Selasa, November 14, 2017

Fase ke 60 tentang sorban

Fase ke 60 tentang sorban
مصنف عبد الرزاق الصنعاني (3/ 189)
5267 - عَنْ إِسْرَائِيلَ بْنِ يُونُسَ قَالَ: أَخْبَرَنِي أَبُو إِسْحَاقَ قَالَ: خَرَجْتُ مَعَ أَبِي إِلَى الْجُمُعَةِ وَأَنَا غُلَامٌ، فَلَمَّا خَرَجَ عَلِيٌّ فَصَعِدَ الْمِنْبَرَ، قَالَ أَبِي: أَيْ عَمْرُو، قُمْ فَانْظُرْ إِلَى أَمِيرِ الْمُؤْمِنِينَ قَالَ: «فَقُمْتُ فَإِذَا هُوَ قَائِمٌ عَلَى الْمِنْبَرِ، وَإِذَا هُوَ أَبْيَضُ الرَّأْسِ وَاللِّحْيَةِ، عَلَيْهِ إِزَارٌ وَرِدَاءٌ، لَيْسَ عَلَيْهِ قَمِيصٌ» قَالَ: فَمَا رَأَيْتُهُ جَلَسَ عَلَى الْمِنْبَرِ حَتَّى نَزَلَ عَنْهُ، قُلْتُ لِأَبِي إِسْحَاقَ: فَهَلْ قَنَتَ؟ قَالَ: لَا
INtinya : Ali bin Abi THalib naik mimbar untuk berhutbah rambut dan jenggotnya sudah memutih dengan mengenakan sarung dan selindang tanpa gamis.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Ali bin Abu Thalib ra jg tdk menggunakan sorban. Perawi – perawinya terpercaya menurut Ibn Hajar.
شرح معاني الآثار (1/ 377)
- حَدَّثَنَا أَبُو بَكْرَةَ قَالَ: ثنا رَوْحُ بْنُ عُبَادَةَ , قَالَ: ثنا ابْنُ جُرَيْجٍ , قَالَ: أَخْبَرَنِي نَافِعٌ: أَنَّ ابْنَ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُمَا كَسَاهُ وَهُوَ غُلَامٌ , فَدَخَلَ الْمَسْجِدَ , فَوَجَدَهُ يُصَلِّي مُتَوَشِّحًا , فَقَالَ: أَلَيْسَ لَكَ ثَوْبَانِ؟ قَالَ: بَلَى , قَالَ: أَرَأَيْتَ لَوِ اسْتَعَنْتُ بِكَ وَرَاءَ الدَّارِ , أَكُنْتَ لَابِسَهُمَا؟ قَالَ: نَعَمْ. قَالَ: فَاللهُ أَحَقُّ أَنْ تَزَّيَّنَ لَهُ أَمِ النَّاسُ؟ قَالَ نَافِعٌ: بَلِ اللهُ، فَأَخْبَرَهُ عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَوْ عَنْ عُمَرَ رَضِيَ اللهُ عَنْهُ قَالَ نَافِعٌ: قَدِ اسْتَيْقَنْتُ أَنَّهُ عَنْ أَحَدِهِمَا وَمَا أُرَاهُ إِلَّا عَنْ رَسُولِ اللهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ: «لَا يَشْتَمِلْ أَحَدُكُمْ فِي الصَّلَاةِ اشْتِمَالَ الْيَهُودِ , مَنْ كَانَ لَهُ ثَوْبَانِ فَلْيَتَّزِرْ وَلْيَرْتَدِ , وَمَنْ لَمْ يَكُنْ لَهُ ثَوْبَانِ فَلْيَتَّزِرْ ثُمَّ لِيُصَلِّ»
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam besabda: Tdk diperkenankan bagi seseorang di antaramu dlm menjalankan salat untuk mengemulkan pakaian spt orang Yahudi . Tapi barang siapa yg punya dua kain, bikinlah sarung satu dan satunya lagi untuk selindang . Barang siapa yg tdk punya dua kain, mk cukup bersarug saja lalu jalankan salat.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Jadi salatnya para sahabat , kdg dengan mengenakan sarung sj , kadang dg selindang dan sarung tanpa sorban, kopyah hitam atau putih. Juga kepalanya tdk di ikat dg sapu tangan spt sebagian orang sekarang ketika tdk bawa kopyah , lalu menjalankan salat , lantas sapu tangan di buat untuk mengikat kepalanya.
أصل صفة صلاة النبي صلى الله عليه وسلم (1/ 148)
ثم أخرجه أحمد (1/16) عن ابن إسحاق: ثنا نافع به نحوه موقوفاً، وفيه قال
نافع:
ولو قلت لك: إنه أسند ذلك إلى رسول الله صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ؛ لرجوت أن لا أكون كذبت.
وهذا سند جيد.
وبالجملة؛ فالحديث صحيح مرفوعاً وموقوفاً، ولا منافاة بينهما. والتردد الذي وقع
في بعض الروايات قد زال بقول بعضهم:
" وأكثر ظني أنه رفعه ". وبجزم البعض الآخر برفعه - كما سبق -. وقد جزم برفعه
عن نافع توبة العنبري - كما سبق قريباً
Intinya : Hadis tsb sahih kata al albani.
عنْ عَبْدِ اللَّهِ بْنِ عَبَّاسٍ رضي الله عنهما أَنَّهُ رَأَى عَبْدَ اللَّهِ بْنَ الْحَارِثِ يُصَلِّي وَرَأْسُهُ مَعْقُوصٌ مِنْ وَرَائِهِ ، فَقَامَ فَجَعَلَ يَحُلُّهُ ، فَلَمَّا انْصَرَفَ أَقْبَلَ إِلَى ابْنِ عَبَّاسٍ فَقَالَ : مَا لَكَ وَرَأْسِي ؟! فَقَالَ : إِنِّي سَمِعْتُ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يَقُولُ : (إِنَّمَا مَثَلُ هَذَا مَثَلُ الَّذِي يُصَلِّي وَهُوَ مَكْتُوفٌ)
صحيح مسلم (رقم/492) . وصححه الألباني في صحيح أبي داود 647 وصحيح النسائي 1113
Abdullah bin Abbas ra melihat Abdullah bin al Harits melakukan salat dengan rambut yg di ikat di belakang kepalanya . Ibnu Abbas berdiri , lalu melepaskannya . Ketika selesai salat , Abdullah bin al Harits menghadap kepada Ibnu Abbas lalu berkata : Ada apa kamu dg kepalaku ?
Ibnu Abbas menjawab: Sesungguhnya aku mendengar Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda : Sesungguhnya perumpamaan orang ini spt orang yg melakukan salat dengan tangan yg terbelenggu ke bahu . HR Muslim , sahih .
قال المناوي رحمه الله
akuk :
"(معقوص) أي : مجموع شعره عليه (مثل الذي يصلي وهو مكتوف) أي : مشدود اليدين إلى كتفيه في الكراهة ؛ لأن شعره إذا لم يكن منتشرا لا يسقط على الأرض ، فلا يصير في معنى الشاجد بجميع أجزائه ، كما أن يدي المكتوف لا يقعان على الأرض في السجود .
قال أبو شامة : وهذا محمول على العقص بعد الضفر كما تفعل النساء" انتهى .
"فيض القدير" (3/6) .
وجاء في " الموسوعة الفقهية " (26/109-110):
العقص هو شد ضفيرة الشعر حول الرأس كما تفعله النساء ، أو يجمع الشعر فيعقد في مؤخرة الرأس.
والحكمة في النهي عنه أن الشعر يسجد مع المصلي ، ولهذا مثَّله في الحديث بالذي يصلي وهو مكتوف .
وقال الإمام مالك : النهي مختص بمن فعل ذلك للصلاة" انتهى .
وقال الداودي: يختص النهي بمن فعل ذلك للصلاة
https://web.facebook.com/al3fasy/posts/10155781389308761:0?_rdc=1&_rdr
Intinya syaikh Al Munawi dlm kitab faidhul qadir , hikmah dr larangan mengikat rambut adalah agar rambut ikut bersujud . Karena itu di umpamakakan dlm hadis tadi spt orang yg melakukan salat dengan tangan terbelenggu ke belakang bahu.
Imam Malik berkata : Larangan itu husus untuk yg melakukan hal itu dlm salat.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Larangan mengikat rambut dlm salat ber arti larangan juga mengenakan kopyah putih atau hitam, bersorban atau megikat kepala dg sapu tangan untuk salat.
قال الإمام النووي: اتفق العلماء على النهي عن الصلاة وثوبه مشمر أو كمه أو نحوه أو رأسه معقوص .. فلو صلى كذلك فقد أساء وصحت صلاته
قال الإمام الشوكاني في نيل الأوطار » أبواب ما يبطل الصلاة وما يكره ويباح فيها » باب كراهة أن يصلي الرجل معقوص الشعر :
Intinya : Imam Nawawi menyatakan kesepakatan ulama melarang mengikat rambut dlm salat. Bgt jg salat dg menyingsingkan lengan.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Kalau salat dg menyingsingkan lengan di larang , mk saya kurang setuju . Sebab Rasulullah shallallahu alaihi wasallam sendiri memperkenankan salat dengan memakai sarung saja dan beliau sendiri jg pernah melakukannya. Pada hal salat dengan sarung sj itu lengan pasti terbuka, bgt juga dada.
والحكمة في ذلك أن الشعر يسجد معه إذا سجد وفيه امتهان له في العبادة ، قاله عبد الله بن مسعود فيما رواه ابن أبي شيبة في المصنف بإسناد صحيح إليه أنه دخل المسجد فرأى فيه رجلا يصلي عاقصا شعره فلما انصرف قال عبد الله : إذا صليت فلا تعقص شعرك فإن شعرك يسجد معك ، ولك بكل شعرة أجر ، فقال الرجل : إني أخاف أن يتترب فقال : تتريبه خير لك
Intinya : Abdullah bin Mas`ud berkata : Bila kamu melakukan salat , mk jangan ikat rambutmu . Sesungguhnya rambutmu akan bersujud bersamamu dan kamu dapat pahala pada setiap rambut .
Lelaki yg di nasehati berkata : Aku takut tersentuh debu .
Ibnu Mas`ud berkata : Rambutmu kena debu itu lebih baik bg mu.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Orang sekarang malah melakukan salat di karpet dan berkopyah jg, bersorban dll. Pada hal rambut tersentuh debu atau tanah itu malah lebih baik . INi suatu bukti bahwa salat orang tsb langsung ke tanah tanpa tikar.
وروى ابن أبي شيبة عن ابن عباس أنه كان إذا صلى وقع شعره على الأرض وظاهر النهي في حديث الباب التحريم فلا يعدل عنه إلا لقرينة
Intinya larangan mengikat rambut bersifat haram , bukan makruh dll.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Berkopyah , bersorban adalah haram.
قال العراقي : وهو مختص بالرجال دون النساء لأن شعرهن عورة يجب ستره في الصلاة ، فإذا نقضته ربما استرسل وتعذر ستره فتبطل صلاتها . وأيضا فيه مشقة عليها في نقضه للصلاة وقد رخص لهن ﷺ في أن لا ينقضن ضفائرهن في الغسل مع الحاجة إلى بل جميع الشعر كما تقدم .
Intinya : Al iraqi menyatakan larangan itu untuk lelaki bukan perempuan .
لا يصلين أحدكم و هو عاقص شعره
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam bersabda : Jangan sekali – kali seseorang melakukan salat dg mengikat rambutnya , sahih kata al albani .
الراوي: أبو رافع المحدث: الألباني - المصدر: صحيح الجامع - الصفحة أو الرقم: 7729 - خلاصة حكم المحدث: صحيح
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Jangan sekali – kali anda melakukan salat dg mengenakan kopyah putih atau hitam atau bersorban. Sebab kopyah itu sama dengan mengikat rambut. Bila mengenakan kopyah mk rambutnya tdk bisa sujud ke tanah.
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah ttg buka ketika adzan Maghrib membatalkan puasa   dg penuh persaudaraan di dua grup WA sy . 
Mau ikut , hub 08813270751.082225929198 ,081384008118,0 857-8715-4455 
0812-4194-6733



Artikel Terkait

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan