Fase ke 37 tentang sorban
سنن أبي داود ت الأرنؤوط (6/ 206)
38 - باب في الاختِمار
4115 - حدَّثنا زهيرُ بنُ حَرب،
حدَّثنا عبدُ الرحمن. وحدَّثنا مُسَدَّدٌ، حدَّثنا يحيى، عن سفيانَ، عن حبيبِ بنِ
أبي ثابتٍ، عن وهْبٍ مولى أبي أحمد
عن أُمِّ سلمةَ: أن النبيَّ -صلَّى الله عليه وسلم- دخلَ
عليها وهي تختَمِرُ، فقال: "ليَّةً لا ليَّتَيْنِ" (1).
قال أبو داود: معنى قولِه: "ليَّةً لا ليَّتَيْنِ"
يقولُ: لا تَعْتمَّ مِثْلَ الرَّجُلِ، لا تُكرِّره طاقاً أو طاقَين.
Dari Ummu Salamah , sesungguhnya Nabi shallallahu alaihi wasallam masuk kepadanya yg lagi menggunakan tutup
kepala ? kerudung, lalu beliau bersabda : Cukup sekali putaran di kepala
bukan dua.
Abu Dawud berkata : Jangan menggunakan sorban spt lelaki , jangan di buat
dua kali putaran di kepala.
جمع الفوائد من جامع الأصول ومجمع الزوائد (2/ 398)
(1) أبو داود (4115)، وقال الحاكم 4/ 195: صحيح الإسناد ووافقه الذهبي،
والحديث فيه وهب مولى أبي أحمد، قال المنذري في ((مختصر أبي داود)) 6/ 62: شبه
المجهول. ذكره ابن حبان في ((الثقات)) 5/ 490، قال ابن حجر في ((التهذيب)) 4/ 333:
قال ابن القطان: وهب هذا لا يُعرف. وضعفه الألباني في ضعيف أبي داود (888).
Intinya al albani dan Ibn Qatthan menyatakan hadis tsb lemah
karena perawi bernama Wahab yg tdk di
kenal sbg perawi pendusta atau jujur .
المسند الجامع (20/ 660)
أخرجه أحمد 6/294 قال: حدثنا وكيع وعبد الرحمن. وفي 6/296
قال: حدثنا عبد الرحمن بن مَهْدي. وفي 6/306 قال: حدثنا وكيع. و"أبو داود"
4115 قال: حدثنا زُهير بن حرب، قال: حدثنا عبد الرحمن (ح) وحدثنا مُسَدَّد، قال: حدثنا
يحيى.
ثلاثتهم (وكيع، وعبد الرحمن بن مَهْدي، ويحيى بن سعيد) عن
سُفيان، عن حبيب بن أبي ثابت، عن وهب مولى أبي أحمد، فذكره
Seluruh jalur riwayat melalui perawi yg tdk di kenal itu. Jd
hadis tsb ttp lemah.
Sampai sekarang fase ke 37 , blm di temukan hadis sahih
tentang sorban atau kopyah di buat untuk salat oleh Rasulullah shallallahu
alaihi wasallam atau sahabat. Jadi mrk
bila salat wajib bersujud ke tanah tanpa sorban
atau kopyah.
Kadang orang pakai kopyah atau sorban , sujudnya di sorban
atau kopyah itu bukan tanah. Dan yg
benar adalah sujud ke tanah tanpa kopyah atau sorban. Salat dg kepala terbuka
itulah tuntunan yg benar bukan kepala tertutup dg sorban atau kopyah.
Bila pakai kopyah atau sorban lebih baik, mn dalilnya ?
Artikel Terkait
Sorban
- Rasul melakukan salat tanpa sorban sebagai jawaban kepada Syaikh al Utsaimin
- Tuntunan salat tanpa sorban dg kepala terbuka
- Tuntunan salat
- Fase ke 23 tentang salat tanpa sorban
- Tuntunan salat
- Fase ke 16 tuntunan salat Rasul dengan kepala terbuka
- البحث الثاني عشر : هدي الرسول صلى الله عليه وسلم فى الصلاة كشف رأسه
- البحث التاسع : هدي الرسول صلى الله عليه وسلم فى الصلاة كشف رأسه
- لبحث الثامن : هدي الرسول صلى الله عليه وسلم فى الصلاة كشف رأسه
- البحث السابع : هدي الرسول صلى الله عليه وسلم فى الصلاة كشف رأسه
- Ini jawabanku untuk Doktor Khalid dari Yordan,
- Tuntunan salat dg kepala terbuka
- Salat dg kepala terbuka
- Fase ke 4 tentang larangan salat jamak.
- Fase ke tiga tentang larangan jamak salat.
- Fase ke 2 tentang larangan salat jamak taqdim atau ta`khir
- Fase ke 1 tentang salat jamak
- Fase ke 64 tentang sorban
- Fase ke 63 tentang sorban .
- Fase ke 62 tentang sorban
- Fase ke 61 tentang sorban
- Fase ke 60 tentang sorban
- Fase ke 59 tentang sorban
- Fase ke 58 tentang sorban
- Fase ke 57 tentang sorban
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan