Fase ke 44 tentang sorban
10. (وقال صلى الله عليه وسلم: تَعَمَّمُوا
فَإنَّ الشَّياطِينَ لاَ تَتَعمَّمُ)
RasulullahSaw bersabda:”Bersorbanlah kalian , karena
sesungguhnya setan tidak bersorban.”(Syekh Nawawi al-Bantani, Tanqih al-qaul, bab
keutamaan sorban).
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Dari kitab arabnya sbb:
تنقيح القول الحثيث في شرح لباب الحديث (ص: 62)
(وقال صلى الله عليه وسلم: تَعَمَّمُوا
فَإنَّ الشَّياطِينَ لاَ تَتَعمَّمُ
الكتاب: تنقيح القول الحثيث في شرح لباب الحديث
تأليف العلامة: الشيخ محمد بن عمر النووي البنتني
هذا شرح على لباب الحديث للشيخ جلال الدين ابن العلامة
أبي بكر السيوطي
Kitab tanqihul qaul ini karya Syaikh Muhammad bin Umar An
Nawawi Banten yg memuat hadis tsb.
Hadis “:”Bersorbanlah kalian , karena sesungguhnya setan
tidak bersorban.” Tidak saya jumpai dikitab hadis manapun yg saya miliki. Hingga
sulit di cari sanadnya. Artinya atau pengertiannya jg salah . Rasulullah
shallallahu alaihi wasallam sendiri tidak pernah memerintahkan bersorban dlm
hadis sahih.
Redaksi hadisnya jg janggal yaitu setan – setan tdk
bersorban. Apakah para sahabat yg melakukan salat bersama Rasulullah
shallallahu alaihi wasallam dg tdk mengenakan sorban spt setan?
Umar ra berkata :
صَلَّى رَجُلٌ فِي إِزَارٍ وَرِدَاءٍ فِي إِزَارٍ
وَقَمِيصٍ فِي إِزَارٍ وَقَبَاءٍ فِي سَرَاوِيلَ وَرِدَاءٍ فِي سَرَاوِيلَ
وَقَمِيصٍ فِي سَرَاوِيلَ وَقَبَاءٍ فِي تُبَّانٍ وَقَبَاءٍ فِي تُبَّانٍ
وَقَمِيصٍ
Seorang lelaki menjalankan salat dengan sarung dan selendang
( kain penutup tubuh bagian atas spt layaknya selendang ) , sarung dan gamis ,kain
sarung dengan dengan kain , celana panjang dan selendang , celana panjang dan
gamis , celana panjang dan qaba` ,celana pendek ( yg menutupi aurat ) dan qaba`
, celana pendek dan gamis HR Bukhori 385
صحيح البخاري (1/ 82)
صحيح البخاري (1/ 82)
(تبان) سروايل صغير مقدار ستر
العورة]
Dlm hadis riwayat Bukhari itu dg jls para sahabat
menjalankan salat tanpa penutup kepala, sorban atau lainnya.
كشف المشكل من حديث الصحيحين (3/ 336)
والقباء مَمْدُود: وَهُوَ ثوب مفرج يجمع فرجه بخيط
Kain lepas lalu di jahit
Sy tdk menemukan dalil yg menyatakan Rasulullah shallallahu
alaihi wasallam dan para sahabatnya ketika melakukan salat dg bersorban . Apakah
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam jg setan. Lalu mana sanad hadis “:”Bersorbanlah
kalian , karena sesungguhnya setan tidak bersorban.” ? Kok Syaikh Nawawi Banten
berani menulis dlm kitab Tanqihul qaul
(الأم للشافعي (1/ 266)
قَالَ الشَّافِعِيُّ، وَأُحِبُّ أَنْ يَلْبَسَ الرَّجُلُ
أَحْسَنَ مَا يَجِدُ فِي الْأَعْيَادِ الْجُمُعَةِ وَالْعِيدَيْنِ، وَمَحَافِلِ
النَّاسِ، وَيَتَنَظَّفَ، وَيَتَطَيَّبَ إلَّا أَنِّي أُحِبُّ أَنْ يَكُونَ فِي
الِاسْتِسْقَاءِ خَاصَّةً نَظِيفًا مُتَبَذِّلًا، وَأُحِبُّ الْعِمَامَةَ فِي
الْبَرْدِ وَالْحَرِّ لِلْإِمَامِ، وَأُحِبُّ لِلنَّاسِ مَا أَحْبَبْتُ
لِلْإِمَامِ مِنْ النَّظَافَةِ، وَالتَّطَيُّبِ، وَلُبْسِ أَحْسَنِ مَا
يَقْدِرُونَ عَلَيْهِ إلَّا أَنَّ اسْتِحْبَابِي لِلْعَمَائِمِ لَهُمْ لَيْسَ
كَاسْتِحْبَابِهَا لِلْإِمَامِ
http://www.ahlalhdeeth.com/vb/showthread.php?t=6415
Intinya : Imam Syafii menyatakan : Sayasuka seorang imam
waktu dingin maupun panas mengenakan sorban. ………………………………., bgt juga bg manusia
yg tdk menjadi imam , sy anjurkan mereka mengenakan sorban , hanya sj tdk sbgmn
sy anjurkan untuk imam.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Bgmn imam Syafii menganjurkan sesuatu yg tdk di anjurkan
oleh Allah dan rasulNya. Terus kpn Rasulullah shallallahu alaihi wasallam
menjadi imam salat dg mengenakan sorban.Kapan para makmum bersorban? Mana
hadisnya. Kalau dalil mrk tanpa sorban banyak di antaranya hadis yg telah di
tulis di atas.
حدَّثَنَا عَبْدُ الْعَزِيزِ بْنُ
عَبْدِ اللَّهِ قَالَ حَدَّثَنِي ابْنُ أَبِي الْمَوَالِي عَنْ مُحَمَّدِ بْنِ
الْمُنْكَدِرِ قَالَ دَخَلْتُ عَلَى جَابِرِ بْنِ عَبْدِ اللَّهِ
وَهُوَ يُصَلِّي فِي ثَوْبٍ مُلْتَحِفًا بِهِ وَرِدَاؤُهُ
مَوْضُوعٌ فَلَمَّا انْصَرَفَ قُلْنَا يَا أَبَا عَبْدِ اللَّهِ تُصَلِّي
وَرِدَاؤُكَ مَوْضُوعٌ قَالَ نَعَمْ أَحْبَبْتُ أَنْ يَرَانِي الْجُهَّالُ
مِثْلُكُمْ رَأَيْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُصَلِّي
هَكَذَا
Telah menceritakan kepada kami 'Abdul Aziz bin 'Abdullah berkata,
telah menceritakan kepadaku Ibnu Abu Al Mawali dari Muhammad bin Al Munkadir
berkata, "Aku masuk menemui Jabir bin 'Abdullah yang saat itu sedang
shalat dengan menggunakan kain sarung yang diikatkannya pada tengkuk, sedangkan
pakaiannnya diletakkan pada gantungan baju. Setelah selesai kami bertanya, "Wahai
Abu 'Abdullah, bagaimana kamu shalat sedangkan kain rida' (selendang) mu kau
gantung pada gantungan baju? ' Maka Jabir menjawab, "Benar. Sesungguhnya
aku senang bila berbuat seperti itu agar bisa dilihat oleh orang bodoh seperti
kamu. Aku pernah melihat Nabi shallallahu 'alaihi wasallam shalat dengan cara
seperti itu." HR Bukhari . HADIST NO – 357
Hadis itu jg menyatakan Rasulullah shallallahu alaihi
wasallam melakukan salat tanpa sorban.
Abu Said AlKhudri ra berkata :
جَاءَتْ سَحَابَةٌ فَمَطَرَتْ حَتَّى سَالَ السَّقْفُ
وَكَانَ مِنْ جَرِيدِ النَّخْلِ فَأُقِيمَتِ الصَّلَاةُ فَرَأَيْتُ رَسُولَ
اللَّهِ صَلَّى اللَّهم عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَسْجُدُ فِي الْمَاءِ وَالطِّينِ
حَتَّى رَأَيْتُ أَثَرَ الطِّينِ فِي جَبْهَتِهِ *
. Qamat di bacakan ,aku melihat Rasulullah SAW bersujud
ditanah yang berair,aku melihat tanahnya menempel ke dahinya .Muttafaq alaih
Bila Rasulullah shallallahu alaihi wasallam memakai sorban
ketika salat, pasti sornbannya kotor tersentuh lumpur yg di sujudi .
Tp kisah spt itu tdk ada . Yakni kisah sorban Rasulullah
shallallahu alaihi wasallam yg kotor karena lumpur yg disujudi tidak ada.
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam sediri tdk pakai
sorban lalu bgmn beliau menganjurkan sorban. Imam Syafii menganjurkan sorban dr
pendapat peribadinya.
Dan ini tertolak untuk menghormati dalil dan menghinakan
pendapat siapapun tanpa dalil. Imam Syafii berkata :
Imam Syafii menyatakan:
لَا تُقَلِّدْ دِينَك الرِّجَالَ فَإِنَّهُمْ لَنْ
يَسْلَمُوا مِنْ أَنْ يَغْلَطُوا.
Dalam masalah agama,jangan ikut orang, sebab mereka mungkin
juga salah.
مَهْمَا قُلْتُ مِنْ قَوْلٍ أَوْ أَصَّلْتُ مِنْ أَصْلٍ
فَبَلَغَ عَنْ رَسُوْلِ اللهِ صلى الله عليه وسلم خِلاَفُ مَا قُلْتُ، فَالْقَوْلُ
مَا قَالَهُ صلى الله عليه وسلم
Sekalipun saya sudah mengatakan sesuatu atau telah ku bikin
suatu kaidah, lalu ada hadis Rasulullah SAW yang bertentangan dengan apa yang
aku katakan, maka perkataan yang benar adalah sabda Rasulullah SAW.
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah ttg buka ketika
adzan Maghrib membatalkan puasa dg penuh persaudaraan di dua grup WA sy .
Mau ikut , hub 08813270751.082225929198 ,081384008118,0 857-8715-4455
0812-4194-6733
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan