Fase ke 24 tentang sorban.
حَدَّثَنَا عَبْدُ الصَّمَدِ حَدَّثَنَا دَاوُدُ يَعْنِي
ابْنَ أَبِي الْفُرَاتِ حَدَّثَنَا مُحَمَّدُ بْنُ زَيْدٍ عَنْ أَبِي شُرَيْحٍ
عَنْ أَبِي مُسْلِمٍ مَوْلَى زَيْدِ بْنِ صُوحَانَ الْعَبْدِيِّ قَالَ
كُنْتُ مَعَ سَلْمَانَ الْفَارِسِيِّ فَرَأَى رَجُلًا
قَدْ أَحْدَثَ وَهُوَ يُرِيدُ أَنْ يَنْزِعَ خُفَّيْهِ فَأَمَرَهُ سَلْمَانُ أَنْ
يَمْسَحَ عَلَى خُفَّيْهِ وَعَلَى عِمَامَتِهِ وَيَمْسَحَ بِنَاصِيَتِهِ وَقَالَ
سَلْمَانُ رَأَيْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَمْسَحُ
عَلَى خُفَّيْهِ وَعَلَى خِمَارِهِ
(AHMAD - 22602) : Telah bercerita kepada kami 'Abdush Shamad
telah bercerita kepada kami Dawud bin Abu Al Furat telah bercerita kepada kami
Muhammad bin Zaid dari Abu Syuraij dari Abu Muslim, budak Zaid bin Shuhan Al 'Abdi
berkata: Aku pernah bersama Salman Al Farisi lalu ia melihat seseorang
berhadats, ia hendak melepas kedua khufnya lalu Salman memerintahkannya untuk
membasuh kedua khufnya, sorbannya dan ubun-ubunnya, berkata Salman Al Farisi: Aku
pernah melihat Rasulullah Shallalahu 'alaihi wa sallam membasuh kedua khuf
beliau dan kerudung / sorban beliau.
Cacat dr segi redaksi
:
موارد الظمآن إلى زوائد ابن حبان ت حسين أسد (1/ 297)
177 - أخبرنا أبو خليفة، حدَّثنا
أبو الوليد الطيالسي، حدَّثنا داود بن أبي الفرات، عن محمد بن زيد، عن أبي شُرَيْح
(1)، عن أبي مسلم مولى زيد بن صوحان قال:
كُنْتُ مَعَ سَلْمَانَ الْفَارِسِيِّ، فَرأى رَجُلاً قَدْ
أحْدَثَ وَهُوَ يُريدُ أنْ يَنْزِعَ خُفَّيْهِ لِلْوُضُوءِ، فَقَالَ لَهُ
سَلْمَانُ: امْسَحْ عَلَيْهِمَا، وَعَلَى عِمَامَتِكَ،
Intinya : tdk ada keterangan mengusap ubun – ubun. Beda dg
redaksi hadis pertama.
__________
Cacat dr sg sanad
مسند أحمد ط الرسالة (39/ 122)
(1) المرفوع منه صحيح لغيره، وهذا
إسناد ضعيف لجهالة أبي شريح، وأبي مسلم. عبد الصمد: هو ابن عبد الوارث، ومحمد بن
زيد: هو ابن علي العبدي البصري قاضي مرو.
وأخرجه أبو داود الطيالسي (656) ، وابن أبي شيبة 1/22-23
و178 و14/163، والترمذي في "العلل" 1/181-182، وابن ماجه (563) ، وابن
حبان (1344) و (1345) ، والطبراني (6164) و (6165) و (6166) ، وأبو نعيم في "أخبار
أصبهان" 2/96 من طرق عن داود بن أبي الفرات، بهذا الإسناد.
قال الترمذي: سألت محمداً عن هذا الحديث قلت: أبو شريح ما
اسمه؟ قال: لا أدري، لا أعرف اسمه، ولا أعرف اسم أبي مسلم مولى زيد بن صوحان، ولا
أعرف له غير هذا الحديث. ورواه عبد السلام بن حرب، عن سعيد، عن قتادة، وقَلَبه
فقال: عن أبي مسلم عن أبي شريح.
Intinya : Perawi bernama Abu Syuraih dan Abu Muslim itu tidk
di kenal . Imam Bukhari sendiri jg menyatakan spt itu. Jadi hadis tsb lemah. Yakni
hadis yg menyatakan Rasulullah shallallahu alaihi wasallam mengusap sorban tadi
dlm berwudhu.
قلنا: لكن أخرجه الطبراني في "الكبير" (6167) من
طريق عبد السلام بن حرب، عن سعيد بن أبي عروبة، عن قتادة، عن أبي شريح، عن أبي
مسلم، عن سلمان: أن النبي صَلَّى اللهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ مسح على الخُفَّين
والخمار، على الصواب دون قلبٍ، فلعله تصرُّف من محققه، والله تعالى أعلم.
وسيأتي الحديث برقم (23724) .=
مسند أحمد ط الرسالة (39/ 123)
__________
= ويشهد للمرفوع منه حديث المغيرة
بن شعبة عند مسلم (274) (81) ، وقد سلف برقم (18134) و (18234) .
Intinya ada pendukung dr hadis riwayat Mughirah bin Syu`bah
yg di riwayatkan oleh muslim .
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Itu sdh di bhs dlm kajian yg lalu , antara lain sbb:
الجمع بين الصحيحين (3/ 412)
صحيح البخاري (7/ 143)
وَفِي حَدِيث عبد الْوَاحِد عَن الْأَعْمَش:
انْطلق رَسُول الله صلى الله عَلَيْهِ وَسلم لِحَاجَتِهِ،
ثمَّ أقبل فتلقيته بِمَاء، فَتَوَضَّأ، وَعَلِيهِ جُبَّة شامية، فَمَضْمض واستنشق
وَغسل وَجهه، فَذهب يخرج يَدَيْهِ من كميه فَكَانَا ضيقين، فأخرجهما من تَحْتَهُ،
فغسلهما، وَمسح بِرَأْسِهِ وعَلى خفيه
Dlm hadis ini pun , Rasulullah shallallahu alaihi wasallam
mengusap kepala dan dua khufnya . Dan tidk ada keterangan beliau mengusap
sorbannya . Pd hal satu kasus, satu perawi yaitu Mughirah bin Syu`bah . Hadis
itu riwayat Bukhari
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Belum kita temukan hadis sahih yg menyatakan Rasulullah
shallallahu alaihi wasallam mengusap sorbannya dlm berwudhu.Seluruhnya kacau
maknanya . Bila ada yg sahih , bisa dikatakan sbg landasan bahwa Rasulullah
shallallahu alaihi wasallam mengenakan sorban jg boleh jadi digunakan untuk
salat. Tp nyatanya blm ditemukan.
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah ttg buka ketika
adzan Maghrib membatalkan puasa dg penuh persaudaraan di dua grup WA sy .
Mau ikut , hub 08813270751.082225929198 ,081384008118,0 857-8715-4455
0812-4194-6733
Artikel Terkait
Sorban
- Rasul melakukan salat tanpa sorban sebagai jawaban kepada Syaikh al Utsaimin
- Tuntunan salat tanpa sorban dg kepala terbuka
- Tuntunan salat
- Fase ke 23 tentang salat tanpa sorban
- Tuntunan salat
- Fase ke 16 tuntunan salat Rasul dengan kepala terbuka
- البحث الثاني عشر : هدي الرسول صلى الله عليه وسلم فى الصلاة كشف رأسه
- البحث التاسع : هدي الرسول صلى الله عليه وسلم فى الصلاة كشف رأسه
- لبحث الثامن : هدي الرسول صلى الله عليه وسلم فى الصلاة كشف رأسه
- البحث السابع : هدي الرسول صلى الله عليه وسلم فى الصلاة كشف رأسه
- Ini jawabanku untuk Doktor Khalid dari Yordan,
- Tuntunan salat dg kepala terbuka
- Salat dg kepala terbuka
- Fase ke 4 tentang larangan salat jamak.
- Fase ke tiga tentang larangan jamak salat.
- Fase ke 2 tentang larangan salat jamak taqdim atau ta`khir
- Fase ke 1 tentang salat jamak
- Fase ke 64 tentang sorban
- Fase ke 63 tentang sorban .
- Fase ke 62 tentang sorban
- Fase ke 61 tentang sorban
- Fase ke 60 tentang sorban
- Fase ke 59 tentang sorban
- Fase ke 58 tentang sorban
- Fase ke 57 tentang sorban
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan