Senin, Januari 29, 2018

fase ke 28 tentang larangan salat jama`

Ustadz Abdullah Shaleh Al Hadrami Menulis :
Berkata Imam Nawawi rahimahullah :”Sebagian Imam (ulama) berpendapat bahwa seorang yang mukim boleh menjama’ shalatnya apabila diperlukan asalkan tidak dijadikan sebagai kebiasaan.” (lihat Syarah Muslim, imam Nawawi 5/219 dan Al Wajiz fi Fiqhis Sunnah wal Kitabil Aziz 141).
Dari Ibnu Abbas radhiallahu anhuma berkata, bahwasanya Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam menjama’ara Dhuhur dengan Ashar dan antara Maghrib dengan Isya’ di Madinah tanpa sebab takut dan safar (dalam riwayat lain; tanpa sebab takut dan hujan). Ketika ditanya hal itu kepada Ibnu Abbas beliau menjawab:”Bahwa Rasulullah Shalallahu ‘Alaihi Wassalam tidak ingin memberatkan umatnya.” (HR.Muslim dll. Lihat Sahihul Jami’ 1070).
https://abuzubair.wordpress.com/2007/07/26/seputar-hukum-shalat-jama%E2%80%99-dan-qashar/

Komentarku ( Mahrus ali )
Saya kutip sebagian sj dr tulisan  Ustadz Abdullah Shaleh Al Hadrami sebab keterangan yg lain telah di kupas dlm fase yg dulu. 
Bila maksud  jamak  disitu , jama` taqdim atau ta`khir, mk jls kelirulah pendapat  ulama tsb. Sebab perawinya sendiri bernama Abus Sya`tsa`telah menyatakan bahwa jama` disitu adalah jama` suri. Yakni meng akhirkan salat zhuhur di akhir waktunya dan menjalankan salat Asar di awal waktunya . jd spt salat biasa yg tepat waktunya.  :
Dan  ini  bahasan  sy yg lalu tentang hadis tsb.


سنن النسائي (1/ 290)
 - أَخْبَرَنَا مُحَمَّدُ بْنُ عَبْدِ الْعَزِيزِ بْنِ أَبِي رِزْمَةَ وَاسْمُهُ غَزْوَانُ قَالَ: حَدَّثَنَا الْفَضْلُ بْنُ مُوسَى، عَنِ الْأَعْمَشِ، عَنْ حَبِيبِ بْنِ أَبِي ثَابِتٍ، عَنْ سَعِيدِ بْنِ جُبَيْرٍ، عَنِ ابْنِ عَبَّاسٍ، «أَنَّ النَّبِيَّ صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ كَانَ يُصَلِّي بِالْمَدِينَةِ يَجْمَعُ بَيْنَ الصَّلَاتَيْنِ بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ، وَالْمَغْرِبِ وَالْعِشَاء مِنْ غَيْرِ خَوْفٍ وَلَا مَطَرٍ». قِيلَ لَهُ: لِمَ؟ قَالَ: «لِئَلَّا يَكُونَ عَلَى أُمَّتِهِ حَرَجٌ»
__________
[حكم الألباني] سكت عنه الشيخ
Intinya di tempat lain , al bani tdk memberikan komentar hadis tsb sahih  atau tdk . Yakni  hadis Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   menjamak di rumah dlm kedaan tdk takut atau  hujan.
سنن الترمذي ت بشار (6/ 230)
أخبرنا الكروخى، أخبرنا القاضى أبو عامر الازدي والشيخ أبو بكر الغورجى وأبو الْمظفر الدهان، قالوا، أخبرنا أبو محمد الجراحى، أخبرنا أبو العباس الْمحبوبى، أخبرنا أبو عيسى الترمذي، قال:
جميع ما في هذا الكتاب من الحديث هو معمول به، وبه أخذ بعض أهل العلم ماخلا حديثين:
حديث ابن عباس: أن النبي صلى الله عليه وسلم جمع بين الظهر والعصر بالمدينة، والمغرب والعشاء من غير خوف ولاسفر، ولا مطر.
وحديث النبي صلى الله عليه وسلم أنه قال: إذا شرب الخمر فاجلدوه فإن عاد في الرابعة فاقتلوه.
وقد بينا علة الحديثين جميعا في الكتاب.
Intinya : Imam tirmidzi tdk memakai hadis Ibnu Abbas yg menyatakan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam   menjamak di rumah / waktu mukim.
التمييز في تلخيص تخريج أحاديث شرح الوجيز المشهور بـ التلخيص الحبير (3/ 978)
وأجاب أبو حامد عن هذا الجمع: بأنه جمع صوري، وهو أن يؤخر الأولى إلى آخر/ (4) وقتها، ويقدم الثانية عقبها في أول وقتها، وهذا قد جاء صريحا في "الصحيحين" (5) عن عمرو بن دينار قال: قلت: يا أبا الشعثاء، أظنه أخر الظهر وعجل العصر، وأخر المغرب وعجل العشاء، قال: وأنا أظن ذلك.
Intinya : Imam Ghazali menyatakan hadis Ibnu Abbas  itu adalah untuk jamak suri ( bukan jamak taqdim atau ta`khir. )Dan pendapat tsb di dukung hadis yg muttafaq alaih.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Kelirulah orang yg menjamak taqdim atau ta`khir di rumah dengan berpegangan kpd hadis tsb.
Barang siapa yg ingin baca fase larangan  jama` seluruhnya  mk kliklah link sbb :
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah ttg buka ketika adzan Maghrib membatalkan puasa   dg penuh persaudaraan di dua grup WA sy . 
Mau ikut , hub 08813270751.082225929198 ,081384008118,0 857-8715-4455 
0812-4194-6733



Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan