Fase ke 4 tentang wajib coblos paslon muslim dan haram
golput.
Dalil yg membolehkan minta jabatan di negara kafir adalah
Nabi Yusuf minta di jadikan menteri kekayaan bumi di negara kafir sbgmn ayat :
قَالَ اجْعَلْنِي عَلَىٰ خَزَائِنِ الْأَرْضِ ۖ إِنِّي
حَفِيظٌ عَلِيمٌ
Berkata Yusuf: "Jadikanlah aku bendaharawan negara (Mesir);
sesungguhnya aku adalah orang yang pandai menjaga, lagi berpengetahuan".
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Dari pada di artikan bendaharawan lebih baik mentri atau
pejabat yg mengurus tentang kekayaan hasil bumi.
تفسير النسفي = مدارك التنزيل وحقائق التأويل (2/ 119)
قالوا وفيه دليل على أنه يجوز أن يتولى الإنسان عمالة من
يد سلطان جائر وقد كان السلف يتولون القضاء من جهة الظلمة وإذا علم النبي أو
العالم أنه لا سبيل إلى الحكم بأمر الله ودفع الظلم إلا بتمكين الملك الكافر أو
الفاسق فله أن يستظهر به
Abul barakat pengarang tafsir annasafi wafat th 710 H
menyatakan : Intinya: Boleh minta jabatan dari penguasa yg menyimpang . Ulama
salaf jg menjadi hakim di pemerintahan yg zalim.
تفسير ابن كثير ت سلامة (4/ 395)
وَسَأَلَ الْعَمَلَ لِعِلْمِهِ بِقُدْرَتِهِ عَلَيْهِ،
وَلِمَا فِي ذَلِكَ مِنَ الْمَصَالِحِ لِلنَّاسِ (6) وَإِنَّمَا سَأَلَ أَنْ
يُجْعَل عَلَى
__________
تفسير ابن كثير ت سلامة (4/ 396)
خَزَائِنِ (1) الْأَرْضِ، وَهِيَ الْأَهْرَامُ الَّتِي (2)
يُجْمَعُ فِيهَا الْغَلَّاتُ، لِمَا يَسْتَقْبِلُونَهُ مِنَ السِّنِينَ الَّتِي
أَخْبَرَهُمْ بِشَأْنِهَا، لِيَتَصَرَّفَ لَهُمْ عَلَى الْوَجْهِ الْأَحْوَطِ
وَالْأَصْلَحِ وَالْأَرْشَدِ، فَأُجِيبَ إِلَى ذَلِكَ رَغْبَةً فِيهِ، وتكرِمَةً
لَهُ؛
Intinya: Ibnu Katsir dlm kitab tafsirnya menyatakan : Yusuf
minta jabatan ……………. Untuk kemaslahatan orang banyak ………..
Komentarku ( Mahrus ali ) : Pd hal rezimnya kafir.
تفسير العز بن عبد السلام (2/ 127)
وهذا مجوز لطلب الولاية لمن هو أهل لها، فإن كان المولى
ظالماً جاز تقلد الولاية منه إذا عمل الوالي بالحق لأن يوسف قبل من فرعون،
Intinya : Al iz bin Abd Salam dlm kitab tafsirnya menyatakan
: ayat itu menunjukkan boleh minta jabatan bg yg mampu walaupun rajanya zalim .
Boleh menerima jabatan dr pdnya bila memang bisa menjalankan dg benar . ………………….
تفسير السمرقندي = بحر العلوم (2/ 198)
وإنما سأل ذلك صلاحاً للخلق، لأنه علم أنه ليس أحد يقوم
بإصلاح ذلك الأمر مثله.
Dlm tafsir assamarqandi dijlskan: Yusuf minta jabatan untuk
kemasalahan orang banyak.
Komentarku ( Mahrus ali ) : Bila dipegang orang komunis
tambah bejat. Dan kasihan orang banyak lebih lebih kaum muslimin .
في ظلال القرآن (4/ 2005)
لم يكن يوسف يطلب لشخصه وهو يرى إقبال الملك عليه فيطلب
أن يجعله على خزائن الأرض.. إنما كان حصيفاً في اختيار اللحظة التي يستجاب له فيها
لينهض بالواجب المرهق الثقيل ذي التبعة الضخمة في أشد أوقات الأزمة وليكون مسؤولاً
عن إطعام شعب كامل وشعوب كذلك تجاوره طوال سبع سنوات، لا زرع فيها ولا ضرع. فليس
هذا غنماً يطلبه يوسف لنفسه. فإن التكفل بإطعام شعب جائع سبع سنوات متوالية لا
يقول أحد إنه غنيمة. إنما هي تبعة يهرب منها الرجال، لأنها قد تكلفهم رؤوسهم،
والجوع كافر، وقد تمزق الجماهير الجائعة أجسادهم في لحظات الكفر والجنون.
Intinya : Sayyid Quthub menyatakan : Nabi yusuf minta
jabatan bukan untuk diri sendiri tp kemasalahatan orang banyak di masa krisis.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Dr pd rakyat kelaparan karena jabatan menteri tsb di pegang
oleh kruptor yg mementingkan diri sendiri.
تفسير السعدي = تيسير الكريم الرحمن (ص: 401)
وليس ذلك حرصا من يوسف على الولاية، وإنما هو رغبة منه في
النفع العام، وقد عرف من نفسه من الكفاءة والأمانة والحفظ ما لم يكونوا يعرفونه.
Intinya dlm tafsir assa`di ada keterangan: Bukan karena
Yusuf suka jabatan tp untuk menciptakan maslahat umum.
ثانيا: شيخ الإسلام ابن تيمية يحتج بقصة يوسف عليه السلام
في مشروعية العمل تحت ولاية وإمرة الحاكم المسلم الفاجر..
وجعل لها شرطين؛ الإكراه..والمصلحة العامة...
Intinya Ibnu Taimiyah membolehkan seorang muslim menjabat di
negara yg pimpinannya muslim yg durja dg dua sarat terpaksa dan maslahat umum.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Termasuk terpaksa bila tdk di jabat seorang muslim mk PKI
dan cina akan menjabatnya.
نقار الخشب
على كلٍ.. وصلنا إلى نتيجة وهي أن يوسف الصديق كان يعترف
بولاية ملك مصر الكافر مع عدم طاعته له (حتى لو كان مسلماً) في معصية..
ويجوز العمل اليوم لدى أي نظامٍ غربي أو شرقي (مع عدم
الإلتزام بما هو كفر).. علماً بأن قوانين تلك الدول ليست كلها أو حتى معظمها تدعو
إلى الكفر..!
تحياتي
Intinya: Nabi yusuf mengakui kekuasaan raja Mesir yang kafir
sekalipun beliau tdk taat pdnya.
https://www.ye1.org/forum/threads/659708/page-5
نقار الخشب
المسألة مش "مزاج".. ولا هوى..
وأنت فهمت علاقة يوسف بالملك فهماً يسيء إلى النبي..
فتوهمت أن رغبة يوسف في العمل في دولة العزيز تعني أن
يوسف خاضع للكفر
..!!
Intinya : Jgn dikira Nabi Yusuf tunduk pd kekufuran.
..
ويوسف تقدم بطلبه إلى العزيز اعترافاً منه بأن الولاية
والسلطة بيده - بيد الملك- وطلب منه أن يعينه مسؤولاً على خزائن الأرض ليس تأييداً
للكفر .. بل على اعتبار أن ذلك المنصب سيعينه على فعل الخير والحق
Jabatan menteri bg Yusuf bukan mendukung kekufuran tp untuk
bisa membantu dlm menjalankan kebaikan dan kebenaran...
..!
نقار الخشب
رحم الله شيخ الإسلام الإمام المجتهد/ الشوكاني..
"فلما سمع يوسف منه ذلك قال { اجعلنى
على خَزَائِنِ الأرض } أي : ولني أمر الأرض التي أمرها إليك وهي أرض مصر ، أو
اجعلني على حفظ خزائن الأرض ، وهي الأمكنة التي تخزن فيها الأموال . طلب يوسف عليه
السلام منه ذلك ليتوصل به إلى نشر العدل ، ورفع الظلم ، ويتوسل به إلى دعاء أهل
مصر إلى الإيمان بالله ، وترك عبادة الأوثان .
Intinya : Imam Syaukani menyatakan : Nabi Yusuf minta
jabatan itu untuk menyebarkan keadilan , melenyapkan kezaliman dan sbg wasilah
agar penduduk Mesir bisa beriman kepada Allah dan meninggalkan menyembah
berhala.
وفيه دليل على أنه يجوز لمن وثق من نفسه إذا دخل في أمر
من أمور السلطان أن يرفع منار الحق ، ويهدم ما أمكنه من الباطل ، وطلب ذلك لنفسه ،
ويجوز له أن يصف نفسه بالأوصاف التي لها ، ترغيباً فيما يرومه ، وتنشيطاً لمن
يخاطبه من الملوك بإلقاء مقاليد الأمور إليه ، وجعلها منوطة به
Intinya : Hal itu sbg dalil boleh memegang jabatan dlm
pemerintahan kafir untuk mengangkat menara kebenaran dan menghancurkan
kebatilan semampunya.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bila kaum muslimin tdk ikut dlm jabatan pemerintahan kafir ,
mk seluruh jabatan akan di isi oleh PKI dan Cina yg sangat membahayakan mrk.
Dan ayat larangan mengangkat pemimpin kafir itu tdk hanya
berlaku di negara Mekkah dan Madinah sj tp juga berlaku di Indonesia dan
lainnya.
Ingat kisah para nabi itu sbg teladan dan pelajaran berharga
bagi orang yg ber akal sbgmn ayat :
لَقَدْ كَانَ فِي قَصَصِهِمْ عِبْرَةٌ لِّأُولِي
الْأَلْبَابِ ۗ مَا كَانَ حَدِيثًا يُفْتَرَىٰ وَلَٰكِن تَصْدِيقَ الَّذِي بَيْنَ
يَدَيْهِ وَتَفْصِيلَ كُلِّ شَيْءٍ وَهُدًى وَرَحْمَةً لِّقَوْمٍ يُؤْمِنُونَ
( 111 ) Sesungguhnya pada kisah-kisah mereka itu terdapat
pengajaran bagi orang-orang yang mempunyai akal. Al Quran itu bukanlah cerita
yang dibuat-buat, akan tetapi membenarkan (kitab-kitab) yang sebelumnya dan
menjelaskan segala sesuatu, dan sebagai petunjuk dan rahmat bagi kaum yang
beriman. Yusuf 111
تفسير النسفي = مدارك التنزيل وحقائق التأويل (2/ 139)
{لَقَدْ كَانَ فِى قَصَصِهِمْ} أي
في قصص الأنبياء وأممهم أو في قصة يوسف وإخوته {
Kisah para nabi dan umatnya atau kisah Yusuf bersama
saudaranya.
Jangan di anggap para pejabat itu mesti thaghut , sbb mrk
itu jga ingin memperjuangkan agama di lingkungannya. Kadang mrk itu termasuk
pejuang Islam dilingkungannya.
Bila kaum muslimin tinggalkan jabatan strategis langsung sj
direbut cina dan PKI .
Tentang wala` dan bara` apa maksudnya dan kemana arahnya
insya Allah dlm fase berikutnya ………………….bersabarlah menunggu ……………..
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah ttg buka ketika
adzan Maghrib membatalkan puasa dg penuh persaudaraan di dua grup WA sy .
Mau ikut , hub 08813270751.082225929198 ,081384008118,0 857-8715-4455
0812-4194-6733
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan