِ عَجَّلَ الْعَصْرَ إِلَى الظُّهْرِ وَصَلَّى الظُّهْرَ وَالْعَصْرَ جَمِيعًا ثُمَّ سَارَ وَكَانَ إِذَا ارْتَحَلَ قَبْلَ الْمَغْرِبِ أَخَّرَ الْمَغْرِبَ حَتَّى يُصَلِّيَهَا مَعَ الْعِشَاءِ وَإِذَا ارْتَحَلَ بَعْدَ الْمَغْرِبِ عَجَّلَ الْعِشَاءَ فَصَلَّاهَا مَعَ الْمَغْرِبِ
(TIRMIDZI - 508) : Telah menceritakan kepada kami Qutaibah bin Sa'id telah menceritakan kepada kami Al Laits bin Sa'd dari Yazid bin Abu Habib dari Abu Ath Thufail dia adalah Amir bin Wailah dari Mu'adz bin Jabal bahwa pada saat perang Tabuk, Nabi Shalallahu 'alaihi wa salam berangkat sebelum matahari condong, maka beliau mengakhirkan shalat zhuhur sampai beliau menggabungkan dengan shalat ashar, lalu beliau mengerjakan kedua shalat tersebut. Jika beliau berangkat setelah matahari condong, maka beliau bersegera mengerjakan shalat ashar di waktu zhuhur, lalu beliau menjama' shalat zhuhur dengan shalat ashar, kemudian beliau berangkat. Bila beliau berangkat sebelum Maghrib, maka beliau mengakhirkan shalat Maghrib hingga beliau mengerjakannya bersamaan dengan shalat Isya', jika beliau berangkat setelah Maghrib, maka beliau bersegera mengerjakan shalat Isya' bersama dengan shalat Maghirb.


وَحَدِيثُ مُعَاذٍ حَدِيثٌ حَسَنٌ غَرِيبٌ تَفَرَّدَ بِهِ قُتَيْبَةُ لَا نَعْرِفُ أَحَدًا رَوَاهُ عَنْ اللَّيْثِ غَيْرَهُ وَحَدِيثُ اللَّيْثِ عَنْ يَزِيدَ بْنِ أَبِي حَبِيبٍ عَنْ أَبِي الطُّفَيْلِ عَنْ مُعَاذٍ حَدِيثٌ غَرِيبٌ وَالْمَعْرُوفُ عِنْدَ أَهْلِ الْعِلْمِ حَدِيثُ مُعَاذٍ مِنْ حَدِيثِ أَبِي الزُّبَيْرِ عَنْ أَبِي الطُّفَيْلِ عَنْ مُعَاذٍ أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ جَمَعَ فِي غَزْوَةِ تَبُوكَ بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ وَبَيْنَ الْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ
Intinya: Kata Tirmidzi , hadis tsb nyeleneh, dan hanya  Qutaibah yg meriwayatkannya . Hadis  yg populer malah hadis yg pertama tadi . Pada hal setelah pengkajian, hadis  yg pertama itu itu cacat karena Tafarrud pd Auz zubair  dan tadlisnya.
Imam Tirmidzi berkata:

وَبِهَذَا الْحَدِيثِ يَقُولُ الشَّافِعِيُّ وَأَحْمَدُ وَإِسْحَقُ يَقُولَانِ لَا بَأْسَ أَنْ يَجْمَعَ بَيْنَ الصَّلَاتَيْنِ فِي السَّفَرِ فِي وَقْتِ إِحْدَاهُمَا
Dengan hadis tsb , Imam Syafii , Ahmad , Ishak menyatakan boleh menjama antara dua salat  dlm berpergian baik takdim atau ta`khir.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Ketiga  tokoh tsb memperbolehkan salat jama` atas dasar hadis yg di katakan oleh Imam Tirmidzi sbg hadis nyeleneh itu , tiada hadis lain yg mendukung.

-           أخبرنا محمد بن عبد الرحمن السَّامي، حدَّثنا أحمد بن حنبل، حدَّثنا عبد الرزاق، أنبأنا معمر، عن يحيى بن أبي كثير، عن محمد بن عبد الرحمن بن ثوبان.عَنْ جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللهِ: أَنَ النَّبِيَّ - صلى الله عليه وسلم - أقَامَ بِتَبُوكَ عِشْرينَ يَوْماً يَقْصُرُ الصَّلاةَ (2).
Intinya : Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   bertempat di Tabuk dua puluh hari  dengan mengqashar salat ( salatnya hanya dua  rakaat ) .

Komentarku ( Mahrus ali ) :: Tidak ada keterangan menjama`, beliau mengqashar sj. .
Bila menjama` mesti di katakan mengqashar dan menjama` .

_________ موارد الظمآن إلى زوائد ابن حبان ت حسين أسد (2/ 265)
(2) إسناده صحيح، والحديث في الإِحسان 4/ 183 برقم (2738). وانظر ما بعده وهو في مصنف عبد الرزاق 2/ 532 برقم (4335).
Sanadnya sahih , kata syaikh Sulaim Asad addarani .
مسند احمد بن حنبل (بأحكام شعيب الأرنؤوط) (3/ 413)
تعليق شعيب الأرنؤوط : إسناده صحيح على شرط الشيخين
Syaikh Syuaib al arnauth ( ahli hadis se level al albani ) menyatakan   sanadnya sahih sesuai dengan persaratan perawi Bukhari dan Muslim.
الجامع الصحيح للسنن والمسانيد (28/ 117)
(1)        (د) 1235 , (حم) 14172 , (عب) 4335 , (حب) 2749 , (هق) 5473 , وصححه الألباني في الإرواء: 574
Al albani menyatakan sahih pd hadis tsb dlm kitab al irwa`.
Intinya , keterangan yg ada , Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   di Tabuk hanya mengqashar salat ( tidak menjama` ).
Dan ini yg cocok dengan ayat :
وَإِذَا ضَرَبْتُمْ فِي الْأَرْضِ فَلَيْسَ عَلَيْكُمْ جُنَاحٌ أَن تَقْصُرُوا مِنَ الصَّلَاةِ إِنْ خِفْتُمْ أَن يَفْتِنَكُمُ الَّذِينَ كَفَرُوا ۚ إِنَّ الْكَافِرِينَ كَانُوا لَكُمْ عَدُوًّا مُّبِينًا
 Dan apabila kamu bepergian di muka bumi, maka tidaklah mengapa kamu men-qashar salat , jika kamu takut diserang orang-orang kafir. Sesungguhnya orang-orang kafir itu adalah musuh yang nyata bagimu.  NIsa 101.
UNtuk salat jama  tidak ada rukhsah , tdk ada perintahnya dlm al quran . Jamak malah di larang sbgmn keterangan yg lalu.
Bila ingin bc dg detil ttg larangan salat jama` fase per fase klik disini :
http://mantankyainu2.blogspot.co.id/2018/01/fase-ke-28-tentang-larangan-jama.html
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah ttg buka ketika adzan Maghrib membatalkan puasa   dg penuh persaudaraan di dua grup WA sy . 
Mau ikut , hub 08813270751.082225929198 ,081384008118,0 857-8715-4455 
0812-4194-6733


Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan