Selasa, September 26, 2017

Fase ke 31 tentang sorban

Fase ke 31 tentang sorban

الحديث الثالث : " العمامة على القلنسوة فصل ما بيننا وبين المشركين ، يعطى يوم القيامة بكل كورة يدورها على رأسه نوراً " رواه الباوردي عن ركانة .
Sorban di atas kopyah adalah perbedaan antara kita  dan kaum musrikin . Pd hari kiamat di beri cahaya atas lipatan sorban yg di lilitkan di kepalanya .   HR Dawardi dari Rukanah .
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Jadi setiap lipatan yg di putarkan  di kepalanya akan menjadi cahaya. Karena itu , banyak orang yg suka  dengan sorban besar   dengan harapan nanti di hari kiamat akan bercahaya terang benderang . Dan kuatnya sinar itu sesuai dengan besarnya sorban yg di pakai. Bila kecil , maka sinarnya kecil .
Tapi sayang hadis itu di katakana oleh  Syaikh al albani sangat lemah. Jadi janji  cahaya di kepala itu tipuan belaka di dunia  nanti di akhirat akan menjadi kegelapan karena sorban besar itu  bisa jadi akan menjadi penghalang untuk bisa langsung sujud ke tanah.

قلت : وهذا ضعيف جداً ، وشطره الأول رواه غير الباوردي كما سيأتي في الحديث السابع ، وأما بهذا التمام فقد رواه الباوردي وحده ، بسند واه كما في " الدعامة " للشيخ الكتاني (ص 7) ويعني بذلك أنه ضعيف جداً كما في الصفحة (34) منه ، وصرح بذلك الفقيه ابن حجر الهيتمي فقال في كتابه " أحكام اللباس " (ق 9/ 2) :
" ولولا شدة ضعف هذا الحديث لكان حجة في تكبير العمائم "
Intinya : Al albani menyatakan hadis itu sangat lemah.
فرق ما بيننا وبين المشركين العمائم على القلانس
Perbedaan antara kita dan kaum musrikin adalah sorban di atas kopyah.

لحديث السابع : " فرق ما بيننا وبين المشركين العمائم على القلانس " رواه أبو داود والترمذي عن ركانة .
قلت : وهذا الحديث هو الشطر الأول من الحديث الثالث -كما تقدم- وذكرت هناك أنه ضعيف جداً ، وقد ضعفه الترمذي نفسه ، فقال بعد تخريجه (1/ 330) :
" هذا حديث غريب ، وإسناده ليس بالقائم ولا نعرف أبا الحسن العسقلاني ولا ابن ركانة يعني اللذين في إسناده ، وقال الذهبي في ترجمة أبي جعفر هذا : " لا يعرف ، تفرد عنه أبو الحسن العسقلاني فمن أبو الحسن ؟! " ، وقال في ترجمة أبي الحسن هذا : " تفرد عنه محمد بن ربيعة الكلابي في إسناد حديث موضوع ( يعني هذا ) " قال


الخطيب : كان غير ثقة
Intinya hadis tsb sangat lemah , kata al albani dan nyeleneh kata Tirmidzi.

لحديث الثامن : " عمم النبي -صلى الله عليه وسلم- علياً . . . وقال : هذه تيجان الملائكة " . ذكره المناوي
Nabi  shallallahu alaihi wasallam  memakaikan sorban kpd Ali lalu berkata : Ini mahkota malaikat. .

قلت : ولم أعثر على سنده في شيء من كتب السنة التي وقفت عليها ولا أورده صاحب الدعامة
Al bani berkata : Sy tdk tahu sanadnya dlm kitab – kitab hadis yg sy jumpai …………………….



Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan