Fase ke 54 tentang sorban .
http://www.ahlalhdeeth.com/vb/archive/index.php/t-28793.html
قال ابن عمر لغلامه نافع لما رآه يصلي حاسرًا: أرأيت لو
خرجت إلى الناس كنت تخرج هكذا؟ قال: لا. قال: فاللّه أحق من يُتَجَمَّل له.
http://www.almeshkat.net/vb/showthread.php?t=90398
Ibnu Umar berkata kepada pelayannya bernama Nafi` ketika di
lihat menjalankan salat dg kepala terbuka : “Bgmn pendapatmu , bila kamu pergi
kpd manusia , apakah kamu dg gaya
spt itu ?”.
Dia menjawab : “Tidk “
Ibnu Umar berkata : Allah lebih berhak untuk SESEORANG
berhias bila berhadapan dg Nya.
Komentarku ( Mahrus ali ) :
قال الألباني:
لم أره بهذا اللفظ فيما وقفت عليه من طرقه ، وهو مخرج في ""
صحيح أبي داود "" ( 645 ) دون ذكر الحسر ، فلعله في بعض المصادر التي لم
أطلع عليها
Intinya : tdk ada kalimat “ dg kepala terbuka “ KATA AL BANI
.
Yakni al bani tdk menjumpai jalur riwayatnya .
Menurut riwayat yg lain tdk bgt redaksinya tapi sbb:
قال الطحاوي في شرح معاني الآثار "باب
الصلاة في الثوب الواحد" : ( حدثنا محمد بن خزيمة ، قال : ثنا يحيى بن عبد
الله بن بكير ، قال : ثنا مالك ، عن نافع ، عن ابن عمر ، رضي الله عنهما أنه كسا
نافعا ثوبين , فقام يصلي في ثوب واحد فعاب ذلك عليه وقال : " احذر ذلك فإن
الله أحق أن يتجمل له
………………….. Ibnu Umar mmberi pakaian kpd Nafi` dua kain , lalu
dia menjalankan salat dg satu kain. Lalu Ibnu Umar mencelanya atas perbuatan
itu dan berkata: Ber hati – hatilah . Sesungguhnya Allah lebih layak untuk
berhias kpdnya
Imam Baihaqi jg meriwayatkan atsar yg mirip dengannya sbb:
" ... ) .
وقال البيهقي في سننه "جماع أبواب لبس المصلي - باب
ما يستحب للرجل أَن يصلي فيه من الثياب" :
( أخبرنا أبو الحسن علي بن محمد
المقرئ أنبأ الحسن بن محمد بن إسحاق ، ثنا يوسف بن يعقوب القاضي ، ثنا سليمان بن
حرب ، ثنا حماد بن زيد ، عن أيوب ، عن نافع قال : تخلفت يوما في علف الركاب فدخل
علي ابن عمر وأنا أصلي في ثوب واحد ، فقال لي : ألم تكس ثوبين ؟ قلت : بلى قال : أرأيت
لو بعثتك إلى بعض أهل المدينة أكنت تذهب في ثوب واحد ؟ قلت : لا قال : فالله أحق
أن يتجمل له أم الناس ؟ ثم قال : قال رسول الله صلى الله عليه وسلم أو قال عمر :
" من كان له ثوبان فليصل فيهما ، ومن لم يكن له إلا ثوب واحد فليتزر به ولا
يشتمل كاشتمال اليهود " ... ) .
Intinya : Malah ada keterangan perkataan Umar atau
Rasulullah shallallahu alaihi wasallam : “Barang siapa yg punya dua potong kain
, mk lakukan lah salat dg keduanya . Barang siapa yg tdk punya kcl satu kain , mk
bikinlah sarung dan jgn dikemulkan spt orang Yahudi
Komentarku ( Mahrus ali ) :
Jadi perintah Umar itu adalah perintah memakai sarung dan
selindang dlm salat tanpa sorban dan memang tdk ada perintahnya dlm salat atau
diluarnya.
كثيرون قالوا لم نجد له تخريجا ومنهم الإمام الألباني
فأخشى أن يكون شيخ الإسلام قد اختلط عليه اللفظ الذي ذكره
الأخ محمد
وليس في الأثر " حسر الرأس "
والله أعلم
Intinya : : Banyak ulama yg menyatakan sbgmn perkataan al
albani .
Cari ilmu agama dg sistim dialog yg ilmiyah ttg buka ketika
adzan Maghrib membatalkan puasa dg penuh persaudaraan di dua grup WA sy .
Mau ikut , hub 08813270751.082225929198 ,081384008118,0 857-8715-4455
0812-4194-6733
Artikel Terkait
Tidak ada komentar:
Posting Komentar
Pesan yang baik, jangan emosional.Bila ingin mengkeritisi, pakailah dalil yang sahih.Dan identitasnya jelas. Komentar emosional, tidak ditayangkan